•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa

 
Study Program  :  Bachelor Of Economics Education
Establishment Date  :  7 November 1996
Study Program Coordinator  :  Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi prodi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi pada tahun 2025


Misi
  1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
  2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
  4. Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder 
  5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan

Tujuan
  1. menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
  2. menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
  3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
  4. mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
  5. mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
  6. mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
  7. Mengembangkan jiwa kewirausahaan

Capaian Lulusan Program Studi Bachelor Of Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu memecahkan permasalahan dalam pembelajaran ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi

PLO-6 Mampu merancang dan menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEKS

PLO-7 Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pembelajaran ekonomi dan ekonomi pendidikan serta mengkomunikasikan hasilnya
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mampu melaksanakan pembelajaran ekonomi yang komprehensif dan inovatif sebagai solusi pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu menguasai konsep perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas secara efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu menguasai konsep teoritis ekonomi yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran ekonomi

PLO-11 Menguasai konsep teoritis dan prinsip menajerial serta menerapkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Mampu memecahkan permasalahan ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Bachelor Of Economics Education
Universitas Negeri Surabaya

    Struktur Kurikulum Bachelor Of Economics Education
    Universitas Negeri Surabaya

    KURIKULUM MBKM S1 PENDIDIKAN EKONOMI 2021

    Semester ke 1

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002003 Indonesian 2.00
    8720303157 Matematika Ekonomi 3.00
    1000002047 Physical Education And Fitness 2.00
    1000002018 Pancasila Education 2.00
    8720303196 Pengantar Bisnis 3.00
    8720303210 Introduction To Macroeconomic Theory 3.00
    8720303211 Introduction To Microeconomic Theory 3.00
    8720302361 Basics Of Education 2.00

    Semester ke 2

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002046 Literasi Digital 2.00
    100000202x Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
        -  Agama Budha
        -  Agama Hindu
        -  Agama Islam
        -  Agama Katholik
        -  Agama Khonghucu
        -  Agama Protestan
    2.00
    1000002033 Citizenship 2.00
    8720303195 Pengantar Akuntansi 3.00
    8720302364 Statistics 2.00
    8720302355 Teori Belajar 2.00
    8720303363 Teori Ekonomi Makro 3.00
    8720303362 Teori Ekonomi Mikro 3.00

    Semester ke 3

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000002176 Entrepreneurship 2.00
    8720302047 English Business 2.00
    8720302072 Ekonomi Koperasi 2.00
    8720303073 Ekonomi Moneter 3.00
    8720302353 School Curriculum 2.00
    8720303202 Introduction To Administration And Management Science 3.00
    8720302366 Perencanaan Pembelajaran 2.00
    8720302276 Sejarah Pemikiran Ekonomi 2.00
    8720303371 Statistics Economic Education 3.00

    Semester ke 4

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720303068 Ekonomi Internasional 3.00
    8720303369 Economics Education 3.00
    8720302367 Evaluation Of Learning And Learning 2.00
    8720303135 Cooperative Management 3.00
    8720303177 Research Methodology 3.00
    8720303370 Research Methodology Economic Education 3.00
    8720302365 Pengembangan Bahan Ajar 2.00
    8720303064 Econometrics 3.00

    Semester ke 5

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720303076 Economic Development 3.00
    8720302078 Public Economy 2.00
    8720302084 Ekonomi Syariah 2.00
    8720302372 Teaching Skills And Microlearning 2.00
    8720302124 Institutions And Capital Markets 2.00
    8720303368 Digital Economic Learning 3.00
    8720302192 Learning 2.00
    8720302239 Perpajakan 2.00
    8720302343 Entrepreneurship Practices 2.00
    8720303287 Seminars Economic Education 3.00

    Semester ke 6

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    1000003068 Kkn Asistensi Mengajar Evaluasi Program 3.00
    1000004066 Kkn Asistensi Mengajar Mengembangan Perangkat 4.00
    1000004067 Kkn Asistensi Mengajar Pelaksanaan Program 4.00
    1000003069 Kkn Asistensi Mengajar Pendesiminasian Program 3.00
    1000003070 Kkn Asistensi Mengajar Pengembangan Laporan 3.00
    1000003065 Kkn Asistensi Mengajar Perancangan Program 3.00
    1000003092 Kkn Kewirausahaan Evaluasi Program 3.00
    1000004091 Kkn Kewirausahaan Pelaksanaan Program 4.00
    1000003093 Kkn Kewirausahaan Pendesiminasian Program 3.00
    1000003094 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Laporan 3.00
    1000004090 Kkn Kewirausahaan Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003089 Kkn Kewirausahaan Perancangan Program 3.00
    1000003074 Kkn Proyek Desa Evaluasi Program 3.00
    1000004073 Kkn Proyek Desa Pelaksanaan Program 4.00
    1000003075 Kkn Proyek Desa Pendesiminasian Program 3.00
    1000003076 Kkn Proyek Desa Pengembangan Laporan 3.00
    1000004072 Kkn Proyek Desa Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003071 Kkn Proyek Desa Perancangan Program 3.00
    1000003080 Kkn Proyek Indpenden Evaluasi Program 3.00
    1000004079 Kkn Proyek Indpenden Pelaksanaan Program 4.00
    1000003081 Kkn Proyek Indpenden Pendesiminasian Program 3.00
    1000003082 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Laporan 3.00
    1000004078 Kkn Proyek Indpenden Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003077 Kkn Proyek Indpenden Perancangan Program 3.00
    1000003086 Kkn Proyek Kemanusiaan Evaluasi Program 3.00
    1000004085 Kkn Proyek Kemanusiaan Pelaksanaan Program 4.00
    1000003087 Kkn Proyek Kemanusiaan Pendesiminasian Program 3.00
    1000003088 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Laporan 3.00
    1000004084 Kkn Proyek Kemanusiaan Pengembangan Perangkat 4.00
    1000003083 Kkn Proyek Kemanusiaan Perancangan Program 3.00
    1000020101 Kkn T 20.00
    1000020103 Apprenticeship 20.00
    1000004098 Magang Riset Penganalisisan Data 4.00
    1000004096 Magang Riset Pengembangan Instrumen Penelitian 4.00
    1000004097 Magang Riset Pengumpulan Data 4.00
    1000002099 Magang Riset Penyusunan Laporan Penelitian 2.00
    1000003100 Magang Riset Publikasi 3.00
    1000003060 Desain Program 3.00
    1000003058 Keselamatan Dan Kesehatan Kerja 3.00
    1000002059 Manajemen Operasional 2.00
    1000002064 Pelaporan Program 2.00
    1000002055 Plp Asesmen Pembelajaran 2.00
    1000002049 Plp Manajemen Sekolah 2.00
    1000002054 Plp Pengembangan Media Pembelajaran 2.00
    1000002050 Plp Pengembangan Program Sekolah 2.00
    1000004056 Plp Praktik Mengajar 4.00
    1000003095 Magang Riset Pengembangan Rencana Penelitian 3.00
    1000004061 Pelaksanaan Program 4.00
    1000002063 Pendesiminasian Program 2.00
    1000002062 Penilaian Program 2.00
    1000002057 Perencanaan 2.00
    1000002051 Plp Analisis Kurikulum 2.00
    1000003053 Plp Pengembangan Bahan Ajar 3.00
    1000003052 Plp Pengembangan Rencana Pembelajaran 3.00

    Semester ke 7

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720302396 Manajemen Berbasis Sekolah 2.00
    8720302393 Penelitian Tindakan Kelas 2.00
    8720302395 Development Of Economic Learning Assessment 2.00
    8720303416 Development Of Economic Media And Teaching Materials 3.00
    8720303391 Development Of Economic Learning Tools 3.00
    MBKM0031 Plp Program Evaluation 2.00
    8720304394 Teaching Practice 4.00
    MBKM0032 Plp Program Planning 2.00

    Semester ke 8

    Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
    8720306297 Thesis 6.00
    Evaluasi Kurikulum Program Studi Bachelor Of Economics Education
    Universitas Negeri Surabaya
    1. Evaluasi Kurikulum

    Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-3; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-4 dan PLO-5; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-6 dan PLO-7, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-8 sampai PLO-12. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.

     

     

    Gambar 2. Rekapitulasi Ketercapaian PLO

     

    Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.

     

    1. Tracer Study

    Hasil tracer study menunjukkan bahwa 80,4% lulusan bekerja sebagai guru ekonomi, dan 19,6% bekerja di perusahaan swasta, lembaga perbankan, dan instansi pemerintah. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap kemampuan lulusan menjadi sangat baik sebesar 70%, artinya terdapat kepuasan terhadap lulusan program studi. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.

     

    Rekap PLO Program Studi Bachelor Of Economics Education
    Universitas Negeri Surabaya
    Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
    PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12
    Microeconomics Learning Macroeconomics 3 28.57% 42.86% 28.57% 100 %
    Research methodology 3 25% 25% 25% 25% 100 %
    Introduction to Microeconomic Theory 3 22.22% 33.33% 44.44% 99.99 %
    Matematika Ekonomi 3 33.33% 33.33% 16.67% 16.67% 100 %
    Entrepreneurship 2 20% 20% 20% 40% 100 %
    Sejarah Pemikiran Ekonomi 2 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Teori Ekonomi Mikro 3 11.11% 22.22% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Perencanaan Pembelajaran 2 100% 100 %
    Evaluation of Learning and Learning 2 25% 25% 25% 25% 100 %
    Digital Economic Learning 3 33.33% 33.33% 33.33% 99.99 %
    Economic Learning Strategy 2 11.11% 55.56% 33.33% 100 %
    Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Bachelor Of Economics Education
    Universitas Negeri Surabaya
    1. Landasan Kurikulum
      1. Universitas Value

     Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus. 

    Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan karakter yang ditumbuhkembangkan sesuai dengan motto growing with character, yaitu Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh (dengan akronim: “Idaman Jelita”). 

    1. Landasan Filosofi

    Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976).

    Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa.

    Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi. 

    1. Landasan Sosilogis

    Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan, materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan dengan perkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dan disesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut. 

    Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman (2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara. Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yang dikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri. 

    Pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan dan budaya masyarakat yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas.

    1. Landasan Historis

    Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya.

    1. Landasan Hukum
    2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
    3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
    4. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
    5. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Manajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan;
    6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
    7. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti untuk Mengakomodasi Pengembangan Literasi;
    8. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
    9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
    10. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
    11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
    12. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
    13. Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kode Dokumen Nomor: 01/01.UNV/KA/2014, yang selanjutnya direvisi menjadi Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2016 yang berisi tentang arah kebijakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Unesa. Salah satu arah kebijakan di bidang pendidikan, yaitu: “Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang dirumuskan bersama pemangku kepentingan (stakeholder) mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan intelektual, praktikal, managerial, kepemimpinan, etika, dan tata karma”;
    14. Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum KKNI dan SN-Dikti Program Studi di Universitas Negeri Surabaya.
    15. Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi
      1. Visi

    Visi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi diturunkan dari Visi Fakultas Ekonomi dan disesuaikan dengan Visi Universitas Negeri Surabaya:

     

     

    Gambar 1. Keterkaitan Visi Universitas, Fakultas dan Program Studi 

     

    1. Misi

    Seiring dengan visi tersebut, misi yang diemban Program Studi S1 Pendidikan ekonomi adalah sebagai berikut: 

    1. Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
    2. Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
    3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
    4. Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder 
    5. Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
      1. Tujuan

    Keterkaitan Misi Universitas, Misi Fakultas dan Misi Program Studi sebagimana dalam tabel berikut.

     

    Tabel 1. Keterkaitan Misi Universitas, Fakultas, dan Program Studi

    Misi UniversitasMisi FakultasMisi Program Studi
    Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi

    Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana, magister, doktor serta profesi dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis

     

    Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi

    Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan

     

    Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
    menyelenggarakan penelitian dalam ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan msyarakat

    Meningkatkan kualitas penelitian dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS

     

    Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS

    menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pembmerdayaan dan pembudayaan masyarakat

     

    Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi

    Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi

     

    menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutanMeningkatkan Good Faculty Governance dalam pengelolaan organisasi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder baik dalam maupun luar negeriMeningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder

    Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berkomitmen untuk mencapai tujuan sebagai berikut: 

    1. menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
    2. menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
    3. menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
    4. mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
    5. mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
    6. mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
    7. Mengembangkan jiwa kewirausahaan.
      1. Strategi

     

    Strategi Prgram Studi S1 Pendidikan Ekonomi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah sebagaimana dalam tabel berikut.

     

    Tabel 2. Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi

    NoTujuanStrategi
    T1Menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan.
    1. Pengembangan kurikulum berkelanjutan yang sesuai dengan pasar kerja dan perkembangan IPTEk; 
    2. Peningkatan kuantitas dan kualitas promosi profil lulusan melalui tracer study, komunitas profesional, dan website; 
    3. Peningkatan layanan proses pembelajaran;
    4. Pengembangan pembelajaran berbasis teknologi informasi;
    5. Pengembangan kelas internasional;
    6. Optimalisasi pemanfaatan Unesa Job Center (UJC) melalui pengembangan kerjasama/ kemitraan dengan instansi/lembaga pemerintah, BUMN, dan dunia usaha.

     

    T2Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi.
    1. Peningkatan kualitas SDM Dosen terkait dengan kompetensi dan rumpun keilmuan prodi 
    2. Peningkatan dan perluasan kesempatan belajar bagi dosen baik dalam negeri maupun ke luar neger 
    3. Peningkatan metodologi penelitian dan penulisan ilmiah bagi dosen 
    4. Peningkatan publikasi hasil penelitian, media komunikasi ilmiah, seminar dan lokakarya tingkat regional, nasional dan internasional 
    5. Penyusunan dan pengembangan road-map penelitian sesuai rumpun keilmuan dalam bidang pendidikan dan non pendidikan; 
    6. Peningkatan kuantitas dan kualitas penelitian sesuai dengan perkembangan mutakhir bidang keilmuan; 
    7. Peningkatan kerjasama penelitian dengan mitra (badan usaha maupun pemerintah); 
    8. Peningkatan kuantitas penelitian kolaboratif dengan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

     

    T3Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera.
    1. Penyusunan dan pengembangan road-map pengabdian sesuai rumpun keilmuan dalam bidang pendidikan dan non pendidikan; 
    2. Peningkatan publikasi hasil pengabdian melalui jurnal, media komunikasi ilmiah, seminar dan lokakarya tingkat regional, nasional dan internasional 
    3. Peningkatan kuantitas dan kualitas pengabdian sesuai dengan perkembangan mutakhir bidang keilmuan; 
    4. Peningkatan kerjasama pengabdian dengan mitra (badan usaha maupun pemerintah); 

     

    T4Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan.
    1. Peningkatan dan Pembinaan program kreativitas mahasiswa; 
    2. Pembinaan dan pengembangan pendidikan karakter; 
    3. Pengembangan kemitraan bidang kemahasiswaan; 
    4. Pembinaan minat, bakat, dan penalaran mahasiswa untuk meningkatkan kompetensi mahasiswa.

     

    T5

    Mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan.

     

    1. Mengembangkan perencanan dan pelaksanaan anggaran yang terpadu dan akuntabel 
    2. Pengembangan sistem tata kelola efektif dan efisien 

     

    T6

    Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.

     

    1. Peningkatan kerjasama antar lembaga pendidikan, lembaga sosial kemasyarakatan dan dunia usaha di tingkat nasional dan internasional 
    2. Perencanaan dan pengembangan pola kemitraan dengan dunia usaha 

     

    T7Mengembangkan jiwa kewirausahaan
    1. Pengembangan pusat wirausaha mahasiswa