Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan IPS Unesa
Study Program | : | Social Science Education |
Establishment Date | : | 14 September 2016 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Nuansa Bayu Segara, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan IPS
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran IPS yang berbasis kearifan lokal untuk menghasilkan lulusan yang inovatif, adaptif, kompetitif, dan berjiwa kewirausahaan di tataran global.Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran IPS yang integratif, inovatif, berbasis kewirausahaan dengan mengoptimalkan kearifan lokal dan teknologi informasi.
- Menyelenggarakan dan memanfaatkan hasil penelitian di bidang Pendidikan IPS berbasis kearifan lokal dan kewirausahaan yang diakui secara nasional dan internasional, sehingga bermanfaat bagi peningkatan mutu Pendidikan IPS.
- Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat pada bidang Pendidikan IPS berdasarkan hasil penelitian yang inovatif berbasis kearifan lokal dan kewirausahaan untuk kesejahteraan masyarakat.
Tujuan
- Menghasilkan sarjana Pendidikan IPS yang inovatif, adaptif, berjiwa kewirausahaan dengan memaksimalkan potensi kearifan lokal untuk kompetitif di tataran global.
- Menghasilkan karya ilmiah dan karya inovatif dalam bidang Pendidikan IPS melalui penelitian dan pengembangan berbasis kearifan lokal dan kewirausahaan di tataran nasional dan internasional untuk peningkatan mutu Pendidikan IPS.
- Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat dalam bidang pendidikan dan pembelajaran IPS berbasis kearifan lokal dan kewirausahaan untuk masyarakat yang produktif dan sejahtera.
Capaian Lulusan Program Studi Social Science Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-5 | Menguasai struktur keilmuan, konsep dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai landasan dalam mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Menguasai konsep teoritis pedagogik sebagai landasan dalam praksis perencanaan, implementasi proses, pelaksanaan penilaian dan evaluasi pembelajaran IPS yang inovatif dan adaptif sesuai dengan kurikulum sekolah.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Menguasai konsep, teknik, metode penelitian di bidang pendidikan dan sosial humaniora untuk memberikan solusi secara inovatif, kreatif dan tepat guna pada permasalahan Pendidikan IPS dan masyarakat dalam bentuk karya ilmiah.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Memiliki kecakapan multiliterasi dengan optimalisasi teknologi informasi yang berkelanjutan untuk menunjang bidang keahliannya agar kompetitif di tataran lokal dan global.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Social Science Education
Universitas Negeri Surabaya
- Guru mata pelajaran IPS
- Mentransfomasikan konsep-konsep ilmu sosial dan ilmu pengetahuan lain secara interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin sebagai bahan kajian Ilmu Pengetahuan Sosial ke dalam perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengembangan pembelajaran IPS berorientasi pada pendidikan karakter.
- Melaksanakan pembelajaran IPS di dalam kelas maupun di luar kelas yang inovatif dan kreatif dengan memanfaatkan teknologi informasi
- Berintegritas
- Sikap sosial membangun jejaring dengan stakeholder dalam pengembangan dan pengamalan ilmu sosial serta pemberdayaan masyarakat
- Peneliti di bidang pendidikan IPS
Menghasilkan penelitian PIPS yang signifikan bagi peningkatan kualitas pendidikan dan pembelajaran IPS.
Struktur Kurikulum Social Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum MBKM P.IPS Pola 602 (2019)
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000003042
Dasar Dasar Kependidikan
3.00
8420702003
Basics Of Sociology
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8420702005
Basic Anthropolygy, Culture,
2.00
8420702001
, Basic Geography,
2.00
8420702004
History, Basics Of History
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8420702007
Basic Basics Of Economics,
2.00
8420702002
Basics Of Political Science
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
1000002010
Basic Natural Sciences
2.00
8420700008
Philosophy Of Social Sciences Education
2.00
1000002177
English
2.00
8420703012
Geography Science Theory,
3.00
8420703011
Political Theory
3.00
8420702010
Historical Theory
3.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
1000002046
Literasi Digital
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420702063
School Curriculum
2.00
8420702064
Perencanaan Pembelajaran
2.00
8420702066
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
8420702087
Transformative Education
2.00
8420702065
Pengembangan Bahan Ajar
2.00
8420703015
Social And Cultural Theory,
3.00
8420702069
Teori Belajar
2.00
8420703014
Education Economics Theory
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420703025
Multicultural Education
3.00
8420703071
Research Methods
3.00
8420702085
Environmental Education
2.00
8420703073
Studies Sustainability And Change Studies Socioeconomic Politics Culture
3.00
8420703035
Development Studies Politics Democracy And International Relations
3.00
8420702070
Statistik
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420703036
Economic Development Studies Financial Institutions And Trade
3.00
8420703044
Maritime Studies,
3.00
8420703031
Spatial Inequality Study Local National Scope Regional And Mondial
3.00
8420703042
Entity Study, Nationalism And National Integration,
3.00
8420702075
Disaster
2.00
8420703076
Plk Thematic
3.00
8420702074
Teknik Penulisan Karya Ilmiah
2.00
8420703046
Science Education Seminar,
3.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420703093
Study Of Indonesian Historical Geography,
3.00
8420703039
Study Of Central And Regional Government Relations,
3.00
8420704090
Local Cultural Studies
4.00
8420703038
Gender Development Studies Population And Health
3.00
8420703091
Study Of Micro And Macro Economic Problems
3.00
8420703094
Study Of Educational Problems Social Sciences
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420706049
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000003042 | Dasar Dasar Kependidikan | 3.00 | |
8420702003 | Basics Of Sociology | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8420702005 | Basic Anthropolygy, Culture, | 2.00 | |
8420702001 | , Basic Geography, | 2.00 | |
8420702004 | History, Basics Of History | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8420702007 | Basic Basics Of Economics, | 2.00 | |
8420702002 | Basics Of Political Science | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
1000002010 | Basic Natural Sciences | 2.00 | |
8420700008 | Philosophy Of Social Sciences Education | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
8420703012 | Geography Science Theory, | 3.00 | |
8420703011 | Political Theory | 3.00 | |
8420702010 | Historical Theory | 3.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420702063 | School Curriculum | 2.00 | |
8420702064 | Perencanaan Pembelajaran | 2.00 | |
8420702066 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
8420702087 | Transformative Education | 2.00 | |
8420702065 | Pengembangan Bahan Ajar | 2.00 | |
8420703015 | Social And Cultural Theory, | 3.00 | |
8420702069 | Teori Belajar | 2.00 | |
8420703014 | Education Economics Theory | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420703025 | Multicultural Education | 3.00 | |
8420703071 | Research Methods | 3.00 | |
8420702085 | Environmental Education | 2.00 | |
8420703073 | Studies Sustainability And Change Studies Socioeconomic Politics Culture | 3.00 | |
8420703035 | Development Studies Politics Democracy And International Relations | 3.00 | |
8420702070 | Statistik | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420703036 | Economic Development Studies Financial Institutions And Trade | 3.00 | |
8420703044 | Maritime Studies, | 3.00 | |
8420703031 | Spatial Inequality Study Local National Scope Regional And Mondial | 3.00 | |
8420703042 | Entity Study, Nationalism And National Integration, | 3.00 | |
8420702075 | Disaster | 2.00 | |
8420703076 | Plk Thematic | 3.00 | |
8420702074 | Teknik Penulisan Karya Ilmiah | 2.00 | |
8420703046 | Science Education Seminar, | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420703093 | Study Of Indonesian Historical Geography, | 3.00 | |
8420703039 | Study Of Central And Regional Government Relations, | 3.00 | |
8420704090 | Local Cultural Studies | 4.00 | |
8420703038 | Gender Development Studies Population And Health | 3.00 | |
8420703091 | Study Of Micro And Macro Economic Problems | 3.00 | |
8420703094 | Study Of Educational Problems Social Sciences | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420706049 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Social Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Program studi Pendidikan PIPS telah melakukan evaluasi kurikulum sebelumnya dan menghasilkan kurikulum MBKM Tahun 2020 telah melakukan evaluasi. Evaluasi dilakukan untuk menyesuaikan kurikulum dengan tuntutan MBKM. Evaluasi dilakukan dengan melakukan FGD dosen-dosen secara internal. Dosen diminta pandangan-pandangan yang terkait dengan pelaksanaan kurikulum di Program Studi S1 Pend. IPS. Evaluasi dilakukan dengan pendekatan CIPP (Content, Input, Process, Products).
- Content, hasil pada evaluasi yang dilakukan untuk pengembangan kurikulum MBKM Tahun 2020 cukup mengalami perubahan yang signifikan. Hal ini karena Unesa mengeluarkan kebijkan setiap Program Studi perlu melaksanakan MBKM. Hal ini berdampak pada sumber daya yang dibutuhkan, permasalahan yang harus dipecahkan dan juga kondisi lingkungan perguruan tinggi yang dinamis. Selain itu, dibutuhkan visi, misi dan strategi yang dapat beradaptasi dengan kebutuhan dan tuntutan masyarakat. Oleh karena itu, Pendidikan IPS menyesuaikannya dengan merubah visi, misi, tujuan dan strategi Program Studi.
- Input, Berdasarkan kebijakan Universitas Negeri Surabaya tentang pelaksanakaan MBKM, maka terdapat perubahan kurikulum yang perlu dilakukan. Kurikulum dengan pola MBKM yang ada di Unesa ditawarkan menjadi dua yaitu MBKM pola 5-1-2 dan pola 6-0-2. Pola kurikulum ini memungkinkan untuk setiap mahasiswa memiliki kesempatan berkuliah di luar kampus, Tentu saja dengan melaksanakan berbagai program yang telah disediakan oleh pihak kementerian, universitas, fakultas bahkan program studi.
- Process, Evaluasi terhadap proses juga dilakukan, khususnya pada proses perkulihan. Pelayanan akademik menjadi hal yang utama bagi Program Studi Penididikan IPS. Proses dalam perkuliahan dibagi menjadi tiga fokus, yaitu: perencanaan, pelaksanaan perkuliahan, evaluasi. Terdapat perubahan yang signifikan dalam proses perencanaan. Perencanaan dilakukan melalui sistem akademik terpadu (Siakadu), pembuatan RPS yang berbasis OBE sudah terintegrasi melalui sistem. Model perkuliahan juga direncanakan terdiri dari team-based project dan case-study. Sedangkan untuk proses perkuliahan, menyesuaikan dengan perencanaan yang sudah dilakukan. Perkuliahan yang mengarahkan mahasiswa untuk berkolaborasi, dalam membuat sebuah project yang menghasilkan produk akademik. Kemudian evaluasi, terjadi perubahan paradigma pula yang dilakukan, evaluasi yang sebelumnya dengan test yang dilakukan secara konvensional, saat ini tejadi perubahan. Dosen melaksanakan penilaian berbasis produk atau portofolio. Hal ini menyebabkan pola-pola baru dalam proses evaluasi dan penilaian. Pasca pandemi Covid-19 penggunaan LMS untuk pembelajaran virtual semakin ditingkatkan. Oleh karena itu, pengumpulan tugas yang biasanya manual dirubah dalam bentuk digital. Hal itu juga menyebabkan proses perkuliahan yang berubah, dosen juga menyesuaikan dengan kebutuhan itu.
- Output, Untuk melihat outpun dari mahasiswa evaluasi sudah dilakukan. Terdapat beberapa aspek yang dievaluasi untuk melihat ketercapaian kurikulum yang sebelumnya. Berikut ini hasil dari capaian mahasiswa Pendidikan IPS.
Tabel 1. Ketercapaian Output Mahasiswa
No. | Aspek | Capaian (%) |
1 | Kepribadian | 81,59 |
2 | Adaptasi | 77,17 |
3 | Sikap | 85,17 |
4 | Tanggung jawab | 85,42 |
5 | Kemampuan Pedagogis | 78,91 |
6 | Pemahaman Konten IPS | 75,80 |
7 | Kompetensi Sosial | 83,08 |
8 | Aplikasi konsep | 78,25 |
9 | Aplikasi TIK | 82,08 |
10 | Problem Solving | 82,50 |
Melihat hasil tersebut, dapat terlihat pencapaian lain rendah mahasiswa ada pada penguasaan konten-konten ilmu sosial yang mendukung IPS, yaitu Geografi, Sosiologi, Ekonomi dan Sejarah. Selain itu, hardskills dengan capaian rendah lainnya adalah kemampuan pedagogis, artinya mahasiswa dan penggunaan lulusan merasa kemampuan pedagogisnya belum cukup tinggi untuk berkontribusi pada tugas-tugas sebagai guru di sekolah.
Ketercapaian pada setiap aspek ini menjadi bahan evaluasi untuk memperbaiki input, content, proses yang ada pada kurikulum IPS. Dengan hasil evaluasi ini, seluruh dosen sepakat untuk mengembangkan kurikulum baru yang sesuai dengan, kebutuhan dan kebijakan kementerian dan juga Universitas Negeri Surabaya pada khususnya.
Data TS digunakan sebagai dasar perbaikan kurikulum, peningkatan kualitas pengajar, serta penyesuaian dan peningkatan sistem pembelajaran. TS ini harus dilakukan secara berkala sebagai upaya mengatasi kesenjangan antara lulusan dan kebutuhan pengguna lulusan guna mendukung tercapainya visi Pendidikan IPS FISH Unesa yaitu “Mengembangkan pendidikan dan pembelajaran IPS yang berbasis kearifan lokal untuk menghasilkan lulusan yang inovatif, adaptif, kompetitif, dan berjiwa kewirausahaan di tataran global”.
Tracer Study
Pada tahun 2023 ini terdapat 40 alumni yang disasar dan yang sudah mengisi sebanyak 100%. Setelah itu, tim akan menyusun laporan akhir sebagai bahan evaluasi program studi maupun fakultas. Dalam upaya pencapaian tersebut tim penelusuran alumni melakukan beberapa kegiatan selama tahun 2023. Dengan jumlah lulusan sebanyak 40 alumni di tahun 2023 ini meningkat jumlah populasi lulusan dibanding tahun 2022 sebanyak 9 alumni. Pendidikan IPS FISH Unesa menargetkan berhasil menjaring 100% alumni yang mengisi tracer study di tahun 2023. Prodi merasa optimis target tersebut tercapai mengingat hasil tracer study menunjukkan pada tahun 2022 respon rate sebesar 100% responden alumni yang mengisi. Dari data tersebut menunjukkan capaian tracer study Pendidikan IPS FISH Unesa selalu meningkat dari tahun ke tahun.
Berdasarkan target kuantititas, Pendidikan IPS FISH Unesa menargetkan 40% data masuk gold standar. Kriteria gold standar yaitu 1) alumni yang lulus kurang dari 6 bulan dan memiliki gaji 1,2x UMP, 2) wirausaha, dan 3) melanjutkan studi lanjut. Berikut hasil gold standar Prodi Pendidikan IPS Unesa Tahun 2023.
Gambar 1. Gold Standar Tracer Study Pendidikan IPS Unesa Tahun 2023
Berdasarkan gambar 1, prodi Pendidikan IPS Unesa mendapatkan 45% atau melebihi target meraih gold standar. Dari 40 alumni, terdapat 7 alumni atau 17,5% yang statusnya bekerja baik part time/full time mendapatkan upah diatas 1,2x UMP Jawa Timur. Untuk alumni yang berwirausaha saja sebanyak 3 alumni (7,5%), dan yang melanjutkan studi lanjut sebanyak 8 alumni (20%). Tersisa 20 alumni (50%) yang bekerja namun mendapatkan pendapatan kurang dari Upah Minimum Provinsi dan 2 alumni (5%) yang sedang mencari pekerjaan.
Tabel 2. Jenis pekerjaan alumni Pendidikan IPS Unesa
Nama Profesi | Jumlah | Presentase |
Guru | 18 | 45% |
Praktisi | 4 | 20% |
Jumlah | 22 | 65% |
Lain-lain | 18 | 35% |
Sumber: Data Tracer (2023)
Berdasarkan tabel 1, mayoritas alumni Pendidikan IPS Unesa yang lulus tahun 2023 bekerja sebagai guru sebanyak 18 alumni (45%). Berikutnya, terdapat 20 alumni (4,8%) yang bekerja sebagai praktisi. Kemudian, terdapat 18 alumni (35%) sebagai profesi lainnya seperti mahasiswa pascasarjana dan wiraswasta. Oleh karena itu kesimpulannya dari tabel ini adalah mayoritas lulusan alumni Pendidikan IPS Unesa adalah Guru.
Gambar 2. Keeratan keilmuan alumni dengan bidang kerja
Berdasarkan gambar 2, seluruh alumni Pendidikan IPS Unesa dengan tahun lulus 2023 yang telah mendapatkan pekerjaan, memiliki tingkat keeratan antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini sebanyak 44,4% (sangat erat), 25,9% (erat), 18,5% (cukup erat), 7,4% (tidak erat), dan 3,7% (kurang erat). Hal ini menunjukkan bahwa mayoritas menilai sangat erat dan erat antara bidang studi dengan bidang pekerjaan yang saat ini digeluti alumni.
Rekap PLO Program Studi Social Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | |||
Teori Belajar | 2 | 73.33% | 26.67% | 100 % | ||||||
Study Entrepreneurship and Creative Economy | 3 | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 100 % | ||||
Philosophy of Social Sciences Education | 2 | 100% | 100 % | |||||||
Development Studies Politics Democracy and International Relations | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||
School Curriculum | 2 | 46.15% | 15.38% | 23.08% | 15.38% | 99.99 % | ||||
Pengembangan Bahan Ajar | 2 | 100% | 100 % | |||||||
Transformative Education | 2 | 16.67% | 33.33% | 41.67% | 8.33% | 100 % | ||||
Local Cultural Studies | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||
Disaster | 2 | 55.56% | 44.44% | 100 % | ||||||
Disaster | 3 | 26.67% | 23.33% | 16.67% | 13.33% | 20% | 100 % | |||
Studies Sustainability and Change Studies Socioeconomic Politics Culture | 3 | 60% | 40% | 100 % | ||||||
Multicultural Education | 3 | 14.29% | 57.14% | 28.57% | 100 % | |||||
Indonesian Geography | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||
Konsep Dasar Ips | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||
Introduction to Social Sciences | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||
Macro and Micro Economics | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||
Study of Indonesian Culture and Society | 3 | 20% | 20% | 20% | 20% | 20% | 100 % | |||
Sejarah Politik | 3 | 100% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Social Science Education
Universitas Negeri Surabaya
Universitas Value
Unesa menyelenggarakan pendidikan akademik, pendidikan vokasi, dan pendidikan profesi melalui program studi untuk menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing global yang berwawasan kewirausahaan dengan mengacu pada standar nasional. Pendidikan tinggi yang berlaku secara internasional. Unesa menyelenggarakan penelitian untuk mengembangkan ilmu Pendidikan, nilai budaya lokal, serta pengembangan dan penerapan disiplin ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memperhatikan keunggulan Unesa. Unesa menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk memberikan kontribusi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. Unesa memiliki nilai-nilai dasar: 1) Pancasila; 2) ilmiah; 3) kewirausahaan; 4) Inklusif, dan; 5) Belajar sepanjang hayat. Kemudian Unesa memiliki budaya kerja: 1) jujur; 2) berani; 3) kreatif; 4) adaptif; 5) kolaboratif; 6) inovatif; 7) mandiri; 8) peduli; 9) disiplin; 10) tangguh.
Landasan Filosofi
Berdasarkan filsafat pendidikan esensialisme kurikulum PIPS untuk pengembangan nalar dan menyampaikan kebenaran. Pendidikan IPS merupakan pendidikan akademik yang menekankan pada logika. Pembelajaran IPS menekankan penguasaan berbagai fakta dan pengetahuan dasar yang sangat esensial bagi kelanjutan suatu proses pembelajaran dan upaya mencapai tujuan pendidikan. Penguasaan fakta dan konsep dasar disiplin yang esensial adalah keharusan agar mahasiswa mampu mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan kreatif. Kurikulum PIPS dikembangkan untuk kemajuan kehidupan masyarakat di masa depan dengan kualitas kehidupan demokrasi lebih baik. PIPS sebagai agent of change mentransformasikan tata nilai baru untuk kemajuan kehidupan masyarakat yang lebih berkualitas di masa depan tanpa meninggalkan tata nilai lama yang sudah teruji kekuatannya menghadapi dinamika perubahan masyarakat dan kebudayaan. Filosofis pendidikan rekonstruksionisme, progresivisme, dan perenialisme menjadi pondasi kurikulum PIPS mengembangkan learning to know, learning to do, learning to be, dan learning to live together sebagai proses belajar konstruktivistik, kontekstual, kolaboratif dan reflektif.
Landasan Sosilogis
Perubahan masyarakat dan kebudayaan adalah proses alamiah. Tidak ada masyarakat dan kebudayaan yang statis. Masyarakat dan kebudayaan mengalami dinamika keberlanjutan dan perubahan dari masa ke masa. Kurikulum PIPS dikembangkan seiring dengan perubahan cultural focus masyarakat. Kurikulum PIPS dikembangkan adaptif dengan perubahan masyarakat dan kebudayaan serta tuntutan kebutuhan hidup sebagai dampak dari perubahan tersebut. Kurikulum PIPS dikembangkan untuk adaptif dengan tuntutan pembelajaran abad ke-21, pemanfaatan teknologi informasi, literasi digital pada umumnya, pemanfaatan big data, mengikuti perkembangan artificial intelligence serta mengintegrasikan dalam kehidupan kebhinekaan dan demokrasi masyarakat Indonesia.
Landasan Hukum
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No 53 Tahun 2023 Tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2022 Tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved