Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Seni Rupa Murni Unesa
Study Program | : | Visual Arts (Undergraduate) |
Establishment Date | : | 14 Oktober 2014 |
Study Program Coordinator | : | Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Seni Rupa Murni
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program studi yang unggul berstandar nasional, berdaya saing regional, dan kukuh dalam bidang seni rupa murni.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan yang menghasilkan tenaga unggul, berkarakter, dan profesional di bidang seni rupa murni;
- Menyelenggarakan kegiatan penelitian kesenirupaan yang mendukung pengembangan laboratorium seni rupa murni;
- Menyelenggarakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berbasis penelitian yang terkait dengan kesenirupaan pada masa kini;
- Meningkatkan kualitas pengelolaan kelembagaan yang didasarkan pada prosedur operasional baku.
- Menjalin kerjasama antar lembaga dalam dan luar negeri yang relevan untuk meningkatkan daya saing dan kualitas lulusan.
Tujuan
- Menghasilkan visual artist dan art curator yang mampu mengembangkan pengetahuan secara professional.
- Menghasilkan visual artist dan art curator yang memiliki karakter tangguh, kolaboratif, inovatif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan.
- Menghasilkan visual artist dan art curator yang mampu mengaplikasikan, mengkaji, dan memanfaatkan IPTEKS
Capaian Lulusan Program Studi Visual Arts (Undergraduate)
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur dan mampu mengambil keputusan secara tepat dalam pemecahan masalah
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Memerinci konsep teoretis, prinsip, dan prosedur dengan menerapkan creative thinking dalam penciptaan karya seni rupa yang berbasis masalah kontekstual
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menelaah prinsip dan teori dengan isu aktual dalam wacana kesenirupaan secara lintas disiplin
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Menganalisis dan mengkaitkan historisitas, konsep ontology, epistimologi, aksiologi dalam ilmu seni rupa untuk mengolah kreativitas.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Merancang dan menciptakan karya seni rupa dengan menerapkan prinsip-prinsip penciptaan, metode, serta eksplorasi teknis dan medium yang berbasis riset dan teruji secara teoritis
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Melakukan riset artistic yang mencakup identifikasi, formulasi, dan analisis dalam bingkai ilmu seni rupa dengan pendekatan ilmu lintas disiplin
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Mempublikasikan kinerja, proses, dan komponen secara analitis dengan mempertimbangkan aspek komunikasi efektif, keberlanjutan dan networking.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Visual Arts (Undergraduate)
Universitas Negeri Surabaya
- Visual Artist
dengan kemampuan kreatif, inovatif yang memiliki komitmen dengan penguasaan seni rupa baik praktik maupun teori, kemampuan menggunakan teknologi informasi untuk mengikuti perkembangan seni rupa, berjiwa Pancasila, didukung kemampuan bahasa asing lainnya, serta memiliki potensi dan mampu melanjutkan profesi sehingga menjadi pekerja seni rupa profesional yang mampu menciptakan karya senirupa 2 dimensi dan 3 dimensi. Seperti Seniman, illustrator, designer, fotografer, vidiografer, dll.
- Art Curator
dengan kemampuan dan wawasan terkait hasil karya penciptaan, pencetus gagasan, pengembang bidang seni rupa mampu mendalami teori seni rupa dengan mengaplikasikan teknologi informasi dan komunikasi; mengekplorasi teknik, media, nilai, dan karakteristik budaya nusantara sebagai konten aplikatif; mampu mengaplikasikan kreatifitas; mampu mengulas, menganalisis, menginterpretasi, mengkritisi karya seni rupa berdasarkan teori seni rupa; memiliki jiwa kepemimpinan, serta memiliki kemampuan mengatur dan menata setiap kegiatan kesenirupaan; Mampu melanjutkan profesi sehingga menjadi pengelola seni rupa yang profesional yang mampu merencanakan, melaksanakan dan mengevaluasi pengelolaan event/ kegiatan senirupa. Seperti Wirausahawan, event organizer, kurator, pengelola art space, galeri, artis inisiatif(penggerak/kolektif seni), dll.
