Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Unesa
Study Program | : | Indonesian Language and Literature Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan.
Misi
- Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan pendidik profesional di bidangnya bidang bahasa dan sastra Indonesia
- Melaksanakan penelitian dan pengembangan publikasi ilmiah di bidang pendidikan bahasa dan sastra indonesia
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional untuk mengimplementasikan ilmu di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia
Tujuan
- Menghasilkan lulusan yang berkarakter, profesional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan;
- Menghasilkan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan;
- Menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan;
- Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan yang berbasis kewirausahaan dengan memperhatikan keunggulan Unesa (seni budaya, olahraga, dan disabilitas);
- Mewujudkan tata kelola Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan;
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan lembaga internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Menjadi warga negara yang bangga dan cinta tanah air, menghargai keragaman budaya, bekerja sama, dan memiliki kepekaan diri, sosial, dan lingkungan yang tinggi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-11 | Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Bahasa Indonesia
Guru yang telah menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disertai dengan kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian
- Guru BIPA
Guru yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang toleran, disiplin, bertanggung jawab, inovatif, peduli, dan solutif dan merasakan pandangan global
- Terapis ABK dengan masalah keterampilan bahasa
Terapis yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter sabar, penyayang, inspiratif, peduli, bijaksana, demokratis, dan solutif
- Peneliti bahasa dan sastra
Peneliti yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang teliti, obyektif, jujur, dan bertanggung jawab
- Pengusaha dalam bidang bahasa
Pengusaha yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter kreatif, inovatif, komunikatif, mandiri, dan tangguh
Struktur Kurikulum Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 2022
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820102189
Basics Of Education
2.00
8820104042
Phonology
4.00
8820102055
Keterampilan Berbicara
2.00
8820102060
Listening Skills
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8820102141
Literary History
2.00
8820102165
Literary Theory
2.00
1000002177
English
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
8820102103
Introductory Linguistics
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820102012
Appreciation Of
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8820102058
Reading
2.00
8820102089
Morphology
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8820102099
Philology Research
2.00
8820102131
Psikolinguistik
2.00
8820102132
Literature
2.00
8820102182
Teori Belajar
2.00
8820102024
Indonesian For Children With Special Needs
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820102010
Appreciation Drama
2.00
8820102015
Appreciation Of
2.00
8820102222
Indonesian Language
2.00
8820102225
Skills Writing Skills
2.00
8820102184
School Curriculum
2.00
8820102216
Indonesian
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820102005
Discourse Analysis
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820104214
Correspondence
4.00
8820104213
Journalistic Writing
4.00
8820104211
Writing Scientific Papers
4.00
8820104114
Creative Writing
4.00
8820104212
Editing
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820102189 | Basics Of Education | 2.00 | |
8820104042 | Phonology | 4.00 | |
8820102055 | Keterampilan Berbicara | 2.00 | |
8820102060 | Listening Skills | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8820102141 | Literary History | 2.00 | |
8820102165 | Literary Theory | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
8820102103 | Introductory Linguistics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820102012 | Appreciation Of | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8820102058 | Reading | 2.00 | |
8820102089 | Morphology | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8820102099 | Philology Research | 2.00 | |
8820102131 | Psikolinguistik | 2.00 | |
8820102132 | Literature | 2.00 | |
8820102182 | Teori Belajar | 2.00 | |
8820102024 | Indonesian For Children With Special Needs | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820102010 | Appreciation Drama | 2.00 | |
8820102015 | Appreciation Of | 2.00 | |
8820102222 | Indonesian Language | 2.00 | |
8820102225 | Skills Writing Skills | 2.00 | |
8820102184 | School Curriculum | 2.00 | |
8820102216 | Indonesian | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820102005 | Discourse Analysis | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820104214 | Correspondence | 4.00 | |
8820104213 | Journalistic Writing | 4.00 | |
8820104211 | Writing Scientific Papers | 4.00 | |
8820104114 | Creative Writing | 4.00 | |
8820104212 | Editing | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum dan tracer study di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan setiap tahun sekali. Evaluasi kurikulum pada tingkat Prodi dilakukan oleh tim kurikulum prodi. Evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum fakultas. Adapun evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum universitas.
