•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Innovative Learning

Program Studi S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses the study of learning approaches and models including student-teacher centered learning, inquiry learning models, discovery, cooperative, problem-based learning (PBL), project-based learning (PjBL), STEAM approaches, Blended Learning, and DigitalLearning. The assessment is carried out through the presentation of concepts, presentation of operational examples of each learning model in the form of learning tools, workshops on developing learning tools by students oriented towards each model and approach. The assessment activity ends with an exercise in implementing a particular learning model by each student in a peer teaching forum followed by discussion and reflection activities.

Program Objectives (PO)

  • Menjelaskan prinsip, karakteristik, dan sintaks berbagai pendekatan dan model pembelajaran inovatif dalam pembelajaran IPA
  • Merancang perangkat pembelajaran IPA berdasarkan pendekatan dan model pembelajaran inovatif yang mengintegrasikan pemanfaatan ICT
  • Menerapan pembelajaran inovatif pada pembelajaran IPA dengan mengintegrasikan pemanfaatan ICT
  • Melakukan evaluasi dan refleksi terhadap proses dan hasil pembelajaran IPA berbasis model dan pendekatan inovatif.
  • Menyajikan gagasan dan hasil pengembangan perangkat pembelajaran IPA secara lisan dan tulisan dalam forum akademik, dengan struktur dan argumentasi yang logis serta bahasa yang efektif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Prinsip, karakteristik, dan teori-teori pendukung pembelajaran berpusat pada guru dan siswa sesuai konsep substantif menggunakan bahasa yang efektif.
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran inkuiri menggunakan bahasa yang efektif.
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran diskoveri dengan bahasa yang efektif.
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran kooperatif dengan bahasa yang efektif.
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan bahasa yang efektif.
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) dengan bahasa yang efektif.
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Karakteristik pendekatan pembelajaran berbasis STEAM dan Blended Learning dengan bahasa yang efektif.
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    Mempresentasikan karakteristik, teori-teori pendukung, dan sintaks model pembelajaran terpilih dalam pembelajaran IPA secara lisan dengan bahasa yang efektif.
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran inkuiri untuk pembelajaran IPA
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran diskoveri untuk pembelajaran IPA
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran kooperatif untuk pembelajaran IPA
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk pembelajaran IPA
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Merancang perangkat pembelajaran sesuai dengan model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) untuk pembelajaran IPA
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Model pembelajaran dan pendekatan pembelajaran inovatif dalam pembelajaran IPA dengan mengintegrasikan ICT
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Evaluasi dan refleksi terhadap proses dan hasil simulasi pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif dengan mengintegrasikan ICT
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    Hasil pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan model pembelajaran inovatif dengan mengintegrasikan ICT dan implementasinya secara tulisan dan lisan menggunakan bahasa yang efektif
    • Date  20 Mei 2025

Lecturer

TUTUT NURITA
TUTUT NURITA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

ENNY SUSIYAWATI
ENNY SUSIYAWATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam
  • Semester4
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10