•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias Unesa

 
Study Program  :  Beauty Education
Establishment Date  :  7 Juli 2008
Study Program Coordinator  :  Nia Kusstianti, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Tata Rias
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program Studi yang Tangguh, Adaptif dan Inovatif dalam Pendidikan Kejuruan dan Keilmuan Bidang Tata Rias Berorientasi Kewirausahaan
Misi
  1. Menghasilkan Lulusan sebagai Tenaga Pendidik Tata Rias  yang berkepribadian Tangguh, Adaptif dan Inovatif dibidang            Pendidikan Kejuruan dan Keilmuan Bidang Tata Rias sehingga Mampu Berkompetisi dan       Berkolaborasi dalam Memenuhi        Kebutuhan Masyarakat.
  2. Menghasilkan Penelitian Pendidikan Tata Rias yang Berlandaskan pada Keprofesionalitas dan Kompetensi untuk Meningkatkan    Mutu Berorientasi Kewirausahaan
  3. Melaksanakan Pengabdian Kepada Masyarakat dibidang Ilmu Tata Rias Berbasis Penelitian.
  4. Menjalin Kerjasama dan Kemitraan dari Berbagai Lembaga/ Instansi untuk Meningkatkan Kulitas Lulusan Sesuai dengan Kebutuhan Stake Holder

Tujuan
  1. Menguraikan konsep bidang pedagogic, ilmu dasar dalam bidang rias dengan pengembangan kurikulum dan teknologi pendidikan tata rias
  2. Mengaplikasikan metode ilmiah dalam memecahkan suatu masalah dalam keilmiahan bidang pendidikan dan penerapan keterampilan secara profesionalisme pendidikan tata rias yang terdiri dari ; kecantikan kulit, kecantikan rambut, tata rias pengantin, dan kewirausahaan.
  3. Mengkreasikan keterampilan dengan menerapkan ilmu bidang pendidikan tata rias, serta dapat melakukan penelitian dengan berkomunikasi aktif

Capaian Lulusan Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mengaplikasikan sikap profesional sebagai pendidik dan praktisi dalam bidang tata rias yang meliputi disiplin, jujur, tanggung jawab, beretika,, mampu bekerjasama dan berkomunikasi efektif

PLO-6 Terampil merancang dan menerapkan perangkat pembelajaran di sekolah dengan mengedepankan kearifan lokal dan budaya daerah
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Mampu mengaplikasikan keterampilan bidang tata rias yang menunjang bidang pendidikan tata rias
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mengkreasikan dalam kompetensi keahlian dibidang tata rias meliputi : Tata rias kulit, tata rias rambut, tata rias pengantin, dan berwawasan kewirausahaan

PLO-9 Mengkreasikan, merancang, melaksanakan penelitian, menganalisis dan mengimplementasikan hasil penelitian
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
  • Pendidik

    Pendidik : Sebagai pendidik bidang kecantikan di Sekolah Menengah Kejuruan, menjadi instruktur pada Lembaga Pendidikan Kejuruan secara mendiri serta profesional dengan mengedepankan prinsip adaptif, kolaboratif, inovatif, inklusif, dan mampu mengimplementasikan hasil penelitiannya.

     

  • Penata Rias

    Menjadi make up artis untuk ahli tata rias wajah, tata rias pengantin, dan tata rias rambut. 

  • Pengusaha Kecantikan

    Profesional di bidang kecantikan kulit dan SpA, Beauty Nailist, Manajemen Profesional Wedding Organizer dan Pengusaha Salon Kecantikan


Struktur Kurikulum Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya

MBKM 2021

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8321302001 Anatomy Physiology 2.00
1000002003 Indonesian 2.00
8321302004 Basics Of Education 2.00
8321302004 Makeup Ethnography 2.00
8321302039 Skin And Hair Health Science 2.00
8321302004 Grooming 2.00
8321302040 Family Welfare Science 2.00
8321302048 Kesehatan Dan Keselamatan Kerja 2.00
1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
1000002018 Pancasila Education 2.00
8321302088 Hair Care 2.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8321302004 Digital Marketing 2.00
8321303073 Traditional Hair And Bun Styling 3.00
8321302004 Facial Skin Care 2.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8321303045 Hair Curling And Straightening 3.00
8321303004 Design Hairdressing 3.00
8321303081 Cosmetology Business Management 3.00
8321302004 Aesthetic Action Knowledge 2.00
8321302004 Make-Up Skin Care Using Technology 2.00
8321302004 Perencanaan Pembelajaran 2.00
8321303004 Indonesian Bridal Makeup 3.00

Semester ke 5

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8321302125 Seminar Proposal 2.00

Semester ke 6

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
1000004091 Kkn Kewirausahaan Pelaksanaan Program 4.00
1000003093 Kkn Kewirausahaan Pendesiminasian Program 3.00
1000003094 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Laporan 3.00
1000004090 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000003081 Kkn Proyek Indpenden Pendesiminasian Program 3.00
1000003082 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Laporan 3.00
1000004078 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Perangkat 4.00
1000003077 Kkn Proyek Indpenden Perancangan Program 3.00
1000003086 Kkn Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
1000004085 Kkn Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
1000003087 Kkn Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
1000004097 Magang Riset Pengumpulan Data 4.00
1000002099 Magang Riset Penyusunan Laporan Penelitian 2.00
1000003100 Magang Riset Publikasi 3.00
1000003068 Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program 3.00
1000004066 Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
1000004067 Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
1000003069 Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
1000003070 Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
1000003065 Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00
1000003092 Kkn Kewirausahaan Evaluasi Program 3.00
1000003089 Kkn Kewirausahaan Perancangan Program 3.00
1000003074 Kkn Proyek Desa Evaluasi Program 3.00
1000004073 Kkn Proyek Desa Pelaksanaan Program 4.00
1000003075 Kkn Proyek Desa Pendesiminasian Program 3.00
1000003076 Kkn Proyek Desa Pengembangan Laporan 3.00
1000004072 Kkn Proyek Desa Pengembangan Perangkat 4.00
1000003071 Kkn Proyek Desa Perancangan Program 3.00
1000003080 Kkn Proyek Indpenden Evaluasi Program 3.00
1000004079 Kkn Proyek Indpenden Pelaksanaan Program 4.00
1000003088 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
1000004084 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
1000003083 Kkn Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
1000020101 Kkn T 20.00
1000020103 Apprenticeship 20.00
1000004098 Magang Riset Penganalisisan Data 4.00
1000004096 Magang Riset Pengembangan Instrumen Penelitian 4.00
1000003095 Magang Riset Pengembangan Rencana Penelitian 3.00
1000003060 Desain Program 3.00
1000003058 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00
1000002059 Manajemen Operasional 2.00
1000004061 Pelaksanaan Program 4.00
1000002064 Pelaporan Program 2.00
1000002063 Pendesiminasian Program 2.00
1000002062 Penilaian Program 2.00
1000002057 Perencanaan 2.00
1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00
1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00
1000004056 Plp Praktik Mengajar 4.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya

Pada Program Studi Pendidikan Tata Rias, Evaluasi Kurikulum dilakukan secara berkala untuk mengetahui kekurangan dari pelaksanaan kurikulum berjalan dan untuk memperbaikinya. Evaluasi Kurikulum dilaksanakan setahun sekali dengan melakukan Forum Group Discussion dengan mengundang praktisi, asosiasi dan pengguna lulusan, serta melakukan workshop atau lokakarya kurikulum ditingkat prodi. Evaluasi kurikulum dilakukan setahun sekali dan untuk retsrukturisasi atau transformasi dilakukan 5 tahun sekali

Hasil Tracer study  https://tracerstudy.unesa.ac.id/ 

Data HasilTracer S1 Pendidikan Tata Rias Tahun 2023 didapatkan hasil :

  • Persentase dan jumlah Alumni yang berhasil menjadi Wiraswasta = 18,18  %
  • Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil melanjutkan Studi    =       0  %
  • Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil memiliki Pekerjaan   = 46,36 %
  • Persentase dan Jumlah Alumni yang berhasil memiliki Pekerjaan, melanjutkan Studi dan Wiraswasta = 64,55 %
Rekap PLO Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9
Anatomy Physiology 2 50% 50% 100 %
Cosmetology 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Kesehatan dan Keselamatan Kerja 2 50% 50% 100 %
Craft 2 25% 50% 25% 100 %
Cosmetology Business Management 3 25% 25% 25% 25% 100 %
Statistik 2 25% 25% 25% 25% 100 %
Pengel Laboratory Areas of Study 2 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 16.67% 8.33% 8.33% 100 %
Evaluation of Learning and Learning 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Beauty Education
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Program Studi Pendidikan Tata Rias dirancang berdasarkan Undang-Undang no 12 Tahun 2012 Pasal 35 ayat 2 bahwa Kurikulum Pendidikan Tinggi mengacu pada Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mencakup pengembangan kecerdasan intelektual, ahlak mulia dan keterampilan. Kurikulum Program studi juga dirancang berdasarkan Peraturan Presiden RI no. 8 tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Undang-undang no. 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, dan rekomendasi Perkumpulan Ahli Pendidikan  Teknologi dan Kejuruan Indonesia (PAPTEKINDO) serta Perkumpulan Program Studi Tata Rias dan Kecantikan seluruh Indonesia (PPTRKI).

Landasan pengembangan kurikulum berdasarkan landasan  filosofis ; sebagai program studi yang tangguh, adaptif dan inovatif, dalam pendidikan kejuruan dan keilmuan bidang Tata Rias berorientasi Kewirausahaan. Landasan Sosiologis; kurikulum dikembangkan berdasarkan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan Psikologis ; berdasarkan kondisi karakteristik manusia sebagai individu yang bertanggung jawab secara mendiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan. Landasan Historis ; pengembangan kurikulum memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Landasan Yuridis ; pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan melalui keabsahan untuk diberlakukan.