Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin Unesa
Study Program | : | Mechanical Engineering Education-Production Engineering Education |
Establishment Date | : | 7 November 1996 |
Study Program Coordinator | : | Ir. Wahyu Dwi Kurniawan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Mengembangkan pendidikan kejuruan bidang Teknik Mesin yang unggul berbasis technopreneurship, adaptif dan berwawasan global pada tahun 2034.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan akademik di bidang pendidikan teknik mesin berbasis penelitian yang adaptif, inovatif, kolaboratif, dan berciri technopreneurship.
- Mengembangkan penelitian yang inovatif dan pengembangan dalam bidang pendidikan teknik mesin.
- Mendarmabaktikan keahlian dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang teknik mesin untuk memberdayakan masyarakat.
- Membangun jejaring kerjasama dengan berbagai lembaga atau instansi dan stakeholders nasional maupun internasional untuk keberlanjutan program studi.
Tujuan
- Menghasilkan (calon) pendidik bidang teknik mesin yang memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional dalam perawatan, perbaikan, dan technopreneurship di bidang teknik otomotif dan memiliki kompetensi dalam mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur.
- Menghasilkan karya penelitian dalam bidang pendidikan teknik mesin yang dilandasi profesionalisme untuk diterapkan kepada masyarakat dan dunia kependidikan.
- Menghasilkan karya inovatif bidang teknik mesin yang berperan dalam mengatasi permasalahan di masyarakat.
- Menghasilkan kerjasama dengan berbagai lembaga/instansi dan stakeholders yang mendukung penyelenggaraan pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat program studi.
Capaian Lulusan Program Studi Mechanical Engineering Education-Production Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 | Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya |
PLO-2 | Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-3 | Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-4 | Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-6 | Menguasai dan mendemonstrasikan kompetensi pedagogik pada pembelajaran teknik mesin secara berkelanjutan sepanjang hayat
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-7 | Mampu mendemonstrasikan perawatan dan perbaikan di bidang teknik otomotif (konsentrasi otomotif) atau mampu mengoperasikan berbagai peralatan dan mesin produksi di bidang manufaktur (konsentrasi produksi)
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-8 | Mampu melakukan penelitian bidang pendidikan dan teknik mesin
Dibebankan pada matakuliah: |
PLO-9 | Menguasai teori matematika dan dasar teknik mesin
Dibebankan pada matakuliah:
|
PLO-10 | Mampu menerapkan technopreneurship pada bidang teknologi otomotif/manufaktur
Dibebankan pada matakuliah: |
Occupational Profiles Program Studi Mechanical Engineering Education-Production Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
- Tenaga Pendidik
Guru/instruktur bidang teknik mesin (teknik permesinan, teknik kendaraan ringan, teknik sepeda motor) pada lembaga pendidikan kejuruan/industri
- Praktisi Industri
Lulusan dapat bekerja di industri bidang teknik mesin (manufaktur/otomotif)
- Technopreneurship
Lulusan mampu membuka usaha bidang teknik mesin (manufaktur/otomotif)
Struktur Kurikulum Mechanical Engineering Education-Production Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Pend Teknik Mesin
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
1000002003
Indonesian
2.00
8320302209
Fisika Teknik
2.00
1000002047
Physical Education And Fitness
2.00
8320302186
Mechanical Technology And Environmental Pollution
2.00
8320302210
Materials Science
2.00
8320302050
Kimia Teknik
2.00
8320302208
Foundations Of Education
2.00
8320302207
Engineering Mathematics
2.00
1000002020
Pancasila Education
2.00
8320302111
Knowledge Measuring Tools
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320302216
Strategi Pembelajaran
2.00
8320302179
Techniques
2.00
8320302048
Automotive Electricity
2.00
8320302051
Kinematika Dan Dinamika
2.00
1000002046
Literasi Digital
2.00
8320302213
Fluid Mechanics
2.00
8320302077
Drawing Automotive Engineering
2.00
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Khonghucu
- Agama Protestan
2.00
✔
1000002033
Citizenship
2.00
8320302127
Pumps And Compressors
2.00
8320302193
Welding Technology
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320302026
Automotive Machine Elements
2.00
8320302066
Mathematics Engineering
2.00
8320303069
Fluid Mechanics Basic
3.00
8320303122
Heat Transfer
3.00
8320303187
Gasoline Motor Technology
3.00
8320302046
Auto Electrical Vocational
2.00
8320302071
Engineering Mechanics Ii
2.00
8320302118
Teaching Planning Mechanical Engineering
2.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320302001
Car Ac
2.00
8320302189
Diesel Motor Technology
2.00
8320302041
Interaction Teaching And Learning Mechanical Engineering
2.00
8320303137
Automotive Electrical Practices
3.00
8320303145
Motorcycle And Small Motorbike
3.00
8320302152
Educational Profession I
2.00
1000004041
Psikologi Pendidikan
4.00
8320302197
Thermodynamics
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320302007
Autocad Machining
2.00
8320302126
Aircraft Work
2.00
8320302175
Combustion And Fuel Engineering
2.00
8320302184
Chassis Technology
2.00
8320302044
Vocational School Curriculum Study
2.00
8320302061
Manajemen Pendidikan
2.00
8320302080
Research Methodology
2.00
8320302203
Microteaching
2.00
8320303135
Car Air Conditioning Practice
3.00
8320303147
Practical Gasoline Motor Technology
3.00
8320302153
Educational Profession Ii
2.00
8320302191
Painting Technology
2.00
8320302198
Thermodynamics Automotive
2.00
Semester ke 6
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320302131
Ppl Ii
2.00
8320303154
Learning Management Programs
3.00
8320306163
Thesis
6.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8320302002
Automotive Aerodynamics
2.00
8320302110
Exhaust Gas Control
2.00
8320302138
Work Practice Basic
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8320302209 | Fisika Teknik | 2.00 | |
1000002047 | Physical Education And Fitness | 2.00 | |
8320302186 | Mechanical Technology And Environmental Pollution | 2.00 | |
8320302210 | Materials Science | 2.00 | |
8320302050 | Kimia Teknik | 2.00 | |
8320302208 | Foundations Of Education | 2.00 | |
8320302207 | Engineering Mathematics | 2.00 | |
1000002020 | Pancasila Education | 2.00 | |
8320302111 | Knowledge Measuring Tools | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320302216 | Strategi Pembelajaran | 2.00 | |
8320302179 | Techniques | 2.00 | |
8320302048 | Automotive Electricity | 2.00 | |
8320302051 | Kinematika Dan Dinamika | 2.00 | |
1000002046 | Literasi Digital | 2.00 | |
8320302213 | Fluid Mechanics | 2.00 | |
8320302077 | Drawing Automotive Engineering | 2.00 | |
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Khonghucu - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
1000002033 | Citizenship | 2.00 | |
8320302127 | Pumps And Compressors | 2.00 | |
8320302193 | Welding Technology | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320302026 | Automotive Machine Elements | 2.00 | |
8320302066 | Mathematics Engineering | 2.00 | |
8320303069 | Fluid Mechanics Basic | 3.00 | |
8320303122 | Heat Transfer | 3.00 | |
8320303187 | Gasoline Motor Technology | 3.00 | |
8320302046 | Auto Electrical Vocational | 2.00 | |
8320302071 | Engineering Mechanics Ii | 2.00 | |
8320302118 | Teaching Planning Mechanical Engineering | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320302001 | Car Ac | 2.00 | |
8320302189 | Diesel Motor Technology | 2.00 | |
8320302041 | Interaction Teaching And Learning Mechanical Engineering | 2.00 | |
8320303137 | Automotive Electrical Practices | 3.00 | |
8320303145 | Motorcycle And Small Motorbike | 3.00 | |
8320302152 | Educational Profession I | 2.00 | |
1000004041 | Psikologi Pendidikan | 4.00 | |
8320302197 | Thermodynamics | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320302007 | Autocad Machining | 2.00 | |
8320302126 | Aircraft Work | 2.00 | |
8320302175 | Combustion And Fuel Engineering | 2.00 | |
8320302184 | Chassis Technology | 2.00 | |
8320302044 | Vocational School Curriculum Study | 2.00 | |
8320302061 | Manajemen Pendidikan | 2.00 | |
8320302080 | Research Methodology | 2.00 | |
8320302203 | Microteaching | 2.00 | |
8320303135 | Car Air Conditioning Practice | 3.00 | |
8320303147 | Practical Gasoline Motor Technology | 3.00 | |
8320302153 | Educational Profession Ii | 2.00 | |
8320302191 | Painting Technology | 2.00 | |
8320302198 | Thermodynamics Automotive | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320302131 | Ppl Ii | 2.00 | |
8320303154 | Learning Management Programs | 3.00 | |
8320306163 | Thesis | 6.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8320302002 | Automotive Aerodynamics | 2.00 | |
8320302110 | Exhaust Gas Control | 2.00 | |
8320302138 | Work Practice Basic | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Mechanical Engineering Education-Production Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
- Berdasarkan hasil evaluasi kurikulum tahun akademik 2022/2023 diperoleh hasil bahwa rata-rata ketercapaian Program Learning Outcomes (PLO) Program Studi S1 Pendidikan Teknik Mesin sebesar 99,40% (diatas ambang batas minimal 80%) dengan rincian rata-rata ketercapaian sebagai berikut: PLO 1 sebesar 99,38%, PLO 2 sebesar 100%, PLO 3 sebesar 98,50%, PLO 4 sebesar 99,02%, PLO 5 sebesar 99,49% dan PLO 6 sebesar 100%.
- Hasil tracer study pada alumni lulusan 2022 bahwa kompetensi yang dibutuhkan berkaitan dengan soft skill dan hard skill dan yang Perlu penguatan kompetensi alumni agar sesuai dengan kebutuhan di dunia kerja adalah soft skill, Hasil ketercapaian IKU 1 adalah 39 dari 61 lulusan atau 63,93%. Lulusan yang mendukung ketercapaian IKU 1 Program Strudi yang
terdiri dari: 6 lulusan berwirausaha, 1 lulusan melanjutkan Pendidikan, dan 32 lulusan yang bekerja sesuai strandar yang ditetapkan.
Rekap PLO Program Studi Mechanical Engineering Education-Production Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | |||
Chassis Technology | 2 | 36.36% | 27.27% | 36.36% | 99.99 % | ||||||
K3 Labor Law | 2 | 53.85% | 46.15% | 100 % | |||||||
Internal Combustion Motor Technology | 2 | 100% | 100 % | ||||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 100% | 100 % | ||||||||
Desain Otomotif | 3 | 60% | 40% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Mechanical Engineering Education-Production Engineering Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pancasila dan UUD 1945
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
- Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
- Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
- Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
- Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
- Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
- Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
- Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
- Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
- Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
- Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya 2022-2045;
- Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.
Copyright © 2024 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved