Course Description
This course discusses the meaning, objectives, principles, scope of self-development for mentally retarded children (ATG), the relationship between self-development and independence and the real context of daily life for mentally retarded children, procedures and signs for implementing self-development for mentally retarded children, competencies and materials self-development for mentally retarded children (self-care, self-care, self-help, communication, socialization, life skills, using free time), strategies/methods and media (digital and non-digital) in ATG self-development learning, task analysis, modeling, assertiveness, applied behavior analysis (tasks/instructions, prompts, rewards), shaping, chaining, learning plans and programs related to ATG self-development, evaluation and analysis of the implementation of ATG learning plans and self-development programs
Program Objectives (PO)
- Menguasai secara mendalam konsep dasar, prinsip-prinsip, teori-teori yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) dan mampu menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan bina diri anak tunagrahita (ATG) sesuai prosedur
- Menguasai dasar-dasar perancangan, penerapan, penilaian bina diri anak tunagrahita (ATG) meliputi identifikasi kemampuan bina diri ATG yang urgen untuk dikembangkan, memilih dan menerapkan strategi, pendekatan, metode, media dan teknik pembelajaran bina diri bagi ATG maupun sistem evaluasi pembelajaran bina diri bagi peserta didik tunagrahita dalam konteks pembelajaran dan layanan ATG
- Menerapkan keilmuan Bina Diri berbasis teknologi dan kearifan lokal untuk memperoleh informasi/referensi terkait bina diri ATG dan mengkomunikasikannya serta memanfaatkan hal tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina diri ATG
- Terampil memberikan layanan akademik dan program kebutuhan khusus yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG, mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi bina diri ATG untuk menyelesaikan permasalahan ATG, sekaligus juga mengoptimalkan potensi ATG berdasarkan prinsip-prinsip dan prosedur dalam konteks pembelajaran, layanan dan riset yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG
- Terampil bekerja mandiri, bekerja sama di dalam tim kolaboratif, bertanggung jawab baik tugas individu maupun tim, serta mengkomunikasikan ide, pendapat, dan argumentasi secara lisan/tertulis dalam menjalankan tugas dan peran yang diberikan baik secara individual maupun kelompok selama proses pembelajaran dan riset yang berkaitan dengan bina diri bagi ATG