Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa
Study Program | : | Economics Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi prodi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi pada tahun 2025
Misi
- Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
- Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
- Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
- Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder
- Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
Tujuan
- menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
- menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
- menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
- mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
- mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
- mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
- Mengembangkan jiwa kewirausahaan
Capaian Lulusan Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu memecahkan permasalahan dalam pembelajaran ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu merancang dan menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pembelajaran ekonomi dan ekonomi pendidikan serta mengkomunikasikan hasilnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu melaksanakan pembelajaran ekonomi yang komprehensif dan inovatif sebagai solusi pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu menguasai konsep perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas secara efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu menguasai konsep teoritis ekonomi yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Menguasai konsep teoritis dan prinsip menajerial serta menerapkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Mampu memecahkan permasalahan ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
KURIKULUM MBKM S1 PENDIDIKAN EKONOMI 2022
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
8720302361
Basic Education
2.00
8720303157
Matematika Ekonomi
3.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
8720303375
Learning Sharia
3.00
8720303374
Microeconomics Learning Macroeconomics
3.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8720303196
Pengantar Bisnis
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Islam
2.00
✔
1000002033
Citizenship
2.00
8720302353
School Curriculum
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8720303202
Introduction To Administration And Management Science
3.00
8720302355
Teori Belajar
2.00
8720303363
Teori Ekonomi Makro
3.00
8720303362
Teori Ekonomi Mikro
3.00
Semester ke 3
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 3 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Pertukaran Mahasiswa (3 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720302072
Ekonomi Koperasi
2.00
8720303073
Ekonomi Moneter
3.00
8720302367
Evaluation Of Learning And Learning
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8720303177
Research Methodology
3.00
8720303195
Pengantar Akuntansi
3.00
8720302365
Development Of Teaching Materials
2.00
8720302276
Sejarah Pemikiran Ekonomi
2.00
8720302364
Statistics
2.00
8720302378
Economic Learning Strategy
2.00
Matakuliah Pertukaran Mahasiswa
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720303426
Introduction To Entrepreneurship
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720302067
Ekonomi Internasional
2.00
8720303076
Economic Development
3.00
8720303369
Economics Education
3.00
8720303135
Cooperative Management
3.00
8720303370
Research Methodology Economic Education
3.00
8720303368
Digital Economic Learning
3.00
8720302232
Perencanaan Pengajaran
2.00
8720302239
Perpajakan
2.00
8720303371
Statistics Economic Education
3.00
Semester ke 5
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 5 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Asistensi Mengajar (36 SKS)
- Paket Matakuliah Bela Negara (18 SKS)
- Paket Matakuliah Magang (18 SKS)
- Paket Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik (16 SKS)
- Paket Matakuliah Proyek Kemanusiaan (18 SKS)
- Paket Matakuliah Wirausaha (18 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
MBKM0034
Teaching Assistance For Program Planning
2.00
8720302372
Teaching Skills And Microlearning
2.00
MBKM0051
Program Evaluation Internship
2.00
8720302418
Psm Plp Program Evaluation
2.00
Matakuliah Asistensi Mengajar
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720302412
School Administration
2.00
8720302411
Development Of Numeracy Literacy Learning Assessment
2.00
8720303413
Development Of Numeracy Literacy Media And Teaching Materials
3.00
8720302414
Development Of Numeracy Literacy Learning Tools
2.00
1000020171
Teaching Assistance Program Planning
2.00
8720302410
Numeracy Literacy Teaching Practices
2.00
8720302409
Learning Technology Practices
2.00
8720302424
Psm School Based Management
2.00
8720302421
Classroom Action Research Psm
2.00
8720302423
Psm Economic Learning Assessment Development
2.00
8720303425
Psm Media Development And Economics Teaching Materials
3.00
8720303419
Psm Development Of Economic Learning Tools
3.00
8720303420
Psm Media Development And Economics Teaching Materials
3.00
8720302417
Psm Plp Program Planning
2.00
8720304422
Psm Teaching Practice
4.00
Matakuliah Bela Negara
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720320374
Analysis Of The National Defense Program
4.00
8720320377
National Defense Program Design
4.00
1000020148
Evaluation Of The National Defense Program
2.00
8720320384
Implementation Of The National Defense Program
4.00
8720320389
Development Of The National Defense Program
4.00
Matakuliah Magang
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720320375
Analysis Of Industrial Practical Internship Programs
4.00
8720320378
Industrial Practical Internship Program Design
4.00
1000020108
Evaluation Of The Industrial Practical Internship Program
2.00
8720320385
Implementation Of The Industrial Practical Internship Program
4.00
8720320390
Development Of Industrial Practical Internship Program
4.00
Matakuliah Membangun Desa/Kuliah Kerja Nyata Tematik
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720320380
Design Of Education And Training Innovation Projects In Villages
4.00
8720320386
Implementation Of Education And Training Innovation Project Programs In Villages
4.00
8720320388
Evaluating The Education And Training Innovation Project Program In Villages
4.00
8720320391
Development Of Education And Training Innovation Project Programs In Villages
4.00
Matakuliah Proyek Kemanusiaan
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720320376
Humanitarian Project Program Analysis
4.00
8720320379
Humanitarian Project Program Design
4.00
1000020118
Humanitarian Project Program Evaluation
2.00
8720320387
Implementation Of The Humanitarian Project Program
4.00
8720320392
Humanitarian Project Program Development
4.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720303401
Analisis Laporan Keuangan
3.00
1000020128
Evaluation Of Entrepreneurship Programs
2.00
8720303403
Communication And Teamwork
3.00
8720303402
Business Planning
3.00
8720303314
Marketing Strategy
3.00
8720304400
Business Feasibility Study
4.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720302396
Manajemen Berbasis Sekolah
2.00
8720302393
Penelitian Tindakan Kelas
2.00
8720302395
Development Of Economic Learning Assessment
2.00
8720303416
Development Of Economic Media And Teaching Materials
3.00
8720303391
Development Of Economic Learning Tools
3.00
MBKM0031
Plp Program Evaluation
2.00
MBKM0032
Plp Program Planning
2.00
8720304394
Teaching Practice
4.00
1000020155
Final Project Seminar
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720302047
English Business
2.00
8720303064
Econometrics
3.00
8720302077
Ekonomi Politik
2.00
8720303079
Public Economy
3.00
8720302080
Ekonomi Regional
2.00
8720302082
Economics Resources
2.00
8720303376
Ekonomi Syariah
3.00
8720303379
Innovation Economic Learning
3.00
8720303383
Financial Institutions And Capital Markets
3.00
8720302192
Learning
2.00
8720302380
Pengelolaan Pendidikan
2.00
8720302343
Entrepreneurship Practices
2.00
8720303287
Seminars Economic Education
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000004105
Thesis
4.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8720302361 | Basic Education | 2.00 | |
8720303157 | Matematika Ekonomi | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
8720303375 | Learning Sharia | 3.00 | |
8720303374 | Microeconomics Learning Macroeconomics | 3.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8720303196 | Pengantar Bisnis | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Islam |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8720302353 | School Curriculum | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8720303202 | Introduction To Administration And Management Science | 3.00 | |
8720302355 | Teori Belajar | 2.00 | |
8720303363 | Teori Ekonomi Makro | 3.00 | |
8720303362 | Teori Ekonomi Mikro | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720302072 | Ekonomi Koperasi | 2.00 | |
8720303073 | Ekonomi Moneter | 3.00 | |
8720302367 | Evaluation Of Learning And Learning | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8720303177 | Research Methodology | 3.00 | |
8720303195 | Pengantar Akuntansi | 3.00 | |
8720302365 | Development Of Teaching Materials | 2.00 | |
8720302276 | Sejarah Pemikiran Ekonomi | 2.00 | |
8720302364 | Statistics | 2.00 | |
8720302378 | Economic Learning Strategy | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720303426 | Introduction To Entrepreneurship | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720302067 | Ekonomi Internasional | 2.00 | |
8720303076 | Economic Development | 3.00 | |
8720303369 | Economics Education | 3.00 | |
8720303135 | Cooperative Management | 3.00 | |
8720303370 | Research Methodology Economic Education | 3.00 | |
8720303368 | Digital Economic Learning | 3.00 | |
8720302232 | Perencanaan Pengajaran | 2.00 | |
8720302239 | Perpajakan | 2.00 | |
8720303371 | Statistics Economic Education | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
MBKM0034 | Teaching Assistance For Program Planning | 2.00 | |
8720302372 | Teaching Skills And Microlearning | 2.00 | |
MBKM0051 | Program Evaluation Internship | 2.00 | |
8720302418 | Psm Plp Program Evaluation | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720302412 | School Administration | 2.00 | |
8720302411 | Development Of Numeracy Literacy Learning Assessment | 2.00 | |
8720303413 | Development Of Numeracy Literacy Media And Teaching Materials | 3.00 | |
8720302414 | Development Of Numeracy Literacy Learning Tools | 2.00 | |
1000020171 | Teaching Assistance Program Planning | 2.00 | |
8720302410 | Numeracy Literacy Teaching Practices | 2.00 | |
8720302409 | Learning Technology Practices | 2.00 | |
8720302424 | Psm School Based Management | 2.00 | |
8720302421 | Classroom Action Research Psm | 2.00 | |
8720302423 | Psm Economic Learning Assessment Development | 2.00 | |
8720303425 | Psm Media Development And Economics Teaching Materials | 3.00 | |
8720303419 | Psm Development Of Economic Learning Tools | 3.00 | |
8720303420 | Psm Media Development And Economics Teaching Materials | 3.00 | |
8720302417 | Psm Plp Program Planning | 2.00 | |
8720304422 | Psm Teaching Practice | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720320374 | Analysis Of The National Defense Program | 4.00 | |
8720320377 | National Defense Program Design | 4.00 | |
1000020148 | Evaluation Of The National Defense Program | 2.00 | |
8720320384 | Implementation Of The National Defense Program | 4.00 | |
8720320389 | Development Of The National Defense Program | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720320375 | Analysis Of Industrial Practical Internship Programs | 4.00 | |
8720320378 | Industrial Practical Internship Program Design | 4.00 | |
1000020108 | Evaluation Of The Industrial Practical Internship Program | 2.00 | |
8720320385 | Implementation Of The Industrial Practical Internship Program | 4.00 | |
8720320390 | Development Of Industrial Practical Internship Program | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720320380 | Design Of Education And Training Innovation Projects In Villages | 4.00 | |
8720320386 | Implementation Of Education And Training Innovation Project Programs In Villages | 4.00 | |
8720320388 | Evaluating The Education And Training Innovation Project Program In Villages | 4.00 | |
8720320391 | Development Of Education And Training Innovation Project Programs In Villages | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720320376 | Humanitarian Project Program Analysis | 4.00 | |
8720320379 | Humanitarian Project Program Design | 4.00 | |
1000020118 | Humanitarian Project Program Evaluation | 2.00 | |
8720320387 | Implementation Of The Humanitarian Project Program | 4.00 | |
8720320392 | Humanitarian Project Program Development | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720303401 | Analisis Laporan Keuangan | 3.00 | |
1000020128 | Evaluation Of Entrepreneurship Programs | 2.00 | |
8720303403 | Communication And Teamwork | 3.00 | |
8720303402 | Business Planning | 3.00 | |
8720303314 | Marketing Strategy | 3.00 | |
8720304400 | Business Feasibility Study | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720302396 | Manajemen Berbasis Sekolah | 2.00 | |
8720302393 | Penelitian Tindakan Kelas | 2.00 | |
8720302395 | Development Of Economic Learning Assessment | 2.00 | |
8720303416 | Development Of Economic Media And Teaching Materials | 3.00 | |
8720303391 | Development Of Economic Learning Tools | 3.00 | |
MBKM0031 | Plp Program Evaluation | 2.00 | |
MBKM0032 | Plp Program Planning | 2.00 | |
8720304394 | Teaching Practice | 4.00 | |
1000020155 | Final Project Seminar | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720302047 | English Business | 2.00 | |
8720303064 | Econometrics | 3.00 | |
8720302077 | Ekonomi Politik | 2.00 | |
8720303079 | Public Economy | 3.00 | |
8720302080 | Ekonomi Regional | 2.00 | |
8720302082 | Economics Resources | 2.00 | |
8720303376 | Ekonomi Syariah | 3.00 | |
8720303379 | Innovation Economic Learning | 3.00 | |
8720303383 | Financial Institutions And Capital Markets | 3.00 | |
8720302192 | Learning | 2.00 | |
8720302380 | Pengelolaan Pendidikan | 2.00 | |
8720302343 | Entrepreneurship Practices | 2.00 | |
8720303287 | Seminars Economic Education | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000004105 | Thesis | 4.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Evaluasi Kurikulum
Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-3; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-4 dan PLO-5; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-6 dan PLO-7, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-8 sampai PLO-12. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.
Gambar 2. Rekapitulasi Ketercapaian PLO
Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.
- Tracer Study
Hasil tracer study menunjukkan bahwa 80,4% lulusan bekerja sebagai guru ekonomi, dan 19,6% bekerja di perusahaan swasta, lembaga perbankan, dan instansi pemerintah. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap kemampuan lulusan menjadi sangat baik sebesar 70%, artinya terdapat kepuasan terhadap lulusan program studi. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.
Rekap PLO Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | |||
Microeconomics Learning Macroeconomics | 3 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Research methodology | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Introduction to Microeconomic Theory | 3 | 22.22% | 33.33% | 44.44% | 99.99 % | |||||||||
Matematika Ekonomi | 3 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Entrepreneurship | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||
Sejarah Pemikiran Ekonomi | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Ekonomi Internasional | 3 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||
Economics Education | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Research Methodology Economic Education | 3 | 35.71% | 42.86% | 21.43% | 100 % | |||||||||
Teori Ekonomi Mikro | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Statistics Economic Education | 3 | 37.5% | 31.25% | 31.25% | 100 % | |||||||||
Learning Planning | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 22.73% | 27.27% | 27.27% | 4.55% | 18.18% | 100 % | |||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Digital Economic Learning | 3 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||
Economic Learning Strategy | 2 | 11.11% | 55.56% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Pengantar Akuntansi | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Kurikulum
- Universitas Value
Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus.
Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan karakter yang ditumbuhkembangkan sesuai dengan motto growing with character, yaitu Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh (dengan akronim: “Idaman Jelita”).
- Landasan Filosofi
Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976).
Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa.
Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi.
- Landasan Sosilogis
Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan, materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan dengan perkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dan disesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut.
Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman (2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara. Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yang dikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri.
Pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan dan budaya masyarakat yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas.
- Landasan Historis
Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya.
- Landasan Hukum
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Manajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti untuk Mengakomodasi Pengembangan Literasi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kode Dokumen Nomor: 01/01.UNV/KA/2014, yang selanjutnya direvisi menjadi Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2016 yang berisi tentang arah kebijakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Unesa. Salah satu arah kebijakan di bidang pendidikan, yaitu: “Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang dirumuskan bersama pemangku kepentingan (stakeholder) mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan intelektual, praktikal, managerial, kepemimpinan, etika, dan tata karma”;
- Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum KKNI dan SN-Dikti Program Studi di Universitas Negeri Surabaya.
- Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi
- Visi
Visi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi diturunkan dari Visi Fakultas Ekonomi dan disesuaikan dengan Visi Universitas Negeri Surabaya:
Gambar 1. Keterkaitan Visi Universitas, Fakultas dan Program Studi
- Misi
Seiring dengan visi tersebut, misi yang diemban Program Studi S1 Pendidikan ekonomi adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
- Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
- Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
- Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder
- Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
- Tujuan
Keterkaitan Misi Universitas, Misi Fakultas dan Misi Program Studi sebagimana dalam tabel berikut.
Tabel 1. Keterkaitan Misi Universitas, Fakultas, dan Program Studi
Misi Universitas | Misi Fakultas | Misi Program Studi |
---|---|---|
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi | Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana, magister, doktor serta profesi dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis
| Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi |
Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan
| Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan | |
menyelenggarakan penelitian dalam ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan msyarakat | Meningkatkan kualitas penelitian dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
| Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS |
menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pembmerdayaan dan pembudayaan masyarakat
| Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi | Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
|
menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan | Meningkatkan Good Faculty Governance dalam pengelolaan organisasi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder baik dalam maupun luar negeri | Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder |
Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berkomitmen untuk mencapai tujuan sebagai berikut:
- menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
- menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
- menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
- mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
- mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
- mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
- Mengembangkan jiwa kewirausahaan.
- Strategi
Strategi Prgram Studi S1 Pendidikan Ekonomi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah sebagaimana dalam tabel berikut.
Tabel 2. Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
No | Tujuan | Strategi |
---|---|---|
T1 | Menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan. |
|
T2 | Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi. |
|
T3 | Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera. |
|
T4 | Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan. |
|
T5 | Mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan.
|
|
T6 | Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.
|
|
T7 | Mengembangkan jiwa kewirausahaan |
|
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved