This course explains the role of drawing as a means of communication to develop ideas and concepts. Students are skilled at developing basic ideas and illustrations manually and digitally.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu menerapkan gambar sebagai sarana dalam desain grafis. - Mahasiswa mampu memahami berbagai cerita di dalam bidang ilustrasi. - Mahasiswa mampu secara efektif untuk menterjemahkan gagasan atau pesan ke dalam bentuk gambar ilustrasi secara kreatif dalam desain grafis. - Mahasiswa mampu menggambar ilustrasi.
- Mahasiswa mampu menerapkan gambar sebagai sarana dalam desain komunikasi visual.
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Makna gambar ilustrasi.
Pertemuan 2
Prinsip gambar ilustrasi pola gerak anatomis manusia dan binatang
Pertemuan 3
Kemampuan menggambar seni ilustrasi berbagai ekspresi wajah dan jari.
Pertemuan 4
Kemampuan menggambar seni ilustrasi adegan sederhana (interaksi) antara manusia dan binatang.
Pertemuan 5
Gambar ilustrasi dengan sudut pandang mata normal.
Pertemuan 6
Gambar ilustrasi dengan sudut pandang mata normal. Teknik arsir diagonal.
Pertemuan 7
Gambar ilustrasi dengan sudut pandang mata kodok.
Pertemuan 8
UJIAN TENGAH SEMESTER
Pertemuan 9
Gambar ilustrasi dengan sudut pandang mata burung.
Pertemuan 10
Prinsip gambar ilustrasi fantasi simbolik
Pertemuan 11
Prinsip gambar ilustrasi fantasi simbolik
Pertemuan 12
Fantasi simbolik tentang CINTA/ASMARA
Pertemuan 13
Fantasi simbolik tentang CINTA/ASMARA
Pertemuan 14
Fantasi Simbilik Manusia masuk kedalam dunia tumbuhan dan Binatang Kecil
Study and study of various forms of traditional theater and/or folk theater in Indonesia which include Lenong, Dulmuluk, Mamanda, Mendu, Makyong, Kondobuleng, Ludruk, Kethoprak, Srimulat,
Formation and development of student competency in the field of Japanese letter writing skills, including Hiragana, Katakana and Kanji, as well as the use of