Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa
Study Program | : | Economics Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Dr. Retno Mustika Dewi, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi prodi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi pada tahun 2025
Misi
- Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
- Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
- Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
- Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder
- Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
Tujuan
- menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
- menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
- menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
- mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
- mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
- mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
- Mengembangkan jiwa kewirausahaan
Capaian Lulusan Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu memecahkan permasalahan dalam pembelajaran ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu merancang dan menyusun perangkat pembelajaran ekonomi yang berbasis IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian di bidang pembelajaran ekonomi dan ekonomi pendidikan serta mengkomunikasikan hasilnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu melaksanakan pembelajaran ekonomi yang komprehensif dan inovatif sebagai solusi pemecahan masalah dalam pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu menguasai konsep perencanaan, strategi, dan asesmen serta pengelolaan kelas secara efektif dan sesuai perkembangan IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu menguasai konsep teoritis ekonomi yang diperlukan untuk merancang dan melaksanakan pembelajaran ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Menguasai konsep teoritis dan prinsip menajerial serta menerapkannya dengan didukung oleh soft competency dalam bidang pendidikan ekonomi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Mampu memecahkan permasalahan ekonomi secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
Struktur Kurikulum Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum KKNI S1 Pendidikan Ekonomi
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720303195
Pengantar Akuntansi
3.00
8720303210
Introduction To Macroeconomic Theory
3.00
8720303196
Pengantar Bisnis
3.00
8720303211
Introduction To Microeconomic Theory
3.00
1000003042
Dasar Dasar Kependidikan
3.00
1000002018
Pancasila Education
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8720303157
Matematika Ekonomi
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8720303329
Teori Belajar
3.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002033
Citizenship
2.00
1000002177
English
2.00
8720302338
Philosophy Of Science
2.00
8720302096
Business Law
2.00
1000002010
Basic Natural Sciences
2.00
8720303038
Computer Applications
3.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720303238
Perpajakan
3.00
8720303327
School Curriculum Review
3.00
8720303335
Theory I
3.00
8720303299
Statistics I
3.00
8720303332
Macroeconomic Theory I Microeconomic
3.00
8720302047
English Business
2.00
8720302161
Instructional Media
2.00
8720303202
Introduction To Administration And Management Science
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720303260
Accounting Practicum
3.00
8720302276
Sejarah Pemikiran Ekonomi
2.00
8720303337
Microeconomic Theory Ii
3.00
8720303333
Macroeconomic Theory Ii
3.00
8720303044
Assessment Of Learning Processes And Outcomes
3.00
8720303190
Innovative Learning
3.00
8720303301
Statistics Ii
3.00
8720303064
Econometrics
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720303068
Ekonomi Internasional
3.00
8720303073
Ekonomi Moneter
3.00
8720303076
Economic Development
3.00
8720302072
Ekonomi Koperasi
2.00
8720303191
Innovative Learning 2
3.00
8720302078
Public Economy
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
8720303177
Research Methodology
3.00
8720302214
Personality Development
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720303215
Development Of Learning Tools
3.00
8720302002
Administration And Management Of
2.00
8720302026
Akuntansi Koperasi
2.00
8720302104
Economics Education
2.00
8720302179
Ptk Methodology And Lesson Study
2.00
8720302192
Learning
2.00
8720303135
Cooperative Management
3.00
8720302084
Ekonomi Syariah
2.00
8720303229
Perekonomian Indonesia
3.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720303287
Seminars Economic Education
3.00
8720303263
Learning Management Programs
3.00
8720302075
Rural Economic
2.00
8720302082
Economics Resources
2.00
8720302340
Kuliah Kerja Nyata
2.00
8720302124
Institutions And Capital Markets
2.00
8720303345
Introduction To School Fields
4.00
8720302080
Ekonomi Regional
2.00
8720302077
Ekonomi Politik
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8720306297
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720303195 | Pengantar Akuntansi | 3.00 | |
8720303210 | Introduction To Macroeconomic Theory | 3.00 | |
8720303196 | Pengantar Bisnis | 3.00 | |
8720303211 | Introduction To Microeconomic Theory | 3.00 | |
1000003042 | Dasar Dasar Kependidikan | 3.00 | |
1000002018 | Pancasila Education | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8720303157 | Matematika Ekonomi | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8720303329 | Teori Belajar | 3.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
8720302338 | Philosophy Of Science | 2.00 | |
8720302096 | Business Law | 2.00 | |
1000002010 | Basic Natural Sciences | 2.00 | |
8720303038 | Computer Applications | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720303238 | Perpajakan | 3.00 | |
8720303327 | School Curriculum Review | 3.00 | |
8720303335 | Theory I | 3.00 | |
8720303299 | Statistics I | 3.00 | |
8720303332 | Macroeconomic Theory I Microeconomic | 3.00 | |
8720302047 | English Business | 2.00 | |
8720302161 | Instructional Media | 2.00 | |
8720303202 | Introduction To Administration And Management Science | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720303260 | Accounting Practicum | 3.00 | |
8720302276 | Sejarah Pemikiran Ekonomi | 2.00 | |
8720303337 | Microeconomic Theory Ii | 3.00 | |
8720303333 | Macroeconomic Theory Ii | 3.00 | |
8720303044 | Assessment Of Learning Processes And Outcomes | 3.00 | |
8720303190 | Innovative Learning | 3.00 | |
8720303301 | Statistics Ii | 3.00 | |
8720303064 | Econometrics | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720303068 | Ekonomi Internasional | 3.00 | |
8720303073 | Ekonomi Moneter | 3.00 | |
8720303076 | Economic Development | 3.00 | |
8720302072 | Ekonomi Koperasi | 2.00 | |
8720303191 | Innovative Learning 2 | 3.00 | |
8720302078 | Public Economy | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
8720303177 | Research Methodology | 3.00 | |
8720302214 | Personality Development | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720303215 | Development Of Learning Tools | 3.00 | |
8720302002 | Administration And Management Of | 2.00 | |
8720302026 | Akuntansi Koperasi | 2.00 | |
8720302104 | Economics Education | 2.00 | |
8720302179 | Ptk Methodology And Lesson Study | 2.00 | |
8720302192 | Learning | 2.00 | |
8720303135 | Cooperative Management | 3.00 | |
8720302084 | Ekonomi Syariah | 2.00 | |
8720303229 | Perekonomian Indonesia | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720303287 | Seminars Economic Education | 3.00 | |
8720303263 | Learning Management Programs | 3.00 | |
8720302075 | Rural Economic | 2.00 | |
8720302082 | Economics Resources | 2.00 | |
8720302340 | Kuliah Kerja Nyata | 2.00 | |
8720302124 | Institutions And Capital Markets | 2.00 | |
8720303345 | Introduction To School Fields | 4.00 | |
8720302080 | Ekonomi Regional | 2.00 | |
8720302077 | Ekonomi Politik | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8720306297 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Evaluasi Kurikulum
Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-3; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-4 dan PLO-5; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-6 dan PLO-7, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-8 sampai PLO-12. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.
Gambar 2. Rekapitulasi Ketercapaian PLO
Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.
- Tracer Study
Hasil tracer study menunjukkan bahwa 80,4% lulusan bekerja sebagai guru ekonomi, dan 19,6% bekerja di perusahaan swasta, lembaga perbankan, dan instansi pemerintah. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari tiga bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap kemampuan lulusan menjadi sangat baik sebesar 70%, artinya terdapat kepuasan terhadap lulusan program studi. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.
Rekap PLO Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | |||
Microeconomics Learning Macroeconomics | 3 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Research methodology | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Introduction to Microeconomic Theory | 3 | 22.22% | 33.33% | 44.44% | 99.99 % | |||||||||
Matematika Ekonomi | 3 | 33.33% | 33.33% | 16.67% | 16.67% | 100 % | ||||||||
Entrepreneurship | 2 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||
Sejarah Pemikiran Ekonomi | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Ekonomi Internasional | 3 | 20% | 20% | 20% | 40% | 100 % | ||||||||
Economics Education | 3 | 25% | 25% | 25% | 25% | 100 % | ||||||||
Research Methodology Economic Education | 3 | 35.71% | 42.86% | 21.43% | 100 % | |||||||||
Teori Ekonomi Mikro | 3 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | ||||||||
Statistics Economic Education | 3 | 37.5% | 31.25% | 31.25% | 100 % | |||||||||
Learning Planning | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 22.73% | 27.27% | 27.27% | 4.55% | 18.18% | 100 % | |||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 16.67% | 16.67% | 33.33% | 33.33% | 100 % | ||||||||
Digital Economic Learning | 3 | 20% | 40% | 20% | 20% | 100 % | ||||||||
Economic Learning Strategy | 2 | 11.11% | 55.56% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Pengantar Akuntansi | 3 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Economics Education
Universitas Negeri Surabaya
- Landasan Kurikulum
- Universitas Value
Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus.
Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan karakter yang ditumbuhkembangkan sesuai dengan motto growing with character, yaitu Iman, Cerdas, Mandiri, Jujur, Peduli, dan Tangguh (dengan akronim: “Idaman Jelita”).
- Landasan Filosofi
Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan (Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976).
Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihan dan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi Unesa.
Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan ekonomi.
- Landasan Sosilogis
Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan, materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan dengan perkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dan disesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut.
Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman (2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara. Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yang dikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri.
Pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada landasan sosiologis yang berakar pada kehidupan dan budaya masyarakat yang berkembang. Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, pengembangan kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi didasarkan pada kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Pada kehidupan masyarakat tersebut tumbuh budaya yang mengiringi, dengan demikian budaya dan masyarakat merupakan bagian yang tidak terpisahkan. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas.
- Landasan Historis
Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya.
- Landasan Hukum
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, Tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Manajemen dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, Tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti untuk Mengakomodasi Pengembangan Literasi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2020, Tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020, Tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 7 Tahun 2020, Tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran PTN, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin PTS;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81 Tahun 2014, Tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Dan Sertifikat Profesi Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 Tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya (Unesa) Kode Dokumen Nomor: 01/01.UNV/KA/2014, yang selanjutnya direvisi menjadi Kebijakan Akademik Universitas Negeri Surabaya Tahun 2016 yang berisi tentang arah kebijakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat Unesa. Salah satu arah kebijakan di bidang pendidikan, yaitu: “Mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis kompetensi yang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) dan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-Dikti) yang dirumuskan bersama pemangku kepentingan (stakeholder) mencakup penguasaan pengetahuan, keterampilan intelektual, praktikal, managerial, kepemimpinan, etika, dan tata karma”;
- Keputusan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 466/UN38/HK/DT/2016 tentang Pedoman Pengembangan Kurikulum KKNI dan SN-Dikti Program Studi di Universitas Negeri Surabaya.
- Visi, Misi, Tujuan, dan Strategi Program Studi
- Visi
Visi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi diturunkan dari Visi Fakultas Ekonomi dan disesuaikan dengan Visi Universitas Negeri Surabaya:
Gambar 1. Keterkaitan Visi Universitas, Fakultas dan Program Studi
- Misi
Seiring dengan visi tersebut, misi yang diemban Program Studi S1 Pendidikan ekonomi adalah sebagai berikut:
- Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi
- Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
- Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
- Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder
- Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan
- Tujuan
Keterkaitan Misi Universitas, Misi Fakultas dan Misi Program Studi sebagimana dalam tabel berikut.
Tabel 1. Keterkaitan Misi Universitas, Fakultas, dan Program Studi
Misi Universitas | Misi Fakultas | Misi Program Studi |
---|---|---|
Menyelenggarakan pendidikan dan pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran yang efektif dan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi | Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana, magister, doktor serta profesi dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis
| Meningkatkan kualitas penyelenggaraan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan ekonomi |
Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan
| Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang berjiwa kepemimpinan-kewirausahaan | |
menyelenggarakan penelitian dalam ilmu pengetahuan dan/atau teknologi yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu dan kesejahteraan msyarakat | Meningkatkan kualitas penelitian dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS
| Meningkatkan kualitas penelitian di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi dan berkontribusi dalam pengembangan IPTEKS |
menyebarluaskan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang berorientasi pada pembmerdayaan dan pembudayaan masyarakat
| Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat dibidang pendidikan ekonomi, ekonomi dan bisnis yang bereputasi | Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang bereputasi
|
menyelenggarakan tata kelola perguruan tinggi yang efektif, efisien, transparan dan akuntabel yang menjamin mutu secara berkelanjutan | Meningkatkan Good Faculty Governance dalam pengelolaan organisasi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder baik dalam maupun luar negeri | Meningkatkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder |
Berdasarkan visi dan misi tersebut di atas, Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi berkomitmen untuk mencapai tujuan sebagai berikut:
- menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan;
- menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi;
- menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera;
- mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan;
- mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan;
- mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri;
- Mengembangkan jiwa kewirausahaan.
- Strategi
Strategi Prgram Studi S1 Pendidikan Ekonomi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan adalah sebagaimana dalam tabel berikut.
Tabel 2. Tujuan dan Strategi Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi
No | Tujuan | Strategi |
---|---|---|
T1 | Menghasilkan lulusan di bidang pendidikan ekonomi yang cerdas, religious, berakhlak mulia, mandiri, profesional, dan memiliki keunggulan. |
|
T2 | Menghasilkan karya ilmiah dan karya kreatif, baik di bidang pendidikan ekonomi dan keilmuan ekonomi yang unggul serta menjadi rujukan dalam penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi. |
|
T3 | Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat di bidang pendidikan ekonomi melalui penerapan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi untuk mewujudkan masyarakat yang mandiri, produktif, dan sejahtera. |
|
T4 | Mewujudkan iklim akademik yang kondusif untuk pengembangan bakat dan minat serta penalaran kemahasiswaan. |
|
T5 | Mewujudkan Good Department Governance dalam pengelolaan Program Studi dan jaringan kerjasama dengan stakeholder untuk menjamin kualitas pelaksanaan tridharma perguruan tinggi secara berkelanjutan.
|
|
T6 | Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholder terutama alumni, pengguna lulusan, dan perguruan tinggi dalam dan luar negeri.
|
|
T7 | Mengembangkan jiwa kewirausahaan |
|
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved