•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Manajemen Pendidikan Unesa

 
Study Program  :  Educational Management
Establishment Date  :  15 Juli 2009
Study Program Coordinator  :  Syunu Trihantoyo, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Manajemen Pendidikan
Universitas Negeri Surabaya
Visi

“Menjadi program studi yang menghasilkan lulusan sebagai staf manajemen lembaga pendidikan yang tangguh, adaptif, inklusif, dan inovatif berbasis teknologi dan informasi”


Misi
  1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu manajemen pendidikan yang berkarakter tangguh, adaptif, inklusif, inovatif berbasis informasi dan teknologi;
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang inovatif di bidang ilmu manajemen pendidikan berbasis informasi dan teknologi;
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di ilmu manajemen pendidikan berbasis informasi dan teknologi bagi kesejahteraan masyarakat.

Tujuan
  1. Mampu memanfaatkan pengetahuan di bidang manajemen pendidikan yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi dengan penuh tanggung jawab.
  2. Berjiwa kewirausahaan serta terampil mempraktikan bidang kompetensi manajemen pendidikan berdasarkaninformasi dan teknologi.
  3. Mampu berkomunikasi secara tulis dan oral berdasarkan etika profesi.
  4. Mampu mengembangkan potensi diri secara berkelanjutan.

Nilai_dasar
Nilai dasar dari Program Studi S1 Manajemen Pendidikan umumnya berfokus pada pembentukan karakter, keahlian, dan kompetensi yang dibutuhkan untuk mengelola lembaga pendidikan dengan efektif. Berikut adalah beberapa nilai dasar yang biasanya menjadi fokus dalam program ini: (1) Integritas Mahasiswa didorong untuk memiliki integritas tinggi dalam mengelola dan mengembangkan institusi pendidikan. Ini mencakup kejujuran, etika, dan tanggung jawab profesional dalam menjalankan tugas dan mengambil keputusan; (2) Kompetensi Manajerial Program ini bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keterampilan manajerial, termasuk perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian dalam konteks pendidikan; (3) Keadilan dan Inklusivitas Menekankan pentingnya keadilan dan inklusivitas dalam pengelolaan pendidikan, memastikan bahwa semua siswa mendapatkan kesempatan yang sama untuk belajar dan berkembang tanpa diskriminasi; (4) Kreativitas dan Inovasi Mahasiswa didorong untuk mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam mengelola pendidikan, baik dalam hal metodologi pengajaran, pengembangan kurikulum, maupun manajemen sekolah; (5) Kolaborasi dan Kerjasama Program studi ini juga menggarisbawahi pentingnya kerja sama dan kolaborasi, baik di antara sesama tenaga pendidik maupun dengan berbagai pemangku kepentingan di bidang pendidikan; (6) Orientasi Kualitas Menanamkan nilai-nilai yang mendorong mahasiswa untuk selalu berorientasi pada peningkatan kualitas dalam semua aspek manajemen pendidikan, baik dari segi proses, output, maupun outcomes pendidikan (7) Tanggung Jawab Sosial Program ini mengajarkan pentingnya tanggung jawab sosial, di mana para lulusan diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan memajukan pendidikan yang berkelanjutan, dan (8) Pendidikan Berkelanjutan Memperhatikan pentingnya pengembangan pendidikan yang berkelanjutan, dengan memperhatikan isu-isu global seperti keberlanjutan lingkungan, hak asasi manusia, dan pengembangan ekonomi yang adil. Nilai-nilai dasar ini merupakan fondasi yang membentuk lulusan yang tidak hanya kompeten dalam aspek teknis manajemen pendidikan, tetapi juga memiliki karakter yang kuat untuk memimpin dan berinovasi dalam dunia pendidikan.
Capaian Lulusan Program Studi Educational Management
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu menguasai konsep, struktur, dan materi keilmuan manajemen pendidikan pada tingkat manajerial dan teknis di lembaga pendidikan

PLO-6 Mampu menguasai fungsi manajemen pendidikan pada tingkat strategic, tactical, dan operasional

PLO-7 Mampu mempraktikkan bidang kompetensi manajemen pendidikan untuk memecahkan masalah di bidang manajemen pendidikan berdasarkan hasil analisis informasi dan data

