Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi Unesa
Study Program | : | Physical Education, Health and Recreation |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Mochamad Ridwan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Jasmani, Kesehatan & Rekreasi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Prodi S1 PJKR memiliki visi menjadi program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan di bidang pendidikan jasmani.
Misi
- menyelenggarakan pendidikan di bidang pendidikan jasmani yang berkarakter tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan penelitian dan meningkatkan kualitas keilmuan di bidang pendidikan jasmani yang inovatif dan adaptif;
- menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berbasis kewirausahaan;
- menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; dan
- menyelenggarakan kerja sama nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang pendidikan jasmani yang berorientasi kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | KU1. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | KU5. Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-8 | KK1. Mampu merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran olahraga secara terukur, akuntabel, dan efektif |
PLO-9 | KK2. Mampu menyelesaikan masalah pendidikan olahraga dan mengambil keputusan berdasarkan ilmu pengetahuan. |
PLO-10 | Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan dan konsep teoritis pendidikan jasmani secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah secara procedural
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Mampu menerapkan pengetahuan konsep pendidikan jasmani untuk menghadapi permasalahan yang terjadi di lapangan dengan pendekatan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Mampu menyusun gagasan dan argumen ilmiah serta mengkomunikasikannya dalam forum akademik dan masyarakat luas
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-13 | Mampu menguasai konsep teoritis dan praktis bidang pendidikan jasmani, terutama pengembangan kreatifitas di bidang pendidikan jasmani dan olahraga
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
- 1. Sarjana kependidikan yang mampu menjadi pendidik/guru PJOK dan memiliki kompetensi pemahaman peserta didik, pembelajaran yang mendidik, dan penguasaan bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi sehingga mampu mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, mengevaluasi, dan mengembangkan pembelajaran yang kreatif inovatif dengan memanfaatkan berbagai sumber belajar serta teknologi yang relevan
null
- 2. Asisten Peneliti yang memiliki kompetensi untuk mengidentifikasi permasalahan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga, melakukan penelitian melalui prosedur ilmiah untuk mencari solusi, mempublikasikan, dan mendiseminasikan hasil penelitian.
null
- 3. Praktisi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi yang memiliki kompetensi terhadap bidang keilmuan Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga baik teori maupun praktik, lulusan Program studi Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dapat menjadi pelatih, masseur, dan personal trainer.
null - 4. Enterpreneur/wirausaha yang memiliki kemampuan merancang usaha di bidang Pendidikan Jasmani Kesehatan & Rekreasi dan olahraga yang kreatif dan inovatif.
Struktur Kurikulum Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum 2021 MBKM
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520102039
Basics Of
2.00
8520102247
Basics Of Education
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
8520102241
Teori Belajar
2.00
8520102005
Anatomi
2.00
8520103065
Basic Skills Athletics
3.00
8520103245
Basic Gymnastics Skills
3.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8520102105
Pencak Silat
2.00
8520102177
Softball
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520102025
Biomechanics Sports
2.00
8520102251
Basketball
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8520102252
Volleyball
2.00
8520102035
Badminton
2.00
8520102045
Exercise Physiology
2.00
1000002020
Pancasila Education
2.00
8520102152
Sports Psychology
2.00
8520102249
Swimming
2.00
8520102250
Football
2.00
8520102178
Sociology Of Sport
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520102254
Administration
2.00
8520102253
Motor Learning
2.00
8520102255
Injuries
2.00
8520102243
Futsal
2.00
8520102053
Hockey
2.00
8520102054
Sports Nutrition Science
2.00
8520102058
Fitness Instructor
2.00
8520102060
Judo
2.00
8520102062
Karate
2.00
8520102094
Equestrian Sports
2.00
8520102097
Archery
2.00
8520102110
School Health Education
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
8520102138
Little Games
2.00
8520102232
Petanque
2.00
8520102160
Physical Education Facilities And Infrastructure Sports
2.00
8520102174
Sepak Takraw Aquatic Learning
2.00
8520102187
Tennis Field
2.00
8520102188
Table Tennis
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520102238
Micro Learning
2.00
8520102236
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
8520102262
School Curriculum
2.00
8520102256
Adaptive Sports
2.00
8520102098
Learning
2.00
8520102263
Athletic
2.00
8520103264
Big Ball Learning Small Ball
3.00
8520102265
Learning
2.00
8520102261
Gymnastics Learning
2.00
8520102248
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8520102131
Perencanaan Pembelajaran
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8520102267
Outdoor Activities Physical Education
2.00
8520102266
Design E Sport
2.00
8520102056
Coaching Science Basic
2.00
8520102269
Learning Innovation
2.00
8520102059
Fitness And Education Instructor Spa Therapy Physical
2.00
8520102061
Journalism Sports
2.00
8520102071
Kewirausahaan Olahraga
2.00
8520102080
Massage Sports
2.00
8520103089
Research Methodology
3.00
8520102237
Innovative Learning
2.00
8520102244
Statistik
2.00
8520102257
Tests And Measurements Physical Education
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000003052
Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran
3.00
1000002051
Plp Analisis Kurikulum
2.00
1000002055
Plp Asesmen Pembelajaran
2.00
1000002049
Plp Manajemen Sekolah
2.00
1000003053
Plp Pengembangan Bahan Ajar
3.00
1000002054
Plp Pengembangan Media Pembelajaran
2.00
1000002050
Plp Pengembangan Program Sekolah
2.00
1000004056
Plp Praktik Mengajar
4.00
8520104275
Thesis
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102039 | Basics Of | 2.00 | |
8520102247 | Basics Of Education | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
8520102241 | Teori Belajar | 2.00 | |
8520102005 | Anatomi | 2.00 | |
8520103065 | Basic Skills Athletics | 3.00 | |
8520103245 | Basic Gymnastics Skills | 3.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8520102105 | Pencak Silat | 2.00 | |
8520102177 | Softball | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102025 | Biomechanics Sports | 2.00 | |
8520102251 | Basketball | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8520102252 | Volleyball | 2.00 | |
8520102035 | Badminton | 2.00 | |
8520102045 | Exercise Physiology | 2.00 | |
1000002020 | Pancasila Education | 2.00 | |
8520102152 | Sports Psychology | 2.00 | |
8520102249 | Swimming | 2.00 | |
8520102250 | Football | 2.00 | |
8520102178 | Sociology Of Sport | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102254 | Administration | 2.00 | |
8520102253 | Motor Learning | 2.00 | |
8520102255 | Injuries | 2.00 | |
8520102243 | Futsal | 2.00 | |
8520102053 | Hockey | 2.00 | |
8520102054 | Sports Nutrition Science | 2.00 | |
8520102058 | Fitness Instructor | 2.00 | |
8520102060 | Judo | 2.00 | |
8520102062 | Karate | 2.00 | |
8520102094 | Equestrian Sports | 2.00 | |
8520102097 | Archery | 2.00 | |
8520102110 | School Health Education | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8520102138 | Little Games | 2.00 | |
8520102232 | Petanque | 2.00 | |
8520102160 | Physical Education Facilities And Infrastructure Sports | 2.00 | |
8520102174 | Sepak Takraw Aquatic Learning | 2.00 | |
8520102187 | Tennis Field | 2.00 | |
8520102188 | Table Tennis | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102238 | Micro Learning | 2.00 | |
8520102236 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
8520102262 | School Curriculum | 2.00 | |
8520102256 | Adaptive Sports | 2.00 | |
8520102098 | Learning | 2.00 | |
8520102263 | Athletic | 2.00 | |
8520103264 | Big Ball Learning Small Ball | 3.00 | |
8520102265 | Learning | 2.00 | |
8520102261 | Gymnastics Learning | 2.00 | |
8520102248 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8520102131 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8520102267 | Outdoor Activities Physical Education | 2.00 | |
8520102266 | Design E Sport | 2.00 | |
8520102056 | Coaching Science Basic | 2.00 | |
8520102269 | Learning Innovation | 2.00 | |
8520102059 | Fitness And Education Instructor Spa Therapy Physical | 2.00 | |
8520102061 | Journalism Sports | 2.00 | |
8520102071 | Kewirausahaan Olahraga | 2.00 | |
8520102080 | Massage Sports | 2.00 | |
8520103089 | Research Methodology | 3.00 | |
8520102237 | Innovative Learning | 2.00 | |
8520102244 | Statistik | 2.00 | |
8520102257 | Tests And Measurements Physical Education | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000003052 | Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran | 3.00 | |
1000002051 | Plp Analisis Kurikulum | 2.00 | |
1000002055 | Plp Asesmen Pembelajaran | 2.00 | |
1000002049 | Plp Manajemen Sekolah | 2.00 | |
1000003053 | Plp Pengembangan Bahan Ajar | 3.00 | |
1000002054 | Plp Pengembangan Media Pembelajaran | 2.00 | |
1000002050 | Plp Pengembangan Program Sekolah | 2.00 | |
1000004056 | Plp Praktik Mengajar | 4.00 | |
8520104275 | Thesis | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Ketuntasan mahasiswa mencapai CPL pada kriteria sangat baik mencapai 46%, kriteria baik mencapai 36%, kriteria memuaskan mencapai 16%, sedangkan tingkat kegagalan siswa sebesar 2%. Pengembangan kurikulum pada program studi S1 Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi menyesuaikan dengan visi dan misi Universitas Negeri Surabaya.
Rekap PLO Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Physical Education, Health and Recreation
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Filosofi
Secara Naturalistik, pendidikan jasmani berkaitan dengan perkembangan individu secara utuh (holistik). Hal tersebut seperti yang tertuang dalam National Association for Sport and Physical Education (NASPE) menyatakan bahwa pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk menciptakan manusia yang terdidik secara jasmaniah. Selain itu dalam Filosofi pragmatisme, pendidikan menekankan pada pengalaman yang lebih bermakna dalam memperoleh aktivitas yang bervariasi, penekanan pada pemecahan masalah dan berpikir tingkat tinggi, dan proses belajar yang dikonstruksikan dari pengetahuan sebelumnya. Outcome yang diharapkan adalah lulusan yang berpengetahuan secara praktis dan mampu beradaptasi, mencukupi dirinya sendiri, berpartisipasi dalam masyarakat.
Landasan Sosiologis
Sebagai lembaga pendidikan yang lulusannya akan terjun ke masyarakat maka Kurikulum pada prodi S1 PJKR dikemas untuk membentuk mahasiswa yang mampu hidup secara harmonis di masyarakat. Lulusan Prodi S1 PJKR adalah guru di semua jenjang pendidikan, dan profesional keolahragaan non kependidikan sehingga pada kurikulum perlu memberikan muatan dalam pembentukan soft skill mahasiswa.
Landasan Historis
Kurikulum prodi S1 PJKR mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai perkembangan zaman. Kurikulum yang disajikan menyesuaikan dengan kebutuhan stakeholder. Kurikulum didesain secara bertahap dapat membentuk kompetensi guru pendidikan jasmani yang utuh baik dari unsur pedagogis, profesional pada bidang keolahragaan, kepribadian, dan sosial. Pembelajaran dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi konstruksi pengetahuan simultan dari pembelajaran teori dan praktek. Pengetahuan mendasari keterampilan praktik, begitu juga sebaliknya pengalaman praktek mendorong terjadinya refleksi pemahaman yang semakin tinggi sehingga pencapaian level kognitif terbentuk seiring dengan ditempuhnya mata kuliah tiap semester.
Landasan Hukum
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
3. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
4. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
5. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved