•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Sejarah Matematika

Program Studi S1 Pendidikan Matematika UNESA

 
Card image

Course Description

Studying about the development of mathematics, the discovery of mathematical concepts and connecting mathematics material in schools with reinvention through active learning based on assignments and presentations by utilizing up-to-date information using valid internet sources

Program Objectives (PO)

  • Mampu memahami hakikat sejarah matematika sebagai sejarah dan warisan serta hubungannya dengan konsep-konsep matematika yang diajarkan di sekolah
  • Mampu menganalisis pembelajaran matematika yang berkembang dari sejarah konsep matematika
  • Mampu memahami nilai dan perkembangan suatu konsep matematika untuk mengembangkan materi dan pembelajaran di sekolah yang memperhatikan perkembangan matematika sebagai ilmu.
  • Mampu mengevaluasi pembelajaran matematika yang dikembangkan dari aspek sejarah konsep matematika

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Perkembangan keilmuan matematika sebagai sejarah atau warisan
    • Date  6 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Menganalisis contoh-contoh implementasi aspek sejarah dari suatu konsep matematika dalam pembelajaran
    • Date  13 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara umum mulai dari masa babylonia hingga masa kini (konsep phytogeny) dengan perkembangan kognitif peserta didik di bidang matematika (konsep ontogeny)
    • Date  20 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks bilangan dengan sudut pandang ontogeny dan phylogeny.
    • Date  27 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks geometri dengan sudut pandang ontogeny dan phylogeny.
    • Date  5 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks geometri dengan sudut pandang ontogeny dan phylogeny.
    • Date  12 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks aljabar dengan sudut pandang ontogeny dan phylogeny.
    • Date  19 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Ujian Tengah Semester
    • Date  26 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks logaritma dan trigonometri,
    • Date  2 April 2024

  • Pertemuan 10
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks peluang dan kombinatorika,
    • Date  9 April 2024

  • Pertemuan 11
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks statistika,
    • Date  16 April 2024

  • Pertemuan 12
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks kalkulus
    • Date  23 April 2024

  • Pertemuan 13
    Menganalisis perkembangan keilmuan matematika secara khusus pada konteks kalkulus
    • Date  30 April 2024

  • Pertemuan 14
    Mengkonstruk suatu pembelajaran di sekolah dengan menggunakan konstruksi pengertian, sikap dan nilai tentang matematika ditinjau dari hakikat dan sejarahnya
    • Date  7 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Mengkonstruk suatu pembelajaran di sekolah dengan menggunakan konstruksi pengertian, sikap dan nilai tentang matematika ditinjau dari hakikat dan sejarahnya
    • Date  14 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  21 Mei 2024

Lecturer

SHOFAN FIANGGA
SHOFAN FIANGGA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Matematika
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10