•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Pendidikan Inklusi

Program Studi S1 Manajemen Pendidikan UNESA

 
Card image

Course Description

This course will examine in depth: The basic concept of inclusive education; Philosophy, basic principles and regulations; GDPK diversity (characteristics) (Law No. 8 Physical, mental, intellectual disabilities); Policy for implementing inclusive education in Indonesia (regulations, guidelines); concept and implementation of Inclusive Education in Indonesia (which includes the Student Admission System, Identification and Assessment, Curriculum Adaptation, Preparation of Learning Tools, Implementation of Learning, Assessment); Management of Inclusive Education (8 Basic Principles of Education); Inclusive Education Implementation Support System; Accessibility and Assistive Technology. Discussion of the Implementation of Inclusive Education intended for all students at all levels, types and units of education through the GDPK social paradigm approach by incorporating the noble values ​​of Indonesian educational culture

Program Objectives (PO)

  • Mampu memanfaatkan TIK untuk memperoleh informasi/referensi terkait pendidikan inklusif dan mengomunikasikannya
  • Menguasai secara mendalam konsep teoritis filosofi, konsep, prinsip, landasan, dan jenis layanan pendidikan inklusif serta nilai-nilai luhur budaya pendidikan Indonesia;
  • Mampu Memahami Praktek penyelenggaraan pendidikan inklusi.
  • Memiliki kepekaan terhadap pentingnya perubahan sikap dan pribadi untuk menyosialisasikan kolaborasi dalam mendukung suksesnya pendidikan inklusif dan mewujudkan tanggung jawab sebagai guru yang memahami implementasi pendidikan inklusif.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep Dasar Pendidikan Inklusif
    • Date  3 September 2024

  • Pertemuan 2
    Filosofi, Prinsip dasar dan Regulasi
    • Date  10 September 2024

  • Pertemuan 3
    Pinsip dan landasan pendidikan inklusif
    • Date  17 September 2024

  • Pertemuan 4
    Peserta didik berkebutuhan khusus (ABK) di sekolah Inklusif.
    • Date  24 September 2024

  • Pertemuan 5
    Identifikasi dan asesmen peserta didik berkebutuhan khusus
    • Date  1 Oktober 2024

  • Pertemuan 6
    Konsep identifikasi Identifikasi dan Asesmen ABK di Sekolah Inklusif.
    • Date  8 Oktober 2024

  • Pertemuan 7
    Kurikulum Sekolah Inklusi
    • Date  15 Oktober 2024

  • Pertemuan 8
    UTS.
    • Date  22 Oktober 2024

  • Pertemuan 9
    Pengelolaan pembelajaran di sekolah inklusi.
    • Date  29 Oktober 2024

  • Pertemuan 10
    Sarana dan prasarana pembelajaran di kelas Inklusif.
    • Date  5 November 2024

  • Pertemuan 11
    Konsep dan implementasi pendidikan inklusi di Indonesia (Pelaksanaan Pembelajaran)
    • Date  12 November 2024

  • Pertemuan 12
    Konsep dan implementasi pendidikan inklusif di Indonesia (penilaian)
    • Date  19 November 2024

  • Pertemuan 13
    Tata laksana Pendidikan Inklusif (8 Prinsip Dasar Pendidikan)
    • Date  26 November 2024

  • Pertemuan 14
    Sistem dukungan Penyelenggaraan Pendidikan Inklusif
    • Date  3 Desember 2024

  • Pertemuan 15
    Aksesibilitas dan Asistif Technology
    • Date  10 Desember 2024

  • Pertemuan 16
    UAS
    • Date  17 Desember 2024

Lecturer

NI MADE MARLIN MINARSIH
NI MADE MARLIN MINARSIH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SHELLY ANDARI
SHELLY ANDARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Manajemen Pendidikan
  • Semester1
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10