Struktur Kurikulum Visual Arts (Undergraduate)
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM 2019
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
9020103055
Sketches
3.00
9020102035
Knowledge Medium
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
9020103019
Drawing
3.00
9020102033
Introduction To Fine Art Studies
2.00
9020102089
Archipelago Fine Culture
2.00
9020103039
Basic 2-Dimensional Forms
3.00
9020103001
Plastic Anatomy Art
3.00
1000002010
Basic Natural Sciences
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
9020102042
History Of Asian Fine Arts
2.00
9020102015
Aesthetics
2.00
9020103051
Art Painting Basic
3.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
1000002177
English
2.00
9020102043
History Of Western Art Basic
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
9020103048
Graphic Arts Basic
3.00
9020103040
Basic 3 Dimensional
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002046
Literasi Digital
2.00
9020103017
Basic Photography
3.00
9020103087
Fine Art I 3 Dimensional Fine Art I
3.00
9020103088
2 Dimensional
3.00
9020104085
Research Methods
4.00
9020103050
Illustration
3.00
9020102086
Art Anthropology And Sociology Of Art
2.00
9020102044
History Of Indonesian Fine Arts
2.00
9020103022
Decorative Drawing Overview Of
3.00
1000002033
Citizenship
2.00
9020103084
Art Theories
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
9020103091
New Media Arts
3.00
9020103097
Statistik
3.00
9020102005
Visual Language
2.00
9020102060
Fine Arts
2.00
9020102092
Arts Management And Art Market
2.00
9020103093
Arts Techniques Crafts
3.00
9020103096
Criticism And Curatorial Studies
3.00
9020103094
2-Dimensional Fine Arts Ii
3.00
9020103095
Art 3-Dimensional Fine Arts Ii
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
9020104101
Property Rights Interdisciplinary Fine Art Studies
4.00
9020104104
Fine Art 3 Dimensional
4.00
9020103026
Contemporary Ceramic
3.00
9020102098
Knowledge Of Intellectual
2.00
9020104099
Deepening Of 2 Dimensional Works Of
4.00
9020102102
Neuroaesthetics
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
9020103018
Contemporary Photography
3.00
9020104103
Fine Art 2 Dimensional
4.00
9020104100
Deepening Of 3 Dimensional Works
4.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000003060
Desain Program
3.00
1000002057
Perencanaan
2.00
1000002059
Manajemen Operasional
2.00
1000004061
Pelaksanaan Program
4.00
1000002063
Pendesiminasian Program
2.00
1000002062
Penilaian Program
2.00
1000002064
Pelaporan Program
2.00
1000020103
Apprenticeship
20.00
1000003058
Keselamatan Dan Kesehatan Kerja
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
9020106056
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
9020103055 | Sketches | 3.00 | |
9020102035 | Knowledge Medium | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
9020103019 | Drawing | 3.00 | |
9020102033 | Introduction To Fine Art Studies | 2.00 | |
9020102089 | Archipelago Fine Culture | 2.00 | |
9020103039 | Basic 2-Dimensional Forms | 3.00 | |
9020103001 | Plastic Anatomy Art | 3.00 | |
1000002010 | Basic Natural Sciences | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
9020102042 | History Of Asian Fine Arts | 2.00 | |
9020102015 | Aesthetics | 2.00 | |
9020103051 | Art Painting Basic | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
9020102043 | History Of Western Art Basic | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
9020103048 | Graphic Arts Basic | 3.00 | |
9020103040 | Basic 3 Dimensional | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
9020103017 | Basic Photography | 3.00 | |
9020103087 | Fine Art I 3 Dimensional Fine Art I | 3.00 | |
9020103088 | 2 Dimensional | 3.00 | |
9020104085 | Research Methods | 4.00 | |
9020103050 | Illustration | 3.00 | |
9020102086 | Art Anthropology And Sociology Of Art | 2.00 | |
9020102044 | History Of Indonesian Fine Arts | 2.00 | |
9020103022 | Decorative Drawing Overview Of | 3.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
9020103084 | Art Theories | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
9020103091 | New Media Arts | 3.00 | |
9020103097 | Statistik | 3.00 | |
9020102005 | Visual Language | 2.00 | |
9020102060 | Fine Arts | 2.00 | |
9020102092 | Arts Management And Art Market | 2.00 | |
9020103093 | Arts Techniques Crafts | 3.00 | |
9020103096 | Criticism And Curatorial Studies | 3.00 | |
9020103094 | 2-Dimensional Fine Arts Ii | 3.00 | |
9020103095 | Art 3-Dimensional Fine Arts Ii | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
9020104101 | Property Rights Interdisciplinary Fine Art Studies | 4.00 | |
9020104104 | Fine Art 3 Dimensional | 4.00 | |
9020103026 | Contemporary Ceramic | 3.00 | |
9020102098 | Knowledge Of Intellectual | 2.00 | |
9020104099 | Deepening Of 2 Dimensional Works Of | 4.00 | |
9020102102 | Neuroaesthetics | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
9020103018 | Contemporary Photography | 3.00 | |
9020104103 | Fine Art 2 Dimensional | 4.00 | |
9020104100 | Deepening Of 3 Dimensional Works | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000003060 | Desain Program | 3.00 | |
1000002057 | Perencanaan | 2.00 | |
1000002059 | Manajemen Operasional | 2.00 | |
1000004061 | Pelaksanaan Program | 4.00 | |
1000002063 | Pendesiminasian Program | 2.00 | |
1000002062 | Penilaian Program | 2.00 | |
1000002064 | Pelaporan Program | 2.00 | |
1000020103 | Apprenticeship | 20.00 | |
1000003058 | Keselamatan Dan Kesehatan Kerja | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
9020106056 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Visual Arts (Undergraduate)
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Berdasarkan adanya Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Unesa menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Perumusan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka dengan mengusung tema “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka”, diperoleh tiga pilar dalam kampus merdeka sesuai dengan pesan kunci Mendikbud. Pilar 1, dosen adalah penggerak, harus profesional dan inovatif. Pilar 2, perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Pilar 3, konsolidasi kebijakan. dimana kampus merdeka memiliki 4 kebijakan utama, yaitu pembukaan prodi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri berbadan hukum, serta hak belajar tiga semester di luar program studi. Sehingga unesa mengadakan program magang atau praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independent, serta proyek kemanusiaan. “Pengembangan kurikulum merdeka belajar tidak hanya mengedukasi dosen, tetapi mahasiswa juga perlu tau, agar dapat dipersiapkan dari awal. Sehingga kurikulum merdeka belajar program studi Seni Rupa Murni dirancang untuk memberikan kemerdekaan mahasiswa pada semester lima untuk memilih program perkuliahan. Prinsip merdeka belajar sangat bagus karena bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar program studi dan capaian pembelajaran. Kurikulum merdeka belajar yang rencananya akan diterapkan pada semester gasal 2020/2021 akan diberlakukan pada mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Mengusung model 512 serta pola perkuliahan 4121 atau 42a12b1. Nantinya akan dilakukan kompres, penghilangan mata kuliah yang tidak relevan, penggabungan mata kuliah yang bergayut, pengurangan bobot sks mata kuliah, penambahan total sks lulusan (144-150), pemunculan mata kuliah baru, dan lain sebagainya.
Tracer Study
Terkait hasil evaluasi terhadap pelaksanaan kurikulum masih dalam proses pengolahan dikarenakan program studi Seni Rupa Murni baru berdiri pada tahun 2015 dan untuk lulusan sampai dengan saat ini sudah ada 11 lulusan. (ukuran huruf kok beda).
- Profil Lulusan & Rumusan Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Program Studi S1 Seni Rupa Murni merumuskan Profil Lulusan dan Capaian Pembelajarannya sebagai berikut.
- Sikap: Keberagamaan, Makhluk Sosial, Nasionalisme: Pengembangan kepribadian melalui pendidikan agama dan kewarganegaraan sebagai dasar pengembangan sikap sebagai makhluk individu maupun sosial dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
- Kemampuan Umum: Bertanggungjawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggungjawab atas pencapaian hasil kerja organisasi di bidang seni serta pelaporan hasil kerja organisasi.
- Kemampuan di Bidang Kerja: Mampu melakukan perencanaan, pelaksanaan, dan penyajian seni yang berorientasi kemutakhiran perkembangan seni rupa; Mampu menggunakan sumber belajar dan media eksplorasi seni berbasis IPTEKBUD untuk mendukung kreastivitas seni; Mampu melakukan penelitian/berkarya seni yang dapat digunakan dalam memberikan berbagai alternatif penyelesaian masalah di bidang seni.
- Kemampuan di Bidang Pengetahuan: Menguasai fakta, konsep, prinsip, hukum, teori, dan prosedur bidang inti seni rupa murni; Menguasai konsep teoritis, sehingga mampu memecahkan masalah dalam penciptaan dan telaah seni rupa murni.
- Kemampuan Manajerial: Mampu merencanakan dan mengelola sumberdaya dalam penyelenggaraan pameran, penciptaan seni, sanggar seni; Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data di bidang seni rupa murni, memberikan saran kepada komunitas serta menginformasikan kepada publik sesuai ketentuan yang berlaku.
Rekap PLO Program Studi Visual Arts (Undergraduate)
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Introduction to Fine Art Studies | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
English | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
History of Western Art Basic | 2 | 14.29% | 28.57% | 28.57% | 28.57% | 100 % | |||||||
Art Theories | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Thesis | 6 | 100% | 100 % | ||||||||||
Work Practice Basic | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Arts Techniques Crafts | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Entrepreneurship | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Visual Language | 2 | 31.25% | 18.75% | 18.75% | 31.25% | 100 % | |||||||
Illustration | 3 | 33.33% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Art Basic Sculpture | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Drawing | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Basic 2-Dimensional Forms | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
Sketches | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Knowledge Medium | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Plastic Anatomy Art | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Decorative Drawing Overview of | 3 | 20% | 80% | 100 % | |||||||||
Fine Arts | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Contemporary Ceramic | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Basic Photography | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Contemporary Photography | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Aesthetics | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Basic 3 Dimensional | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Art Painting Basic | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Knowledge of Intellectual | 2 | 57.14% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Property Rights Interdisciplinary Fine Art Studies | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Neuroaesthetics | 2 | 20% | 36% | 12% | 32% | 100 % | |||||||
Deepening of 3 Dimensional Works | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Deepening of 2 Dimensional Works of | 4 | 100% | 100 % | ||||||||||
Research methods | 4 | 100% | 100 % | ||||||||||
Art Anthropology and Sociology of Art | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
2 Dimensional | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Fine Art I 3 Dimensional Fine Art I | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Archipelago Fine Culture | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Arts Management and Art Market | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
2-Dimensional Fine Arts Ii | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Criticism and Curatorial Studies | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Statistik | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
New Media Arts | 3 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Art 3-Dimensional Fine Arts Ii | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||
History of Asian and Indonesian Fine Arts | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Artistic Research | 3 | 30% | 20% | 30% | 20% | 100 % | |||||||
Illustration | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
History of Asian Fine Arts | 2 | 25% | 75% | 100 % | |||||||||
Graphic Arts | 3 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Sociology Arts | 2 | 100% | 100 % | ||||||||||
Contemporary Ceramics | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Contemporary Photography | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Anthropology Art | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Statistik | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
2d | 4 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
3d Art Creation 1 Abstract and Assemblage | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Art Criticism | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||
Seminar Proposal | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Graphic Arts Basic | 3 | 25% | 75% | 100 % | |||||||||
History of Indonesian Fine Arts | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Arts 2d Art Creation 1 Abstract and Collage | 4 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Artistic Research | 2 | 14.29% | 14.29% | 28.57% | 14.29% | 28.57% | 100 % | ||||||
Ceramic Studio | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Wood Studio | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||
Deepening of 3 Dimensional Works | 3 | 50% | 50% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Visual Arts (Undergraduate)
Universitas Negeri Surabaya
1.1 Universitas Value
Pengembangan kurikulum di Unesa juga secara khusus turut mewujudkan visi dan misi Unesa yakni unggul dalam kependidikan dan kukuh dalam keilmuan, maka setiap prinsip tersebut harus mengarah pada visi dan misi. Secara umum prinsip pengembangan kurikulum Unesa adalah:
A. Relevansi
Kurikulum yang dikembangkan harus memiliki keterkaitan antara bidang ilmu (diciplin/content) dengan kebutuhan masyarakat (social needs) sebagai pengguna lulusan. Keterkaitan yang dimaksudkan bahwa kurikulum dikembangkan bukan sekedar untuk memenuhi kebutuhan pengguna/pasar melainkan juga merupakan implementasi dari kajian mendalam dari bidang ilmu yang dikembangkan.
B. Fleksibilitas
Kurikulum yang dikembangkan memiliki keluwesan terhadap implementasi di lapangan. Lapangan yang dimaksud adalah implementasi kurikulum tersebut dalam pembelajaran atau hasil kurikulum tersebut di dunia kerja yang diimplementasikan oleh para lulusan pengguna kurikulum.
C. Kontinuitas
Kurikulum yang dikembangkan memiliki prinsip kontinuitas (berkesinambungan) antar bagian disiplin ilmu sebagai content. Hal ini diperlukan agar kurikulum tidak terkesan terputus antar bagian atau merupakan lingkaran yang berpusat di satu tempat saja.
D. Efisiensi
Kurikulum yang dikembangkan perlu memperhatikan aspek meritokrasi untuk memperoleh daya guna dalam sistem secara keseluruhan. Efisiensi diperoleh melalui pemanfaatan waktu, tenaga, biaya, dan sumber daya lain untuk mencapai hasil optimal sesuai dengan tujuan.
E. Keefektifan
Kurikulum yang dikembangkan perlu mencermati tujuan secara sungguh-sungguh dalam upaya pencapaiannya dengan memanfaatkan/mengelola proses dan sumber daya yang tepat untuk mencapai hasil optimal sesuai dengan tujuan.
Elemen-elemen kompetensi yang dirumuskan dalam kurikulum program studi memuat (1) afeksi, (2) karakter, (3) keterampilan berpikir tingkat tinggi, (4) kemampuan tertentu yang relevan dengan kebutuhan individu, kelompok, masyarakat luar, dan (5) peluang untuk pengembangan diri. Afeksi yang ditumbuh-kembangkan pada mahasiswa Unesa, sesuai dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya di dalam Perpres nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI, yakni:
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
- Memiliki moral, etika dan kepribadian yang baik dalam menyelesaikan tugasnya.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air serta mendukung perdamaian dunia.
- Mampu bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian yang tinggi terhadap masyarakat dan lingkungannya.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, kepercayaan, dan agama serta pendapat/temuan orisinal orang lain.
- Menjunjung tinggi penegakan hukum serta memiliki semangat untuk mendahulukan kepentingan bangsa serta masyarakat luas.
Karakter yang ditumbuh-kembangkan pada mahasiswa Unesa, sesuai dengan moto growing with character, meliputi: Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh (dengan akronim: “Idaman Jelita”). Penguatan Pendidikan Karakter menjadi wajib menyertai Merdeka Belajar menekankan enam karakter yang harus menjadi dasar pembelajaran; 1) computational thinking, 2) Creative, 3) Critical thinking, 4) Collaboration, 5) Communication, dan 6) Compassion.
1.2 Landasan Filosofi
Memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014), bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976). Perubahan kurikulum pendidikan merupakan keniscayaan sepanjang tidak bertentangan dengan filosofi pendidikan serta peraturan yang berlaku.
Berkaitan dengan masalah tersebut di atas ada baiknya kita mencoba menengok kembali filsafat pendidikan yang dikemukakan oleh Bapak Pendidikan Nasional, Ki Hadjar Dewantoro, bahwa hakekat pendidikan, serta strategi mencapai hasil pendidikan yang sesuai dengan budaya Indonesia. Tiga prinsip yang disebut “Trikon”, yaitu Kontinyu, Konvergen, serta Konsentris bermakna bahwa pendidikan merupakan suatu proses berkelanjutan sepanjang hayat, memadukan antara ilmu pengetahuan bersumber dari dalam dan luar negeri dengan kelembutan budi pekerti yang bersumber dari budaya nasional Indonesia. Kesemuanya itu dapat dicapai jika konsep sistem “among” yang berjiwa kekeluargaan dalam pendidikan bersendikan atas dua dasar, yaitu pertama kodrat alam sebagai syarat kemajuan dengan secepat-cepatnya dan sebaik-baiknya; kedua kemerdekaan sebagai syarat dinamisasi kekuatan lahir dan batin peserta didik agar dapat memiliki pribadi yang kuat dari hasil berpikir serta bertindak merdeka tanpa tekanan dan hambatan dalam mengembangkan potensi dirinya. Prinsip yang dikemukakan sejalan dengan karakter yang diharapkan mengejahwantah sebagai sikap pendidik dan pemimpin yaitu: Ing ngarso sung tulodo, Ing madya mangun karso, dan Tut wuri handayani.
Sasaran utama dari pendidikan, kurikulum, dan pembelajaran adalah optimalisasi potensi manusia. Paulo Freire, seorang tokoh Demokrasi Pendidikan memandang bahwa manusia itu berproses, yang berarti manusia tersebut belum selesai (belum utuh). Kemudian bagaimana membentuk manusia yang utuh?. Manusia yang diinginkan adalah manusia yang otonom terhadap dirinya, terbebas dari tekanan dan memiliki dasar hidup yang jelas dan realitas. Di sisi lain, dalam pandangan Freire, humanisasi adalah sebuah gambaran manusia yang ideal. Manusia ideal adalah manusia tersebut memperoleh keutuhan. Keutuhan yang diperoleh menjadi manusia yang ideal (humanisasi) ini membutuhkan manusia yang sadar diri. Adanya kesadaran dalam diri manusia itu diperoleh dengan kebebasan (Freire, 2001).
Implementasi Merdeka Belajar (Nadiem, 2019) sejalan dengan filosofi Demokrasi Pendidikan (Freire, 2001). Didalam aktivitasnya terlibat interaksi antara peserta didik dengan sejumlah sumber belajar. Dosen sebagai pendidik sekaligus berperan sebagai salah satu sumber belajar dan mahasiswa sebagai peserta didik, secara hakiki tidak berbeda, keduanya dalam proses dinamis “untuk menjadi” (on becoming). Dosen sebagai salah satu sumber belajar artinya masih banyak sumber belajar lain yang dapat dipilih oleh mahasiswa dan konsekwensinya dosen memiliki kewajiban untuk memberi keleluasaan pada mahasiswa dalam menentukan pilihan sumber lain maupun cara dan tempat belajarnya yang sesuai dengan minatnya. Hal ini ditegaskan oleh Freire bahwa “The purpose of adult education is to help them to learn, not to teach them all you know and thus stop them from learning”.
Asumsi filosofis yang perlu dikembangkan dalam konteks ini bahwa pembelajaran adalah proses berfikir untuk mencari dan menemukan (bukan diajari). Implementasinya proses pembelajaran diarahkan pada;
- Pembentukan keterampilan mental tertentu (Teaching of thinking) seperti keterampilan berfikir kritis, berfikir kreatif.
- Usaha menciptakan lingkungan belajar yang dapat mendorong terhadap pengembangan kognitif, seperti menciptakan suasana keterbukaan yang demokratis, menciptakan iklim yang menyenangkan (teaching for thinking).
- Upaya untuk membantu agar peserta didik lebih sadar terhadap proses berfikirnya (teaching about thinking). Maka dari itu, akal dan kecerdasan peserta didik harus dikembangkan dengan baik. Karena Lembaga pendidikan bukan berfungsi untuk memindahkan pengetahuan (transfer of knowledge), tetapi juga berfungsi sebagai pemindahan nilai (transfer of value), sehingga peserta didik menjadi terampil, berintelektual baik, dan memiliki internalisasi nilai dalam wujud karakter. Mereka harus diberi kemerdekaan untuk berbuat sesuai dengan cara dan kemampuannya masing-masing dalam upaya meningkatkan kecerdasan dan daya kreativitasnya yang didasari oleh sikap nilai yang standar.
1.3 Landasan Sosiologis
Memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan, materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan dengan perkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014). Kurikulum harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya di tengah terpaan pengaruh globalisasi yang terus mengikis eksistensi kebudayaan lokal. Berkaitan dengan hal ini Ascher dan Heffron (2010) menyatakan bahwa kita perlu memahami pada kondisi seperti apa justru globalisasi memiliki dampak negatif terhadap praktik kebudayaan serta keyakinan seseorang sehingga melemahkan harkat dan martabat manusia? Lebih jauh disampaikan pula oleh mereka bahwa kita perlu mengenali aspek kebudayaan lokal untuk membentengi diri dari pengaruh globalisasi.
Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman (2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academica pada berbagai negara dimana perguruan tinggi diharapkan mampu meramu antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya peserta didik yang dapat menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Kurikulum harus mampu melepaskan pembelajar dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri.
Dalam konteks kekinian peserta didik diharapkan mampu memiliki kelincahan budaya (cultural agility) yang dianggap sebagai mega kompetensi yang wajib dimiliki oleh calon profesional di abad ke-21 dengan penguasaan minimal tiga kompetensi yaitu, minimisasi budaya (cultural minimization, yaitu kemampuan kontrol diri dan menyesuaikan dengan standar, dalam kondisi bekerja pada tataran internasional) adaptasi budaya (cultural adaptation), serta integrasi budaya (cultural integration) (Caliguri, 2012)2. Konsep ini kiranya sejalan dengan pemikiran Ki Hadjar Dewantoro dalam konsep “Tri- Kon” yang dikemukakan di atas.
Penguatan pendidikan karakter dilakukan dengan berbasis pada kearifan lokal sebagai strategi revitalisasi nilai-nilai Pancasila untuk menguatkan karakter dan jati diri bangsa dengan didasari oleh: (a) integrasi kearifan lokal budaya yang bersumber dari core value hormat, rukun, dan tolong menolong sebagai strategi revitalisasi nilai-nilai Pancasila dan nilai karakter, (b) untuk mempersiapkan peserta didik sebagai warga negara yang cerdas dan baik, pembelajaran dilakukan dengan belajar sambil berbuat, belajar memecahkan masalah sosial, belajar melalui perlibatan sosial, dan belajar melalui pembiasaan serta interaksi sosial- kultural, (c) Implementasi model pembelajaran yang dikembangkan dalam kurikulum kampus merdeka dilakukan dengan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning, Project Based Learning, dan Klarifikasi nilai.
1.4 Landasan Historis
Secara historis pengembangan kurikulum di Unesa berjalan searah dengan pengembangan lembaga yang diawali dari kursus guru B-I dan B-II pada tahun 1950an, yang selanjutnya berkembang menjadi Akademi Pendidikan Guru hingga FKIP dan IKIP Surabaya. Pada perkembangan selanjutnya IKIP Surabaya berubah menjadi Universitas sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan disamping program kependidikan yang telah lama dilakukan. Dengan demikian pengembangan kurikulum dilakukan pula mengikuti proses tersebut seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku saat itu.
Kurikulum di Unesa mengalami perkembangan cukup dinamis. Perkembangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku saat pengembangan kurikulum dilakukan. Misalnya ketika berlaku kurikulum bersifat nasional yang ditentukan oleh konsursium pendidikan, maka kurikulum yang dihasilkan belum mengarah pada pencapaian visi dan misi Unesa. Ketika peraturan tentang pengembangan kurikulum berlaku, maka kurikulum mulai ditata sesuai dengan arah dan prosedur yang benar.
Berdasarkan landasan historis tersebut maka proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.
Pengembangan kurikulum saat ini harus mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya; kurikulum yang mampu mewariskan nilai budaya dan sejarah keemasan bangsa-bangsa masa lalu, dan mentransformasikan dalam era dimana dia sedang belajar; kurikulum yang mampu mempersiapkan mahasiswa agar dapat hidup lebih baik di abad 21, memiliki peran aktif di era industri 4.0, serta mampu membaca tanda-tanda perkembangannya.
Kebijakan Merdeka Belajar untuk sementara ini dijadikan solusi tepat dalam rangka mewujudkan proses pembelajaran di perguruan tinggi yang otonom dan fleksibel, sehingga tercipta kultur belajar inovatif, tidak mengekang, dan sesuai dengan kebutuhan mahasiswa. Kebijakan ini juga bertujuan untuk meningkatkan link and match dengan dunia usaha dan dunia industri, serta untuk mempersiapkan mahasiswa dalam dunia kerja sejak awal. Namun Nadiem (2020) menegaskan bahwa; ”Melalui kebijakan Merdeka Belajar – Kampus Merdeka, Perguruan Tinggi dituntut untuk merancang dan melaksanakan proses pembelajaran yang inovatif agar mahasiswa dapat meraih capaian pembelajaran secara optimal. Mahasiswa diberikan kebebasan mengambil sks pembelajaran di luar program studi selama tiga semester, yang dapat diambil dari luar program studi dalam satu Perguruan Tinggi (PT) dan/atau di luar PT”. Artinya capaian belajar secara utuh menjadi orientasi dari kebijakan ini.
1.5 Landasan Hukum
Berikut adalah beberapa landasan hukum yang perlu diacu dalam penyusunan dan pelaksanaan kurikulum:
- Pancasila dan UUD 1945
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 5 tahun 2020, tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 22 tahun 2020, tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Gambar 1. Landasan Hukum, Kebijakan Nasional dan Institusional Pengembangan Kurikulum Pendidikan Tinggi
Landasan yuridis pengembangan kurikulum Pendidikan Tinggi diatur dalam UU No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang memuat pengertian kurikulum pendidikan tinggi pada pasal 35 ayat 1 sebagai seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan ajar serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan Pendidikan Tinggi. Kurikulum yang dikembangkan program studi haruslah memenuhi standar kompetensi yang ditetapkan Menteri. Dalam Pasal 29 UU Pendidikan Tinggi dinyatakan acuan pokok dalam penetapan kompetensi lulusan Pendidikan Akademik, Pendidikan Vokasi, dan Pendidikan Profesi adalah Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). KKNI telah diatur melalui Peraturan Presiden No. Tahun 2012. Pengembangan kurikulum juga mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi untuk setiap Program Studi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, akhlak mulia, dan keterampilan, pada saat ini Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang berlaku adalah Permendikbud No. 03 Tahun 2020 menggantikan Permenristekdikti No 44 tahun 2015. Gambar 1 menunjukkan rangkaian landasan hukum, kebijakan nasional dan institusional pengembangan kurikulum Pendidikan tinggi.
Standar Proses yang ada dalam SN-Dikti menjadi dasar kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka di Perguruan Tinggi. Mahasiswa mendapat kesempatan untuk mendapatkan pengalaman belajar di luar program studinya dan diorientasikan untuk mendapatkan keterampilan abad 21 yang diperlukan di era Industri 4.0 antara lain komunikasi, kolaborasi, berpikir kritis, berpikir kreatif, juga logika komputasi dan kepedulian. Peran penting kurikulum dalam penyelenggaraan pendidikan di perguruan tinggi juga diatur dalam Permendikbud No. 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi dan Permendikbud No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta. Perguruan tinggi memiliki visi, misi, tujuan dan strategi serta nilai nilai yang dikembangkan untuk mewujudkan keunggulan lulusannya. Karena itu pengembangan kurikulum juga selaras dengan kebijakan di Perguruan Tinggi masing-masing, sehingga lulusan setiap Perguruan Tinggi dapat memiliki keunggulan dan penciri yang membedakan dari lulusan Perguruan Tinggi lainnya.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved