Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa
Study Program | : | |
Establishment Date | : | 1 Agustus 2011 |
Study Program Coordinator | : | Brillian Rosy, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi Program Studi yang Bereputasi di Asia Tenggara dalam Bidang Pendidikan Administrasi Perkantoran Tahun 2025
Misi
- Menyelenggarakan program pendidikan sarjana di bidang pendidikan administrasi perkantoran.
- Mengembangkan kegiatan penelitian bidang pendidikan administrasi perkantoran dan keilmuan administrasi perkantoran.
- Mengembangkan kegiatan pengabdian kepada masyarakat kajian pendidikan administrasi perkantoran dan keilmuan administrasi perkantoran.
- Mengembangkan Program Studi Pendidikan Administrasi Perkantoran menjadi Good Department Governance untuk menjamin kepuasan stakeholder
- Meningkatkan daya saing mahasiswa dan lulusan yang memiliki jiwa kepemimpinan-kewirausahaan
Tujuan
- Memiliki kemampuan mengimplementasikan pengetahuan dan keterampilan dibidang pendidikan dan keilmuan Administrasi Perkantoran untuk menyelesaikan berbagai permasalahan di dunia kerja
- Berkarakter profesional, beretika, bertanggung jawab dan mampu berkomunikasi baik tulis maupun lisan.
- Mampu mengembangkan diri secara berkelanjutan melalui penelitian dan pendidikan yang lebih tinggi.
Capaian Lulusan Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Mampu mengaplikasikan dan menganalisis teori, ilmu kependidikan, dan pembelajaran dalam program pendidikan administrasi perkantoran
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu menggunakan/mengaplikasikan konsep dan teori ilmu administrasi perkantoran dalam praktek perkantorannya
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Mampu menyusun perangkat pembelajaran administrasi perkantoran yang berbasis IPTEKS
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu memanfaatkan sumber belajar untuk memecahkan permasalahan dalam pembelajaran administrasi perkantoran secara komprehensif sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Mampu merancang, mendesain, praktikum, melaksanakan dan analisis data untuk menghasilkan alternatif penyelesaian masalah di bidang pendidikan dan keilmuan administrasi perkantoran serta mempublikasikan hasilnya
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
- Guru atau Tenaga Pendidik Profesional
Guru yang memiliki sikap, pengetahuan, keterampilan, budi pekerti, kecerdasan, keahlian, dan daya saing administrasi perkantoran bertaraf internasional sejalan dengan perkembangan teknologi dan informasi.
Struktur Kurikulum
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Semester ke 1
Paket matakuliah yang ditawarkan di semester 1 ini antara lain adalah - Paket Matakuliah Wirausaha (3 SKS)
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8721003069
Introduction To Administrative And Management Science
3.00
1000002003
Indonesian
2.00
8721003046
Matematika Ekonomi
3.00
8721003063
Introduction To Microeconomic Theory
3.00
8721003055
Pengantar Akuntansi
3.00
8721003062
Introduction To Macroeconomic Theory
3.00
Matakuliah Wirausaha
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8721003056
Pengantar Bisnis
3.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8721002092
Technology Supplies
2.00
8721002010
English I
2.00
8721003024
Secretarial
3.00
1000002010
Basic Natural Sciences
2.00
8721003098
Teori Ekonomi Mikro
3.00
8721002105
Teori Ekonomi Makro
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002039
Psikologi Pendidikan
2.00
8721003082
Economic Statistics
3.00
8721002013
Computer Basics
2.00
8721002027
Indonesian Cooperatives
2.00
8721003080
Sistem Informasi Manajemen
3.00
8721002023
Leadership
2.00
8721002011
English Ii
2.00
8721002071
Perpajakan
2.00
8721002020
Business Law
2.00
8721003086
Stenography
3.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8721003066
Learning Tool Development 1
3.00
8721002005
Computer Applications
2.00
8721002037
Management
2.00
8721002003
Admin Finance And Banking
2.00
8721003029
Indonesian Correspondence
3.00
8721002017
Learning Evaluation Field Of Study
2.00
8721003038
Office Management
3.00
8721002049
Basic Typing
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8721003067
Development Learning Tools 2
3.00
8721003044
Manajemen Sumber Daya Manusia
3.00
8721003051
Research Methodology
3.00
8721003030
Correspondence In English
3.00
8721003034
Management Documentation
3.00
8721002021
Communication Studies
2.00
8721002015
Ekonomi Syariah
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8721003068
Learning Tool Development 3
3.00
8721002078
Administration Analysis System 1
2.00
8721002032
Excellent Service
2.00
8721002018
Public Relations
2.00
8721003074
Office Administration Practices Office
3.00
8721002050
Advanced Typing
2.00
8721003083
Research Statistics
3.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8721002072
Real Work Practice
2.00
8721002033
Sharia Financial Institutions
2.00
8721003075
Learning Management Programs
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8721006081
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8721003069 | Introduction To Administrative And Management Science | 3.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8721003046 | Matematika Ekonomi | 3.00 | |
8721003063 | Introduction To Microeconomic Theory | 3.00 | |
8721003055 | Pengantar Akuntansi | 3.00 | |
8721003062 | Introduction To Macroeconomic Theory | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8721003056 | Pengantar Bisnis | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8721002092 | Technology Supplies | 2.00 | |
8721002010 | English I | 2.00 | |
8721003024 | Secretarial | 3.00 | |
1000002010 | Basic Natural Sciences | 2.00 | |
8721003098 | Teori Ekonomi Mikro | 3.00 | |
8721002105 | Teori Ekonomi Makro | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002039 | Psikologi Pendidikan | 2.00 | |
8721003082 | Economic Statistics | 3.00 | |
8721002013 | Computer Basics | 2.00 | |
8721002027 | Indonesian Cooperatives | 2.00 | |
8721003080 | Sistem Informasi Manajemen | 3.00 | |
8721002023 | Leadership | 2.00 | |
8721002011 | English Ii | 2.00 | |
8721002071 | Perpajakan | 2.00 | |
8721002020 | Business Law | 2.00 | |
8721003086 | Stenography | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8721003066 | Learning Tool Development 1 | 3.00 | |
8721002005 | Computer Applications | 2.00 | |
8721002037 | Management | 2.00 | |
8721002003 | Admin Finance And Banking | 2.00 | |
8721003029 | Indonesian Correspondence | 3.00 | |
8721002017 | Learning Evaluation Field Of Study | 2.00 | |
8721003038 | Office Management | 3.00 | |
8721002049 | Basic Typing | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8721003067 | Development Learning Tools 2 | 3.00 | |
8721003044 | Manajemen Sumber Daya Manusia | 3.00 | |
8721003051 | Research Methodology | 3.00 | |
8721003030 | Correspondence In English | 3.00 | |
8721003034 | Management Documentation | 3.00 | |
8721002021 | Communication Studies | 2.00 | |
8721002015 | Ekonomi Syariah | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8721003068 | Learning Tool Development 3 | 3.00 | |
8721002078 | Administration Analysis System 1 | 2.00 | |
8721002032 | Excellent Service | 2.00 | |
8721002018 | Public Relations | 2.00 | |
8721003074 | Office Administration Practices Office | 3.00 | |
8721002050 | Advanced Typing | 2.00 | |
8721003083 | Research Statistics | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8721002072 | Real Work Practice | 2.00 | |
8721002033 | Sharia Financial Institutions | 2.00 | |
8721003075 | Learning Management Programs | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8721006081 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Evaluasi Kurikulum pada Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran difokuskan pada pengukuran ketercapaian capaian pembelajaran program studi atau program learning outcome (PLO) setelah mahasiswa dinyatakan lulus. Aspek PLO yang dinilai meliputi 1) sikap, terdiri dari PLO-1 sampai dengan PLO-4; 2) pengetahuan, terdiri dari PLO-5 sampai dengan PLO-8; 3) keterampilan umum terdiri dari PLO-9 sampai dengan PLO-11, dan 4) keterampilan khusus terdiri dari PLO-12 sampai PLO-14. Hasil evaluasi kurikulum secara umum adalah sebagimana dalam grafik berikut.
Berdasarkan grafik ketercapaian PLO pada gambar 2, setiap PLO memiliki kriteria sangat baik (≥75), baik (≥60), memuaskan (≥50), buruk (≥40). Rata-rata pencapaian PLO Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi adalah 83,26% (sangat baik), 15,62% (baik), 0,40% (memuaskan), dan 0,73% (buruk). Dengan demikian, kesimpulannya, ketercapaian PLO di Program Studi S1 Pendidikan Ekonomi sangat ideal mengingat kriteria sangat baik, yaitu melebihi 75%.
Tracer Study
Hasil tracer study menunjukkan bahwa 36,4% lulusan bekerja sebagai guru, dan 39,4% bekerja sebagai tenaga administrasi, dan selebihnya tersebar merata pada beberapa jenis pekerjaan seperti arsiparis, teller, tentor, tata usaha, staf HRD, eksport staf dan customer service. Rata-rata waktu tunggu untuk mendapatkan pekerjaan kurang dari lima bulan. Relevansi kompetensi dan kemampuan yang diperoleh selama perkuliahan dengan kebutuhan lingkungan kerja disajikan dari penilaian pengguna lulusan terhadap memiliki tingkat keeratan antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini, sebanyak 39,4%, responden menilai antara bidang studi yang telah di tempuh pada perkuliahan dengan pekerjaan yang dijalani saat ini adalah sangat erat, terdapat 21,2% Erat; dan 33,3% Cukup Erat, hal ini menunjukkan bahwa mayoritas menilai sangat erat antara bidang studi dengan bidang pekerjaan saat ini. Hasil tracer study tersedia di laporan tracer study.
Rekap PLO Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | |||
Pengantar Bisnis | 3 | 13.04% | 17.39% | 34.78% | 34.78% | 99.99 % | |||||
Pengantar Akuntansi | 3 | 22.22% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 11.11% | 22.22% | 11.11% | 99.99 % | ||
Administrative System Analysis | 2 | 11.11% | 22.22% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||
Financial and Banking Administration | 2 | 50% | 50% | 100 % | |||||||
Introduction to Adm and Management Science | 3 | 18.18% | 36.36% | 45.45% | 99.99 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi
Universitas Negeri Surabaya
Landasan Perancangan Kurikulum
- Universitas Value
Pengembangan kurikulum merupakan hak dan kewajiban masing-masing perguruan tinggi, namun demikian dalam pengembangan kurikulum perlu berlandaskan pada nilai, norma, peraturan dan perundangan yang berlaku. Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 08 Tahun 2012 tentang KKNI yang dijabarkan dalam SN-DIKTI, elemen kurikulum program studi memuat empat elemen, yaitu (1)sikap, (2)keterampilan umum, (3)pengetahuan, dan (4)keterampilan khusus. Sikap yang ditumbuhkembangkan pada mahasiswa Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, selain disesuaikan dengan landasan kepribadian dan sikap perilaku berkarya sebagaimana diatur dalam Perpres Nomor 08 Tahun 2012, juga dikembangkan sejalan dengan Landasan filosofis, memberikan pedoman secara filosofis pada tahap perancangan, pelaksanaan, dan peningkatan kualitas pendidikan(Ornstein & Hunkins, 2014). Landasan filosofis dalam pengembangan kurikulum merupakan landasan yang berkaitan dengan bagaimana pengetahuan dikaji dan dipelajari agar mahasiswa memahami hakikat hidup dan memiliki kemampuan yang mampu meningkatkan kualitas hidupnya baik secara individu, maupun di masyarakat (Zais, 1976). Berbagai filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme,romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk bermuara pada visi dan misi. Dengan memperhatikan kelebihandan kekurangan berbagai landasan filosofi di atas, pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa menganut filosofi eklektik, yaitu melihat bagian-bagian baik dari landasan filosofi yang sesuai untuk pencapaian visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran Unesa. Menurut pendekatan eklektik, kurikulum sebagai program pendidikan memiliki empat unsur, yaitu 1)komponen tujuan; 2)isi/materi; 3)proses pembelajaran; dan 4)komponen evaluasi (Zais, 1976). Sebagaimana tertuang dalam visi dan misi Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran, pengembangan kurikulum atas keempat aspek tersebut harus didasarkan pada pemikiran yang mendalam logis, sistematis, komprehensif dengan bermuara pada pencapaian program studi yang bereputasi di Asia Tenggara dalam bidang pendidikan administrasi perkantoran. - Landasan Sosilogis
Landasan sosiologis, memberikan landasan bagi pengembangan kurikulum sebagai perangkat pendidikan yang terdiri dari tujuan,materi, kegiatan belajar dan lingkungan belajar yang positif bagi perolehan pengalaman pembelajar yang relevan denganperkembangan personal dan sosial pembelajar (Ornstein & Hunkins, 2014, p. 128). Pengembangan kurikulum perlu dikaitkan dandisesuaikan dengan kebudayaan yang berkembang di masyarakat tersebut. Eksistensi kebudayaan lokal semakin terkikis di tengah terpaan pengaruh globalisasi. Hal ini sejalan dengan pendapat Plafreyman(2007) yang menyatakan bahwa masalah kebudayaan menjadi topik hangat di kalangan civitas academika di berbagai negara.Perguruan tinggi diharapkan mampu mengembangkan kurikulum yang memadukan antara kepentingan memajukan proses pembelajaran yang berorientasi kepada kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan unsur keragaman budaya mahasiswa untuk menghasilkan capaian pembelajaran dengan kemampuan memahami keragaman budaya di tengah masyarakat, sehingga menghasilkan jiwa toleransi serta saling pengertian terhadap hadirnya suatu keragaman. Dengan kata lain, kurikulum yangdikembangkan harus mampu mewariskan kebudayaan dari satu generasi ke generasi berikutnya untuk menjawab tantangan dan tuntutan masyarakat di era globalisasi serta melepaskan mahasiswa dari kungkungan tembok pembatas budayanya sendiri (capsulation) yang kaku, dan tidak menyadari kelemahan budayanya sendiri. Sebagai bagian bangsa yang besar dan memiliki kemajemukan dalam budaya maka kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran juga mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Namun demikian tidak dapat ditinggalkan pula budaya lokal tempat Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran tumbuh dan berkembang, hal ini akan menjadi ciri khas khusus yang menampilkan karakteristik Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas. - Landasan Historis
Pengembangan kurikulum diharapkan mampu memfasilitasi mahasiswa belajar sesuai dengan zamannya. Secara historis,pengembangan kurikulum di Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran berjalan dinamis searah dengan pengembangan lembaga seiring dengan peraturan dan perundangan yang berlaku. Kurikulum Program Studi S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran dikembangkan untuk memfasilitasi mahasiswa belajar untuk mencapai kompetensi yang relevan dengan era industry 4.0 dan perkembangannya. - Landasan Yuridis
1. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
3. Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014, tentang Desa
4. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Perguruan Tinggi.
5. Peraturan Pemerintah Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
6. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 3 Tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
7. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 11 Tahun 2019, tentang Prioritas Pembangunan Dana Desa Tahun 2020.
8. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 16 Tahun 2019, tentang Musyawarah Desa.
9. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 17 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa.
10. Peraturan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Nomor 18 Tahun 2019, tentang Pedoman Umum Pendampingan Masyarakat Desa.
11. SK Rektor Unesa Nomor 896/UN38/HK/KR/2019 tentang Penetapan Buku Pedoman Penambahan Muatan dan Matakuliah Pengembangan Kepribadian Institusional pada Kurikulum Universitas Negeri Surabaya
12. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya Nomor 10 Tahun 2019 Tentang pemberian Penghargaan Akademis Kepada Mahasiswa Berprestasi Universitas Negeri Surabaya.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved