•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Unesa

 
Study Program  :  Indonesian Language and Literature Education
Establishment Date  :  11 Juli 1996
Study Program Coordinator  :  Prof. Dr. Anas Ahmadi, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan.


Misi
  1. Menyelenggarakan proses pendidikan dan pengajaran untuk menghasilkan pendidik profesional di bidangnya bidang bahasa dan sastra Indonesia 
  2. Melaksanakan penelitian dan pengembangan publikasi ilmiah di bidang pendidikan bahasa dan sastra indonesia 
  3.  Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat secara profesional untuk mengimplementasikan ilmu di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan yang berkarakter, profesional, berkecerdasan ganda, berdaya juang, berdaya saing tinggi, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan; 
  2. Menghasilkan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan; 
  3. Menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang berbasis kewirausahaan; 
  4. Menghasilkan karya ilmu pengetahuan dalam penyelenggaraan tridharma perguruan tinggi yang unggul, berkualitas, dan inovatif di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dan yang berbasis kewirausahaan dengan memperhatikan keunggulan Unesa (seni budaya, olahraga, dan disabilitas); 
  5. Mewujudkan tata kelola Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia yang efektif, efisien, transparan, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan; 
  6. Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan lembaga internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia berbasis kewirausahaan.

Capaian Lulusan Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-5 Berkontribusi dalam peningkatan kualitas hidup masyarakat, bangsa, dan negara serta kemajuan perubahan berdasarkan Pancasila
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Menjadi warga negara yang bangga dan cinta tanah air, menghargai keragaman budaya, bekerja sama, dan memiliki kepekaan diri, sosial, dan lingkungan yang tinggi

PLO-7 Bertanggung jawab atas setiap karya di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia secara mandiri dengan menginternalisasikan nilai-nilai agama, norma dan etika akademik dengan semangat perjuangan dan kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Menguasai konsep dasar bahasa, sastra, keterampilan berbahasa dan sastra, penelitian bahasa dan sastra; Menguasai konsep dasar dan pembelajaran bahasa dan sastra, penelitian di bidang pendidikan bahasa dan sastra; Menguasai konsep teoritis perkembangan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia, baik untuk penutur asli, penutur asing, maupun anak berkebutuhan khusus; Menguasai prinsip dan manajemen kewirausahaan dan pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu mengoperasikan aspek pedagogik yang berkaitan dengan pengajaran bahasa Indonesia baik untuk penutur asli, penutur asing, dan anak berkebutuhan khusus
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mampu berbicara dan menulis tentang bahasa dan sastra Indonesia dalam konteks sehari-hari/umum, akademik, dan kerja; dan mampu menggunakan salah satu dari beberapa bahasa daerah
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik Bahasa Indonesia

    Guru yang telah menguasai pengetahuan dan keterampilan di bidang pendidikan bahasa dan sastra Indonesia disertai dengan kompetensi pedagogis, profesional, sosial, dan kepribadian

  • Guru BIPA

    Guru yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang toleran, disiplin, bertanggung jawab, inovatif, peduli, dan solutif dan merasakan pandangan global

  • Terapis ABK dengan masalah keterampilan bahasa

    Terapis yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter sabar, penyayang, inspiratif, peduli, bijaksana, demokratis, dan solutif

  • Peneliti bahasa dan sastra

    Peneliti yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter yang teliti, obyektif, jujur, dan bertanggung jawab

  • Pengusaha dalam bidang bahasa

    Pengusaha yang memiliki kompetensi profesional dengan karakter kreatif, inovatif, komunikatif, mandiri, dan tangguh


Struktur Kurikulum Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum MBKM PBSI 2021

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002177 English 2.00
8820102043 Phonology 2.00
1000002046 Literasi Digital 2.00
100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
    -  Agama Islam
    -  Agama Katholik
    -  Agama Protestan
2.00
8820102103 Introductory Linguistics 2.00
8820102165 Literary Theory 2.00
8820102189 Basics Of Education 2.00
8820102055 Keterampilan Berbicara 2.00
8820102060 Listening Skills 2.00
8820102141 Literary History 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820102012 Appreciation Of 2.00
1000002003 Indonesian 2.00
8820104221 Indonesian Language 4.00
8820102089 Morphology 2.00
1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
1000002018 Pancasila Education 2.00
8820102182 Teori Belajar 2.00
8820102058 Reading 2.00
8820102102 Introduction To Philology 2.00
8820102131 Psikolinguistik 2.00
8820102132 Literature 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820102015 Appreciation Of 2.00
8820102184 School Curriculum 2.00
8820102187 Bipa Learning Basic 2.00
1000002033 Citizenship 2.00
8820102186 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8820102188 Syntax 2.00
8820102151 Statistics 2.00
8820102010 Appreciation Drama 2.00
8820104224 Indonesian For Children With Special Needs 4.00
8820103185 Skills Writing Skills 3.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000002176 Entrepreneurship 2.00
8820102198 Evaluation Of Learning And Learning 2.00
8820103200 Research Methods 3.00
8820102197 Advanced Bipa Learning 2.00
8820102196 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
8820102137 Children‘s Literature 2.00
8820102143 Semantics 2.00
8820102149 Sosiolinguistik 2.00
8820102150 Sociology Of Literature 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8820104214 Correspondence 4.00
8820104213 Journalistic Writing 4.00
8820104211 Writing Scientific Papers 4.00
8820104114 Creative Writing 4.00
8820104212 Editing 4.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000003068 Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program 3.00
1000004066 Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
1000004067 Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
1000003070 Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
1000003065 Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00
1000003092 Kkn Kewirausahaan Evaluasi Program 3.00
1000004091 Kkn Kewirausahaan Pelaksanaan Program 4.00
1000003093 Kkn Kewirausahaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003094 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Laporan 3.00
1000004090 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000003089 Kkn Kewirausahaan Perancangan Program 3.00
1000003074 Kkn Proyek Desa Evaluasi Program 3.00
1000004073 Kkn Proyek Desa Pelaksanaan Program 4.00
1000003075 Kkn Proyek Desa Pendesiminasian Program 3.00
1000003076 Kkn Proyek Desa Pengembangan Laporan 3.00
1000004072 Kkn Proyek Desa Pengembangan Perangkat 4.00
1000003071 Kkn Proyek Desa Perancangan Program 3.00
1000003080 Kkn Proyek Indpenden Evaluasi Program 3.00
1000004079 Kkn Proyek Indpenden Pelaksanaan Program 4.00
1000003081 Kkn Proyek Indpenden Pendesiminasian Program 3.00
1000003082 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Laporan 3.00
1000003077 Kkn Proyek Indpenden Perancangan Program 3.00
1000003086 Kkn Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
1000004085 Kkn Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
1000003087 Kkn Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003088 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
1000004084 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000003083 Kkn Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
1000020101 Kkn T 20.00
1000004098 Magang Riset Penganalisisan Data 4.00
1000004096 Magang Riset Pengembangan Instrumen Penelitian 4.00
1000003095 Magang Riset Pengembangan Rencana Penelitian 3.00
1000004097 Magang Riset Pengumpulan Data 4.00
1000003100 Magang Riset Publikasi 3.00
1000003060 Desain Program 3.00
1000003058 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00
1000004061 Pelaksanaan Program 4.00
1000002064 Pelaporan Program 2.00
1000002063 Pendesiminasian Program 2.00
1000002062 Penilaian Program 2.00
1000002057 Perencanaan 2.00
1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
8820102145 Seminar Proposal 2.00
1000003069 Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
1000004078 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Perangkat 4.00
1000020103 Apprenticeship 20.00
1000002099 Magang Riset Penyusunan Laporan Penelitian 2.00
1000002059 Manajemen Operasional 2.00
1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00
1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
1000004056 Plp Praktik Mengajar 4.00
8820104229 Thesis 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi kurikulum dan tracer study di Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dilakukan setiap tahun sekali. Evaluasi kurikulum pada tingkat Prodi dilakukan oleh tim kurikulum prodi. Evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum fakultas. Adapun evaluasi kurikulum pada tingkat universitas dilakukan oleh tim kurikulum universitas.

Rekap PLO Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO10PLO11
Bipa Learning Basic 2 100% 100 %
Assessment of Learning Processes and Outcomes 3 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
Reading 2 50% 50% 100 %
Appreciation Drama 2 40% 40% 20% 100 %
Skills Writing Skills 4 100% 100 %
Phonology 2 100% 100 %
Literary Theory 2 50% 50% 100 %
Perencanaan Pembelajaran 2 100% 100 %
Writing Scientific Papers 4 20% 40% 33.33% 6.67% 100 %
Advanced Bipa Learning 2 100% 100 %
Sanskrit 3 11.11% 22.22% 11.11% 33.33% 22.22% 99.99 %
Pragmatics 2 21.43% 28.57% 14.29% 35.71% 100 %
Skills Writing Skills 2 25% 25% 8.33% 25% 16.67% 100 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Indonesian Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Prodi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia dikembangkan berdasarkan landasan filosofis, sosiologis, psikologis, dan yuridis. 1. Kurikulum ini menggunakan (1) filsafat Pancasila sebagai landasan filosofis utama yang berakar pada pandangan tentang manusia dan pendidikan. Pendidikan memandang manusia Indonesia sebagai makhluk Tuhan Yang Maha Esa, makhluk individu, dan makhluk sosial. Landasan utamanya sejalan dengan Pembukaan UUD 1945,yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa, melindungi segenap bangsa dan mencerdaskan negeri, memajukan kesejahteraan umum, serta turut serta melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan perdamaian abadi dan keadilan sosial. Filsafat Pancasila memberikan relevansi kurikulum dengan kesadaran akan jati diri bahwa pendidikan yang hakiki adalah pendidikan yang kurikulumnya mengarah pada pembangunan Indonesia menjadi bangsa yang maju, modern, bermoral, dan berdisiplin, mempunyai etos kerja yang tinggi. , menguasai kemampuan teknis dan profesional, mempunyai sikap rasional dan kemampuan intelektual, bersifat demokratis serta bertanggung jawab dan sejahtera; (2) filosofi eksistensial menunjukkan bahwa pendidikan bahasa dan sastra Indonesia memperkuat eksistensi peran dan fungsi peserta didik bahasa dan sastra di tengah perkembangan Indonesia; (3) Filsafat konstruktivis menjadi landasan bahwa program studi bahasa dan sastra Indonesia senantiasa mendorong peserta didik untuk mengembangkan, membangun, dan menciptakan produk-produk bahasa dan sastra Indonesia secara kreatif dan inovatif. 2. Landasan sosiologi digunakan untuk memperkuat Kajian Bahasa dan Sastra Indonesia Program sebagai lembaga sosial yang penting bagi terciptanya demokrasi kehidupan masyarakat melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Secara sosiologis, kurikulum Prodi Bahasa dan Sastra Indonesia dirancang untuk memecahkan permasalahan terkait rekonstruksi sosial dengan segala permasalahan sosial yang timbul seperti disintegrasi sosial, konflik antaretnis, dan kekerasan. Selain itu, kurikulum ini juga dirancang untuk mengurangi kesenjangan sosial ekonomi yang semakin meningkat akibat perbedaan akses terhadap sumber daya yang terjadi di masyarakat. Terlebih lagi untuk menguatkan jati diri seseorang di era komunikasi tanpa batas tanpa mengucilkan diri dari persoalan informasi dan komunikasi melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 3. Landasan psikologis digunakan untuk meningkatkan peran PBSI dalam proses peningkatan dan pengembangan inspirasi dan budaya nilai-nilai akademik dan praktis. Nilai-nilai tersebut berorientasi pada nilai-nilai dasar berupa keimanan dan ketakwaan, kemandirian, kebangsaan, keseimbangan pengembangan kepribadian dan kecerdasan peserta didik, kebudayaan, kemandirian, serta kemanusiaan dan kekeluargaan melalui pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. 4. Landasan yuridis kurikulum ini menggunakan peraturan yang berlaku saat ini. UUD 1945 merupakan landasan yuridis yang menunjukkan bahwa pendidikan mempunyai peranan penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia yang progresif dalam tatanan kehidupan nasional. Undang-undang Nomor 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan Undang-undang Pendidikan Tinggi dijadikan pedoman dasar pengembangan kurikulum PBSI agar mempunyai kesesuaian fungsional dan keterpaduan sebagai kesatuan bangsa dan Negara Indonesia.