•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa

 
Study Program  :  Language and Literature Education
Establishment Date  :  2 April 2007
Study Program Coordinator  :  Dr. Suhartono, M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Bahasa dan Sastra
Universitas Negeri Surabaya
Capaian Lulusan Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-8 Mampu mengembangkan teori/konsep/gagasan ilmiah baru berbasis pengelolaan data dan informasi hasil penelitian dan memberikan kontribusi pada pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan memerhatikan nilai humaniora, metodologi ilmiah, dan perkembangan dunia akademik

PLO-9 Mampu menunjukkan kepemimpinan akademik dalam pengelolaan, pengembangan, dan pembinaan sumber daya serta organisasi yang yang menjadi tanggung jawabnya
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu mengembangkan dan memelihara hubungan kolegial dan kesejawatan dalam lingkungan internal dan membangun jejaring kerja sama dengan pemangku kepentingan dan masyarakat profesi
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Mampu mengembangkan pengetahuan dan teknologi bidang pendidikan bahasa dan sastra atau praktik profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya kreatif bidang pendidikan bahasa dan sastra yang original dan teruji

PLO-12 Mampu memecahkan permasalahan sains dan teknologi dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra melalui pendekatan interdisipliner, multidisipliner, dan transdisipliner

PLO-13 Mampu mengelola, memimpin, dan mengembangkan riset utama yang bermanfaat bagi bidang pendidikan bahasa dan sastra untuk kemaslahatan manusia, serta mampu mendapatkan pengakuan nasional dan internasional dalam bidang pendidikan bahasa dan sastra

PLO-14 Menguasai filsafat pendidikan, filsafat bahasa dan sastra, dan teori-teori mutakhir bidang bahasa, sastra, dan pembelajarannya

PLO-15 Menguasai kebijakan dan pengelolaan pembelajaran bahasa dan sastra

PLO-16 Menguasai metodologi penelitian dan pengembangan ilmu bahasa dan sastra serta pembelajarannya

Occupational Profiles Program Studi Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Language and Literature Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Kurikulum KKNI S3 Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8800103004 Advanced Linguistics 3.00
    8800103006 Advanced Literature 3.00
    8800103009 Advanced Teaching Of Language And Literature 3.00
    8800102133 Comprehensive 2.00
    8800103083 Language And Literature Education Seminar 3.00
    8800103031 Linguistics Advanced 3.00
    8800103081 Research Proposal 3.00
    8800103084 Seminar Preproposal Dissertation 3.00
    8800103124 Language And Literature Learning Pedagogy 3.00
    8800112126 Learning Pedagogy Language And Literature 3.00
    8800103045 Teaching Language And Literature Advanced 3.00
    8800103056 Advanced Literature 3.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8800103008 Advanced Research Methodology 3.00
    8800102022 Dissertation Supporting Subject 1 2.00
    8800102035 Dissertation Supporting Courses 2 2.00
    8800103036 Advanced Research Methodology 3.00
    8800102023 Dissertation Supporting Subject 2 2.00
    8800102034 Supporting Courses Dissertation 1 2.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8800102012 Comprehensive 2.00
    8800102028 Komprehensif 2.00
    8800104051 Pre Proposal Dissertation Seminar 4.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8800104059 Research Results Seminar 4.00
    8800104068 Seminar Education Language And Literature 4.00
    8800104060 Seminar Of Research Findings Dissertation 4.00
    8800104069 Seminar On Language And Literature Education 4.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8800109011 Close 9.00
    8800109020 Closed Dissertation 9.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8800109019 Open Dissertation 9.00
    8800109040 Open Dissertation 9.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8800124016 Disertasi 24.00
    8800124021 Dissertation 24.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Language and Literature Education
    Universitas Negeri Surabaya

    Bila dihitung sejak penerbitan SK Dirjen Dikti Nomor 1443/D/T/2003, program studi ini telah memberlakukan tiga kurikulum, yaitu Kurikulum 1999, Kurikulum 2010, dan Kurikulum 2017. Kurikulum 1999 dan 2010 berbasis konten dengan perbedaan pada Kurikulum 2010 dilakukan spesifikasi konsentrasi: Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia-Daerah, Pendidikan Bahasa dan Sastra Inggris, dan Pendidikan Bahasa dan Sastra Asing. Berbeda dengan dua kurikulum sebelumnya, Kurikulum 2017 berbasis kompetensi/kualifikasi. Kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. Hal ini sesuai dengan prinsip pengembangan kurikulum, yakni kurikulum perlu  dievaluasi secara secara berkala berdasarkan prinsip relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektivitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan bahasa dan sastra, serta asosiasi profesi, juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu, pengembangan kurikulum juga memperhatikan berbagai hal, antara lain:.

    1. KKNI
    2. Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Permendikbud No 3 Tahun 2020 tentang “Standar Nasional Pendidikan Tinggi”).
    3. Kecakapan abad ke-21 (literasi dasar, kompetensi,  karakter)
    4. Perkembangan dinamika masyarakat global 
    5. Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.
    6. Teknologi Informasi.

     

    Berdasarkan hal inilah kurikulum 2017 dinilai perlu direstrukturisasi menjadi kurikulum berbasis capaian (outcomes) agar fungsional dalam menyiapkan lulusan yang sejalan dengan tuntutan zaman. 

    Rekap PLO Program Studi Language and Literature Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14PLO15PLO16
    Dissertation Supporting Subject 2 2 10.26% 10.26% 5.13% 10.26% 2.56% 10.26% 10.26% 2.56% 7.69% 10.26% 10.26% 10.26% 100 %
    Research Proposal 3 50% 50% 100 %
    Quantitative Research Methodology 3 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 9.09% 99.99 %
    Learning Pedagogy Language and Literature 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Language And Literature Learning Pedagogy 3 12.5% 25% 25% 12.5% 12.5% 12.5% 100 %
    Advanced Research Methodology 4 25% 25% 25% 25% 100 %
    Educational Linguistics 3 25% 25% 50% 100 %
    Educational Linguistics 3 20% 40% 20% 20% 100 %
    Philosophy Of Language Literature Pedagogy 3 36.36% 36.36% 18.18% 9.09% 99.99 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Language and Literature Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Belum Diisi