PLO-8 Mampu menerapkan dan memanfaatkan penelitian di bidang manajemen pendidikan secara mandiri atau kelompok untuk memberikan solusi alternatif permasalahan bidang manajemen pendidikan

PLO-9 Mampu memanfaatkan teknologi dan informasi dalam upaya pemecahan masalah sesuai bidang keahlian

PLO-10 Mampu berkomunikasi baik secara tulis dan oral sesuai dengan nilai, norma, dan etika akademik

PLO-11 Mampu menunjukkan sikap bertanggung jawab dan berkolaborasi sesuai dengan norma dan etika profesi

PLO-12 Mampu menginternalisasi jiwa kewirausahaan secara kreatif dan inovatif
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Educational Management
Universitas Negeri Surabaya
  • STAF MANAJEMEN BIDANG PENDIDIKAN
    Lulusan yang kompeten dalam mengelola operasional dan administrasi berbasis teknologi informasi untuk menjamin keberlangsungan dan keberhasilan institusi pendidikan.
  • ANALIS PENDIDIKAN 
    Lulusan yang kompeten dalam menganalisis dan mengevaluasi berbagai aspek pendidikan termasuk substansi manajemen pendidikan untuk meningkatkan efektivitas dan mutu pendidikan.
  • WIRAUSAHA PENDIDIKAN
    Lulusan kompeten dalam mendirikan dan mengelola usaha di bidang pendidikan untuk menciptakan inovasi dan solusi baru dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan akses yang lebih luas kepada masyarakat.

Struktur Kurikulum Educational Management
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Pertukaran Mahasiswa

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620402197 Education Policy Analysis 2.00
8620402198 Metodologi Penelitian Pendidikan 2.00
8620402196 Leadership 2.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620402188 Law Intellectual Property Rights Law 2.00
8620402193 Law Protection Of Women 2.00
8620403191 Issues Development And Public Policy 3.00
8620402194 Family Counseling 2.00
8620402190 Counseling Personality 2.00
8620402192 Criminology 2.00
8620404195 Modul Nusantara 4.00
8620403189 Ri State Administration System 3.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8620402199 Educational Policy 2.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Educational Management
Universitas Negeri Surabaya

Evaluasi Kurikulum

Kurikulum Prodi S1 Manajemen Pendidikan selalu dilakukan monitoring dan evaluasi untuk memastikan relevansi dengan kebutuhan dunia kerja serta perkembangan IPTEKS. Kegiatan evaluasi kurikulum Prodi S1 Manajemen Pendidikan dilakukan setiap 4 tahun sekali, sementara itu kegiatan peninjauan kurikulum setiap semester. Kegiatan evaluasi kurikulum pada setiap empat tahun sekali dilakukan dengan tahap awal yaitu Tim Pengembang Kurikulum (TPK) Program Studi S1 Manajemen Pendidikan melakukan serangkaian studi pendahuluan dengan melakukan berbagai aktifitas yang meliputi: (1) analisis kebutuhan, studi kelayakan, serta studi banding untuk mengetahui kebutuhan profil kompetensi lulusan yang sesuai dengan dunia kerja/ industri; (2) data tracer study dilakukan setiap tahun untuk mengetahui trend bidang pekerjaan lulusan serta keeratan bidang keilmuan yang mendukung pekerjaan lulusan; dan (3) evaluasi kurikulum berjalan dilakukan setiap semester untuk menganalisis ketercapaian tujuan pembelajaran. Berdasarkan pada data di atas, selanjutnya Tim Pengembang Kurikulum merancang kurikulum pendidikan tinggi dengan menggunakan pendekatan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM). Berikut kurikulum pendidikan tinggi Program Studi S1 Manajemen Pendidikan.

Pelaksanaan review dan evaluasi kurikulum pada hari Rabu, tanggal 17 Juli 2024 yang dilaksanakan melalui Room Zoom Meeting yang dibuat oleh Program Studi (Link Zoom: https://us06web.zoom.us/j/7799027163?pwd=o6fJnfya8f4KmXZ1U2bUH8TbDLWE2l.1).

Dari kegiatan ini, didapatkan masukan konstruktif dari masing-masing stakeholder. Masukan utama yang menjadi konsen Tim Pengambang Kurikulum Program Studi S1 Manajemen Pendidikan berkaitan dengan PLO-PLO mata-mata kuliah yang harus disesuaikan dengan perkembangan dunia pendidikan khususnya pada bidang manajemen pendidikan’.  Masukan dari stakeholder tersebut, kemudian dijadikan referensi dalam menguatkan profil lulusan.  Dimana pada PLO membentuk keseluruhan profil lulusan Program studi S1 Manajemen Pendidikan dengan penciri kompetensi lulusan dalam penguasaan teknologi informasi. Berikut disajikan masukan stakeholder dalam kegiatan evaluasi kurikulum.

Tabel. Masukan Stakeholder Evaluasi Kurikulum Prodi S1 Manajemen Pendidikan

Tabel 2. Stakeholder Suggestion

 

 

No

 

 

Subject

Stakeholder Suggestion
Prof Dr. Ahmad Zabidi Abdul RazakDr.Woralak ChookemnereSarika Melvina, B.A., Hons
1

Philosophy of education management

 

The Program Learning Outcomes (PLOs) do not align with the course description. The primary focus of this course is on philosophy; I believe students must understand the fundamental concepts of philosophy rather than try to relate them to research methodologies. Additionally, the current framework does not demonstrate how philosophy, particularly in the context of educational management, connects to ethics and religious aspects.Educational philosophy is a very important thing that should be studied before studying other subjects because the science of educational administration is a science that comes from economics, business, and political science. If students understand the foundations of general educational philosophy, and understand the educational philosophy perspective that is driving the world, national, and local levels School level and oneself will make students understand various educational perspectives clearly, analyze and understand. Able to design educational arrangements Can be applied with educational ideology and be an educational leader with a clear vision

- Introduction of the philosophy, what is the goals and the learning outcomes that the students will learn and it has to be relevant with current academic curriculum in Indonesia or from the first world country. What kind of career can students have once they graduate like policy maker.

 

2

Scientific Writing Methods

 

It appears that there is a misalignment between the Program Learning Outcomes (PLOs) and the course description for this course. While the course description emphasizes the development of scientific writing skills, the PLOs are oriented toward research and the use of technology in problem-solving. To ensure that students receive a cohesive and focused learning experience, it is crucial to align the PLOs with the primary objectives of the course.

 

Is the focus on writing articles for publication or not? My view from what I‘ve read is that it‘s appropriate. If you want to give additional suggestions. There are issues as follows. 1. Reading content analysis 2. Making notes Writing quality academic articles Students are required to read and write summaries of academic concepts. Also known as making notes, writing concept papers. 2. Reference writing and descriptive writing 3. Use of technology such as graphics and AI for scientific budgeting. 4. Ethics writing references descriptive writing Using graphics in writing Understanding of ethics or Including the use of AI, technological tools in research and writing.

- English in Academic Settings, which database students can use when they want to search for academic journal and this unit of study should be in the first or second semester. Tips on how to write critically instead of descriptive. This unit of study only useful during their study in Bachelor‘s.

 

3

Educational Organization

 

How a lecturer can relate PLO 7 to this subject? - Leadership theories / pedagogy should be the highlight (distributed leadership, transformational leadership)
4

Basics of Education Management

 

Based on the description of this subject, it is evident that there are numerous aspects that need to be covered. These include educational management functions such as planning, implementation, mobilization, and supervision. Additionally, the substance of educational management encompasses areas like curriculum and learning management, learner management, special service management, human resource management, facilities and infrastructure management, financial management, public relations management, and educational leadership and supervision. These elements are essential in mobilizing human resources to improve the quality of education. In my opinion, 2 credit hours are insufficient to adequately cover all these aspects.

Overall is appropriate You may also review supervision and curriculum, which are in the courses already placed in the next order. You may use human resource development (HRD) instead of supervision. Because it will cover all of personnel

 

- This is too wide because the role of HR and Finance Division is being involved, whereas education management should be something about developing changes or SOP‘s or Policy.

 

5

Educational Sciences

 

PLOs are too general and difficult to relate to this subject.It is recommended to consider to be able to provide educational innovations. It is a study of educational innovation. To design and develop educational innovations 
6

Educational Psychology

 

PLOs are too general and difficult to relate to this subject.  
7

Inclusive Education

 

PLOs are too general and difficult to relate to this subject.

 

An additional interesting point is the integrated study of special education students and gifted students.

 

- integrate curriculum about inclusive education (understanding challenging behaviour or principles of positive behaviour)

 

8

Civics Education

 

Acceptable

 

May add issues of global integration or ASEAN towards global citizenship.

 

 
9

Supervision of Education

 

Acceptable

 

May add issues of internal supervision and external supervision. which are general educational supervision principles, including professional learning communities and lesson studies. 
10

Curriculum Management

 

PLOs emphasize general education management rather than focusing specifically on curriculum management.

 

May increase curriculum management to have quality comparable to the goals of education management at the world goal, ASEAN goal, national goal, local goal, and schools, including Co-curricular activities

- Curriculum management is a person that has teaching background or ever have the role as a school principle. How is the assessment system that want to be integrated.

 

11

Office Management

 

Acceptable

 

It is proposed to consider Information technology management tools, which is a very important issue for educational administration.

- This is something that relatable to IT

 

12

Total Quality Management

 

PLOs emphasize general education management rather than focusing specifically on Integrated Quality Management.

Results-oriented quality assurance system

 

- Depends with students and teachers development.

 

13

Strategic Management

 

Acceptable

 

Mostly in this subject Will focus on organizational analysis strategic planning Implementing the strategy and strategy evaluation that is consistent with educational quality assurance 
14

Management Information System

 

Based on the description, it was found that certain elements of this subject overlap with those in the Basic Education Management course, including faculties and infrastructure management, financial management, and public relations management. Similarly, office management aspects are also covered, despite already being part of the existing subject.  
15

Educational Planning

 

Acceptable

 

  
16

Statistics

 

Acceptable

 

  
17Educational Start-Up Management *)

Acceptable

 

  
18Quality Assurance of Education *)

Acceptable

 

  
19E-Office*)

Why isn‘t this subject integrated with the office management subject?

 

Why not combine it with subjects related to office management?

 

 
20Management of early childhood education and non-formal education*)

PLOs are too general and difficult to relate to this subject.

 

Why was this subject separated from K-12?

 

 
21Primary and Secondary Education Management *)

Acceptable

 

  
22Higher Education Management *)

Acceptable

 

  
23Change Management *)

Acceptable

 

  
24Capita selecta of education management *)I believe this subject should concentrate solely on policy or law in education. The fundamentals of educational management and its functions need not be discussed, as these topics are already addressed in the Basic of Education Management course. 

- Effective Leadership and Change, can provide more about theories that students can used practical (Kotter‘s Theories).

 

25Decision Making *)

Acceptable

 

  
26

Project Management*)

 

Acceptable

 

 - Special Project, where students can pick a current issues around education leadership or management and try to come up with solution or provide argument based on literature review.

Dokumentasi

 

Tracer Study

Dari hasil laporan tracer study yang dilakukan pada tahun 2022 menunjukkan bahwa keseluruhan populasi tracer alumni 2021 adalah sebanyak 92 dan yang telah mengisi sebanyak 92 atau 100%. Dari seluruh populasi terdapat 58 alumni yang statusnya bekerja baik part time/full time, ada 1 (1,09%) yang belum memungkinkan bekerja atau tidak bekerja tetapi sedang mencari kerja. Untuk alumni yang berwirausaha saja sebanyak 10 (10,87%), dan yang studi lanjut sebanyak 2 (2,17%). Dari 58 alumni yang bekerja terdapat ada 45 alumni mendapat pekerjaan pertama kurang dari 6 bulan (48,91%) sedangkan dari jumlah tersebut ternyata 36 yang mendapatkan pendapatan lebih besar dari 1,2 Upah Minimum Provinsi (sebesar 39,13% dari populasi). Maka kualitas alumni yang lulus di tahun 2021 dimana mereka bekerja kurang dari 6 bulan sekaligus memiliki upah 1,2 UMP/berwirausaha/studi lanjut sebanyak 36 alumni atau 39,13%. Masa tunggu alumni dalam mendapatkan pekerjaan yakni rata-rata 4 bulan dengan rata-rata mendapat gaji 4.850.000 rupiah. Mayoritas alumni Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP Universitas Negeri Surabaya yang lulus tahun 2021 bekerja sebagai tenaga administrasi sekolah baik honorer maupun tetap adalah sebesar 24 alumni (35,29%). Berikutnya terdapat 16 alumni (23,52%) yang bekerja sebagai staf administrasi lembaga baik sektor perusahaan/perbankan/usaha. Selain itu, terdapat 10 alumni (14,70%) sebagai pemilik usaha. Hal ini menunjukkan kesesuaian antara kurikulum Prodi S1 Manajemen Pendidikan dengan kesiapan dunia kerja.

Rekap PLO Program Studi Educational Management
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12
Manajemen Proyek 2 50% 50% 100 %
Integrated Quality Management 2 50% 50% 100 %
Higher Education Management 2 75% 25% 100 %
Philosophy Educational Management 2 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
Scientific Writing Techniques 2 75% 25% 100 %
Manajemen Keuangan 3 15.38% 46.15% 38.46% 99.99 %
Kepemimpinan Pendidikan 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Student Management 3 40% 20% 40% 100 %
Economics Education 2 100% 100 %
Training Management 2 28.57% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Sistem Informasi Manajemen 2 50% 50% 100 %
Educational Supervision 3 50% 25% 25% 100 %
Manajemen Strategik 2 50% 50% 100 %
Primary and Secondary Education Management 2 60% 40% 100 %
E Office 2 20% 20% 10% 10% 20% 20% 100 %
English Profession Educational Management 2 46.15% 15.38% 38.46% 99.99 %
Office Management 2 29.41% 23.53% 23.53% 23.53% 100 %
Decision Making 2 50% 50% 100 %
Basic Basics of Educational Management 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Management Special Services 2 50% 50% 100 %
Management of Educators and Education Personnel 3 9.09% 9.09% 9.09% 18.18% 18.18% 27.27% 9.09% 99.99 %
Facilities and Infrastructure 3 25% 50% 25% 100 %
Statistics 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Management Curriculum Management 3 40% 20% 40% 100 %
Educational Organization 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Science Education 2 50% 50% 100 %
Public Relations Management 3 20% 40% 40% 100 %
Educational Policy 3 25% 18.75% 37.5% 18.75% 100 %
Evaluation of Educational Programs 2 66.67% 33.33% 100 %
Management and Digitalization Library 2 66.67% 33.33% 100 %
Research methods 3 28.57% 14.29% 14.29% 42.86% 100 %
Capita Selecta Educational Management 2 100% 100 %
Quality Assurance 2 50% 25% 25% 100 %
Early Childhood Management and Early Childhood Education 2 50% 50% 100 %
Start Up Management 2 21.43% 21.43% 7.14% 7.14% 28.57% 14.29% 100 %
Manajemen Perubahan 2 25% 75% 100 %
Entrepreneurship 4 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Educational Management
Universitas Negeri Surabaya

a. Landasan Hukum

Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum Prodi S1 Manajemen Pendidikan ini disusun berdasarkan peraturan dan kebijakan yang berlaku meliputi:

  1. Pancasila dan UUD 1945;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
  7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
  8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
  11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
  15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
  17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
  18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
  19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
  20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.

b. Landasan Filosofis

Adapun landasan filosofis yang mendasari pengembangan suatu kurikulum menentukan kualitas lulusan (output) yang akan dihasilkan dari suatu proses transformasi dari implementasi suatu kurikulum, dalam artian sumber dan isi dari kurikulum, proses pembelajaran, posisi peserta didik, asesmen terhadap proses dan hasil belajar, maupun hubungan peserta didik dengan masyarakat dan lingkungan alam di sekitarnya. Kurikulum Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP Unesa dikembangkan dengan landasan filosofis yang memberikan dasar bagi pengembangan seluruh potensi peserta didik menjadi manusia Indonesia seutuhnya dan berkualitas, yang tercantum dalam tujuan pendidikan nasional. Berdasarkan hal tersebut, kurikulum Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP Unesa dikembangkan berdasarkan filosofi sebagai berikut: (1) Pendidikan adalah suatu proses pemanusiaan peserta didik dalam harkat dan martabat kemanusiaannya. Pendidikan ditujukan untuk mengembangkan kecerdasan spiritual kecerdasan hati, kecerdasan intelektual, kecemerlangan akademik, melalui pendidikan disiplin ilmu baik secara instructional effect dan nurturant effect; (2) Pendidikan adalah merupakan transformasi budaya, pendidikan berakar pada budaya bangsa untuk membangun kehidupan bangsa masa kini dan masa mendatang. Peserta didik adalah pewaris budaya bangsa yang kreatif; (3) Pendidikan adalah untuk membangun kehidupan masa kini dan masa depan yang lebih baik dari masa lalu dengan berbagai kemampuan intelektual, kemampuan berkomunikasi, sikap sosial, kepedulian, dan berpartisipasi untuk membangun kehidupan masyarakat dan bangsa yang lebih baik.

c. Landasan Sosiologis

Kurikulum merupakan interpretasi dari realitas materil yang berkaitan dengan bidang keilmuan suatu program studi. Adapun kurikulum Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP Unesa secara garis besar berlandaskan pada situasi kekhususan masyarakat Jawa (pada khususnya Jawa Timur) yang disinergikan dengan situasi keumuman masyarakat Indonesia dan global. Sejalan dengan perkembangan masyarakat Jawa Timur dan pada umumnya Indonesia, maka nilai-nilai yang ada dalam masyarakat juga turut berkembang sehingga menuntut setiap warga masyarakat untuk melakukan perubahan dan penyesuaian terhadap tuntutan perkembangan yang terjadi di sekitar masyarakat itu sendiri. Masyarakat Jawa Timur memiliki kearifan lokal sesuai kondisi alam dan sosial budaya yang dimiliki. Adapun kearifan lokal ini bersifat unik karena menjadi ciri khas dari bangsa Indonesia, sebagai bangsa yang besar, beragam suku, bahasa, budaya dan hidup di alam yang subur dan kaya memiliki berbagai keunikan pada setiap daerahnya. Analisa tersebut menjadi faktor dominan yang membentuk struktur kurikulum Program Studi S1 Manajemen Pendidikan FIP Unesa. Struktur kurikulum yang diorientasikan untuk menghasilkan lulusan yang mampu mengimplementasikan keilmuan Manajemen Pendidikan dalam memajukan kualitas hidup masyarakat, terutama melalui strategi pemberdayaan berbasis kearifan lokal di lingkungan Jawa (pada khususnya Jawa Timur).

d. Landasan Historis

Jurusan Manajemen Pendidikan saat ini memiliki kedudukan yang esensial dalam penyelenggaraan pendidikan di sekolah seiring dengan tuntutan masyarakat terhadap pengelola lembaga pendidikan untuk dapat menghasilkan lulusan berkualitas dan berdaya saing yang tinggi. Terlebih dengan munculnya era Revolusi Industri 4.0 dan Society 5.0 menuntut para pekerja memiliki keahlian dan sertifikasi sebagai bukti menguasai keahlian tertentu. Oleh karena itu, sebagian besar pembicaraan tentang pendidikan tertuju pada upaya untuk menemukan cara terbaik guna mewujudkan kualitas pendidikan yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang handal, baik dalam bidang akademik, teknologi (literasi digital), sosio-personal, maupun vokasional dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi dalam persaingan global. Selain itu, desentralisasi pendidikan juga menjadi tantangan tersendiri bagi pengelola dan penyelenggara pendidikan untuk mendesain sebuah sistem manajemen pendidikan yang transparan dan akuntabel. Pada akhirnya hal tersebut mengejawantahkan fungsi dan substansi manajemen pendidikan dan ranah kepemimpinan guna melaksanakan Organization Development (OD) dengan Strategic Management, School-Based Quality Improvement Management sebagai bentuk respon terhadap dinamika pendidikan pada khususnya, dan masyarakat pada umumnya. Jurusan Manajemen Pendidikan sebagai bagian dari FIP Unesa, juga dituntut menjalankan amanat dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi, dan berbagai produk hukum lainnya, memiliki tantangan yang lebih besar sesuai dengan peran utama, yakni menghasilkan tenaga kependidikan berkualitas dan profesional dalam penguasaan perkembangan keilmuan dan teknologi. Bertolak pada tantangan tersebut, Jurusan Manajemen Pendidikan mengemban peran utama dengan mengacu pada Tri Dharma Perguruan Tinggi, yakni pendidikan dan pembelajaran, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Dalam penyusunan kurikulum program studi ini menyesuaikan perkembangan dunia mulai dari kurikulum Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) pada tahun 2016, kurikulum program studi direvitalisasi kembali pada tahun 2019 dengan menyesuaikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka dan adaptasi model Outcome Based Education (OBE) pada tahun 2021.