This course equips students with skills and language components at a basic (pre-intermediate) level which are very necessary to support an English-based understanding of Physics literacy. This course also introduces a standardized test which includes training in reading skills, listening comprehension and grammar and vocabulary which are aimed at preparing for the international standard English test. All lecture activities will be presented by means of lectures and discussions.
Program Objectives (PO)
Mampu memahami materi Fisika berbahasa Inggris dengan menerapkan keterampilan membaca (reading).
Mampu memahami materi Fisika berbahasa Inggris dengan menerapkan keterampilan mendengarkan (listening).
Mampu mengkomunikasikan pendapat secara lisan (speaking) dengan menggunakan struktur Bahasa Inggris yang baik dan benar.
Mampu mengkomunikasikan ide atau gagasan secara tertulis (writing) dengan menggunakan struktur Bahasa Inggris yang baik dan benar.
Mampu mengkomunikasikan ide atau gagasan secara lisan (speaking) dan tulisan (writing) dengan menggunakan struktur Bahasa Inggris yang baik dan benar.
Menerapkan terminologi dan konsep fisika dalam bahasa Inggris untuk menjelaskan fenomena fisika dalam konteks nyata (C3)
Menganalisis dan mengevaluasi artikel ilmiah fisika dalam bahasa Inggris untuk mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan argumen yang disajikan (C4, C5)
Menggunakan bahasa Inggris untuk merancang dan menyajikan eksperimen fisika serta hasilnya dalam format laporan ilmiah yang sesuai (C3, C6)
Mengevaluasi penggunaan bahasa Inggris dalam komunikasi ilmiah dan akademis di bidang fisika, serta memberikan umpan balik konstruktif (C5)
Menciptakan materi ajar fisika dalam bahasa Inggris yang inovatif dan menarik untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika (C6)
Menerapkan keterampilan bahasa Inggris untuk berkolaborasi secara efektif dalam proyek penelitian fisika (C3)
Menganalisis dan menginterpretasi data eksperimental fisika yang disajikan dalam bahasa Inggris untuk mengidentifikasi pola dan hubungan (C4)
Mengembangkan dan mengevaluasi strategi pembelajaran fisika dalam bahasa Inggris yang sesuai dengan kebutuhan dan konteks pembelajaran yang beragam (C5, C6)
Menciptakan presentasi ilmiah dalam bahasa Inggris yang efektif dan menarik, menggunakan alat bantu visual dan teknologi informasi (C6)
Menerapkan prinsip-prinsip etika dalam komunikasi ilmiah fisika dalam bahasa Inggris (C3)
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Ide pokok dalam bacaan “the forces of nature”
Date 6 Februari 2024
Pertemuan 2
Konsep energi yang dipaparkan dalam bacaan “energy”
Date 13 Februari 2024
Pertemuan 3
Simbol matematika dan angka, serta rumus dalam Fisika dengan benar.
Date 20 Februari 2024
Pertemuan 4
Membuat catatan dari materi “Heat and Radiation”
Date 27 Februari 2024
Pertemuan 5
Struktur kalimat yang benar.
Date 5 Maret 2024
Pertemuan 6
Secara lisan tiga wujud zat.
Date 12 Maret 2024
Pertemuan 7
Merancang kegiatan percobaan berkaitan dengan tiga wujud zat.
Date 19 Maret 2024
Pertemuan 8
Evaluasi Tengah Semester / Ujian Tengah Semester
Date 26 Maret 2024
Pertemuan 9
Membuat ringkasan dari bacaan “The Earth’s climate and climate change”
Date 2 April 2024
Pertemuan 10
Karateristik paper deskriptif
Date 9 April 2024
Pertemuan 11
Membuat paraphrasing dari kutipan yang diambil dari bacaan “Sound and noise”
Date 16 April 2024
Pertemuan 12
Membuat paper argumentatif atau persuasif dengan topik Fisika dan Lingkungan
Date 23 April 2024
Pertemuan 13
Membuat paper argumentatif atau persuasif dengan topik Fisika dan Lingkungan
Date 30 April 2024
Pertemuan 14
Mendesain poster dengan topik Fisika dan Lingkungan berdasarkan paper yang sudah ditulis.
Date 7 Mei 2024
Pertemuan 15
Mempresentasikan poster dengan topik Fisika dan Lingkungan berdasarkan paper yang sudah ditulis.M
Date 14 Mei 2024
Pertemuan 16
Mempresentasikan poster dengan topik Fisika dan Lingkungan berdasarkan paper yang sudah ditulis.
Study of basic concepts: Stoichiometry, Atomic Structure & Periodic System of Elements, Chemical Bonding, Solutions, Colloidal Systems, Energetics, Reaction Rates, Chemical Equilibrium, Redox & Electrochemistry,
Kajian tentang prinsip-prinsip dan cara siswa belajar menurut teori belajar perilaku, teori belajar sosial, teori belajar kognitif, pendekatan konstruktivis, teori konektivisme, serta pemotivasian siswa untuk
This course discusses reading, listening, speaking, writing, and paragraph development in English with biological substances. The material is delivered with a student-centered approach in practical