Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Program Studi S3 Pendidikan Sains

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Pengembangan Instrumen Penelitian

8400103074

T=3

P=0

ECTS=7.56

3

25 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.




Prof. Dr. Endang Susantini, M.Pd.




Prof. Dr. Suyatno, M.Si.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-2

Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-6

Menguasai teori terkini yang terkait dengan pengetahuan sains dan pendidikan sains

PLO-7

Mampu mengembangkan teori atau metode bidang pendidikan sains dan keterkaitannya dengan teori bidang lain secara komprehensif dan kontekstual, melalui riset inovatif dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin yang mendapat pengakuan nasional atau internasional

PLO-8

Mampu memecahkan permasalahan pendidikan sains dalam konteks yang lebih luas sehingga menghasilkan karya yang kreatif, original, teruji yang bermanfaat bagi pengembangan pendidikan sains dan kemashlahatan umat manusia

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mengembangkan pengetahuan dan inovasi baru di dalam bidang instrumentasi pendidikan dan/atau pembelajaran untuk mendukung praktek profesionalnya melalui riset, hingga menghasilkan karya kreatif, original, dan teruji di bidang pendidikan sains.

PO - 2

Memecahkan permasalahan pembelajaran sains melalui pendekatan inter atau multi disipliner berbasis data yang dikoleksikan menggunakan intrumen pendidikan yang dikembangkan.

PO - 3

Mengelola dan mengembangkan riset pengembangan instrumen pembelajaran dan/atau pendidikan sehingga dapat berkontribusi bagi dunia pendidikan dan kemaslahatan umat manusia, serta mampu mendapatkan reward nasional maupun internasional.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-2PLO-3PLO-6PLO-7PLO-8
PO-1     
PO-2     
PO-3     

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mahasiswa akan mampu merangkum beberapa informasi inti tentang bagaimana menulis telaah literatur disertasi berkualitas tinggi. Ide-ide penting tentang Introduction to Classical Test Theory, khususnya tentang proses penyusunan tes, reliabilitas, validitas, dan analisis butir. Pengembangan dan validasi tes proses sains terpadu. Ide-ide penting dalam Nieveen, N. 2007. Formative Evaluation in Educational Design Research, khususnya ide-ide penting tentang criteria for high quality interventions, yaitu content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness. Pengembangan instrumen untuk memvalidasi suatu model pembelajaran dan perangkat RPP berbasis model tersebut meliputi content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness. Ide-ide penting tentang pengembangan tes, lembar pengamatan, lembar penilaian meliputi validitas dan reliabilitas.

Pustaka

Utama :

  1. Anderson, L.W. and Krathwohl, D.R. 2001. A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assessing. New York: Longman.
  2. Bloom’s Revised Taxonomy. Presented by Denise Tarlinton. Pupil Free Day. Monday 14 July 2003.
  3. Borich, Gary D. 1994. Observation Skills for Effective Teaching. Merril: New York.
  4. Brookhart, Susan M. 2010. How to Assess Higher-Order Thinking Skills in Your Classroom. Alexandria: ASCD.
  5. Crocker, Linda & Algina, James. 2008. Introduction to Classical & Modern Test Theory. United States of America: Cengage Learning.
  6. Pellegrino, James W., Wilson, Mark R., Koenig, Judith, A., Beatty, Alexandra S. 2014 Developing Assessments for The Next Generation Science Standard. Wahington, D.C.: National Academy of Sciences.
  7. Monica, K. M. K. 2005. Development and Validation of a Test of Integrated Science Process Skills for The Further Education and Training Learners. A Dissertation Submitted in Partial Fulfilment of The Requirements for Degree of Master in Science Education.
  8. Nieveen, N. 2007. Formative Evaluation in Educational Design Research. Merupakan salah satu artikel dalam naskah berjudul An introduction to educational research. 2007. Editors: Tjeerd Plomp & Nienke Nieveen. SLO . Netherlands institute for curriculum development.
  9. Nur, Mohamad. 1987. Pengantar Teori Tes. Naskah Bahan Pengajaran/Buku Teks Program Refresher Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan Direktotat Jenderal Pendidikan Tinggi Separtemen Pendidikan dan Kebudayaan.
  10. Performence Assessment in the Science Classroom. New York: Glencoe McGraw-Hill.
  11. Randolph, Justus J. A Guide to writing the dissertation literature review

Pendukung :

Dosen Pengampu

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Identifikasi Ide-ide penting tentang teori tes, peranan teori tes dalam riset dan evaluasi.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
2 x 50 menit

Materi: teori tes, peranan teori tes dalam riset dan evaluasi
Pustaka:
0%

2

Minggu ke 2

(Seminar dan workshop 2)

Memahami, menerapkan, dan menganalisis proses penyusunan tes.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Penyusunan Tes
Pustaka:
0%

3

Minggu ke 3

Memahami, menerapkan, dan menganalisis proses penyusunan tes.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Penyusuna Tes
Pustaka:
0%

4

Minggu ke 4

Seminar dan Workshop 4

Mengembangankan instrumen keterampilan proses sains (KPS).


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Instrumen KPS
Pustaka:
0%

5

Minggu ke 5

Seminar dan Workshop 5

Memahami, menerapkan, dan menganalisis instrumen untuk memvalidasi suatu model pembelajaran dan perangkat RPP berbasis model tersebut meliputi content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Pengembangan instrumen untuk memvalidasi suatu model pembelajaran dan perangkat RPP berbasis model tersebut meliputi content validity, construct validity, practcality, dan effectiveness.
Pustaka:
0%

6

Minggu ke 6

Menganalisis dan mengevaluasi hasil analisis data instrumen KPS


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Diskusi analisis data instrumen KPS.
Pustaka:
0%

7

Minggu ke 7

Seminar dan Workshop 7

Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen content validity yang telah ada atau yang ada di referensi standar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: Presentasi dan diskusi draf 1 instrumen content validity.
Pustaka:
0%

8

Minggu ke 8

Kemampuan Akhir dari TM-1 sampai dengan TM-7

Indikator TM-1 sampai dengan indikator TM-7


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Tes tertulis atau pemberian tugas pengganti UTS
2 X 50 menit

Materi: instrumen construct validity yang telah ada atau yang ada di referensi standar.
Pustaka:
0%

9

Minggu ke 9

Seminar dan Workshop 8

Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen construct validity yang telah ada atau yang ada di referensi standar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving

Materi: instrumen construct validity yang telah ada atau yang ada di referensi standar.
Pustaka:
0%

10

Minggu ke 10

Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen practicality yang telah ada atau yang ada di referensi standar.


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif


Materi: Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen practicality yang telah ada atau yang ada di referensi standar
Pustaka:
0%

11

Minggu ke 11

Seminar dan Workshop 10

Menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan instrumen effectiveness yang telah ada atau yang ada di referensi standar.


Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
2 x 50 menit

Materi: Instrumen effectiveness yang telah ada atau yang ada di referensi standar
Pustaka:
0%

12

Minggu ke 12

Seminar dan workshop 11

    Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
    2 x 50 menit

    0%

    13

    Minggu ke 13

    Seminar dan workshop 12

      Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
      2 x 50 menit

      0%

      14

      Minggu ke 14

      Seminar dan workshop 13

        Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
        2 x 50 menit

        0%

        15

        Minggu ke 15

        Seminar dan workshop 14

          Presentasi, diskusi, dan tanya – jawab, problem solving
          2 x 50 menit

          0%

          16

          Minggu ke 16

          Kemampuan Akhir dari TM-9 sampai dengan TM-15

          Indikator dari TM-9 sampai TM-15


          Bentuk Penilaian :
          Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk, Tes

          2 x 50 menit

          0%



          Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

          No Evaluasi Persentase
          0%

          Catatan

          1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
          2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
          3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
          4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
          5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
          6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
          7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
          8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
          9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
          10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
          11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
          12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.