•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi D4 Administrasi Negara Unesa

 
Study Program  :  Public Administration
Establishment Date  :  18 Oktober 2019
Study Program Coordinator  :  Dr. Weni Rosdiana, S.Sos., M.AP.
Visi Misi & Tujuan Program Studi D4 Administrasi Negara
Universitas Negeri Surabaya
Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan sarjana terapan yang mampu mengaplikasikan, mengkaji dan menyelesaikan masalah di bidang kebijakan, tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik yang berkelanjutan berbasis sosiopreneurship
  2. Menghasilkan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang adaptif dan inovatif di bidang kebijakan, tata kelola kepegawaian, dan pembangunan sektor publik
  3. Menghasilkan kerjasama dalam rangka meningkatkan kualitas Tridharma dan daya serap lulusan.

Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan terapan yang tangguh, Adaptif, Inovatif, berbasis pada sociopreneurship di bidang kebijakan, tata kelola kepegawaian, dan pembangunan sektor publik yang berkelanjutan berbasis sosiopreneurship
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang kebijakan, tata kelola kepegawaian, dan pembangunan sektor publik
  3. Menjalin hubungan kerjasama yang bermanfaat dan berkelanjutan berdasarkan prinsip collaborative governance

Nilai_dasar
  1. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
  2. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
  3. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  4. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
  5. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
  6. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  7. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah

Visi
mengembangkan administrasi negara terapan yang berkarakter Tangguh, Adaptif, Inovatif, di bidang kebijakan, tata kelola kepegawaian, dan pembangunan sektor publik yang berkelanjutan berbasis sosiopreneurship
Capaian Lulusan Program Studi Public Administration
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Mampu menguasai konsep kebijakan, tata kelola kepegawaian dan implementasi regulasi serta melakukan pengawasan dan pengendalian pembangunan sektor publik.

PLO-6 Mampu mengimplementasikan kebijakan pembangunan dengan menggunakan berbagai metode dan analisis untuk menghasilkan karya/produk administrasi negara/publik terapan yang didiseminasikan ke khalayak luas.

PLO-7 Mampu mengaplikasikan metode, prosedur, sistem kerja dan menyelesaikan masalah dalam tata kelola sektor publik yang berbasis teknologi informasi.

PLO-8 Mampu mempraktikkan perangkat analisis fungsi manajemen talenta, penerapan sistem merit, serta penyusunan peta kebutuhan SDM dan rencana pengembangan SDM Aparatur.

PLO-9 Mampu menyusun berbagai alternatif solusi di bidang kebijakan , tata kelola kepegawaian dan pembangunan sektor publik dan mengembangkan etika pelayanan publik.

PLO-10 Mampu memberikan pelayanan publik yang berkualitas dan dapat berinteraksi secara profesional dengan setiap individu, masyarakat, maupun para pemangku kepentingan lainnya.

Occupational Profiles Program Studi Public Administration
Universitas Negeri Surabaya
  • Pelaksana Pelayanan Publik jenjang pertama

    Mempraktikkan pelayanan prima serta memberikan ide pelayanan prima berbasis teknologi informasi

  • Pelaksana Pembangunan jenjang pertama

    Mengadministrasikan program pembangunan berbasis kolaborasi

  • Analis dan pelaksana SDM Aparatur jenjang pertama

    Mengimplementasikan perangkat analisis fungsi Manajemen SDM Aparatur berbasis kebutuhan dan target kinerja organisasi


Struktur Kurikulum Public Administration
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Transformasi D4 Administrasi Negara 2024--2028

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002046 Literasi Digital 2.00
1000002177 English 2.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Budha
    -  Agama Hindu
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Khonghucu
    -  Agama Protestan
2.00
6330103069 Public Sector Hrm 3.00
1000002018 Pancasila Education 2.00
xx63401030845 Pengantar Ilmu Administrasi Negara 3.00
99996340106031 Sistem Administrasi Negara 3.00
6330103081 Theory Of Administration And Public Service 3.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6330103050 Public Relations And Protocol 3.00
6330102057 Regional Government Administration 2.00
6330102049 Administrasi Perkantoran 2.00
xx63401030182 Applications And Databases 3.00
1000002003 Indonesian 2.00
1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
6330102065 Organizational Behavior And Organizational Culture 2.00
6330102051 Personality Development 2.00
6330102070 Statistik Sosial 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6330103073 Development Policy 3.00
1000002033 Citizenship 2.00
6330103036 Administrasi Keuangan Negara 3.00
6330103041 Organization 3.00
6330103048 Employee Workload 3.00
6330103071 Digital Service And Simpeg 3.00
6330104058 Research Methods 3.00
6330103077 Talent And Career Competency Development 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6330103075 Employee Performance Evaluation 3.00
6330103037 Computer 3.00
6330103074 Kepemimpinan Dan Pengambilan Keputusan 3.00
6330103043 Compensation Employee 3.00
6330102080 Etika Administrasi Negara 2.00
6330103040 Evaluation Training Archives 3.00
6330102055 Asset Management 2.00
6330102072 Public Service Practice Practice 2.00
6330103047 Employee Recruitment 3.00

Semester ke 5

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Magang (18 SKS)
Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
MBKM0052 Program Planning Internship 2.00
Matakuliah Magang

Semester ke 6

Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 6 ini antara lain adalah
  • Paket Matakuliah Studi Independen (20 SKS)
Matakuliah Studi Independen

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002176 Entrepreneurship 2.00
6330103056 Tax Administration 3.00
1000020157 Event Management 2.00
6330102078 Community Empowerment 2.00
1000002104 Seminar Proposal Final Project 2.00
6330102079 Sustainable Development Governance 2.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000004105 Thesis 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Public Administration
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum dilaksanakan dengan tujuan untuk melihat apakah kurikulum telah berjalan dengan baik menuju tercapainya SKL atau sampai melampauinya sesuai dengan tuntutan perkembangan zaman dengan mempertimbangkan hasil langkah Perancangan ulang kurikulum. Hasil evaluasi dapat berupa keputusan untuk merancang ulang kurikulum yang ada atau memodifikasinya. Tracer Study dilaksanakan setiap tahun untuk mengetahui jumlah serapan lulusan di dunia usaha dan dunia kerja serta kualitas lulusan

Rekap PLO Program Studi Public Administration
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10
Sistem Administrasi Negara 3 14.29% 42.86% 14.29% 28.57% 100 %
Employee Workload 3 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
Employee Performance Evaluation 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Administrasi Keuangan Negara 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Evaluation Position Analysis 2 40% 20% 20% 20% 100 %
Organization 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Compensation Employee 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Employee Recruitment 3 28.57% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Evaluation Training Archives 3 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Computer 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Public Sector HRM 2 12.5% 25% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Leadership 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Decision Making 3 10% 40% 40% 10% 100 %
Organizational Behavior and Organizational Culture 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Public Relations and Protocol 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Regional Government Administration 2 20% 20% 40% 20% 100 %
Thesis 6 10% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 10% 100 %
Pengantar Ilmu Administrasi Negara 3 100% 100 %
Research methods 3 40% 40% 20% 100 %
Religious education 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Etika Administrasi Negara 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Digital Service and Simpeg 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Public Sector HRM 3 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Development Policy 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Sustainable Development Governance 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Public Service Practice Practice 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Talent and Career Competency Development 3 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 100 %
Statistik Sosial 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Theory of State Administration and Public Services 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Kepemimpinan dan Pengambilan Keputusan 3 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
English 2 20% 20% 20% 20% 20% 100 %
Theory of Administration and Public Service 3 30% 35% 25% 10% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Public Administration
Universitas Negeri Surabaya
  1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (LembaranNegara Republik IndonesiaTahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik IndonesiaNomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  5. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  6. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah,Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di PerguruanTinggi;
  7. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industriuntuk Program Sarjanadan Sarjana Terapan.
  8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 5 tahun 2020, tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi
  10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta.
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2020, tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
  12. Buku Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Vokasi 
  13. Pedoman Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka Universitas Negeri Surabaya 2020
  14. PERATURAN REKTOR UNIVERSITAS NEGERI SURABAYA NOMOR 9 TAHUN 2O2O TENTANG PERATURAN AKADEMIK PELAKSANAAN MERDEKA BELAJAR KAMPUS MERDEKA