•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Ekonomi Islam Unesa

 
Study Program  :  Islamic Economy Undergraduate Thesis
Establishment Date  :  7 Mei 2014
Study Program Coordinator  :  Dr. Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Ekonomi Islam
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Program Studi Yang Bereputasi di Tingkat Nasional dan di Asia Tenggara dalam Keilmuan Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam Pada 2025


Misi
  1. Menyelenggarakan program pendidikan sarjana di bidang keilmuan ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam
  2. Mengembangkan kegiatan penelitian di bidang keilmuan ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam.
  3. Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bidang keilmuan ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam.
  4. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan di bidang keilmuan ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam baik di dalam maupun di luar negeri.
  5. Membangun kerjasama kemitraan yang sinergis dengan dunia kerja dan dunia industri, serta instansi maupun lembaga dalam dan luar negeri

Tujuan
  1. Terselenggaranya program pendidikan sarjana di bidang keilmuan ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam yang berkualitas dan berdaya saing
  2. Menghasilkan penelitian yang bermutu di bidang keilmuan ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam yang bermanfaat bagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
  3. Menghasilkan pengabdian kepada masyarakat di bidang keilmuan ekonomi Islam, bisnis Islam, dan keuangan Islam sebagai wujud tanggung jawab kepada masyarakat
  4. Meningkatkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat, minat dan penalaran mahasiswa.
  5. Mengembangkan hubungan kerjasama dengan dunia usaha, dunia industri, lembaga pendidikan, pemerintah dan masyarakat

Capaian Lulusan Program Studi Islamic Economy Undergraduate Thesis
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Menguasai konsep teoritis bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam secara umum dan khusus untuk menyelesaikan masalah secara prosedural sesuai dengan lingkup pekerjaannya.

PLO-6 Mampu menguasai konsep dasar metodologi penelitian dan teknik analisis data dalam bidang Ekonomi Islam, Bisnis Islam dan Keuangan Islam.

PLO-7 Mampu merancang, melaksanakan dan mengkomunikasikan hasil penelitian dengan mengintegrasikan nilai-nilai dan prinsip dasar Ekonomi Islam.

PLO-8 Mampu mendesain dan mengimplementasikan perencanaan bisnis yang sesuai dengan konsep Islam.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu mengaplikasikan keilmuan Ekonomi Islam, Bisnis Islam, dan Keuangan Islam dalam penyelesaian permasalahan dengan memanfaatkan IPTEKS.

Occupational Profiles Program Studi Islamic Economy Undergraduate Thesis
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Islamic Economy Undergraduate Thesis
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum S1 Ekonomi Islam 2016

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6020202033 Manajemen Sdm 2.00
    6020203049 History Of Economic Thought Islam 3.00
    6020203055 Ushul Fiqh 3.00
    6020203016 Economics Macro Islam 3.00
    6020202009 Bahasa Arab 2 2.00
    6020203022 Fiqh Muamalat 1 3.00
    6020203017 Microeconomics Islamic 3.00
    1000002176 Entrepreneurship 2.00
    6020203020 Sharia Business Ethics 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6020202032 Manajemen Pemasaran 2.00
    6020202014 Economics Indonesian Economy 2.00
    6020202018 Ekonomi Moneter 2.00
    6020202025 Advanced Entrepreneurship 2.00
    6020202030 Manajemen Keuangan 2.00
    6020202006 Legal Aspects In Business 2.00
    6020203023 Legal Rules Islamic 3.00
    6020203021 Fiqh Muamalah 2 3.00
    6020202001 Cost Accounting 2.00
    6020202005 Computer Applications 2.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6020203045 Sharia Banking 3.00
    6020203047 Basic Principles Of Economics Islam 3.00
    6020202053 Business Feasibility Study 2.00
    6020203002 Sharia Accounting 3.00
    6020202024 Islamic Public Finance 2.00
    6020203036 Research Methodology 3.00
    6020202034 Zakat Management 2.00
    6020203054 Hadith Tafsir 3.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6020203031 Management Of Sharia Financial Institutions 3.00
    6020203037 Sharia Money And Capital Market Sharia Insurance 3.00
    6020203029 Non-Bank Sharia Financial Institutions 3.00
    6020202004 Accounting Zakat 2.00
    6020203013 Econometrics 3.00
    6020202015 Ekonomi Internasional 2.00
    6020202019 Economic Development 2.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6020203050 Sharia Economics Seminar 3.00
    6020202026 Sharia Cooperatives 2.00
    6020202007 Legal And Regulatory Aspects Of Sharia Banking 2.00
    6020202046 Field Practice 2.00
    6020203027 Kuliah Kerja Nyata 3.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    6020206051 Thesis 6.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Islamic Economy Undergraduate Thesis
    Universitas Negeri Surabaya

    EVALUASI KURIKULUM

    Evaluasi kurikulum yang dilakukan pada Program Studi Ekonomi Islam berfokus pada link and match dengan kondisi pasar. Evaluasi dilakukan secara berkala berupa evaluasi internal maupun eksternal dengan melibatkan stakeholder internal maupun eksternal prodi. Kurikulum Program Studi Ekonomi Islam telah mengalami perubahan baik dari segi landasan, kerangka, maupun mata kuliah penyusun. Beberapa evaluasi yang telah dilakukan memberikan pembaruan pada: 

    1. Pemutakhiran Capaian Pembelajaran Program Studi 

    Untuk menyesuaikan dengan Outcome Based Learning, CPL Program Studi dimutakhirkan untuk dapat menyesuaikan dengan tuntutan penyiapan kurikulum pendidikan tinggi di Era Industri 4.0. 

