Mahasiswa akan mampu merangkum beberapa informasi inti tentang bagaimana menulis telaah literatur disertasi berkualitas tinggi.
Ide-ide penting tentang Introduction to Classical Test Theory, khususnya tentang proses penyusunan tes, reliabilitas, validitas, dan analisis butir.
Pengembangan dan validasi tes proses sains terpadu.
Ide-ide penting dalam Nieveen, N. 2007. Formative Evaluation in Educational Design Research, khususnya ide-ide penting tentang criteria for high quality interventions, yaitu content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness.
Pengembangan instrumen untuk memvalidasi suatu model pembelajaran dan perangkat RPP berbasis model tersebut meliputi content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness.
Ide-ide penting tentang pengembangan tes, lembar pengamatan, lembar penilaian meliputi validitas dan reliabilitas.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
PLO-6 Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains
PLO-7 Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional
PLO-8 Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia
Program Objectives (PO)
PO-1 Mengembangkan pengetahuan dan inovasi baru di dalam bidang instrumentasi pendidikan dan/atau pembelajaran untuk mendukung praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji di bidang pendidikan sains.
PO-2 Memecahkan permasalahan pembelajaran sains melalui pendekatan inter atau multi disipliner berbasis data yang dikoleksikan menggunakan intrumen pendidikan yang dikembangkan.
PO-3 Mengelola dan mengembangkan riset pengembangan instrumen pembelajaran dan/atau pendidikan sehingga dapat berkontribusi bagi dunia pendidikan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapatkan reward nasional maupun internasional.