•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa

 
Study Program  :  Bachelor Of Physical Education, Health & Recreation
Establishment Date  :  11 Juli 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.


Misi
  1. menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan; 
  2. menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif; 
  3. menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan; 
  4. menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
  5. menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.

Capaian Lulusan Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health & Recreation
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-13 Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health & Recreation
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Bachelor Of Physical Education, Health & Recreation
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum KKNI S1 PJKR 2015

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000003006 Dasar Dasar Pendidikan 3.00
    8520103065 Basic Skills Athletics 3.00
    8520102069 Basic Gymnastics Skills 2.00
    8520102105 Pencak Silat 2.00
    8520102039 Basics Of 2.00
    8520102126 General Knowledge Sports 2.00
    1000003040 Psikologi Pendidikan 3.00
    1000002177 English 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520102068 Basic Skills Swimming 2.00
    1000002011 Isbd 2.00
    8520103006 Anatomy And Physiology Of Sports 3.00
    1000002018 Pancasila Education 2.00
    8520103102 Learning Gymnastics And Rhythmic Activities 3.00
    8520103099 Athletic 3.00
    1000002003 Indonesian 2.00
    8520102054 Sports Nutrition Science 2.00
    8520102152 Sports Psychology 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520102066 Basic Skills Basketball 2.00
    8520102024 Biomechanics 2.00
    8520102222 Philosophy Of Science 2.00
    1000002033 Citizenship 2.00
    8520102098 Learning 2.00
    8520102110 School Health Education 2.00
    8520102001 Administration And Systems Competitions 2.00
    8520100227 Physical Education Curriculum Review Innovative Learning Practices 3.00
    8520102160 Physical Education Facilities And Infrastructure Sports 2.00
    8520103139 Little Games 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520102067 Basic Skills Football Volleyball 2.00
    8520102081 Sports Massage 2.00
    8520102084 Instructional Media 2.00
    8520102100 Learning Basketball 2.00
    8520102055 Ilmu Kealaman Dasar 2.00
    8520102070 Basic Football Skills 2.00
    8520102107 Prevention Injury Care Meetings Incentive 2.00
    8520102178 Sociology Of Sport 2.00
    8520103191 Theory Of Motor Development And Learning 3.00
    8520103230 Innovative Learning Theory Physical 3.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520102103 Football Learning 2.00
    8520103089 Research Methodology 3.00
    8520103123 Development Of Learning Tools Physical Education 3.00
    8520103011 Assessment Process And Learning Outcomes Physical Education 3.00
    8520102035 Badminton 2.00
    8520102101 Learning Volleyball 2.00
    8520103194 Sports Tests And Measurements 3.00
    8520103231 Physical Education 3.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520102064 Scouting And Out Of Class Activities 2.00
    8520102030 Handball 2.00
    8520102053 Hockey 2.00
    8520102128 Adaptive Physical Education 2.00
    8520102071 Kewirausahaan Olahraga 2.00
    8520102187 Tennis Field 2.00
    8520103182 Statistik 3.00
    8520102174 Sepak Takraw Aquatic Learning 2.00
    8520102188 Table Tennis 2.00
    8520102177 Softball 2.00
    8520102140 Real Work Practice 2.00
    8520102164 Seminar 2.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520102062 Karate 2.00
    8520102060 Judo 2.00
    8520103225 Community Service Program 3.00
    8520102051 Wrestling 2.00
    8520102097 Archery 2.00
    8520102009 Fencing 2.00
    8520103149 Learning Management For Islamic Economics 3.00
    8520106175 Thesis 6.00
    8520102198 Boxing 2.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8520102061 Journalism Sports 2.00
    8520102059 Fitness And Education Instructor Spa Therapy Physical 2.00
    8520102146 Field Practice 2.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health & Recreation
    Universitas Negeri Surabaya

    Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.

    Rekap PLO Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health & Recreation
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13
    Swimming 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Athletic 2 15.38% 23.08% 30.77% 15.38% 15.38% 99.99 %
    Anatomi 2 23.81% 19.05% 57.14% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Bachelor Of Physical Education, Health & Recreation
    Universitas Negeri Surabaya

    Landasan Filosofi 

    Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat. 

    Landasan Sosiologis 

    Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga   pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa. 

     

    Landasan Historis 

    Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.

    Landasan Hukum 

    1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586); 

    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336); 

    3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI); 

    4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi; 

    5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi; 

    6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi; 

    7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;