•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Philosophy of Basic Education Science

Program Studi S3 Pendidikan Dasar UNESA

 
Card image

Course Description

Mata kuliah ini memperdalam pemahaman tentang pendekatan umum filsafat pendidikan, filsafat pendidikan dasar, dan konseptualisasi serta isu-isu yang lebih mendalam dan luas yang melibatkan ilmu, teknologi, dan masyarakat. Selain itu, mata kuliah ini dirancang untuk mengevaluasi dengan mendalam tentang ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi pendidikan, karakteristik dan hakikat pendidikan dasar sebagai wahana untuk memperluas visi calon doktor sehingga dapat menjadi pemicu kemampuan berfikir reflektif dan berfikir kritis dalam mengembangkan dan menerapkan ilmu pendidikan serta keterkaitannya dengan teknologi dan masyarakat. Pembelajaran dilaksanakan berbasis kasus yang relevan dengan pembahasan. Penilaian dengan penilaian partisipatif, penugasan, dan tes.

Program Objectives (PO)

  • Mengembangkan pengetahuan untuk menjawab tiga pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi, dan metodologi) atas Pendidikan Dasar sehingga memperoleh pemahaman yang komprehensif.
  • Mengubah paradigma berpikir yang selama ini ada untuk membantu memecahkan secara mendalam (melalui pendekatan inter atau multidisipliner) setiap permasalahan yang dihadapi dalam kehidupan sehari-hari, khususnya permasalahan terkait pendidikan dasar di Indonesia.
  • Mengembangkan nalar yang benar dan komprehensif serta memanfaatkan logika ontologi mengenai ilmu pendidikan dasar dalam memperoleh pemahaman keilmuan (epistemologi) untuk kebijaksanaan atau kemaslahatan umat manusia (nilai aksiologi).

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Menganalisis ilmu pendidikan secara komprehensif (mendalam dan meluas), yang menjawab 3 pertanyaan keilmuan (ontologi, epistemologi, aksiologi).
    • Date  4 Februari 2025

  • Pertemuan 2
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  11 Februari 2025

  • Pertemuan 3
    Menganalisis dasar-dasar ilmu pengetahuan pendidikan dasar
    • Date  18 Februari 2025

  • Pertemuan 4
    Menganalisis ontology pendidikan dasar
    • Date  25 Februari 2025

  • Pertemuan 5
    Membuat kajian 4 prinsip dasar (filosofis, sosiologis-antropologis, psikologis, dan pedagogis) dari pendidikan dasar.
    • Date  4 Maret 2025

  • Pertemuan 6
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  11 Maret 2025

  • Pertemuan 7
    Menganalisis 8 aliran filsafat yang mempengaruhi gambaran pendidikan dasar (idealisme, naturalisme, rekonstruksionisme, eksistensialisme, perenialisme, esensialisme, realisme, dan pragmatisme).
    • Date  18 Maret 2025

  • Pertemuan 8
    UTSKemampuan Akhir: meliputi pertemuan 1-7
    • Date  25 Maret 2025

  • Pertemuan 9
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  1 April 2025

  • Pertemuan 10
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  8 April 2025

  • Pertemuan 11
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  15 April 2025

  • Pertemuan 12
    Dasar filsafat pendidikan di Indonesia.
    • Date  22 April 2025

  • Pertemuan 13
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  29 April 2025

  • Pertemuan 14
    Membuat kajian pemikiran para tokoh pendidikan di Indonesia
    • Date  6 Mei 2025

  • Pertemuan 15
    Menganalisis bukti keterkaitan antara pendidikan dasar, teknologi, dan masyarakat.
    • Date  13 Mei 2025

  • Pertemuan 16
    • Date  20 Mei 2025

References

Lecturer

WAHONO WIDODO
WAHONO WIDODO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MOCHAMAD NURSALIM
MOCHAMAD NURSALIM
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS3 Pendidikan Dasar
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10