This course studies the concepts and theories of research methods in the field of education. The material coverage consists of theoretical discussions about research methodology related to the field of education. Quantitative and qualitative research studies were carried out to strengthen understanding of research methodology.
Program Objectives (PO)
Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni di bidangnya atau profesionalisme melalui penelitian untuk menguji inovasi melalui mata kuliah metodologi penelitian;
Mampu memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidangnya melalui pendekatan interdisipliner atau multidisiplin melalui mata kuliah metodologi penelitian.
Mampu mengelola penelitian dan mengembangkan manfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasional melalui mata kuliah metodologi penelitian
Memiliki kemampuan mengomunikasikan gagasan,
Memiliki kemampuan bekerjasama dengan kolega, sejawat di dalam lembaga sesuai dengan etika profesi
Terampil membuat perencanaan penelitian
Menunjukkan sikap bertanggungjawab dan integritas atas pekerjaan secara mandiri
Aktifitas Pembelajaran
Pertemuan 1
Konsep metodologi penelitian
Date 5 September 2024
Pertemuan 2
Menyusun perumusan masalah ilmiah, variabel dan fokus penelitian
Date 12 September 2024
Pertemuan 3
Menganalisis kajian literatur dalam menyusun referensi kunci, State of the Art, dan keterbaruan penelitian (novelty)
Date 19 September 2024
Pertemuan 4
Etika penelitian
Date 26 September 2024
Pertemuan 5
Jenis penelitian eksperimen dan noneksperimen (Design Kausal Komparatif dan Design Korelasional
Date 3 Oktober 2024
Pertemuan 6
Menganalisis jenis penelitian Studi Kasus, Grounded theory, Fenomenologi, Etnografi
Date 10 Oktober 2024
Pertemuan 7
Jenis penelitian Mixed - Methods
Date 17 Oktober 2024
Pertemuan 8
UTS
Date 24 Oktober 2024
Pertemuan 9
Jenis penelitian Research and Development, Pengembangan instrument Design Based Research, Evaluasi Program/kebijakan dan Penelitian Tindakan
Date 31 Oktober 2024
Pertemuan 10
Konsep populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan partisipan/informan kunci (kualitatif)
Date 7 November 2024
Pertemuan 11
Teknik pengumpulan data kuantitatif (kusioner, angket, tes) dan data kualitatif (wawancara, observasi, reflektif jurnal, dokumen analisis, narrative inquiry, dll) )
Date 14 November 2024
Pertemuan 12
Prinsip pengembangan kalibrasi instrumen penelitian )
Date 21 November 2024
Pertemuan 13
Teknik analisis data kuantitatif (Path analysis/Multiple Regression/ Analysis Factorial ) Data kualitatif (Analisis konten/taksonomi/domai n)), serta software analisis data
Date 28 November 2024
Pertemuan 14
Teknik pemeriksaaan keabsahan data triangulasi, trustworthiness, dan authenticity
Date 5 Desember 2024
Pertemuan 15
Rancangan draf proposal penelitian tesis dengan metodologi penelitian yang benar sikap bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
Date 12 Desember 2024
Pertemuan 16
Rancangan draf proposal penelitian disertasi dengan metodologi penelitian yang benar sikap bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
This course discusses the basic concepts of education, human nature and its development, the basics of education, education as a system, the national education system
This course discusses the meaning, scope and history of social psychology, social psychology research methods, social perception, social attribution, social cognition, self and social identity,
Understanding, studying, deepening the counseling guidance course for children with special needs which includes: introduction, the essence of counseling guidance for children with special needs,