Course Description
Study of the basic concepts of philosophy and philosophy of science, philosophical foundations of science, scientific methods, the relationship between science, technology, ethics (scientific ethics), religion and the progress of civilization, as well as reflection on the ontological, epistemological and axiological foundations in the science of Guidance and Counseling using case study method, collaborative learning and project based learning.
Program Objectives (PO)
- Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan filsafat pengetahuan dalam bimbingan dan konseling dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bimbingan dan konseling sesuai prosedur
- Mampu menerapkan pengetahuan, keterampilan, dan keahliannya dalam bidang filsafat pengetahuan tentang bimbingan dan konseling berlandaskan nilai-nilai kependidikan kepada peserta didik dan kepada orang tua.
- Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik.
- Mampu merancang dan mengimplementasikan program bimbingan dan konseling dalam konteks pendidikan secara komprehensif, melalui reset dengan pendekatan multi atau transdisiplin, yang mendapat pengakuan nasional dan/atau internasional.
- Mampu memecahkan permasalahan pendidikan yang terkait dengan bidang filsafat pengetahuan bimbingan dan konseling dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pendidikan dan kemaslahatan umat manusia
- Memiliki kepribadian kepribadian konselor dapat dilihat dari sikap dan pelayanan terhadap konseling melalui praktek secara langsung dalam melaksanakan layanan bimbingan dan konseling.
- Terampil berpikir logis untuk pemecahan masalah di bidang filsafat pengetahuan bimbingan dan konseling yang berkaitan dengan assemen, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi untuk menyelesaikan permasalahan sekaligus juga mengoptimalkan assemen dalam Bimbingan dan Konseling berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang terkait.
- Terampil dalam dunia pendidikan untuk pemecahan masalah di bidang bimbingan dan konseling untuk peserta didik yang berkaitan dengan filsafat pengetahuan, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi untuk menyelesaikan permasalahan peserta didik, sekaligus juga mengoptimalkan potensi peserta didik berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset.
- Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis berkaitan dengan filsafat pengetahuan, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi untuk menyelesaikan permasalahan peserta didik, sekaligus juga mengoptimalkan potensi peserta didik berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang terkait.
- Menerapkan budaya inklusif dalam menjalankan tugas sebagai pendidik PDBK dan wirausaha berlandaskan agama, moral dan etika