    2. Penyesuaian dengan Merdeka Belajar Kampus Merdeka

    Dalam upaya pemenuhan hak belajar Mahasiswa di luar prodi maksimal 3 semester, program studi melakukan penyesuaian terkait dengan mata kuliah yang ditawarkan serta model penawaran mata kuliah, apakah mata kuliah tersebut diambil di dalam prodi maupun di luar prodi bahkan di luar kampus.

    TRACER STUDY

    Hasil analisis tracer study tahun 2021 menunjukkan bahwa jangka waktu lulusan program sarjana Ekonomi Islam adalah 1-6 bulan. Dari total 108 alumni yang lulus pada 2019 dan 2020, Persentase lulusan yang bekerja di perusahaan swasta sebanyak 29%, lulusan yang bekerja di instansi pemerintah sebanyak 5%, yang bekerja di Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun Badan Usaha Milik Daerah sebesar 8%, lulusan yang menjadi wirausaha sebesar 9%, dan lulusan yang bekerja di bidang lain sebesar 6%, serta 7% sisanya sedang melanjutkan studi S2 baik di dalam maupun di luar negeri. 

    Aspek kinerja umum, sikap, kemampuan, dan bidang yang dikuasai menunjukkan bahwa lulusan memiliki penilaian yang baik, dan cenderung sangat baik. Aspek yang perlu diperhatikan dari penilaian pengguna adalah aspek kemampuan berbahasa Inggris atau bahasa asing, dimana hanya 10% pengguna lulusan yang menilai sangat baik, 70% menilai baik, dan sebanyak 20% menilai cukup. Hasil tracer study menunjukkan bahwa program sarjana Ekonomi Islam perlu memberikan perlakuan yang tepat untuk meningkatkan kemampuan lulusan dalam berbahasa Inggris maupun bahasa asing, sehingga kompetensi lulusan yang dihasilkan dapat sesuai dengan kebutuhan dunia kerja. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.

    Berdasarkan hasil tracer study ini, program studi akan melakukan pengembangan kurikulum dengan mengkolaborasikan muatan mata kuliah berbahasa asing untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris lulusan. Bentuk elaborasi yang akan dilakukan adalah penambahan dan pemutakhiran referensi dalam bahasa asing, memasukkan aktivitas kokurikuler dalam bahasa Asing


     

    Rekap PLO Program Studi Islamic Economy Undergraduate Thesis
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9
    Economic Statistics 3 100% 100 %
    Introduction to Fiqh Muamalah 3 100% 100 %
    Sharia Accounting 3 100% 100 %
    Ushul Fiqh 3 50% 50% 100 %
    Research methodology 3 33.33% 66.67% 100 %
    Entrepreneurship Practices 2 50% 50% 100 %
    Arabic for Islamic Economics 3 100% 100 %
    Islamic Wealth Management 3 100% 100 %
    Digital Sharia Finance 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Pengantar Bisnis 3 100% 100 %
    Entrepreneurship 2 50% 50% 100 %
    Microeconomics Islamic 3 100% 100 %
    Economics Macro Islam 3 66.67% 33.33% 100 %
    Sharia Banking 3 50% 50% 100 %
    Matematika Ekonomi 3 100% 100 %
    Pengantar Akuntansi 3 100% 100 %
    Sharia Economics Seminar 3 50% 50% 100 %
    Fiqh Muamalah Independent Project Evaluation of 3 50% 50% 100 %
    Hadith Tafsir 3 100% 100 %
    Legal Rules Islamic 3 100% 100 %
    Computer Applications 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Non-Bank Sharia Financial Institutions 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Pengantar Manajemen 3 100% 100 %
    Econometrics 3 100% 100 %
    Islamic Consumer Behavior 3 100% 100 %
    Sharia Financial 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Management Human Resources Management 3 100% 100 %
    Introduction to Economic Theory 3 100% 100 %
    History of Economic Thought Islam 2 100% 100 %
    Sharia Marketing 3 100% 100 %
    Computer Applications 2 60% 40% 100 %
    Ekis Ethics Ekis Islamic Work and Profession 3 100% 100 %
    Ekis Sharia Strategic Management 3 20% 20% 20% 40% 100 %
    Ekis Management Information System 3 100% 100 %
    Ekis Management of Ekis Islamic Organizations 3 100% 100 %
    Ekis Operational Management of Ekis Sharia Financial Institutions 3 50% 50% 100 %
    Business Feasibility Study Introduction to 3 100% 100 %
    Islamic Portfolio and Investment Management Program 3 100% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Islamic Economy Undergraduate Thesis
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum Program Studi Ekonomi Islam dikembangkan berdasarkan landasan historis, filosofis, sosiologis, psikologis, dan yuridis

    Landasan Historis: Dalam surat Al- Mujadalah: 11, Allah berfirman: Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: “Berlapang-lapanglah dalam majlis”, maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: “berdirilah kamu”, maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.Kata kunci dari ayat tersebut adalah iman, ilmu, dan amal. Ketiganya menjadi satu rangkaian sistemik dalam struktur kehidupan setiap muslim. Mementingkan yang satu dari yang lain akan melahirkan kehidupan yang timpang. Karena itu, dalam konteks pengembangan pendidikan Islam, iman, ilmu, dan amal harus dijadikan domain pendidikan yang lebih penting dari domain kognitif, afektif dan psikomotorik dari taksonomi bloom yang sudah demikian terkenal itu. Ekonomi Islam Unesa mengembangkan pendidikan yang berperspektif Qur’ani, yakni pendidikan yang utuh, yang menyentuh seluruh domain yang disebut Allah dalam kitab suci (hadlarah al-nash), juga mendalam dalam kajian-kajian keilmuannya (hadlarah al-ilm), serta peduli dengan wilayah ‘amali, praktis nyata dalam realitas dan etika (hadlarah al-falsafah).

    Landasan Filosofis: Kurikulum ini menggunakan (1) Falsafah Pancasila sebagai landasan filosofis utama, yang berakar pada pandangan tentang manusia dan pendidikan. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Landasan utamanya sejalan dengan Pembukaan UUD 1945, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan tumpah darah negara, memajukan kesejahteraan umum, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Filosofi Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran akan jati diri bahwa pendidikan yang sejati adalah yang berkurikulum yang membawa pembangunan Indonesia menjadi bangsa yang maju, modern, bermoral, dan disiplin, memiliki etos kerja yang tinggi, menguasai kemampuan teknis dan profesional, memiliki sikap rasional dan kemampuan intelektual, demokratis serta bertanggung jawab dan sejahtera; (2) Filsafat eksistensial menunjukkan bahwa Ekonomi Islam memperkuat eksistensi peran dan fungsi peserta didik dalam perekonomian berlandaskan prinsip Islam yang sedang mengalami perkembangan Indonesia; (3) Filosofi konstruktivis menjadi landasan bahwa program studi Ekonomi Islam selalu mendorong peserta didik untuk mengembangkan, membangun, dan mempraktekkan kegiatan ekonomi Syariah yang compliant

    Landasan Sosiologis:  Landasan sosiologis digunakan untuk memperkuat Program Ekonomi Islam sebagai lembaga sosial yang penting bagi terciptanya kehidupan masyarakat yang demokratis. Secara sosiologis, kurikulum Program Studi Ekonomi Islam dirancang untuk menyelesaikan permasalahan terkait rekonstruksi sosial dengan keseluruhan permasalahan sosial yang muncul seperti ketimpangan ekonomi, krisis ekonomi, serta berbagai permasalahan dalam aktivitas ekonomi, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang meningkat pesat sebagai akibat dari perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat

    Landasan Psikologis: Landasan psikologis digunakan untuk meningkatkan peran Ekonomi Islam dalam pertumbuhan ekonomi Indonesia. Nilai-nilai tersebut berorientasi pada nilai-nilai dasar berupa keimanan dan ketakwaan, kemandirian, kebangsaan, keseimbangan dalam pengembangan kepribadian dan kecerdasan siswa, budaya, kemandirian, serta kemanusiaan dan kekeluargaan melalui pembelajaran ekonomi islam

    Landasan Yuridis: Landasan Hukum/ yuridis kurikulum ini menggunakan peraturan yang berlaku, yaitu:

    a. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. b. Pemberlakukan Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). c. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional pendidikan Tinggi. d. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Manajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan. e. Peraturan Menteri pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti untuk mengakomodasi pengembangan literasi. 

    1. UU No 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
    2. UU No 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi
    3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI)
    4. Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi
    5. Permenristekdikti Nomor 79 tahun 2017 tentang Statuta UNESA 2017
    6. Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi di Era Industri 4.0 Untuk Mendukung Merdeka Belajar-Kampus Merdeka tahun 2020
    7. Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum KKNI dan SN-Dikti Prodi di Universitas Negeri Surabaya tentang Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum KKNI Prodi
    8. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 9 Tahun 2020 tentang Peraturan Akademik Pelaksanaan Merdeka Belajar Kampus Merdeka
    9. Pedoman Penambahan Muatan dan Matakuliah Pengembangan Kepribadian Institusional pada Kurikulum Unesa tahun 2019