Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi D4 Manajemen Informatika Unesa
Study Program | : | Informatics Management |
Establishment Date | : | 18 Oktober 2019 |
Study Program Coordinator | : | Dodik Arwin Dermawan, S.ST., S.T., M.T. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi D4 Manajemen Informatika
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Menjadi program studi yang unggul dan kompetitif untuk menghasilkan sarjana terapan dengan karakter tangguh, adaptif, dan inovatif berbasis kewirausahaan dalam bidang rekayasa perangkat lunak
Misi
- Menyelenggarakan dan mengelola program studi yang profesional, akuntabel, transparan, dan berdaya saing untuk memperkuat ilmu bidang rekayasa perangkat lunak pada tingkat nasional maupun internasional;
- Menyelenggarakan proses pembelajaran yang berkualitas untuk menghasilkan lulusan yang berpengetahuan di bidang rekayasa perangkat lunak dengan menerapkan prinsip kewirausahaan;
- Menyelenggarakan penelitian yang inovatif dalam bidang rekayasa perangkat lunak untuk menghasilkan teknologi tepat guna.
- Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat guna mengembangkan dan menerapkan ilmu pengetahuan dan teknologi bidang rekayasa perangkat lunak pada kehidupan masyarakat luas
Tujuan
- Berkembangnya Tri Dharma Perguruan Tinggi yang adaptif, kolaboratif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.
- Menghasilkan lulusan sarjana terapan Manajemen Informatika dengan ke khas an Bidang Rekayasa Perangkat Lunak yang berkarakter tangguh, adaptif, inovatif yang berbasis kewirausahaan.
- Meningkatnya kuantitas dan kualitas SDM prodi Manajemen Informatika dengan ke khas an Bidang Rekayasa Perangkat Lunak.
- Meningkatkannya kualitas layanan pembelajaran melalui pengembangan kurikulum yang adaptif, fleksibel, dan agile serta kualitas sarana dan prasarana.
- Meningkatkannya link and super match dan IDUKA dalam bidang Pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.
- Terciptanya tata Kelola prodi yang akuntabel, transparan, dan partisipatif.
Capaian Lulusan Program Studi Informatics Management
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-5 | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius serta menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika diwujudkan dengan menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-6 | Mampu melakukan kerjasama dengan pembimbing, kolega, sejawat sebagai warga negara yang memiliki rasa nasionalisme, sportivitas serta menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama dan kepercayaan.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-7 | Dapat mengkaji dan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam memberikan solusi serta bertanggung jawab terhadap hasil kerja kelompok maupun mandiri yang bermutu dan terukur dengan sifat dan konteks yang sesuai dengan bidang keahlian terapannya.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis dan inovatif dalam melakukan pekerjaan dalam bidang teknologi informasi dengan menunjukkan kinerja yang bermutu dan terukur serta memanfaatkannya untuk menganalisa, mendokumentasikan dan menyusun deskripsi saintifik hasil kajian dalam bentuk laporan yang terjamin kesahihannya.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-9 | Menguasai pengetahuan dan teknik berkomunikasi secara lisan dan tulisan menggunakan bahasa indonesia dan inggris.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu memilih sumberdaya dan memanfaatkan perangkat atau teknologi modern untuk merancang dan mewujudkan bidang rekayasa perangkat lunak sesuai dengan kebutuhan fungsional dan non fungsional secara spesifik dengan pertimbangan yang tepat terhadap masalah kultural, sosial, dan lingkungan dengan mengacu kepada metode dan standar industri.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-11 | Mampu menerapkan matematika dan prinsip rekayasa dalam mengidentifikasi, memformulasikan, melakukan penelusuran referensi atau standar, menganalisis dan menyelesaikan masalah bidang rekayasa perangkat lunak menggunakan perangkat analisa pada bidang teknologi informasi
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-12 | Mampu meningkatkan kinerja atau mutu suatu proses dalam perangkat lunak melalui pengujian, pengukuran obyek kerja, analisis dan interpretasi data sesuai prosedur dan standar.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-13 | Menguasai konsep matematika terapan, pengetahuan dasar TIK (Algoritma, Pemrograman, Basis Data), sains dan prinsip rekayasa yang diperlukan untuk analisis dan perancangan sistem, proses, produk atau komponen pada rekayasa perangkat lunak
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-14 | Menguasai konsep, prinsip dan teknik analisis serta pengetahuan kode dan standar yang berlaku pada bidang teknologi rekayasa secara teoritis dan mampu menggunakannya pada tataran praktikal serta memanfaatkannya untuk wirausaha.
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-15 | Memiliki pengetahuan mengenai perkembangan teknologi terbaru dan terkini di bidang rekayasa perangkat serta prinsip dan isu terkini terkait faktor ekonomi, kesehatan dan keselamatan kerja (K3), sosial, ekologi secara umum.
Dibebankan pada matakuliah:
|
Occupational Profiles Program Studi Informatics Management
Universitas Negeri Surabaya
- Pengembangan Perangkat Lunak dan Aplikasi :
Terampil dalam mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang mendukung kebutuhan bisnis dan teknologi. Kompetensi: Lulusan mampu menggunakan berbagai bahasa pemrograman dan alat pengembangan untuk merancang dan mengembangkan aplikasi perangkat lunak yang efektif dan efisien.
- Analisis dan Desain Sistem
Mampu melakukan analisis kebutuhan dan merancang solusi sistem TI yang memenuhi persyaratan pengguna dan bisnis. Kompetensi: Lulusan dapat mengumpulkan dan menganalisis kebutuhan pengguna, merancang arsitektur sistem, serta membuat dokumentasi desain sistem yang jelas dan terperinci.
- Kewirausahaan Bidang IT
Mampu mengidentifikasi dan mengevaluasi peluang bisnis dalam industri teknologi informasi dengan memahami tren pasar, kebutuhan pelanggan, dan teknologi terbaru. Kompetensi: Wirausahawan TI dapat menganalisis pasar untuk menemukan celah dan peluang bisnis, serta mengembangkan ide inovatif yang memenuhi kebutuhan dan mengatasi masalah pelanggan.
Struktur Kurikulum Informatics Management
Universitas Negeri Surabaya
D4 Teknologi Rekayasa Perangkat Lunak
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
57401020715
Programming
2.00
57401020968
Basic Programming Practice
1.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
1000002177
English
2.00
57401020041
Computer Architecture And Organization
2.00
57401020594
Mathematics I
2.00
1000002033
Citizenship
2.00
5730102149
Practical Introduction To Business Process Management
2.00
57401020817
Introduction To Information Technology
2.00
5740102031
Digital Systems
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
99995740102149
Analysis And Design
2.00
99995740102149
Interaksi Manusia Dan Komputer
2.00
99995740102149
Discrete Mathematics
2.00
99995740102149
Mathematics Ii
2.00
99995740101149
Practical Software Analysis And Design
1.00
99995740101149
Practical Operating Systems
1.00
99995740101149
Practical Data Structures
1.00
99995740102149
Sistem Operasi
2.00
99995740102149
Struktur Data
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
5730102151
Object-Oriented Programming
2.00
5730101162
Computer Network
1.00
5730101152
Practical Object-Oriented Programming Practical
1.00
5730101154
Web Programming
1.00
5730102158
Linear Algebra And Matrices
2.00
5730102155
Database
2.00
5730102161
Computer Network
2.00
5730103171
Kecerdasan Buatan
3.00
5730102153
Pemrograman Web
2.00
5730101156
Practical Databases
1.00
5730101160
Engineering Practice Software
1.00
5730102159
Rekayasa Perangkat Lunak
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
5730103172
Manajemen Basis Data
2.00
5730101165
Practical Advanced Web Programming Practicum
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
5730102178
Computer Graphics
2.00
5730103163
Visual Programming
2.00
5730102180
Advanced Web Programming
2.00
5730101179
Computer Graphics Practicum Database
1.00
5730101173
Management Practicum
2.00
5730102174
Visual Programming Practicum
2.00
5730103175
Sistem Informasi Manajemen
3.00
5730103176
Government Information Systems
3.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
5730102190
Practical Software Security
2.00
5730102184
Practical Programming Framework
2.00
5730102192
Big Data Analysis
3.00
5730102181
Advanced English
2.00
5730102189
Security
2.00
5730102183
Programming Framework
2.00
5730102185
Game Application Development
2.00
5730102186
Practical Game Application Development Software
2.00
5730103182
Sistem Pendukung Keputusan
3.00
5730102209
Statistics
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000020103
Apprenticeship
20.00
1000002064
Pelaporan Program
2.00
1000002057
Perencanaan
2.00
1000003060
Desain Program
3.00
1000003058
Keselamatan Dan Kesehatan Kerja
3.00
1000002059
Manajemen Operasional
2.00
1000004061
Pelaksanaan Program
4.00
1000002063
Pendesiminasian Program
2.00
1000002062
Penilaian Program
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
5730103204
Research Methodology
3.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
5730106208
Thesis
6.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
57401020715 | Programming | 2.00 | |
57401020968 | Basic Programming Practice | 1.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
1000002177 | English | 2.00 | |
57401020041 | Computer Architecture And Organization | 2.00 | |
57401020594 | Mathematics I | 2.00 | |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
5730102149 | Practical Introduction To Business Process Management | 2.00 | |
57401020817 | Introduction To Information Technology | 2.00 | |
5740102031 | Digital Systems | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
99995740102149 | Analysis And Design | 2.00 | |
99995740102149 | Interaksi Manusia Dan Komputer | 2.00 | |
99995740102149 | Discrete Mathematics | 2.00 | |
99995740102149 | Mathematics Ii | 2.00 | |
99995740101149 | Practical Software Analysis And Design | 1.00 | |
99995740101149 | Practical Operating Systems | 1.00 | |
99995740101149 | Practical Data Structures | 1.00 | |
99995740102149 | Sistem Operasi | 2.00 | |
99995740102149 | Struktur Data | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
5730102151 | Object-Oriented Programming | 2.00 | |
5730101162 | Computer Network | 1.00 | |
5730101152 | Practical Object-Oriented Programming Practical | 1.00 | |
5730101154 | Web Programming | 1.00 | |
5730102158 | Linear Algebra And Matrices | 2.00 | |
5730102155 | Database | 2.00 | |
5730102161 | Computer Network | 2.00 | |
5730103171 | Kecerdasan Buatan | 3.00 | |
5730102153 | Pemrograman Web | 2.00 | |
5730101156 | Practical Databases | 1.00 | |
5730101160 | Engineering Practice Software | 1.00 | |
5730102159 | Rekayasa Perangkat Lunak | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
5730103172 | Manajemen Basis Data | 2.00 | |
5730101165 | Practical Advanced Web Programming Practicum | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 | |
5730102178 | Computer Graphics | 2.00 | |
5730103163 | Visual Programming | 2.00 | |
5730102180 | Advanced Web Programming | 2.00 | |
5730101179 | Computer Graphics Practicum Database | 1.00 | |
5730101173 | Management Practicum | 2.00 | |
5730102174 | Visual Programming Practicum | 2.00 | |
5730103175 | Sistem Informasi Manajemen | 3.00 | |
5730103176 | Government Information Systems | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
5730102190 | Practical Software Security | 2.00 | |
5730102184 | Practical Programming Framework | 2.00 | |
5730102192 | Big Data Analysis | 3.00 | |
5730102181 | Advanced English | 2.00 | |
5730102189 | Security | 2.00 | |
5730102183 | Programming Framework | 2.00 | |
5730102185 | Game Application Development | 2.00 | |
5730102186 | Practical Game Application Development Software | 2.00 | |
5730103182 | Sistem Pendukung Keputusan | 3.00 | |
5730102209 | Statistics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000020103 | Apprenticeship | 20.00 | |
1000002064 | Pelaporan Program | 2.00 | |
1000002057 | Perencanaan | 2.00 | |
1000003060 | Desain Program | 3.00 | |
1000003058 | Keselamatan Dan Kesehatan Kerja | 3.00 | |
1000002059 | Manajemen Operasional | 2.00 | |
1000004061 | Pelaksanaan Program | 4.00 | |
1000002063 | Pendesiminasian Program | 2.00 | |
1000002062 | Penilaian Program | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
5730103204 | Research Methodology | 3.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
5730106208 | Thesis | 6.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Informatics Management
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi kurikulum melibatkan partisipasi responden internal dari Program Studi dan Fakultas, serta dilakukan pula melalui pelacakan alumni (Tracer Study) dan perusahaan. Masukan dari para responden dapat digunakan sebagai bahan pertimbangan untuk pengembangan kurikulum di masa mendatang.
Rekap PLO Program Studi Informatics Management
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | PLO13 | PLO14 | PLO15 | |||
Algorithms and Programming | 2 | 60% | 40% | 100 % | |||||||||||||
Computational Mathematics | 3 | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 100 % |
Game Application Development | 2 | 8.16% | 10.2% | 8.16% | 12.24% | 8.16% | 10.2% | 8.16% | 8.16% | 8.16% | 10.2% | 8.16% | 99.96 % | ||||
Practical Introduction to Business Process Management | 2 | 7.69% | 5.13% | 5.13% | 5.13% | 5.13% | 2.56% | 7.69% | 10.26% | 7.69% | 12.82% | 10.26% | 10.26% | 10.26% | 100 % | ||
Game Programming | 2 | 7.27% | 10.91% | 9.09% | 12.73% | 9.09% | 10.91% | 7.27% | 7.27% | 9.09% | 9.09% | 7.27% | 99.99 % | ||||
Pemrograman Berorientasi Objek | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | ||||||||||||
Game Programming | 2 | 8.16% | 10.2% | 8.16% | 12.24% | 8.16% | 10.2% | 8.16% | 8.16% | 8.16% | 10.2% | 8.16% | 99.96 % | ||||
Database Advanced | 2 | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 6.67% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Informatics Management
Universitas Negeri Surabaya
Pengembangan kurikulum yang ideal harus didasarkan pada landasan yang kuat, baik dari segi filosofi, sosiologi, psikologi, sejarah, maupun hukum. Tujuannya adalah untuk memastikan bahwa kurikulum yang dihasilkan merupakan hasil dari sistem berpikir yang komprehensif dan sistematis, sehingga mampu mengakomodasi seluruh aktivitas yang dilakukan untuk mencapai tujuan. Aktivitas yang dimaksud mencakup aktivitas akademik dan nonakademik untuk mendukung pencapaian visi dan misi Program Studi. Berikut ini adalah penjabaran dari landasan pengembangan kurikulum tersebut.
- Filosofis
Landasan filosofis adalah asumsi atau rumusan yang diperoleh melalui pemikiran yang mendalam, analitis, logis, dan sistematis dalam proses perencanaan, pelaksanaan, pembinaan, dan pengembangan kurikulum. Landasan ini didasarkan pada filsafat yang berkaitan dengan makna atau hakikat pendidikan dalam pengembangan kurikulum lembaga pendidikan. Beberapa filosofi yang perlu diakomodasi dalam pengembangan kurikulum meliputi perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme, dan eksistensialisme, untuk mendukung pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum Program Studi menganut filosofi eklektik, yang memperhatikan kelebihan dari berbagai landasan filosofi yang sesuai (Akinsanya, 2014) untuk mencapai visi Program Studi yang selaras dengan visi UNESA sebagai universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.
- Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan pengembangan kurikulum agar sesuai dengan kondisi dan budaya masyarakat setempat. Landasan ini digunakan karena mahasiswa berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan untuk kehidupan masyarakat. Perubahan dan perkembangan nilai di masyarakat akan mempengaruhi tatanan kehidupan. Oleh karena itu, kurikulum harus dapat menjawab tantangan, tuntutan, dan perkembangan masyarakat, baik lokal maupun global, sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum tersebut.
Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, kurikulum Program Studi dikembangkan berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berlandaskan Pancasila, dengan mengamalkan nilai-nilai yang terkandung di dalamnya. Indonesia adalah negara dengan keanekaragaman budaya, sehingga kurikulum ini perlu mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Selain itu, kurikulum harus mempertimbangkan perkembangan budaya dengan kearifan lokal serta perkembangan masyarakat global, sehingga para lulusannya diharapkan mampu berkolaborasi dan berkompetisi di tingkat internasional.
- Psikologis
Landasan psikologis adalah landasan yang didasarkan pada karakteristik manusia sebagai individu, yang tercermin dalam berbagai perilaku kognitif, afektif, dan psikomotor akibat interaksi individu dengan lingkungannya. Aspek psikologis peserta didik berpengaruh terhadap proses pembelajaran (Slavin, 2006). Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan. Secara psikologis, mahasiswa UNESA berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Oleh karena itu, kurikulum Program Studi yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologis mahasiswa. Selain itu, mahasiswa adalah individu yang berada dalam proses perkembangan yang dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya.
Oleh karena itu, pengembangan kurikulum Program Studi perlu mencermati dinamika perkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal ini dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan, yaitu pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan terhadap humanisasi dan demokratisasi belajar. Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy dan seamless learning, pengembangan kurikulum di Program Studi akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pelajar dewasa yang bertanggung jawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan terhadap subjek, ruang, dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital, sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan.
- Historis
Secara historis, pengembangan kurikulum Program Studi berjalan seiring dengan perkembangan lembaga, yang dimulai dari Program Studi D3 Manajemen Informatika kemudian beralih menjadi D4 Manajemen Informatika pada tahun 2019. Pada tahun 2020, terjadi perluasan Fakultas, dan Program Studi D4 Manajemen Informatika berpindah dari Fakultas Teknik ke bawah naungan Program Vokasi. Selanjutnya, Program Vokasi bertransformasi menjadi Fakultas Vokasi pada tahun 2021, dan Program Studi D4 Manajemen Informatika menjadi salah satu program studi di Fakultas Vokasi dengan Akreditasi Baik dari BAN-PT pada 13 April 2022 (BAN-PT No. 2379/SK/BANPT/Akred/ST/IV/2022). Dengan demikian, pengembangan kurikulum di program studi ini mengikuti visi dan misi Universitas serta Fakultas Vokasi, yang menyebabkan kurikulum Program Studi berkembang cukup dinamis. Berdasarkan landasan historis tersebut, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai kelebihan, kelemahan, serta karakteristik kurikulum yang telah dihasilkan dan digunakan sebelumnya. Hal ini penting dijadikan dasar untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.
- Yuridis
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan merujuk pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan memiliki keabsahan untuk diterapkan. Berikut adalah daftar acuan landasan hukum dalam pengembangan kurikulum Program Studi yang mengacu pada landasan kurikulum UNESA :
- Pancasila dan UUD 1945;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012, tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013, tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia Nomor 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 59 tahun 2018, tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar dan Tata Cara Penulisan Gelar di Perguruan Tinggi;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 3 tahun 2020, tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 5 tahun 2020, tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 55 Tahun 2022 tentang Pengembangan Kurikulum dan Evaluasi Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved