•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Manajemen Unesa

 
Study Program  :  Management-Marketing Management
Establishment Date  :  10 Mei 2003
Study Program Coordinator  :  Yuyun Isbanah, S.E., M.SM.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Manajemen
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi prodi yang berdaya saing dalam pendidikan dan pengembangan ilmu manajemen yang berbasis entrepreneurial leadership dan etika bisnis di Asia Tenggara tahun 2025


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan ilmu manajemen yang berbasis entrepreneurial leadership dan etika bisnis,
  2. Menyelenggarakan penelitian di bidang manajemen yang berbasis entrepreneurial leadership dan etika bisnis,
  3. Menyelenggarakan pengabdian pada masyarakat yang berbasis entrepreneurial leadership dan etika bisnis,
  4. Menyelenggarakan tata kelola prodi yang sesuai dengan prinsip good university governance,
  5. Membangun kerja sama dengan stakeholder di dalam negeri dan luar negeri

Tujuan
  1. Mampu menerapkan konsep dan teori manajemen dalam bidang SDM, Pemasaran, dan Keuangan untuk menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaannya. 
  2. Mampu mengembangkan diri melalui pendidikan formal maupun informal. 
  3. Mampu mengimplementasikan etika bisnis, keterampilan manajerial, dan pemimpin yang berjiwa wirausaha dalam praktek profesinya.

Capaian Lulusan Program Studi Management-Marketing Management
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Lulusan mampu mengimplementasikan teori bidang manajemen dalam mengelola organisasi secara efektif (APSMBI 2)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Lulusan mampu berkomunikasi secara efektif (APSMBI 3)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Lulusan mampu beradaptasi terhadap konteks permasalahan bisnis yang dihadapi dengan baik (APSMBI 6)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Lulusan mampu mengaplikasikan teknologi informasi dalam pengelolaan data keuangan, pemasaran, dan SDM dengan tepat (APSMBI 4)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Lulusan mampu menyusun ide usaha dalam lingkungan bisnis global secara kreatif (APSMBI 7)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Lulusan mampu mengambil keputusan strategis untuk pengembangan diri dengan tepat (APSMBI 6)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Lulusan mampu mengelola organisasi secara etis (APSMBI 1)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Lulusan mampu menerapkan jiwa entrepreneurial leadership secara berkelanjutan (APSMBI 1)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-15 Lulusan mampu melakukan penelitian dengan baik dan beretika (APSMBI 8)
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Management-Marketing Management
Universitas Negeri Surabaya
  • Wirausahawan Muda
     
  • Pekerja Profesi Keuangan
     
  • Pekerja profesi SDM
     
  • Pekerja profesi Pemasaran
     

Struktur Kurikulum Management-Marketing Management
Universitas Negeri Surabaya

S1 Manajemen 2021

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120103086 Matematika Ekonomi 3.00
1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
1000002018 Pancasila Education 2.00
6120103102 Pengantar Akuntansi 3.00
6120103106 Pengantar Bisnis 3.00
6120102183 Introduction To Economic Theory 2.00
6120103158 Statistik I 3.00
1000002003 Indonesian 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120102023 English Business 2.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
1000002033 Citizenship 2.00
6120103109 Pengantar Manajemen 3.00
6120103159 Statistik Ii 3.00
6120103164 Te Macro 3.00
6120103165 Micro 3.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120103001 Cost Accounting 3.00
6120103027 International Business 3.00
6120103034 Ekonomi Moneter 3.00
6120103092 Operational 3.00
6120103125 Perpajakan 3.00
6120102139 Industrial Psychology 2.00
1000002176 Entrepreneurship 2.00
6120103033 Ekonomi Manajerial 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120103007 Management Accounting 3.00
6120103184 E-Commerce 3.00
6120103056 Manajemen Keuangan 3.00
6120103068 Manajemen Operasional 3.00
6120103071 Manajemen Pemasaran 3.00
6120103083 Manajemen Sdm 3.00
6120103088 Research Methodology 3.00
6120103123 Perilaku Organisasi 3.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120103185 Kkn Financial Report Analysis 3.00
6120103186 Corporate Budget Corporate Business 3.00
6120103204 Business Ethics 3.00
6120103188 Kkn Strategic Leadership 3.00
6120103191 Management K3 Management 3.00
6120103192 Sales Management 3.00
6120102206 Computer Practices 2.00
6120102189 Practices Entrepreneurship Practices 2.00
6120104205 Kkn Business Feasibility Study 4.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120102196 Business Law 2.00
6120103200 Investment Management 3.00
6120103193 Performance 3.00
6120106194 Management Risk Management 3.00
6120103208 Strategic Management 3.00
6120103209 Business Communication Practices 3.00
6120103199 Marketing Research 3.00
6120103207 Management Information Systems 3.00
6120106210 Change Management 3.00

Semester ke 7

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120103037 Ergonomics 3.00
6120102050 Marketing 2.00
6120102051 Financial Institutions And Capital Markets 2.00
6120103060 Manajemen Keuangan Internasional 3.00
6120103061 Advanced Financial Management 3.00
6120102069 Management 2.00
6120103076 Banking Management 3.00
6120103090 Msdm Global 3.00
6120103095 Pemasaran Internasional 3.00
6120103098 Services 3.00
6120103119 Resources Planning Management 3.00
6120103121 Perilaku Konsumen 3.00
6120103126 Organizational Change And Learning Human 3.00
6120103143 Seminar 3.00
6120103160 Marketing Strategy 3.00
6120103042 Derivative Financial Instruments 3.00

Semester ke 8

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
6120106152 Thesis 6.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Management-Marketing Management
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Program Studi S1 Manajemen secara berkala dievaluasi dan dikembangkan agar sesuai dan relevan dengan perkembangan ilmu pengetahuan, praktik dan tantangan-tantangan di masa yang akan datang dengan melibatkan pemangku kepentingan. Pengembangan kurikulum Program Studi S1 Manajemen dimulai sejak tahun akademik 2013/2014 dengan mengacu Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Implementasi kurikulum perguruan tinggi berbasis KKNI dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SNPT) telah diaplikasikan sepenuhnya di Program Studi S1 Manajemen pada semester Genap 2015/2016. Program Studi S1 Manajemen terus mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan pengetahuan di bidang manajemen dan kebutuhan dunia usaha. Pada 28 September 2015, dilakukan sanctioning Kurikulum Berbasis KKNI Program Studi S1 Manajemen oleh Bapak B.M Purwanto. Ph.D dari Universitas Gajah Mada.

Studi banding telah beberapa kali di lakukan ke beberapa Universitas di sekitar Unesa di antaranya pada 22 Desember 2017, dilakukan kunjungan ke Universitas Brawijaya untuk studi banding terkait sertifikasi internasional dan Outcome-Based Education (OBE) dan ke Universitas Negeri Malang untuk studi banding terkait kurikulum dan sistem penjaminan mutu pendidikan. Pada 22 Januari 2019, dilakukan kunjungan ke Universiras Sebelas Maret untuk studi banding terkait sertifikasi internasional dan OBE. Lebih lanjut, pada 10 Oktober 2019, dilakukan kunjungan ke Universitas Gajah Mada terkait penjaminan mutu, akreditasi internasional, dan kelas internasional.

Selanjutnya, pada 2018, Program Studi S1 Manajemen mengembangkan kurikulum dengan menyesuaikan OBE sebagai langkah awal menyiapkan akreditasi internasional. Kurikulum tersebut diuji publik pada 12 Agustus 2019 dengan melibatkan industri, pengguna lulusan, alumni, Bursa Efek Indonesia, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, PT Pelabuhan Indonesia, PT Nutricia Indonesia Sejahtera (Danone), BPJS Ketenagakerjaan, dan UMKM. Kurikulum OBE yang disusun Program Studi S1 Manajemen direview oleh Pepen Arifin, Ph.D. dari Institut Teknologi Bandung untuk persiapan akreditasi internasional AQAS. Selain itu, evaluasi kurikulum Program Studi S1 Manajemen dilakukan dengan tracer study ke alumni dan pengguna lulusan. Hasil survei tersedia pada laporan tracer study (http://manajemen.feb.unesa.ac.id/page/tracer-study). 

Tahun 2020, Program Studi S1 Manajemen menyusun Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka berdasarkan Pedoman Pengembangan dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) 2020. Kurikulum MBKM Program Studi S1 Manajemen didesain dengan melibatkan beberapa pihak terkait, baik dari internal program studi maupun dari eksternal Program Studi S1 Manajemen. Kurikulum MBKM didesain pada 3 Maret 2020 yang melibatkan seluruh dosen Program Studi S1 Manajemen karena hal ini berhubungan dengan restrukturisasi mata kuliah yang selama ini dilaksanakan di Program Studi S1 Manajemen dan terus disempurnakan.

Uji publik kurikulum tersebut telah dilakukan beberapa kali baik dengan memanfaatkan Aliansi Program Studi Manajemen dan Bisnis Indonesia (APSMBI) atau meminta masukan untuk implementasi kurikulum baru melalui sharing session dengan universitas lain. Pada 2020, telah diadakan sharing session dengan APSMBI, Asosiasi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Indonesia (AFEBI), ISEI Jawa Timur, Universitas Jambi, Universitas Papua, Universitas Lambung Mangkurat, Universitas Malikussaleh, Universitas Borneo Tarakan, Indonesia Banking School, Universitas Trunojoyo, Universitas PGRI Kanjuruhan, Universitas Samudra, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Padang, Universitas Bangka Belitung, Universitas Khairun, UPN “Veteran” Jawa Timur, dan Universitas Cendana. Di 2021, telah diadakan sharing session dengan Asosiasi Program Studi Ekonomi Pembangunan Indonesia (ASEPI), Universitas Cenderawasih, Universitas Udayana, Universitas PGRI Kanjuruhan, UIN Alauddin, Universitas Khairun, Universitas Sebelas Maret, Universitas Negeri Jakarta, dan UIN Sunan Ampel. Di 2022, telah diadakan sharing session dengan Forum Dekan Fakultas Syariah dan Hukum Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKIN) dan Universitas Islam Negeri Sultan Thaha Saifuddin. Di tahun 2023, dalam upaya peningkatan kurikulum prodi melakukan benchmarking kurikulum ke Universitas Gajah Mada. Sharing shassion kurikulum dilakukan dengan beberapa perguruan tinggi diantaranya Universitas Trunojoyo Madura, Universitas Muhammadiyah Malang, dan beberapa universitas yang tergabung dalam Aliansi Program Studi Manajemen dan Bisnis Indonesia.

Rekap PLO Program Studi Management-Marketing Management
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO15
Introduction to Economic Theory 2 100% 100 %
Manajemen Keuangan 3 100% 100 %
Statistik I 3 50% 25% 25% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Management-Marketing Management
Universitas Negeri Surabaya
  1. Landasan filosofis
  2. Landasan sosiologis
  3. Landasan psikologis
  4. Landasan historis
  5. Landasan yuridis