Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa
Study Program | : | Physical Education, Health and Recreation |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
Misi
- menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif;
- menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-8 | KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif |
PLO-9 | KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan. |
PLO-10 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-13 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
- 1. Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan
null
- 2. Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.
null
- 3. Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
null - 4. Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.
Struktur Kurikulum Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI PJKR 2018
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
1000003006
Dasar Dasar Pendidikan
3.00
8520102039
Basics Of
2.00
8520103065
Basic Skills Athletics
3.00
8520102069
Basic Gymnastics Skills
2.00
8520102105
Pencak Silat
2.00
8520102232
Petanque
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8520102005
Anatomi
2.00
1000002177
English
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520102045
Exercise Physiology
2.00
8520102054
Sports Nutrition Science
2.00
1000002011
Isbd
2.00
8520102068
Basic Skills Swimming
2.00
8520103102
Learning Gymnastics And Rhythmic Activities
3.00
8520102126
General Knowledge Sports
2.00
8520102152
Sports Psychology
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8520103099
Athletic
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520102222
Philosophy Of Science
2.00
8520102066
Basic Skills Basketball
2.00
8520102098
Learning
2.00
8520102110
School Health Education
2.00
8520103139
Little Games
3.00
8520102160
Physical Education Facilities And Infrastructure Sports
2.00
8520100227
Physical Education Curriculum Review Innovative Learning Practices
3.00
8520102001
Administration And Systems Competitions
2.00
8520102025
Biomechanics Sports
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520102056
Coaching Science Basic
2.00
8520102067
Basic Skills Football Volleyball
2.00
8520102070
Basic Football Skills
2.00
8520102237
Innovative Learning
2.00
8520102107
Prevention Injury Care Meetings Incentive
2.00
8520103190
Innovative Teaching Physical Education
3.00
8520101239
Introduction School Field I
1.00
8520102178
Sociology Of Sport
2.00
8520102080
Massage Sports
2.00
8520102084
Instructional Media
2.00
8520102100
Learning Basketball
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520103147
Innovative Learning Physical Education
3.00
8520102103
Football Learning
2.00
8520103123
Development Of Learning Tools Physical Education
3.00
8520103194
Sports Tests And Measurements
3.00
8520103011
Assessment Process And Learning Outcomes Physical Education
3.00
8520102035
Badminton
2.00
8520102059
Fitness And Education Instructor Spa Therapy Physical
2.00
8520102061
Journalism Sports
2.00
8520103089
Research Methodology
3.00
8520102101
Learning Volleyball
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520103240
Introduction To School Fields Ii
3.00
8520102146
Field Practice
2.00
8520106175
Thesis
6.00
Semester ke 8
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000003006 | Dasar Dasar Pendidikan | 3.00 | |
8520102039 | Basics Of | 2.00 | |
8520103065 | Basic Skills Athletics | 3.00 | |
8520102069 | Basic Gymnastics Skills | 2.00 | |
8520102105 | Pencak Silat | 2.00 | |
8520102232 | Petanque | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8520102005 | Anatomi | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102045 | Exercise Physiology | 2.00 | |
8520102054 | Sports Nutrition Science | 2.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
8520102068 | Basic Skills Swimming | 2.00 | |
8520103102 | Learning Gymnastics And Rhythmic Activities | 3.00 | |
8520102126 | General Knowledge Sports | 2.00 | |
8520102152 | Sports Psychology | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8520103099 | Athletic | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102222 | Philosophy Of Science | 2.00 | |
8520102066 | Basic Skills Basketball | 2.00 | |
8520102098 | Learning | 2.00 | |
8520102110 | School Health Education | 2.00 | |
8520103139 | Little Games | 3.00 | |
8520102160 | Physical Education Facilities And Infrastructure Sports | 2.00 | |
8520100227 | Physical Education Curriculum Review Innovative Learning Practices | 3.00 | |
8520102001 | Administration And Systems Competitions | 2.00 | |
8520102025 | Biomechanics Sports | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102056 | Coaching Science Basic | 2.00 | |
8520102067 | Basic Skills Football Volleyball | 2.00 | |
8520102070 | Basic Football Skills | 2.00 | |
8520102237 | Innovative Learning | 2.00 | |
8520102107 | Prevention Injury Care Meetings Incentive | 2.00 | |
8520103190 | Innovative Teaching Physical Education | 3.00 | |
8520101239 | Introduction School Field I | 1.00 | |
8520102178 | Sociology Of Sport | 2.00 | |
8520102080 | Massage Sports | 2.00 | |
8520102084 | Instructional Media | 2.00 | |
8520102100 | Learning Basketball | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520103147 | Innovative Learning Physical Education | 3.00 | |
8520102103 | Football Learning | 2.00 | |
8520103123 | Development Of Learning Tools Physical Education | 3.00 | |
8520103194 | Sports Tests And Measurements | 3.00 | |
8520103011 | Assessment Process And Learning Outcomes Physical Education | 3.00 | |
8520102035 | Badminton | 2.00 | |
8520102059 | Fitness And Education Instructor Spa Therapy Physical | 2.00 | |
8520102061 | Journalism Sports | 2.00 | |
8520103089 | Research Methodology | 3.00 | |
8520102101 | Learning Volleyball | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520103240 | Introduction To School Fields Ii | 3.00 | |
8520102146 | Field Practice | 2.00 | |
8520106175 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.
Rekap PLO Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved