Studying about the development of mathematics, the discovery of mathematical concepts and connecting mathematics material in schools with reinvention through active learning based on assignments and presentations by utilizing up-to-date information using valid internet sources
Program Objectives (PO)
Mampu memahami hakikat sejarah matematika sebagai sejarah dan warisan serta hubungannya dengan konsep-konsep matematika yang diajarkan di sekolah
Mampu menganalisis pembelajaran matematika yang berkembang dari sejarah konsep matematika
Mampu memahami nilai dan perkembangan suatu konsep matematika untuk mengembangkan materi dan pembelajaran di sekolah yang memperhatikan perkembangan matematika sebagai ilmu.
Mampu mengevaluasi pembelajaran matematika yang dikembangkan dari aspek sejarah konsep matematika
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Perkembangan keilmuan matematika sebagai sejarah atau warisan
Date 6 Februari 2024
Pertemuan 2
Menganalisis contoh-contoh implementasi aspek sejarah dari suatu konsep matematika dalam pembelajaran
Date 13 Februari 2024
Pertemuan 3
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara umum mulai dari masa babylonia hingga masa kini (konsep phytogeny) dengan perkembangan kognitif peserta didik di bidang matematika (konsep ontogeny)
Date 20 Februari 2024
Pertemuan 4
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks bilangan dengan sudut pandang ontogeny dan phylogeny.
Date 27 Februari 2024
Pertemuan 5
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks geometri dengan sudut pandang ontogeny dan phylogeny.
Date 5 Maret 2024
Pertemuan 6
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks geometri dengan sudut pandang ontogeny dan phylogeny.
Date 12 Maret 2024
Pertemuan 7
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks aljabar dengan sudut pandang ontogeny dan phylogeny.
Date 19 Maret 2024
Pertemuan 8
Ujian Tengah Semester
Date 26 Maret 2024
Pertemuan 9
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks logaritma dan trigonometri,
Date 2 April 2024
Pertemuan 10
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks peluang dan kombinatorika,
Date 9 April 2024
Pertemuan 11
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks statistika,
Date 16 April 2024
Pertemuan 12
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks kalkulus
Date 23 April 2024
Pertemuan 13
Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks kalkulus
Date 30 April 2024
Pertemuan 14
Mengkonstruk suatu pembelajaran di sekolah dengan menggunakan konstruksi pengertian, sikap dan nilai tentang matematika ditinjau dari hakikat dan sejarahnya
Date 7 Mei 2024
Pertemuan 15
Mengkonstruk suatu pembelajaran di sekolah dengan menggunakan konstruksi pengertian, sikap dan nilai tentang matematika ditinjau dari hakikat dan sejarahnya
Studying the theoretical basis, stages, classroom management, and evaluation in differentiated learning, TaRL approach, CRT approach, direct teaching model, cooperative learning model, and scientific approach-oriented
Mata kuliah ini meliputi pembahasan konsep dasar kewirausahaan, memotivasi diri sendiri dalam mewujudkan dream, peluang usaha dan ide bisnis, etika bisnis, rencana bisnis, rencana pemasaran