Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S3 Pendidikan Dasar Unesa
Study Program | : | |
Establishment Date | : | 22 September 2021 |
Study Program Coordinator | : | Prof. Dr. Suryanti, M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Pendidikan Dasar
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan keilmuan interdisipliner pendidikan dasar berorientasi glokalitas yang adaptif, inovatif, dan tangguh melalui paradigma transformatif.Misi
- 1. Menyelenggarakan pendidikan di bidang ilmu pendidikan dasar yang berkarakter tangguh, adaptif, inklusif, inovatif, dan berjiwa kewirausahaan;
- 2. Menyelenggarakan penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan serta teknologi yang inovatif di bidang ilmu pendidikan dasar yang adaptif, inovatif, dan tangguh;
- 3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dan menyebarluaskan inovasi di ilmu pendidikn dasar yang berjiwa kewirausahaan bagi kesejahteraan masyarakat;
- 4. Menyelenggarakan kegiatan tridharma perguruan tinggi melalui sistem multikampus secara sinergi, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan UNESA dalam ilmu pendidikan dan psikologi;
- 5. Menyelenggarakan tata kelola yang efektif, efisien, transparan, inklusif, dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan;
- 6. Menyelenggarakan kerja sama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi di bidang ilmu pendidikan dan psikologi yang berjiwa kewirausahaan.
Tujuan
- Menghasilkan tenaga pendidik pendidikan dasar yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik berbasis pada hasil penelitian serta perkembangan ilmu dan teknologi.
- Menghasilkan tenaga pendidik pendidikan dasar yang mampu memecahkan masalah, membuat jejaring, komunikatif, adaptif, partisipatif, dan memiliki karakter yang luhur.
- Menghasilkan peneliti pada bidang pendidikan dasar yang mampu memimpin,mengelola, melaksanakan, dan mengembangkan penelitian yang mengintegrasikan seluruh bidang studi pendidikan dasar yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik, serta menghasilkan publikasi pada jurnal bereputasi yang diakui secara nasional dan internasional.
- Menghasilkan tenaga ahli yang mampu memimpin, mengembangkan kurikulum, pembelajaran, kebijakan, tata kelola, dan sebagai konsultan ahli pendidikan dasar pada tingkat nasional dan internasional, yang responsif terhadap kebutuhan pendidikan, serta memiliki kapabilitas sebagai diseminator hasil penelitian dan teknologi terbarukan kepada masyarakat.
Nilai_dasar
- Believable: terpercaya dan dipercaya masyarakat atau pengguna untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan berkualitas.
- International: mendukung perguruan tinggi dalam pencapaian QS 200 dengan menginisiasi dan mengimplementasikan kerjasama-kerjasama luar negeri baik di bidang pendidikan/pengajaran, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
- Harmonis: memiliki lingkungan kerja yang akademis dan harmonis dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
- Amanah: berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan menghindari gratifikasi untuk mendukung fakultas dalam zona integritas.
Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Menguasai filosofi dan metodologi pembelajaran pendidikan dasar untuk menghasilkan inovasi pembelajaran.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Menyelesaikan problematika di bidang pendidikan dasar melalui penelitian yang inovatif dan responsif terhadap ragam kebutuhan belajar, serta mempublikasikan pada jurnal ilmiah internasional bereputasi, dan memberikan kemaslahatan pada umat manusia melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu mengembangkan atau menemukan teori/konsepsi/gagasan ilmiah baru untuk memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan teknologi yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan pendidikan dasar.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu melaksanakan penelitian yang tepat guna, inovatif, dan responsif terhadap kebutuhan pendidikan, melalui kajian teoretis dan empiris dengan pendekatan inter, multi, dan transdisiplin untuk memecahkan masalah di bidang pendidikan dasar.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-9 | Mampu mengembangkan roadmap penelitian dengan pendekatan inter, multi, dan transdisiplin, yang mengakomodasi kompleksitas dan kontekstualitas, untuk menghasilkan kebaharuan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu mengembangkan kurikulum pendidikan dasar yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan belajar, mengakomodasi kelebihan dan kekurangan peserta didik, dan kurikulum yang ramah kultur budaya, dengan memanfaatkan hasil penelitian, dalam bentuk karya ilmiah pendidikan dasar.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-11 | Mampu mengembangkan model pembelajaran pendidikan dasar beserta perangkat pendukung yang inovatif serta responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik, serta mengakomodasi perkembangan teknologi dan informasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Tenaga Pendidik Pendidikan Dasar
Tenaga pendidik yang mampu mengembangkan profesi akademik pendidikan dasar, yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik, berbasis pada hasil penelitian serta perkembangan ilmu dan teknologi.
- Peneliti Pendidikan Dasar
Peneliti yang mampu memimpin, mengelola, melaksanakan, dan mengembangkan penelitian pada pendidikan dasar yang mengintegrasikan seluruh bidang studi pendidikan dasar yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik, serta menghasilkan publikasi pada jurnal bereputasi yang diakui secara nasional dan internasional.
