Sidia is a education Platform website.
Our Top Course
Profil Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa Unesa
Study Program | : | Javanese Language and Literature Education |
Establishment Date | : | 31 Juli 1984 |
Study Program Coordinator | : | Latif Nur Hasan, S.Pd., M.Pd. |
Visi Misi & Tujuan Program Studi S1 Pendidikan Bahasa Dan Sastra Jawa
Universitas Negeri Surabaya
Visi
Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa menjadi Program studi kependidikan yang tangguh, adaptif, serta inovatif dalam bidang ilmu bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Misi
- Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran dalam bidang bahasa, sastra, dan budaya Jawa secara keilmuan dan praktik pembelajaran yang kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) berdasarkan kearifan lokal dan berwawasan global berbasis kewirausahaan.
- Melaksanakan penelitian dan meningkatkan kualitas inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
- Menyelenggarakan Pengabdian masyarakat dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
- Menyelenggarakan kegiatan tridarma perguruan tinggi melalui sistem multi kampus secara sinergis, terintegrasi, harmonis, dan berkelanjutan dengan memperhatikan keunggulan Unesa dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa.
- Menyelenggarakan kerjasama secara nasional dan internasional yang produktif dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra, dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Tujuan
- Menghasilkan lulusan dalam ilmu kependidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa yang berkarakter kolaboratif, ramah, empatik, adaptif, tangguh, inovatif, fleksibel (KREATIF) dan berjiwa kewirausahaan;
- Menghasilkan inovasi yang berkualitas dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa yang berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Menghasilkan karya yang unggul, berkualitas, serta inovatif dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan bernuansa kearifan lokal Jawa Timur;
- Mewujudkan kolaborasi yang produktif dengan lembaga nasional dan internasional dalam menciptakan, mengembangkan, dan menyebarluaskan inovasi dalam bidang kependidikan dan keilmuan bahasa, sastra dan budaya Jawa berbasis kewirausahaan.
Capaian Lulusan Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Occupational Profiles Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
- Pendidik pemula bahasa Jawa
Pendidik/guru pemula bahasa Jawa jenjang pendidikan dasar dan menengah (SMA/MA/SMK, SMP/MTs, SD/MI) dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai, dan mengevaluasi peserta didik
- Asisten peneliti bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa
Asisten peneliti yang mengkaji permasalahan bidang pendidikan bahasa, sastra, dan budaya Jawa
- Praktisi bidang bahasa, sastra, budaya Jawa
Praktisi bidang bahasa (pewara, penyunting, penyuluh, jurnalis, dll.)
Struktur Kurikulum Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Kurikulum S1 Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa
Semester ke 1
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202175
Philosophy Of Science
2.00
8820202128
History Of Javanese Literature
2.00
8820202015
English I
2.00
8820203058
Foundations Of Education
3.00
1000002011
Isbd
2.00
1000002003
Indonesian
2.00
8820202050
Javanese Culture Javanese
2.00
8820202135
Song Art I
2.00
8820202177
Physical Education And Sports Employees
2.00
8820202069
Listening To Javanese
2.00
8820202063
Linguistik Umum
2.00
8820202018
Journalism
2.00
Semester ke 2
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
100000202x
Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu)
- Agama Budha
- Agama Hindu
- Agama Islam
- Agama Katholik
- Agama Protestan
2.00
✔
8820202083
Language Morphology I
2.00
8820202168
Literary Theory
2.00
8820202132
Karawitan Art I
2.00
1000002009
Ilmu Budaya Dasar Ibd
2.00
8820202045
Ilmu Sosial Dasar
2.00
8820202026
Basic Basics Of Javanese Writing
2.00
8820202044
Phonology
2.00
8820202136
Tembang Art Ii
2.00
8820202021
Basics Of Javanese Speaking
2.00
8820202025
Basics Of Javanese Reading
2.00
Semester ke 3
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202029
Basics
2.00
8820202019
Speaking Javanese
2.00
8820202084
Javanese Language Morphology Ii
2.00
8820203155
Language Learning Strategies Javanese
3.00
8820202067
Writing Javanese
2.00
8820202065
Javanese Reading
2.00
8820202133
Karawitan Art Ii
2.00
8820202140
Javanese Syntax I Sanskrit Language
2.00
8820203152
Strategi Belajar Mengajar
3.00
1000004041
Psikologi Pendidikan
4.00
Semester ke 4
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202033
Dramaturgy
2.00
8820202134
Ceremonies
2.00
8820202036
Traditional
2.00
8820202167
Theory Philology
2.00
8820202104
Work Practice Basic
2.00
8820203038
Teaching Evaluation
3.00
8820202009
Poetry Appreciation Javanese
2.00
8820202010
Arabic Pegon
2.00
8820202141
Javanese Syntax Ii
2.00
8820202017
Kawi Language
2.00
8820202008
Appreciation Of Javanese Prose Javanese
2.00
8820202170
Javanese Traditions I
2.00
Semester ke 5
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202002
Discourse Analysis
2.00
8820202123
Educational
2.00
8820202158
Study Of Textbooks And Curriculum
2.00
8820202004
Computer Applications
2.00
8820203095
Learning Planning
3.00
8820202129
Javanese Language Semantics
2.00
8820203165
Study Of Old Manuscripts
4.00
8820202056
Literary Criticism Javanese
2.00
8820202094
Writing Scientific Papers
2.00
8820202161
Study Of Language Curriculum And Textbooks
2.00
8820203096
Perencanaan Pengajaran
3.00
8820202173
Traditional Ceremonies Ii
2.00
Semester ke 6
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202079
Language Metpenltpembel
2.00
8820202117
Comparative Literature
2.00
8820202102
Pragmatics
2.00
8820202147
Sociology Javanese Literature
2.00
8820203110
Learning Management Programs
3.00
8820203057
Kuliah Kerja Nyata
3.00
8820202078
Metpenltbhs And Javanese Literature
2.00
8820202148
Statistik
2.00
8820202100
Ppl I
2.00
8820202171
Ii
2.00
8820202075
Research Methodology
2.00
8820202124
Middle Javanese Literature Javanese
2.00
8820202125
Coastal Javanese Literature
2.00
8820202076
Of
2.00
8820202074
Language Research Methodology
2.00
Semester ke 7
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202005
Appreciation Of Wayang
2.00
8820202041
Javanese Philosophy
2.00
8820202087
Learning Children‘s Literature
2.00
8820202121
Classical Javanese Literature
2.00
8820202114
Psychology Javanese Literature
2.00
8820202101
Ppl Ii
2.00
8820202150
Stylistics Basic Reading
2.00
8820202146
Sociology Of Literature
2.00
8820202113
Psychology Literature
2.00
1000002176
Entrepreneurship
2.00
Semester ke 8
Kode
Mata Kuliah
Kredit
Mandatori?
8820202143
Thesis
2.00
1000002005
Basics Of Education
2.00
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202175 | Philosophy Of Science | 2.00 | |
8820202128 | History Of Javanese Literature | 2.00 | |
8820202015 | English I | 2.00 | |
8820203058 | Foundations Of Education | 3.00 | |
1000002011 | Isbd | 2.00 | |
1000002003 | Indonesian | 2.00 | |
8820202050 | Javanese Culture Javanese | 2.00 | |
8820202135 | Song Art I | 2.00 | |
8820202177 | Physical Education And Sports Employees | 2.00 | |
8820202069 | Listening To Javanese | 2.00 | |
8820202063 | Linguistik Umum | 2.00 | |
8820202018 | Journalism | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
100000202x | Pendidikan Agama (Wajib memilih salah satu) - Agama Budha - Agama Hindu - Agama Islam - Agama Katholik - Agama Protestan |
2.00 | ✔ |
8820202083 | Language Morphology I | 2.00 | |
8820202168 | Literary Theory | 2.00 | |
8820202132 | Karawitan Art I | 2.00 | |
1000002009 | Ilmu Budaya Dasar Ibd | 2.00 | |
8820202045 | Ilmu Sosial Dasar | 2.00 | |
8820202026 | Basic Basics Of Javanese Writing | 2.00 | |
8820202044 | Phonology | 2.00 | |
8820202136 | Tembang Art Ii | 2.00 | |
8820202021 | Basics Of Javanese Speaking | 2.00 | |
8820202025 | Basics Of Javanese Reading | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202029 | Basics | 2.00 | |
8820202019 | Speaking Javanese | 2.00 | |
8820202084 | Javanese Language Morphology Ii | 2.00 | |
8820203155 | Language Learning Strategies Javanese | 3.00 | |
8820202067 | Writing Javanese | 2.00 | |
8820202065 | Javanese Reading | 2.00 | |
8820202133 | Karawitan Art Ii | 2.00 | |
8820202140 | Javanese Syntax I Sanskrit Language | 2.00 | |
8820203152 | Strategi Belajar Mengajar | 3.00 | |
1000004041 | Psikologi Pendidikan | 4.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202033 | Dramaturgy | 2.00 | |
8820202134 | Ceremonies | 2.00 | |
8820202036 | Traditional | 2.00 | |
8820202167 | Theory Philology | 2.00 | |
8820202104 | Work Practice Basic | 2.00 | |
8820203038 | Teaching Evaluation | 3.00 | |
8820202009 | Poetry Appreciation Javanese | 2.00 | |
8820202010 | Arabic Pegon | 2.00 | |
8820202141 | Javanese Syntax Ii | 2.00 | |
8820202017 | Kawi Language | 2.00 | |
8820202008 | Appreciation Of Javanese Prose Javanese | 2.00 | |
8820202170 | Javanese Traditions I | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202002 | Discourse Analysis | 2.00 | |
8820202123 | Educational | 2.00 | |
8820202158 | Study Of Textbooks And Curriculum | 2.00 | |
8820202004 | Computer Applications | 2.00 | |
8820203095 | Learning Planning | 3.00 | |
8820202129 | Javanese Language Semantics | 2.00 | |
8820203165 | Study Of Old Manuscripts | 4.00 | |
8820202056 | Literary Criticism Javanese | 2.00 | |
8820202094 | Writing Scientific Papers | 2.00 | |
8820202161 | Study Of Language Curriculum And Textbooks | 2.00 | |
8820203096 | Perencanaan Pengajaran | 3.00 | |
8820202173 | Traditional Ceremonies Ii | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202079 | Language Metpenltpembel | 2.00 | |
8820202117 | Comparative Literature | 2.00 | |
8820202102 | Pragmatics | 2.00 | |
8820202147 | Sociology Javanese Literature | 2.00 | |
8820203110 | Learning Management Programs | 3.00 | |
8820203057 | Kuliah Kerja Nyata | 3.00 | |
8820202078 | Metpenltbhs And Javanese Literature | 2.00 | |
8820202148 | Statistik | 2.00 | |
8820202100 | Ppl I | 2.00 | |
8820202171 | Ii | 2.00 | |
8820202075 | Research Methodology | 2.00 | |
8820202124 | Middle Javanese Literature Javanese | 2.00 | |
8820202125 | Coastal Javanese Literature | 2.00 | |
8820202076 | Of | 2.00 | |
8820202074 | Language Research Methodology | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202005 | Appreciation Of Wayang | 2.00 | |
8820202041 | Javanese Philosophy | 2.00 | |
8820202087 | Learning Children‘s Literature | 2.00 | |
8820202121 | Classical Javanese Literature | 2.00 | |
8820202114 | Psychology Javanese Literature | 2.00 | |
8820202101 | Ppl Ii | 2.00 | |
8820202150 | Stylistics Basic Reading | 2.00 | |
8820202146 | Sociology Of Literature | 2.00 | |
8820202113 | Psychology Literature | 2.00 | |
1000002176 | Entrepreneurship | 2.00 |
Kode | Mata Kuliah | Kredit | Mandatori? |
---|---|---|---|
8820202143 | Thesis | 2.00 | |
1000002005 | Basics Of Education | 2.00 |
Evaluasi Kurikulum Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Evaluasi Kurikulum
Berdasarkan adanya Permendikbud nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Unesa menyelenggarakan acara Sosialisasi dan Perumusan Merdeka Belajar di Kampus Merdeka dengan mengusung tema “Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar di Kampus Merdeka”, diperoleh tiga pilar dalam kampus merdeka sesuai dengan pesan kunci Mendikbud. Pilar 1, dosen adalah penggerak, harus profesional dan inovatif. Pilar 2, perubahan adalah hal yang sulit dan penuh ketidaknyamanan. Pilar 3, konsolidasi kebijakan. dimana kampus merdeka memiliki 4 kebijakan utama, yaitu pembukaan prodi baru, sistem akreditasi perguruan tinggi, perguruan tinggi negeri badan hukum, serta hak belajar tiga semester di luar program studi. Sehingga unesa mengadakan program magang atau praktik kerja, proyek di desa, mengajar di sekolah, pertukaran pelajar, penelitian, kegiatan wirausaha, studi atau proyek independent, serta proyek kemanusiaan. “Pengembangan kurikulum merdeka belajar ini tidak hanya mengedukasi dosen, tapi mahasiswa juga perlu tau, agar dapat dipersiapkan dari awal. Sehingga kurikulum merdeka belajar program studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa dirancang untuk memberikan kemerdekaan mahasiswa pada semester lima untuk memilihn progra perkuliahan. prinsip merdeka belajar ini sangat bagus karena bertujuan memberikan pengalaman belajar di luar prodi dan capaian pembelajaran. Kurikulum merdeka belajar yang rencananya akan diterapkan pada semester gasal 2020/2021 ini akan diberlakukan pada mahasiswa angkatan 2018 dan 2019. Mengusung model 512 serta pola perkuliahan 4121 atau 42a12b1. Nantinya akan dilakukan kompres, penghilangan mata kuliah yang tidak relevan, penggabungan mata kuliah yang bergayut, pengurangan bobot sks mata kuliah, penambahan total sks lulusan (144-150), pemunculan mata kuliah baru, dan lain sebagainya.
Tracer Study
Berdasarkan analisa data yang dilakukan pada hasil survey, diketahui bahwasannya metode pembelajaran yang dianggap responden paling bermanfaat serta berperan dalam kehidupan karier mereka saat ini adalah Metode Diskusi. Metode diskusi mendapatkan nilai rerata tertinggi yaitu 4.4, sedangkan nilai terendah ada pada Metode Partisipasi dalam Proyek Riset yang mendapatkan nilai rerata 3.53. Dimasa yang akan datang, hendaknya metode-metode pembelajaran yang dinilai kurang memiliki peranan dalam masa depan alumni dapat ditinjau ulang dan dioptimalkan, sehingga alumni dapat memperoleh manfaat yang maksimal. Adapun 3 metode yang mendapatkan rerata terendah adalah Metode Magang, Metode Demostrasi, dan Metode Partisipai dalam Proyek Riset.
Rekap PLO Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah | Sks | Program Learning Outcomes PLO) | Total | |||||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|---|
PLO1 | PLO2 | PLO3 | PLO4 | PLO5 | PLO6 | PLO7 | PLO8 | PLO9 | PLO10 | PLO11 | PLO12 | |||
Coastal Javanese Literature | 2 | 25% | 50% | 25% | 100 % | |||||||||
Writing Javanese | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Introductory Linguistics | 2 | 28.57% | 28.57% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Dramaturgy Javanese | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Sociology Javanese Literature | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Sociolinguistics Javanese Language | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
General Literary Theory Javanese | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Teori Belajar | 2 | 25% | 75% | 100 % | ||||||||||
Applied Linguistics | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Basics of Javanese Speaking | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Basics of Javanese Reading | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Poetry Appreciation Javanese | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
Kawi Language | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Folklore | 2 | 28.57% | 57.14% | 14.29% | 100 % | |||||||||
Arabic Pegon | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Evaluation of Learning and Learning | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Listening to Javanese | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Art Tembang III | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Innovative Learning Planning | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Metode Penelitian Pendidikan | 3 | 100% | 100 % | |||||||||||
Creative Writing Literature | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Pranatcara | 2 | 40% | 60% | 100 % | ||||||||||
Comparative Historical Linguistics | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Writing Javanese Script | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Reading Javanese Script | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Linguistics | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Local Wisdom Javanese | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Gending | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Javanese Children‘s | 2 | 50% | 16.67% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Literature Modern Javanese | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Philology | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Writing Scientific Papers | 2 | 100% | 100 % | |||||||||||
Comparative Literature | 2 | 28.57% | 42.86% | 28.57% | 100 % | |||||||||
School Curriculum | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Teaching Skills and Microlearning | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Tembang Art Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Karawitan Art Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Syntax Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Innovative Learning | 3 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Speaking Javanese | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Classical Javanese Literature | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Reading | 2 | 60% | 20% | 20% | 100 % | |||||||||
Literary Criticism Javanese | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Appreciation of Wayang | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Pragmatics of Javanese | 2 | 40% | 20% | 40% | 100 % | |||||||||
Statistik | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Dialectology | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Morphology of Javanese Language | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Javanese Traditions I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Discourse Analysis of Javanese Language | 2 | 25% | 12.5% | 25% | 37.5% | 100 % | ||||||||
Assessment of Learning Process and Outcomes | 3 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
of Javanese Children‘s Literature | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Culture Javanese | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Stylistics Javanese | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Literary Theory | 2 | 42.86% | 14.29% | 42.86% | 100 % | |||||||||
Entrepreneurship | 2 | 33.33% | 50% | 16.67% | 100 % | |||||||||
Study of Old Manuscripts | 2 | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 9.09% | 36.36% | 27.27% | 99.99 % | ||||||
Javanese Language Semantics | 2 | 16.67% | 16.67% | 66.67% | 100 % | |||||||||
Philology II | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Lexicography | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Appreciation of Javanese Prose Javanese | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Phonology | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Development of Teaching Materials | 2 | 20% | 40% | 40% | 100 % | |||||||||
Javanese Journalism | 2 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
Javanese Traditions | 2 | 16.67% | 66.67% | 16.67% | 100 % | |||||||||
School Curriculum Review | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
The Art of Tembang Dolanan The Art | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
of Karawitan | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Research methods | 3 | 33.33% | 16.67% | 50% | 100 % | |||||||||
The Art of Tembang Macapat | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Javanese Language Syntax | 2 | 16.67% | 50% | 33.33% | 100 % | |||||||||
Basic Basics of Javanese Writing | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Old Javanese Literature | 2 | 25% | 25% | 50% | 100 % | |||||||||
Appreciation of Javanese Prose and Poetry Javanese | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Javanese Language Morphology Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Psychology Javanese Literature | 2 | 16.67% | 33.33% | 50% | 100 % | |||||||||
Song Art I | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Javanese Lexicography Javanese | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Sociology of Literature | 2 | 66.67% | 33.33% | 100 % | ||||||||||
Ii | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Philosophy of Science | 2 | 33.33% | 33.33% | 33.33% | 99.99 % | |||||||||
Javanese Syntax I Sanskrit Language | 2 | 50% | 50% | 100 % | ||||||||||
Analysis of the National Defense Program | 4 | 44.44% | 55.56% | 100 % |
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Javanese Language and Literature Education
Universitas Negeri Surabaya
Filosofis
Landasan filosofis pengembangan kurikulum lembaga pendidikan merupakan landasan yang berdasarkan filsafat terkait makna atau hakikat pendidikan. Beberapa filosofi dalam pengembangan kurikulum di antaranya perenialisme, esensialisme, eksperimentalisme, rekonstruksionisme, romantik naturalisme dan eksistensialisme perlu diakomodasi untuk menunjang pencapaian visi dan misi. Pengembangan kurikulum UNESA menganut filosofi eklektik, yaitu memperhatikan kelebihan dari landasan filosofi-filosofi yang sesuai (Akinsanya, 2014) untuk pencapaian visi UNESA sebagai universitas kependidikan yang tangguh, adaptif, dan inovatif yang berbasis kewirausahaan.
Sosiologis
Landasan sosiologis mengarahkan kajian pengembangan kurikulum dikaitkan dengan kondisi dan kebudayaan masyarakat setempat. Landasan ini digunakan karena mahasiswa berasal dari masyarakat, mendapatkan pendidikan dalam lingkungan masyarakat, dan diarahkan bagi kehidupan masyarakat pula. Perubahan dan perkembangan nilai yang ada di masyarakat akan mempengaruhi tatanan kehidupan bermasyarakat. Oleh karena itu, kurikulum harus dapat menjawab tantangan, tuntutan, dan perkembangan masyarakat baik lokal maupun global sebagai sasaran pengguna lulusan yang dihasilkan dari kurikulum yang dikembangkan.
Sebagai bagian dari masyarakat dan bangsa Indonesia, kurikulum UNESA dikembangkan berdasarkan kehidupan bermasyarakat di Indonesia yang berdasarkan Pancasila dengan pengamalan nilai yang terkandung di dalamnya. Indonesia juga merupakan bangsa yang besar dengan kemajemukan budaya, maka kurikulum ini perlu mengakomodasi hal tersebut untuk memperkuat budaya nasional. Perkembangan budaya dengan kearifan lokal tempat UNESA tumbuh dan berkembang menjadi ciri khas yang menampilkan karakteristik UNESA sebagai bagian dari kemajemukan masyarakat Indonesia yang luas. Di samping itu, kurikulum UNESA juga mempertimbangkan perkembangan masyarakat global sehingga para lulusannya diharapkan mampu untuk berkolaborasi dan berkompetisi di level internasional.
Psikologis
Landasan psikologis adalah landasan berdasarkan kondisi karakteristik pembelajaran (Slavin, 2006). Mengingat pentingnya aspek psikologis, pengembangan kurikulum perlu mengakomodasi kondisi peserta didik agar pembelajaran dapat mencapai tujuan yang diharapkan.
Mahasiswa UNESA secara psikologis berada pada tahap berpikir formal, tahap perkembangan moral yang pada umumnya telah mencapai pascakonvensional (Kohlberg & Gilligan, 2014), dan tahap perkembangan sosial yang telah mencapai usia remaja dengan karakteristik yang khas. Untuk itu, kurikulum UNESA yang dikembangkan perlu memperhatikan tahap-tahap perkembangan psikologi mahasiswa. Di samping itu, mahasiswa merupakan individu yang berada dalam proses perkembangan yang bersifat dinamis sesuai dengan karakteristik dan tingkat kematangannya. Oleh karena itu, pengembangan kurikulum UNESA perlu mencermati dinamika perkembangan tersebut untuk menghasilkan kurikulum yang membuat mahasiswa merasa nyaman dan terlayani untuk memperoleh hasil yang maksimal. Hal tersebut dapat diakomodasikan dalam bentuk implementasi kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan yakni pendalaman ilmu sebagai penguatan keilmuan dan kebebasan cara belajar sebagai bentuk penghargaan humanisasi dan demokratisasi belajar.
Melalui pendekatan pembelajaran heutagogy dan seamless learning, pengembangan kurikulum di UNESA akan dapat mendorong mahasiswa sebagai pebelajar dewasa yang bertanggungjawab secara mandiri terhadap proses pembelajaran yang dilakukan tanpa adanya pembatasan-pembatasan terhadap subjek, ruang dan waktu belajar melalui pemanfaatan transformasi digital sehingga mampu melaksanakan pembelajaran sepanjang hayat secara berkelanjutan.
Historis
Secara historis, pengembangan kurikulum UNESA berjalan searah dengan pengembangan lembaga yang diawali dari kursus guru B-I dan B-II pada tahun 1950-an, yang selanjutnya berkembang menjadi Akademi Pendidikan Guru hingga FKIP dan IKIP Surabaya. Pada perkembangan selanjutnya IKIP Surabaya berubah menjadi universitas sebagai perluasan mandat untuk mengembangkan program nonkependidikan di samping program kependidikan yang telah lama dilakukan. Dengan demikian pengembangan kurikulum
Kurikulum di UNESA mengalami perkembangan yang cukup dinamis. Perkembangan tersebut disesuaikan dengan kebutuhan dan aturan yang berlaku saat pengembangan kurikulum dilakukan. Misalnya ketika berlaku kurikulum bersifat nasional yang ditentukan oleh konsorsium pendidikan, kurikulum yang dihasilkan belum mengarah pada pencapaian visi dan misi UNESA. Ketika peraturan tentang pengembangan kurikulum berlaku, maka kurikulum mulai ditata sesuai dengan arah dan prosedur yang benar.
Berdasarkan landasan historis tersebut, proses pengembangan kurikulum perlu memperhatikan berbagai macam kelebihan dan kelemahan serta karakteristik kurikulum yang pernah dihasilkan dan dipergunakan. Hal ini perlu dijadikan landasan untuk menghasilkan kurikulum yang lebih baik dengan memperhatikan kondisi dan peraturan yang berlaku.
Yuridis
Pengembangan kurikulum dilakukan dengan mengacu pada landasan hukum yang berlaku agar kurikulum yang dihasilkan memiliki keabsahan untuk diberlakukan. Daftar acuan landasan hukum dalam pengembangan kurikulum UNESA ini disajikan pada Bab I bagian D.
Berdasarkan uraian di atas, kurikulum di UNESA dikembangkan dengan mempertimbangkan aspek-aspek, meliputi: visi, misi, dan tujuan UNESA, isu- isu terkait pengembangan sumber daya manusia dan perkembangan IPTEKS, serta landasan filosofis, sosiologis, psikologis, historis, dan yuridis.
Copyright © 2025 Sinau Digital UNESA All Rights Reserved