Rekap PLO Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO10 | PLO11 | |||
Bipa Learning Basic | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Assessment of Learning Processes and Outcomes | 3 | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 12.5% | 100 % | ||
Reading | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Appreciation Drama | 2 | 40% | 40% | 20% | 100 % | |||||||
Skills Writing Skills | 4 | 100% | 100 % | |||||||||
Phonology | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Literary Theory | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||
Perencanaan Pembelajaran | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Writing Scientific Papers | 4 | 20% | 40% | 33.33% | 6.67% | 100 % | ||||||
Advanced Bipa Learning | 2 | 100% | 100 % | |||||||||
Sanskrit | 3 | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 33.33% | 22.22% | 99.99 % | |||||
Pragmatics | 2 | 21.43% | 28.57% | 14.29% | 35.71% | 100 % | ||||||
Skills Writing Skills | 2 | 25% | 25% | 8.33% | 25% | 16.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikembangkan berdasarkan landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan yuridis. 1. Kurikulum ini menggunakan (1) filsafat Pancasila sebagai landasan filosofis utama yang berakar pada pandangan tentang manusia dan pendidikan. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Landasan utamanya sejalan dengan Pembukaan UUD 1945,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan mencerdaskan negeri, memajukan kesejahteraan umum, serta turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran akan jati diri bahwa pendidikan yang hakiki adalah pendidikan yang kurikulumnya mengarah pada pembangunan Indonesia menjadi bangsa yang maju, modern, bermoral, dan berdisiplin, mempunyai etos kerja yang tinggi. , menguasai kemampuan teknis dan profesional, mempunyai sikap rasional dan kemampuan intelektual, bersifat demokratis serta bertanggung jawab dan sejahtera; (2) filosofi eksistensial menunjukkan bahwa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memperkuat eksistensi peran dan fungsi peserta didik bahasa dan sastra di tengah perkembangan Indonesia; (3) Filsafat konstruktivis menjadi landasan bahwa program studi bahasa dan sastra Indonesia senantiasa mendorong peserta didik untuk mengembangkan, membangun, dan menciptakan produk-produk bahasa dan sastra Indonesia secara kreatif dan inovatif. 2. Landasan sosiologi digunakan untuk memperkuat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Program sebagai lembaga sosial yang penting bagi terciptanya demokrasi kehidupan masyarakat melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Secara sosiologis, kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dirancang untuk memecahkan permasalahan terkait rekonstruksi sosial dengan segala permasalahan sosial yang timbul seperti disintegrasi sosial, konflik antaretnis, dan kekerasan. Selain itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang semakin meningkat akibat perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Terlebih lagi untuk menguatkan jati diri seseorang di era komunikasi tanpa batas tanpa mengucilkan diri dari persoalan informasi dan komunikasi melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 3. Landasan psikologis digunakan untuk meningkatkan peran PBSI dalam proses peningkatan dan pengembangan inspirasi dan budaya nilai-nilai akademik dan praktis. Nilai-nilai tersebut berorientasi pada nilai-nilai dasar berupa keimanan dan ketakwaan, kemandirian, kebangsaan, keseimbangan pengembangan kepribadian dan kecerdasan peserta didik, kebudayaan, kemandirian, serta kemanusiaan dan kekeluargaan melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 4. Landasan yuridis kurikulum ini menggunakan peraturan yang berlaku saat ini. UUD 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang progresif dalam tatanan kehidupan nasional. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Pendidikan Tinggi dijadikan pedoman dasar pengembangan kurikulum PBSI agar mempunyai kesesuaian fungsional dan keterpaduan sebagai kesatuan bangsa dan Negara Indonesia.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved