|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Pengembangan Instrumen Penelitian |
8400103074 |
|
T=3 |
P=0 |
ECTS=7.56 |
3 |
25 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.
|
Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.
|
Prof. Dr. Suyatno, M.Si. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-2 |
Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-6 |
Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains |
PLO-7 |
Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional |
PLO-8 |
Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mengembangkan pengetahuan dan inovasi baru di dalam bidang instrumentasi pendidikan dan/atau pembelajaran untuk mendukung praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji di bidang pendidikan sains.
|
PO - 2 |
Memecahkan permasalahan pembelajaran sains melalui pendekatan inter atau multi disipliner berbasis data yang dikoleksikan menggunakan intrumen pendidikan yang dikembangkan.
|
PO - 3 |
Mengelola dan mengembangkan riset pengembangan instrumen pembelajaran dan/atau pendidikan sehingga dapat berkontribusi bagi dunia pendidikan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapatkan reward nasional maupun internasional.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-2 | PLO-3 | PLO-6 | PLO-7 | PLO-8 | PO-1 | | | | | | PO-2 | | | | | | PO-3 | | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mahasiswa akan mampu merangkum beberapa informasi inti tentang bagaimana menulis telaah literatur disertasi berkualitas tinggi. Ide-ide penting tentang Introduction to Classical Test Theory, khususnya tentang proses penyusunan tes, reliabilitas, validitas, dan analisis butir. Pengembangan dan validasi tes proses sains terpadu. Ide-ide penting dalam Nieveen, N. 2007. Formative Evaluation in Educational Design Research, khususnya ide-ide penting tentang criteria for high quality interventions, yaitu content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness. Pengembangan instrumen untuk memvalidasi suatu model pembelajaran dan perangkat RPP berbasis model tersebut meliputi content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness. Ide-ide penting tentang pengembangan tes, lembar pengamatan, lembar penilaian meliputi validitas dan reliabilitas. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Anderson, L.W. and Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman.
- Bloom’s Revised Taxonomy. Presented by Denise Tarlinton. Pupil Free Day. Monday 14 July 2003.
- Borich, Gary D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. Merril: New York.
- Brookhart, Susan M. 2010. How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.
- Crocker, Linda & Algina, James. 2008. Introduction to Classical & Modern Test Theory. United States of America: Cengage Learning.
- Pellegrino, James W., Wilson, Mark R., Koenig, Judith, A., Beatty, Alexandra S. 2014 Developing Assessments for The Next Generation Science Standard. Wahington, D.C.: National Academy of Sciences.
- Monica, K. M. K. 2005. Development and Validation of a Test of Integrated Science Process Skills for The Further Education and Training Learners. A Dissertation Submitted in Partial Fulfilment of The Requirements for Degree of Master in Science Education.
- Nieveen, N. 2007. Formative Evaluation in Educational Design Research. Merupakan salah satu artikel dalam naskah berjudul An introduction to educational research. 2007. Editors: Tjeerd Plomp & Nienke Nieveen. SLO . Netherlands institute for curriculum development.
- Nur, Mohamad. 1987. Pengantar Teori Tes. Naskah Bahan Pengajaran/Buku Teks Program Refresher Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Direktotat Jenderal Pendidikan Tinggi Separtemen Pendidikan dan Kebudayaan.
- Performence Assessment in the Science Classroom. New York: Glencoe McGraw-Hill.
- Randolph, Justus J. A Guide to writing the dissertation literature review
|
Pendukung : |
|
|
Dosen Pengampu
|
|
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
|
Identifikasi Ide-ide penting tentang teori tes, peranan teori tes dalam riset dan evaluasi. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
Materi: teori tes, peranan teori tes dalam riset dan evaluasi Pustaka: |
0% |
2
Minggu ke 2 |
(Seminar dan workshop 2) |
Memahami, menerapkan, dan menganalisis proses penyusunan tes. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Penyusunan Tes Pustaka: |
0% |
3
Minggu ke 3 |
|
Memahami, menerapkan, dan menganalisis proses penyusunan tes. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Penyusuna Tes Pustaka: |
0% |
4
Minggu ke 4 |
Seminar dan Workshop 4 |
Mengembangankan instrumen keterampilan proses sains (KPS). |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Instrumen KPS Pustaka: |
0% |
5
Minggu ke 5 |
Seminar dan Workshop 5 |
Memahami, menerapkan, dan menganalisis instrumen untuk memvalidasi suatu model pembelajaran dan perangkat RPP berbasis model tersebut meliputi content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Pengembangan instrumen untuk memvalidasi suatu model pembelajaran dan perangkat RPP berbasis model tersebut meliputi content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness. Pustaka: |
0% |
6
Minggu ke 6 |
|
Menganalisis dan mengevaluasi hasil analisis data instrumen KPS |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Diskusi analisis data instrumen KPS. Pustaka: |
0% |
7
Minggu ke 7 |
Seminar dan Workshop 7 |
Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen content validity yang telah ada atau yang ada di referensi standar. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: Presentasi dan diskusi draf 1 instrumen content validity. Pustaka: |
0% |
8
Minggu ke 8 |
Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7 |
Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7 |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS 2 X 50 menit |
|
Materi: instrumen construct validity yang telah ada atau yang ada di referensi standar. Pustaka: |
0% |
9
Minggu ke 9 |
Seminar dan Workshop 8 |
Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen construct validity yang telah ada atau yang ada di referensi standar. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
|
|
Materi: instrumen construct validity yang telah ada atau yang ada di referensi standar. Pustaka: |
0% |
10
Minggu ke 10 |
|
Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen practicality yang telah ada atau yang ada di referensi standar. |
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
|
|
Materi: Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen practicality yang telah ada atau yang ada di referensi standar Pustaka: |
0% |
11
Minggu ke 11 |
Seminar dan Workshop 10 |
Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen effectiveness yang telah ada atau yang ada di referensi standar. |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
Materi: Instrumen effectiveness yang telah ada atau yang ada di referensi standar Pustaka: |
0% |
12
Minggu ke 12 |
Seminar dan workshop 11 |
|
|
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
|
0% |
13
Minggu ke 13 |
Seminar dan workshop 12 |
|
|
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
|
0% |
14
Minggu ke 14 |
Seminar dan workshop 13 |
|
|
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
|
0% |
15
Minggu ke 15 |
Seminar dan workshop 14 |
|
|
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving 2 x 50 menit |
|
|
0% |
16
Minggu ke 16 |
Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15 |
Indikator dari TM-9 sampai TM-15 |
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes |
2 x 50 menit |
|
|
0% |