- Tenaga Ahli Pendidikan Dasar
Tenaga ahli yang mampu mengembangkan kurikulum, pembelajaran, kebijakan, tata kelola, dan sebagai konsultan ahli pendidikan dasar pada tingkat nasional dan internasional, yang responsif terhadap kebutuhan pendidikan, serta memiliki kapabilitas sebagai diseminator hasil penelitian dan teknologi terbarukan kepada masyarakat.
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S3 Pendidikan Dasar 2023
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8602202001
Philosophy Of Basic Education Science
2.00
8602203005
Glocalization Of Elementary Education Practices
3.00
8602203004
Neuropsychology Of Elementary Education
3.00
8602203006
Problematika Pendidikan Dasar
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8602203002
Quantitative Research Methodology
3.00
8602203007
Innovative Learning
3.00
8602203014
Comparative Primary Education
3.00
8602203003
Qualitative Research Methodology
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8602203010
Indonesian Practical Studies
3.00
8602203009
Science Praxis Study
3.00
8602203015
Dissertation Proposal
3.00
8602203011
Ips Praxis Study
3.00
8602203008
Mathematical Praxis Study
3.00
8602203012
Civics Practical Study
3.00
8602203013
Practical Study Of Arts And Culture
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8602205016
Research Results Seminar
5.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8602205017
Publication
5.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8602209018
Disertasi
9.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8602202001 | Philosophy Of Basic Education Science | 2.00 | |
8602203005 | Glocalization Of Elementary Education Practices | 3.00 | |
8602203004 | Neuropsychology Of Elementary Education | 3.00 | |
8602203006 | Problematika Pendidikan Dasar | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8602203002 | Quantitative Research Methodology | 3.00 | |
8602203007 | Innovative Learning | 3.00 | |
8602203014 | Comparative Primary Education | 3.00 | |
8602203003 | Qualitative Research Methodology | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8602203010 | Indonesian Practical Studies | 3.00 | |
8602203009 | Science Praxis Study | 3.00 | |
8602203015 | Dissertation Proposal | 3.00 | |
8602203011 | Ips Praxis Study | 3.00 | |
8602203008 | Mathematical Praxis Study | 3.00 | |
8602203012 | Civics Practical Study | 3.00 | |
8602203013 | Practical Study Of Arts And Culture | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8602205016 | Research Results Seminar | 5.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8602205017 | Publication | 5.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8602209018 | Disertasi | 9.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum Program Studi S3 Pendidikan Dasar bertujuan untuk menilai efektivitas dan relevansi kurikulum dalam mencapai tujuan pembelajaran serta mempersiapkan mahasiswa untuk tantangan dunia pendidikan yang berkembang pesat.
- Evaluasi menunjukkan bahwa kurikulum telah dirancang dengan baik untuk mencakup berbagai aspek yang relevan dengan kebutuhan pendidikan dasar, seperti pemahaman teori pendidikan, metode pengajaran yang inovatif, pengembangan kurikulum, evaluasi pembelajaran, serta penelitian dalam konteks pendidikan dasar. Terdapat perubahan berdasarkan Permendikbudristek Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi. Pada kebijakan tersebut terdapat kebijakan yang mengatur beban studi mahasiswa S3 yakni minimal 54 SKS. Namun kebijakan ini akan berlaku pada tahun akademik 2024/2025.
- Berdasarkan hasil evaluasi maka jumlah SKS wajib yang ditempuh mahasiswa adalah 50 dan 5 sks pilihan sehingga total sks yang ditempuh mahasiswa S3 Program Studi Pendidikan Dasar adalah 55 SKS untuk mahasiswa tahun akademik 2024/2025 sedangkan untuk mahasiswa lama tetap menggunakan 48 SKS untuk dapat lulus di program S3.
- Kurikulum telah diupdate secara berkala untuk mencerminkan perkembangan terbaru dalam pendidikan dasar, termasuk integrasi teknologi dalam pembelajaran dan pendekatan inklusif berdasarkan hasil monev, audit, dan data respon masyarakat.
- Dosen menggunakan beragam metode pengajaran yang melibatkan diskusi, studi kasus, proyek kolaboratif, dan pengalaman lapangan, sesuai dengan prinsip-prinsip pembelajaran aktif dan berbasis masalah.
- Mahasiswa menunjukkan kemajuan dalam kemampuan mereka untuk merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan bidang pendidikan dasar, dengan beberapa disertasi mahasiswa yang memberikan kontribusi signifikan terhadap pemahaman dan praktik pendidikan.
- Sebagian besar mahasiswa melaporkan tingkat kepuasan yang tinggi terhadap kurikulum dan pengalaman pembelajaran secara keseluruhan, menyoroti kualitas pengajaran, dukungan akademik, serta kesempatan untuk terlibat dalam penelitian dan proyek kolaboratif.
- Berdasarkan hasil evaluasi CPL diperoleh data bahwa sebagian besar mahasiswa mencapai kategori "Excellent" di berbagai aspek kompetensi. PLO4, PLO6, dan PLO7 menunjukkan tingkat pencapaian tertinggi dengan masing-masing 81% mahasiswa masuk dalam kategori "Excellent". PLO3 juga memiliki pencapaian yang sangat baik dengan 76% mahasiswa yang mencapai tingkat "Excellent". Namun, PLO8, yang terkait dengan pengembangan karakter dan kearifan lokal, menunjukkan persentase "Excellent" terendah yaitu 51%, dengan 49% lainnya berada di kategori "Good". PLO5, yang terkait dengan inovasi dan responsivitas terhadap kebutuhan pendidikan dasar, memiliki 63% pencapaian "Excellent" dan 37% pada kategori "Good". Tidak ada mahasiswa yang masuk dalam kategori “Satisfy” atau “Fail” di semua PLO, yang menunjukkan bahwa seluruh mahasiswa berhasil mencapai standar yang diharapkan, dengan pencapaian minimal berada di kategori "Good". Hasil ini menunjukkan bahwa kompetensi mahasiswa dalam aspek pembelajaran, penelitian, dan pengembangan pendidikan dasar sudah cukup baik, meskipun terdapat ruang untuk peningkatan pada PLO5 dan PLO8.
- Tracer study belum dapat dilakukan karena tracer study dapat dilakukan minimal 2 tahun setelah alumni lulus. Namun prodi melakukan tracer study secara mandiri untuk mengetahui bagaimana lulusan S3 Pendidikan Dasar berkontribusi dan mengetahui saran/masukan dari pengguna untuk restrukturisasi kurikulum.
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | |||
Philosophy of Basic Education Science | 2 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | ||||||||
Neuropsychology of Elementary Education | 3 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | |||||||
Quantitative Research Methodology | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Innovative Learning | 3 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | |||||||
Comparative Primary Education | 3 | 25% | 25% | 37.5% | 12.5% | 100 % | |||||||
Dissertation Proposal | 3 | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 14.29% | 100 % | ||||
Problematika Pendidikan Dasar | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Glocalization of Elementary Education Practices | 3 | 50% | 37.5% | 12.5% | 100 % | ||||||||
Indonesian Practical Studies | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||
Science Praxis Study | 3 | 30.43% | 34.78% | 13.04% | 8.7% | 13.04% | 99.99 % | ||||||
Mathematical Praxis Study | 3 | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||
Qualitative Research Methodology | 3 | 25% | 25% | 50% | 100 % | ||||||||
Publication | 5 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Philosophy of Basic Education Science | 3 | 14.29% | 42.86% | 42.86% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Pada era abad ke-21 ini, tujuan pendidikan tidak hanya dipandang sebagai jembatan untuk mencerdaskan bangsa tetapi sudah bergeser ke arah pendidikan yang memperhitungkan implementasi IPTEKS (Ilmu Pengetahuan, Teknologi, dan Seni). Pendidikan Doktoral Pendidikan Dasar diadakan dengan upaya untuk menghasilkan lulusan yang peka terhadap permasalahan dan memberikan sumbangan solusi yang inovatif, menghasilkan penelitian yang berkontribusi pada kemajuan nasional dan internasional, dan mampu mengembangan kebijakan-kebijakan terkait dengan peningkatan Pendidikan Dasar.
Program studi S3 Pendidikan Dasar melaksanakan kegiatan operasional berdasarkan SK Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 408/E/O/2021 yang berisi izin pembukaan program studi pada tanggal 22 September 2021. Kurikulum ini dirancang untuk menghasilkan doktor yang menjadi tenaga pendidik di satuan pendidikan dasar sampai perguruan tinggi yang inovatif dan responsif terhadap kebutuhan belajar peserta didik, berbasis pada hasil penelitian serta perkembangan ilmu dan teknologi serta mempunyai keterampilan sosial, kepribadian, dan taqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.
Kurikulum prodi S3 Pendidikan Dasar akan dievaluasi secara berkala menggunakan prinsip pengembangan kurikulum Universitas Negeri Surabaya yaitu relevansi, fleksibilitas, keberlanjutan, efisiensi dan efektifitas. Hasil penelusuran alumni (tracer study), masukan dari pemangku kepentingan (stakeholder), pakar pendidikan sains, serta asosiasi profesi, juga menjadi bahan pertimbangan dalam evaluasi kurikulum. Selain itu juga berdasarkan pertimbangan perkembangan regulasi dan perubahan global dunia yakni:
- Kerangka Kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) dan Standart Nasional Pendidikan Tinggi.
- Keterampilan abad 21 yang meliputi keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah, kreativitas dan inovasi, komunikasi dan kolaborasi.
- Perkembangan dinamika masyarakat global yang diperlukan untuk antisipasi penyiapan sumber daya manusia seperti ASEAN Free Trade Area (AFTA),Word Trade Organization (WTO), Asia Pacific Economic Cooperation (APEC), The Organization for Economic Co-operation and Development (OECD).
- Era revolusi industri 4.0 dan era Society 5.0.
Kurikulum Prodi S3 Pendidikan Dasar dikembangkan dengan mengacu pada paradigma baru pendidikan yakni outcomes-based education (OBE), learner-centered learning, dan continuous improvement.
Landasan hukum pengembangan kurikulum Prodi S3 Pendidikan Dasar adalah sebagai berikut:
- Pancasila dan UUD 1945;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik
- Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta; Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA;
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved