Course Description
This course focuses on two things: First, forming students‘ schemata about sociological concepts and theories related to formal objects and material objects of rural sociology, study methods, theoretical perspectives, economic systems and activities of village communities, social systems and activities, village community culture, local systems and politics, land tenure patterns, social change, social problems, and community empowerment. Second, provide experience for students in groups to practice conducting small research in the field and compiling reports and giving seminars using power point. To achieve this competency, expository, explanatory and exploratory approaches are used.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan, budaya nasional, serta etika akademik dalam menganalisis dan menyelesaikan masalah sosial di masyarakat pedesaan.
- Mahasiswa mampu menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, dan inklusif, serta berjiwa kewirausahaan dalam melakukan penelitian, pengabdian, dan pemberdayaan masyarakat pedesaan.
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menganalisis masalah sosial, perubahan sosial, dan pemberdayaan masyarakat pedesaan berdasarkan teori dan konsep sosiologi.
- Mahasiswa mampu menguasai pengetahuan tentang masalah-masalah sosial di pedesaan, penyebabnya, serta perubahan sosial yang terjadi, dengan fokus pada pembangunan dan pemberdayaan masyarakat desa.
- Mahasiswa mampu mengidentifikasi karakteristik individu, keluarga, dan masyarakat desa, serta menganalisis masalah-masalah sosial dan perubahan sosial menggunakan konsep, teori, dan metodologi penelitian sosiologi dengan perspektif lokal dan global.