Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Biologi Unesa
Study Program | : | Biology Education |
Establishment Date | : | 11 Juli 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Rinie Pratiwi Puspitawati, M.Si. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Biologi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program studi S1 Pendidikan Biologi yang unggul, adaptif, inovatif, kolaboratif berbasis penelitian dan memiliki daya saing global.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan berbasis riset di bidang pendidikan Biologi yang adaptif, inovatif, kolaboratif
- Menyelenggarakan penelitian yang inovatif di bidang pendidikan biologi melalui kolaborasi global
- Menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional, dan kompetensi pedagogik,
- Menghasilkan lulusan yang inovatif dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat untuk pengembangan pendidikan biologi,
- Menjalin kerjasama dengan stakeholder untuk menghasilkan pendidik biologi yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan dasar dan menengah,
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengembangkan kemampuan kewirausahaan untuk meningkatkan kualitas hidup di masyarakat.
Tujuan
- Lulusan yang menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkannya dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi
- Lulusan yang memiliki kemampuan untuk terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan pendidikan biologi secara formal dan atau informal
- Lulusan yang menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier
- Lulusan yang memiliki etika, tanggung jawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir
- Lulusan yang mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.
Capaian Lulusan Program Studi Biology Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan biologi pada tingkat molekul, sel, dan organisme serta interaksinya dengan lingkungan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu mendemonstrasikan kemampuan mengaplikasikan konsep biologi dan isu-isu lingkungan dengan teknologi yang relevan dalam pengelolaan sumber daya alam
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan pedagogik tentang merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu mendemonstrasikan pengetahuan terkait dengan penelitian pendidikan biologi
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-9 | Mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi pembelajaran biologi dengan memanfaatkan ICT
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu merancang dan melakukan eksperimen dalam pembelajaran biologi untuk memperoleh, menganalisis, dan menginterpretasikan data guna meyelesaikan masalah.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Mampu merancang penyelesaian masalah dengan mengimplementasikan transferable skill dalam bidang biologi untuk mengembangkan ecopreneurship (eco-innovation,eco-oppurtunity, eco-commitment).
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Mampu mengomunikasikan ide, gagasan, dan hasil penelitiannya secara efektif, baik lisan maupun tulisan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-13 | Mampu membuat keputusan berdasarkan data/informasi dalam rangka menyelesaikan tugas sebagai bagian dari tanggungjawabnya dalam pekerjaan yang telah dilakukan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Biology Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik Biologi
- Menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi
- Memiliki kemampuan terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan Pendidikan biologi secara formal dan atau informal
- Menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier
- Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir
- Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.
- Asisten Peneliti Muda
- Memiliki kemampuan terus menerus mengembangkan diri dalam pengetahuan biologi dan Pendidikan biologi secara formal dan atau informal.
- Menguasai metode ilmiah untuk mengamati, mencoba, dan menganalisis permasalahan pendidikan biologi, menguasai metode deduksi dan induksi serta penerapannya untuk mendukung karier.
- Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhi.
- Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.
- Wirausaha
- Menguasai konsep dasar biologi, pedagogik serta dapat menerapkan dalam penyelesaian masalah yang terkait dengan Pendidikan Biologi.
- Memiliki etika, tanggungjawab, dan jiwa kepemimpinan serta memiliki kemampuan mendidik melalui metodologi pendidikan yang mutakhir.
- Mampu berkomunikasi dalam aktivitas profesional di tingkat nasional maupun internasional.
Struktur Kurikulum Biology Education
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM S1 PENDIDIKAN BIOLOGI 2018
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420503056
Biologi Umum
3.00
8420502279
Basic Education
2.00
8420503134
Basic Chemistry
3.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8420502278
Matematika Dasar
2.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8420502034
English For Biology
2.00
1000002177
English
2.00
8420503049
Biologi Dasar
3.00
8420503100
Fisika Umum
3.00
8420502264
Physical Education And Sports Employees
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
8420504271
Animal Structure And Development
4.00
8420504226
Plant Structure And Development
4.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8420502047
Biochemistry
2.00
8420502097
Philosophy Science
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8420502284
Teori Belajar
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420502012
Human Anatomy Physiology
2.00
8420503027
Assessment Of Learning Processes And Outcomes
3.00
8420502053
Cell Biology
2.00
1000002048
Dasar Dasar Kependidikan
2.00
8420502292
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
8420504101
Physics Animal Physiology
4.00
8420504102
Plant Physiology
4.00
8420504108
Genetics
4.00
8420502156
Instructional Media
2.00
8420503164
Mikrobiologi
3.00
8420503177
Innovative Learning I
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420503060
Biostatistics And Computers
3.00
8420502095
Evolution
2.00
8420504220
Animal Systematics
4.00
8420504221
Systematic
4.00
8420502272
School Curriculum Review
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420502118
Environmental Science
2.00
8420502138
Conservation Natural Resources
2.00
8420502267
Introduction To Biodiversity
3.00
8420502291
Development Of Teaching Materials
2.00
8420503011
Human Anatomy And Physiology
3.00
8420502050
Molecular Biology
2.00
8420502062
Bioteknologi
2.00
8420504080
Ecology
4.00
8420502308
Limnology
2.00
8420502149
Laboratory Management
2.00
8420503159
Research Methodology
3.00
8420502176
Tic-Based Learning
2.00
8420502290
Learning Planning
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420502055
Biologi Terapan
2.00
8420502307
Pencemaran Lingkungan
2.00
8420502192
Waste Management
2.00
8420506222
Thesis
6.00
1000002003
Indonesian
2.00
8420502046
Biogeography
2.00
8420503270
Biologi Konservasi
2.00
8420502079
Ecophysiology
2.00
8420502274
Ekologi Perairan
2.00
8420502086
Ecotoxicology
2.00
8420502166
Mikrobiologi Terapan
2.00
8420502167
Mikroteknik
2.00
8420500298
Nutrition
2.00
8420504180
Innovative Learning Ii
4.00
8420503268
Introduction To The Field Of Schooling
4.00
8420502211
Animal Reproduction
2.00
8420502213
Plant Reproduction
2.00
8420502266
Systematic
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8420503281
Supply Chain Management Development
3.00
8420503283
Integrated Science And Science Technology Community And Environment
3.00
8420503280
Development E Learning
3.00
8420502289
Bioenergy Technology
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420503056 | Biologi Umum | 3.00 | |
8420502279 | Basic Education | 2.00 | |
8420503134 | Basic Chemistry | 3.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8420502278 | Matematika Dasar | 2.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8420502034 | English For Biology | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
8420503049 | Biologi Dasar | 3.00 | |
8420503100 | Fisika Umum | 3.00 | |
8420502264 | Physical Education And Sports Employees | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8420504271 | Animal Structure And Development | 4.00 | |
8420504226 | Plant Structure And Development | 4.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8420502047 | Biochemistry | 2.00 | |
8420502097 | Philosophy Science | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8420502284 | Teori Belajar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420502012 | Human Anatomy Physiology | 2.00 | |
8420503027 | Assessment Of Learning Processes And Outcomes | 3.00 | |
8420502053 | Cell Biology | 2.00 | |
1000002048 | Dasar Dasar Kependidikan | 2.00 | |
8420502292 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
8420504101 | Physics Animal Physiology | 4.00 | |
8420504102 | Plant Physiology | 4.00 | |
8420504108 | Genetics | 4.00 | |
8420502156 | Instructional Media | 2.00 | |
8420503164 | Mikrobiologi | 3.00 | |
8420503177 | Innovative Learning I | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420503060 | Biostatistics And Computers | 3.00 | |
8420502095 | Evolution | 2.00 | |
8420504220 | Animal Systematics | 4.00 | |
8420504221 | Systematic | 4.00 | |
8420502272 | School Curriculum Review | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420502118 | Environmental Science | 2.00 | |
8420502138 | Conservation Natural Resources | 2.00 | |
8420502267 | Introduction To Biodiversity | 3.00 | |
8420502291 | Development Of Teaching Materials | 2.00 | |
8420503011 | Human Anatomy And Physiology | 3.00 | |
8420502050 | Molecular Biology | 2.00 | |
8420502062 | Bioteknologi | 2.00 | |
8420504080 | Ecology | 4.00 | |
8420502308 | Limnology | 2.00 | |
8420502149 | Laboratory Management | 2.00 | |
8420503159 | Research Methodology | 3.00 | |
8420502176 | Tic-Based Learning | 2.00 | |
8420502290 | Learning Planning | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420502055 | Biologi Terapan | 2.00 | |
8420502307 | Pencemaran Lingkungan | 2.00 | |
8420502192 | Waste Management | 2.00 | |
8420506222 | Thesis | 6.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8420502046 | Biogeography | 2.00 | |
8420503270 | Biologi Konservasi | 2.00 | |
8420502079 | Ecophysiology | 2.00 | |
8420502274 | Ekologi Perairan | 2.00 | |
8420502086 | Ecotoxicology | 2.00 | |
8420502166 | Mikrobiologi Terapan | 2.00 | |
8420502167 | Mikroteknik | 2.00 | |
8420500298 | Nutrition | 2.00 | |
8420504180 | Innovative Learning Ii | 4.00 | |
8420503268 | Introduction To The Field Of Schooling | 4.00 | |
8420502211 | Animal Reproduction | 2.00 | |
8420502213 | Plant Reproduction | 2.00 | |
8420502266 | Systematic | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8420503281 | Supply Chain Management Development | 3.00 | |
8420503283 | Integrated Science And Science Technology Community And Environment | 3.00 | |
8420503280 | Development E Learning | 3.00 | |
8420502289 | Bioenergy Technology | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Biology Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum dilakukan melalui mekanisme tracer study untuk mengukur capaian Tujuan program studi (Program Educational Objectives/PEO) atau Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL). PEO dan CPL dikembangkan untuk mendukung terwujudnya profil lulusan yang ditetapkan. Profil lulusan ditetapkan dengan memperhatikan evaluasi diri, kebutuhan pasar dan hasil tracer study. PEO dirumuskan berdasarkan Standar Nasional Perguruan Tinggi (SNPT) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI), Perkembangan Iptek, Asosiasi Konsorsium Biologi Indonesia/KOBI, HPPBI, Naskah Akademik Pengembangan Kurikulum Universitas Negeri Surabaya yang memiliki karakter Idaman Jelita, dan dokumen kurikulum Ecopreunership sebagai penciri FMIPA, dan Kurikulum Berbasis KKNI Dan SNPT Berciri Ecopreneurship. Tujuan program studi (PEO) dikembangkan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kompetensi sebagai pendidik biologi, asisten peneliti muda di bidang Biologi , dan wirausahawan di bidang pendidikan Biologi yang mampu bersaing secara internasional.
Melalui tracer study diperoleh data dan diakukan analisis yang menunjukkan bahwa profil lulusan prodi yang terdiri dari tiga profesi, yaitu pendidik biologi, asisten peneliti muda, dan wirausaha tercapai dengan persentase tertinggi adalah pendidik biologi, diikuti profesi wirausaha dan asisten peneliti muda.
Pada pengukuran Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) melalui tracer study dikembangan sejumlah indikator keberhasilan yang merupakan operasionalisasi dari CPL. Hasil tracer study menunjukkan penguasaan kompetensi lulusan dari penilaian pengguna sebagai berikut.
Skor Kompetensi Lulusan yang diberikan oleh Pengguna
Aspek Kompetensi | Skor dari Pengguna | Keterangan |
---|---|---|
Kedisiplinan | 3,571 | Baik sekali |
Kejujuran | 3,786 | Baik sekali |
Motivasi Kerja | 3,786 | Baik sekali |
Etos Kerja | 3,786 | Baik sekali |
Menerapkan keilmuan pada pekerjaan | 3,357 | Baik sekali |
Produktivitas kerja | 3,643 | Baik sekali |
Inovasi | 3,500 | Baik sekali |
Penyelesaian masalahan | 3,643 | Baik sekali |
Adaptasi dengan lingkungan | 3,714 | Baik sekali |
Penggunaan bahasa Inggris lisan | 2,571 | Baik |
Penggunaan bahasa Inggris tulis | 2,786 | Baik |
Komunikasi tertulis | 3,571 | Baik sekali |
Komunikasi lisan dalam pekerjaan | 3,786 | Baik sekali |
Mengemukakan ide | 3,500 | Baik sekali |
Kemampuan manajerial | 3,429 | Baik sekali |
Motivator dalam lingkungan kerja | 3,429 | Baik sekali |
Memanfaatkan Teknologi, Informasi, dan Komunikasi (TIK) | 3,643 | Baik sekali |
Bersosialisasi dalam lingkungan kerja | 3,786 | Baik sekali |
Keterbukaan terhadap kritik dan saran | 3,714 | Baik sekali |
Bekerja dalam tim | 3,714 | Baik sekali |
Motivasi dalam mempelajari hal baru | 3,643 | Baik sekali |
Kemampuan untuk mempelajari pengetahuan/keterampilan/hal baru secara mandiri | 3,643 | Baik sekali |
Kompetensi lulusan terkait softskill digambarkan sebagai jarring laba-laba berikut, yang secara garis besar menunjukkan kompetensi yang sangat baik. Penilaian tersebut dilakukan oleh lulusan sebagai bentuk evaluasi diri, maupun oleh pengguna sebagai atasan para lulusan yang telah memasuki dunia kerja antara 2-3 tahun.
Gambar 1. Profil Soft Skill Lulusan Pendidikan Biologi Unesa Berdasarkan Evaluasi Diri Lulusan (n=111)
Gambar 2. Rata-rata skor soft skill lulusan Pendidikan Biologi Unesa berdasarkan evaluasi pengguna lulusan (4= sangat baik; 3= baik; 2= cukup; 1= kurang)
Berdasarkan capaian tersebut dapat diberikan rekomendasi perbaikan yang dapat digunakan sebagai masukan saat peninjauan kurikulum, baik untuk membenahi isi perkuliahan maupun untuk penambahan mata kuliah. Rekomendasi yang diperikan oleh lulusan maupun pengguna lulusan. Dari pengguna lulusan dapat teridentifikasi kompetensi yang diperlukan untuk membangun karir di lembaganya, juga saran untuk pembekalan bagi mahasiswa bagi program studi pendidikan biologi.
Tabel Kompetensi yang diperlukan di Instansi Kerja dan Masukkan untuk Kurikulum Prodi Pendidikan Biologi
Kompetensi yang diperlukan di Lembaga tempat bekerja (menurut pengguna lulusan) | Bidang Kerja | Usulan untuk prodi Pendidikan Biologi |
---|---|---|
Kompetensi pedagogik, |
|
|
Kemampuan analisis terhadap data | ||
Kemampuan dalam memberikan solusi terhadap permasalahan | ||
Mampu berkomunikasi dengan baik | ||
Tanggap dan responsive pada kondisi lingkungan kerja | ||
Teliti, kreatif, bekerja sesuai deadline | ||
Kolaboratif | ||
Belajar bidang lain secara mandiri | ||
Kompetensi Andragogik | ||
Kompetensi Pedagogi | ||
Keterampilan lifeskill yang kontekstual | ||
Kompetensi menerapkan IPTEK | ||
Kompetensi Spiritual | ||
Kompetensi managerial |
Rekap PLO Program Studi Biology Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | |||
Biostatistics and Biocomputers | 2 | 20% | 60% | 20% | 100 % | ||||||||||
Assessment of Learning Processes and Outcomes | 3 | 100% | 100 % | ||||||||||||
Mikrobiologi | 3 | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Evolution | 2 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||||
Biostatistics and Computers | 3 | 22.22% | 22.22% | 22.22% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Biologi Umum | 3 | 75% | 25% | 100 % | |||||||||||
Microteaching | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | ||||||||||
Research methodology | 3 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||||
Kimia Umum | 3 | 30% | 30% | 40% | 100 % | ||||||||||
Physics Animal Physiology | 4 | 50% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 33.33% | 16.67% | 33.33% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Development of Teaching Materials | 2 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | |||||||||
Animal Structure and Development | 4 | 6.38% | 27.66% | 31.91% | 6.38% | 4.26% | 23.4% | 99.99 % | |||||||
Plant Structure and Development | 4 | 41.67% | 8.33% | 20.83% | 16.67% | 12.5% | 100 % | ||||||||
Entrepreneurship | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||||
Instrument Development | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||||||
Cell and Molecular Biology | 2 | 31.25% | 43.75% | 25% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Biology Education
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan dan Pengembangan Kurikulum meliputi:
- Landasan Hukum , meliputi
- Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
- Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.
- Undang-Undang Nomor 12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 04 Tahun 2014 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka ualifikasi Nasional Indonesia.
- Statuta UNESA
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 55 Tahun 2017 tentang Standar Pendidikan Guru.
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Keputusan Rektor UNESA tentang Kurikulum
2. Acuan Pengembangan Kurikulum
Proses penyusunan kurikulum merdeka mengacu pada beberapa dokumen berikut :
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
- Peraturan Presiden Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
- Subject Specific Criteria of the Technical Committee 10- Life Sciences for the Accreditation of Bachelor and Master Degree Programmes in Life Sciences, ASIIN General Criteria for the Accreditation of Degree Programmes 2019
- Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Biologi KOBI (Konsorsium Biologi Indonesia)
- Rumusan Naskah Akademik Standar Nasional Berbasis KKNI Sarjana Pendidikan Biologi KPBI (Konsorsium Prodi Pendidikan Biologi Indonesia) 2019, dan Himpunan Pendidik dan Peneliti Biologi Indonesia (HPPBI) 2914
3. Analisis Kebutuhan dan Tantangan Masa Depan Profesi Pendidik Biologi, Peneliti Pendidikan Biologi, dan Wirausahawan Pendidikan Biologi
Bidang ilmu Biologi, khususnya yang terkait dengan pendidikan biologi merupakan bidang ilmu yang tidak baru. Pada perkembangannya bidang ini telah memberikan kontribusi pada kesejahteraan hidup manusia, dan keberlanjutan kehidupan yang harmonis antarmakhluk hidup.
Penemuan sebagai hasil penelitian, dan inovasi dalam bidang biologi berlangsung sangat cepat. Selain itu, bidang biologiberkembang tidak secaramandiri, tetapi beririsan dan berintegrasi dengan perkembangan bidang ilmu pengetahuan sains teknologi, sosial humaniora, budaya, dan matematik.
Berbagai tuntutan masa depan perlu diadopsi oleh Prodi Pendidikan Biologi agar lulusannya tidak tertinggal, dan dapat beradaptasi dengan cepat pada perubahan dan tuntutan masa depan, termasuk tuntutan abad 21. Di samping itu tuntutan untuk terlibat dalam menjaga keberlanjutan ketersediaan sumber-sumber daya alam dan biodiversity di Indonesia maupun global, serta tuntutan untuk mengadopsi keterampilan yang diperlukan pada abad 21, membuat Prodi Pendidikan Biologi perlu merumuskan tujuan dan profil lulusannya.
Mengacu pada framework skills abad 21 yang disampaikan pada Partnership for 21st Century Skills, yaitu penguasaan terhdap core subject dan tema-tema pendidikan abad 21, learning and innovation skills, information, media, and technology skills, dan life and career skills yang diperlukan di masa depan.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved