•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Metodologi Penelitian Pendidikan

Program Studi S2 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

This course studies the concepts and theories of research methods in the field of education. The material coverage consists of theoretical discussions about research methodology related to the field of education. Quantitative and qualitative research studies were carried out to strengthen understanding of research methodology.

Program Objectives (PO)

  • Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, seni di bidangnya atau profesionalisme melalui penelitian untuk menguji inovasi melalui mata kuliah metodologi penelitian;
  • Mampu memecahkan masalah ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni di bidangnya melalui pendekatan interdisipliner atau multidisiplin melalui mata kuliah metodologi penelitian.
  • Mampu mengelola penelitian dan mengembangkan manfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mendapat pengakuan di tingkat nasional dan internasional melalui mata kuliah metodologi penelitian
  • Memiliki kemampuan mengomunikasikan gagasan,
  • Memiliki kemampuan bekerjasama dengan kolega, sejawat di dalam lembaga sesuai dengan etika profesi
  • Terampil membuat perencanaan penelitian
  • Menunjukkan sikap bertanggungjawab dan integritas atas pekerjaan secara mandiri

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep metodologi penelitian
    • Date  5 September 2024

  • Pertemuan 2
    Menyusun perumusan masalah ilmiah, variabel dan fokus penelitian
    • Date  12 September 2024

  • Pertemuan 3
    Menganalisis kajian literatur dalam menyusun referensi kunci, State of the Art, dan keterbaruan penelitian (novelty)
    • Date  19 September 2024

  • Pertemuan 4
    Etika penelitian
    • Date  26 September 2024

  • Pertemuan 5
    Jenis penelitian eksperimen dan noneksperimen (Design Kausal Komparatif dan Design Korelasional
    • Date  3 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Menganalisis jenis penelitian Studi Kasus, Grounded theory, Fenomenologi, Etnografi
    • Date  10 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Jenis penelitian Mixed - Methods
    • Date  17 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  24 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Jenis penelitian Research and Development, Pengembangan instrument Design Based Research, Evaluasi Program/kebijakan dan Penelitian Tindakan
    • Date  31 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Konsep populasi dan sampling (kuantitatif), serta pemilihan partisipan/informan kunci (kualitatif)
    • Date  7 November 2024

  • Pertemuan 11
    Teknik pengumpulan data kuantitatif (kusioner, angket, tes) dan data kualitatif (wawancara, observasi, reflektif jurnal, dokumen analisis, narrative inquiry, dll) )
    • Date  14 November 2024

  • Pertemuan 12
    Prinsip pengembangan kalibrasi instrumen penelitian )
    • Date  21 November 2024

  • Pertemuan 13
    Teknik analisis data kuantitatif (Path analysis/Multiple Regression/ Analysis Factorial ) Data kualitatif (Analisis konten/taksonomi/domai n)), serta software analisis data
    • Date  28 November 2024

  • Pertemuan 14
    Teknik pemeriksaaan keabsahan data triangulasi, trustworthiness, dan authenticity
    • Date  5 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Rancangan draf proposal penelitian tesis dengan metodologi penelitian yang benar sikap bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
    • Date  12 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    Rancangan draf proposal penelitian disertasi dengan metodologi penelitian yang benar sikap bertanggungjawab atas pekerjaan secara mandiri
    • Date  20 Desember 2024

Lecturer

KANIATI AMALIA
KANIATI AMALIA
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MURTADLO
MURTADLO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Manajemen Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10