•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Instructor
Sifak Indana
 

My Profile

Nama
Dr. Sifak Indana, M.Pd.
NIDN
0018086802
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2024/2025 Gasal

(15 Reviews)

Pengembangan Bahan Ajar | 2023D

  • 16 Lessons

Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan

(15 Reviews)

Dasar-Dasar Pendidikan | 2024B

  • 16 Lessons

Membekali para calon guru dan atau guru dalam jabatan tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional,

(15 Reviews)

Dasar-Dasar Pendidikan | 2024F

  • 16 Lessons

Membekali para calon guru dan atau guru dalam jabatan tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional,

(15 Reviews)

Pembelajaran Inovatif | 2023B

  • 16 Lessons

Kajian tentang model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri

(15 Reviews)

Dasar-Dasar Pendidikan | 2024E

  • 16 Lessons

Membekali para calon guru dan atau guru dalam jabatan tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional,

(15 Reviews)

Pengembangan Pembelajaran Sains Terintegrasi | 2023A

  • 16 Lessons

Studi tentang pengintegrasian berbagai bidang, temuan, dan pembelajaran sains menjadi materi pembelajaran sains terintegrasi dengan serangkaian kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan ketiga aspek Kompetensi seperti

(15 Reviews)

Dasar-Dasar Pendidikan | 2024C

  • 16 Lessons

Membekali para calon guru dan atau guru dalam jabatan tentang konsep dasar pendidikan, hakikat manusia dan pengembangannya, landasan pendidikan, pendidikan sebagai sistem, sistem pendidikan nasional,

(15 Reviews)

Pengembangan Bahan Ajar | 2023C

  • 16 Lessons

Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan

(15 Reviews)

Pembelajaran Inovatif | 2023E

  • 16 Lessons

Kajian tentang model-model pembelajaran: kooperatif ( cooperative learning ) , pembelajaran berorientasi pendekatan saintifik seperti: pembelajaran berdasarkan masalah ( problem based learning ), pembelajaran inkuiri-diskoveri

(15 Reviews)

Pengembangan Bahan Ajar | 2023B

  • 16 Lessons

Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan

(15 Reviews)

Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2023H

  • 16 Lessons

Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi dan HoTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen,

(15 Reviews)

Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2023D

  • 16 Lessons

Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi dan HoTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen,

(15 Reviews)

Pengembangan Bahan Ajar | 2023A

  • 16 Lessons

Mata kuliah pengembangan bahan ajar merupakan mata kuliah yang dirancang untuk membantu mahasiswa mengembangkan kemampuan dalam mengembangkan bahan ajar. Mata kuliah ini akan memberikan pengetahuan

(15 Reviews)

Evaluasi Belajar dan Pembelajaran | 2023F

  • 16 Lessons

Kajian tentang pengertian, tujuan, fungsi, dan prinsip-prinsip asesmen, taksonomi hasil belajar kognitif, afektif, dan psikomotor, termasuk literasi dan HoTs, berbagai pendekatan, metode, dan strategi/teknik asesmen,

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi
2023/2024 Genap 1234502023 Asesmen Inovatif 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2023G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2023H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2023E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2023F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502273 MICROTEACHING 2021G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8410104194 Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP) 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8410104194 Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP) 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2022I Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2022D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2021B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2023F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2023G Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2023E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2023H Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 1234502001 Filsafat Ilmu 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2022U Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2022D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2022U Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2022B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2022D Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 1234502023 Asesmen Inovatif 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2022I Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502294 Kurikulum Sekolah 2022D Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8320302203 MICROTEACHING MB005 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8320102271 Pengembangan Bahan Ajar MB002 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8320102271 Pengembangan Bahan Ajar MB001 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8410104194 Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP) 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8410104194 Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP) 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8320702117 Perencanaan Pembelajaran MB001 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8320702117 Perencanaan Pembelajaran MB002 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2020U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2022D Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2022E Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 1234502001 Filsafat Ilmu 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420502294 Kurikulum Sekolah 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420502294 Kurikulum Sekolah 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420502294 Kurikulum Sekolah 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8410102228 Studi Lapangan (Internship) 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2018B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 1234502023 Asesmen Inovatif 2021A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502273 MICROTEACHING 2019F Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2020U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8410104194 Pengembangan Bahan Pembelajaran (PBP) 2021B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2020U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 4720103019 BIOLOGI UMUM 2021A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2021B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2021C Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2021A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 1234502001 Filsafat Ilmu 2021A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502294 Kurikulum Sekolah 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502294 Kurikulum Sekolah 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502294 Kurikulum Sekolah 2020U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2020U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420503293 Pembelajaran Inovatif 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2018A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2019B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502291 Pengembangan Bahan Ajar 2019U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2019B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420502290 Perencanaan Pembelajaran 2019U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8410102191 Studi Lapangan 2020B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420502273 MICROTEACHING 2018A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2019U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2019A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2019B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2019F Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8410103200 Pengembangan Bahan Pembelajaran 2020B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2018A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2018U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2018B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2019A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 4720103019 BIOLOGI UMUM 2020A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420502279 Dasar Kependidikan 2020B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2019B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2019U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2019A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2018B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2018U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8410103196 Pengembangan Pembelajaran Sains Terintegrasi 2020A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8410102191 Studi Lapangan 2019D Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420502097 FILSAFAT IPA 2019A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420502097 FILSAFAT IPA 2019U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420502097 FILSAFAT IPA 2019B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420502273 MICROTEACHING 2017C Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2018A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2018U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2018B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8410103200 Pengembangan Bahan Pembelajaran 2019B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2017A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2018A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2018U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2018A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR PENDIDIKAN 2019C Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8410102137 P P L 2018B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2017B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2017A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8410103196 Pengembangan Pembelajaran Sains Terintegrasi 2019A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502094 Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502094 Evaluasi dan Pengembangan Kurikulum 2016B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502095 Evolusi 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502095 Evolusi 2016U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502095 Evolusi 2016B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502097 FILSAFAT IPA 2018U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8612202032 Kajian dan Pengembangan Kurikulum SD 2018A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502273 MICROTEACHING 2016C Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 841010412419 P B P 2018B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2017B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2017A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif I 2017U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8410102131 Pengembangan Media Pembelajaran Sains 2018D Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2016B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2016U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420502207 Problematika dan Inovasi Pendidikan Biologi 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2017A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2017U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2017B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2017A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2017B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2017U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420403039 BIOLOGI UMUM 2018B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN 2018C Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 4620102064 EVOLUSI 2016D Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420502095 Evolusi 2015U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420502095 Evolusi 2015B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420502095 Evolusi 2015A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8612203046 Konsep Dasar IPA SD 2018C Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8410102137 P P L 2017B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8410102137 P P L 2017I Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2016U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2016B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420503179 Pembelajaran Inovatif II 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8410102181 Teori Belajar 2018B Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8420502097 FILSAFAT IPA 2017B Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8420502097 FILSAFAT IPA 2017A Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8612202032 Kajian dan Pengembangan Kurikulum SD 2017Q Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8612202032 Kajian dan Pengembangan Kurikulum SD 2017A Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8410104124 P B P 2017J Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8410104124 P B P 2017B Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8410102131 Pengembangan Media Pembelajaran Sains 2017I Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8410102131 Pengembangan Media Pembelajaran Sains 2017D Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2016B Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Ganjil 1000003042 Dasar - Dasar Kependidikan 2017C Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Ganjil 8410102181 Teori Belajar 2017C Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Ganjil 8410102181 Teori Belajar 2017B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420502010 Alternative Assessment 2014A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420502028 ASSESMEN ALTERNATIF 2014B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420502028 ASSESMEN ALTERNATIF 2014A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420502052 BIOLOGI SEKOLAH 2014A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420502052 BIOLOGI SEKOLAH 2014B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420502075 BIOLOGY FOR PRECOLLEGE 2014A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif 1 2015B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif 1 2015A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503177 Pembelajaran Inovatif 1 2015C Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420504178 PEMBELAJARAN INOVATIF I 2014A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420502186 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN I 2014B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420502186 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN I 2014A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2015C Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2015A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503251 Telaah Kurikulum Sekolah 2015B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503252 Teori Belajar 2016C Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503252 Teori Belajar 2016B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Genap 8420503252 Teori Belajar 2016A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2015C Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2015B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 8420503027 Asesmen Proses dan Hasil Belajar 2015A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 4720103019 BIOLOGI UMUM 2016B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN 2015C Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN 2012A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN 2016C Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN 2015A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN 2016A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN 2016B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 1000003006 DASAR-DASAR KEPENDIDIKAN 2015B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 8420502095 EVOLUSI 2013B Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 8420502095 EVOLUSI 2013A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 8420502096 EVOLUTION 2013A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 8420502125 Instructional Design 2013A Universitas Negeri Surabaya
2016/2017 Ganjil 8420502125 Instructional Design 2013B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420502010 Alternative Assessment Unggu Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420502028 ASSESMEN ALTERNATIF A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420502028 ASSESMEN ALTERNATIF B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420502052 BIOLOGI SEKOLAH A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420502052 BIOLOGI SEKOLAH B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420502075 BIOLOGY FOR PRECOLLEGE Unggu Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420202159 Development of Instructional Materials I A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420202159 Development of Instructional Materials I B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 4620102064 EVOLUSI BIO20 Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420504144 Learning Innovation II Unggu Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420504180 PEMBELAJARAN INOVATIF II A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420504180 PEMBELAJARAN INOVATIF II B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420503252 Teori Belajar B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420503252 Teori Belajar A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Genap 8420503252 Teori Belajar Unggu Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420504023 ASESMEN B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420504023 ASESMEN A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420504029 ASSESSMENT Unggu Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 20324204 EVOLUSI B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 20324204 EVOLUSI A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 76424205 EVOLUTION Inter Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 90424401 Inovative of Learning I Unggu Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420502246 Instructional Design II Inter Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420504178 PEMBELAJARAN INOVATIF I A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420504178 PEMBELAJARAN INOVATIF I B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420502125 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN II B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420502125 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN II A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 20324223 Assesmen Alternatif A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 20324223 Assesmen Alternatif B Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 20424204 BIOLOGI SEKOLAH B Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 20424204 BIOLOGI SEKOLAH A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 76424209 Curriculum Analysis INTER Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 8420504124 Inovative of Learning II Unggu Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 76424314 Learning Theory Unggu Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 90420406 PEMBELAJARAN INOVATIF II B Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 90420406 PEMBELAJARAN INOVATIF II A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 90420207 Pengembangan Perangkat Pembel.I B Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 90420207 Pengembangan Perangkat Pembel.I A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 93420305 TEORI BELAJAR B Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 93420305 TEORI BELAJAR A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 93420409 ASESMEN B Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 93420409 ASESMEN A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 93320307 BIOLOGI UMUM PKA14 Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 93320307 BIOLOGI UMUM PKB14 Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 93320307 BIOLOGI UMUM KB14 Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 93320307 BIOLOGI UMUM KA14 Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 76424312 Learner Development Unggu Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 93420301 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Ganjil 93420301 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK B Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 20424204 BIOLOGI SEKOLAH 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 20424204 BIOLOGI SEKOLAH 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 8420502075 BIOLOGY FOR PRECOLLEGE 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 20324204 EVOLUSI 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 20324204 EVOLUSI 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 90210202 Ilmu Alamiah Dasar (IAD) 3 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 90210202 Ilmu Alamiah Dasar (IAD) 4 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 8420504124 Inovative of Learning II 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 90420406 PEMBELAJARAN INOVATIF II 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 90420406 PEMBELAJARAN INOVATIF II 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 90420207 Pengembangan Perangkat Pembel.I 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 90420207 Pengembangan Perangkat Pembel.I 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 93320307 BIOLOGI UMUM 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 8420303029 BIOLOGI UMUM 2013P Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 93320307 BIOLOGI UMUM 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 4720103019 BIOLOGI UMUM 2013P Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 8420504123 INOVATIVE OF LEARNING I 2013P Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 90520201 PPL I 01 Universitas Negeri Surabaya
2007/2008 Genap 93420402 MKPBM II 02 Universitas Negeri Surabaya
2006/2007 Genap 8420503232 STRUKTUR & PERKEMB.TUMBUHAN II 01 Universitas Negeri Surabaya
2006/2007 Ganjil 8420503196 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK 02 Universitas Negeri Surabaya
2005/2006 Genap 8420504253 TEORI BELAJAR 02 Universitas Negeri Surabaya
2004/2005 Genap 8420504180 MKPBM II 01 Universitas Negeri Surabaya
2003/2004 Ganjil 93420301 PERKEMBANGAN PESERTA DIDIK 01 Universitas Negeri Surabaya
2002/2003 Ganjil 93420403 MKPBM III 01 Universitas Negeri Surabaya

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2024 Optimizing Scientific Literacy: A Comprehensive Examination of the Effectiveness of Problem-Based Learning International Journal of Current Educational Research 3 (1), 17-28
2. 2024 Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Mahasiswa (LKM) Berbasis Case Study Untuk Melatih Kemampuan Memecahkan Masalah Pada Mahasiswa Briliant: Jurnal Riset dan Konseptual 9 (2), 253-260
3. 2024 Performance parameters of standard salt concentration sensitivity and linearity in Refractometers and Genesys 30 Spectrometer UV-Vis E3S Web of Conferences 513, 03006
4. 2024 Pengembangan Media Pembelajaran Prezi pada Materi Kingdom Plantae untuk Meningkatkan Hasil Belajar dalam Kurikulum Merdeka Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 13 (1), 55-65
5. 2023 The Development of E-Worksheet Integrated With Virtual Laboratory to Train Student’s Scientific Literacy Skills on Blood Circulatory System Topic Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 12 (1), 099-109
6. 2023 Pengembangan Flipbook Berbasis Literasi Sains Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Materi Metabolisme Sel Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 12 (1), 016-031
7. 2023 E-Module Based on Blended Learning Type Flipped Classroom on Climate Change Materials to Train Students' Digital Literacy Ability International Journal of Current Educational Research 2 (1), 1-16
8. 2023 Validity of Inquiry-Based Textbooks on Scientific Literacy Skills IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 457-468
9. 2023 Profile of Student’s Critical Thinking Skills and The Effectiveness of Problem-Based Learning Models Assisted by Digital Worksheet in Science Learning on Motion and Force Materials IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 481-496
10. 2023 The Development of an E-book Based on Local Wisdom Around Bromo Tengger Semeru National Park to Train High School Students' Creative Thinking Skill IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (6), 732-745
11. 2023 Identify Student’s Scientific Reasoning Skill in Straight Motion Material International Journal of Current Educational Research 2 (1), 39-47
12. 2022 The Development of E-Book Based on Multiple Intelligence to Train Critical Thinking Skill on Cell Division Topic Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11 (1), 155-164
13. 2022 Analisis Kategori Indikator Literasi Sains Pada Materi Sel dalam Buku Pegangan Siswa Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11 (1), 148-154
14. 2022 Profil Miskonsepsi Siswa pada Materi Protista Menggunakan Four Tier Test Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11 (1), 60-67
15. 2022 Income Generating Mapping of FMIPA Unesa SHS Web of Conferences 149, 03016
17. 2022 Profile of the implementation of discovey learning model in science learning IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3 (1), 71-87
18. 2022 Profile of blended learning implementation in learning activities IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3 (1), 45-60
19. 2022 Pengembangan E-LKPD Berbasis KWL (Know-Want-Learned) Materi Substansi Genetik untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Peserta Didik Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11 (2), 481-491
20. 2022 Pengembangan E-Modul Berbasis QR-Code untuk Melatihkankemampuan Literasi Digital Siswa pada Materi Perubahan lingkungan Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11 (2), 457-468
22. 2022 Profile of electronic and digital media learning implementation during 2018-2022 IJORER: International Journal of Recent Educational Research 3 (3), 354-363
23. 2022 Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis QR Code untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa Kelas X SMA pada Materi Ekosistem Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 11 (3), 712-721
24. 2022 Teacher literacy skills through minimum competency assessment training Journal of Community Service and Empowerment 3 (2), 93-102
25. 2022 Pelatihan Pembelajaran Dan Penilaian Higher Order Thinking Skills (HOTS) dan Literasi Sains Bagi Guru IPA SMP Jurnal Pemberdayaan Masyarakat 1 (2), 78-83
26. 2022 THE EFFECTIVENESS OF SOCIO-SCIENTIFIC ISUES-BASED ELECTRONIC STUDENT WORKSHEET TO IMPROVE CRITICAL THINKING SKILLS FOR CLASS VII STUDENTS JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA) 7 (2), 60-66
27. 2022 The analysis effectiveness of guided inquiry implementation to improve students’ science process skills IJORER: International Journal Of Recent Educational Research 3 (6), 672-687
28. 2022 PKM PEMBERDAYAAN PROGRESIF SCIENCE AND INNOVATION DAN MANAJEMEN INTERNATIONAL COMPETITION BAGI SANTRI DAN GURU SMA PROGRESIF BUMI SHALAWAT Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 7 (2), 204-211
29. 2021 Validitas dan Reliabilitas Tes Elektronik (E-Test) Materi Ekosistem untuk Mengukur Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (1), 171-176
30. 2021 Validitas Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Materi Keanekaragaman Hayati untuk Melatihkan Keterampilan Literasi Sains Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (1), 12-19
31. 2021 Analisis Penerapan Metode Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray pada Materi Sistem Ekskresi terhadap Ketuntasan Hasil Belajar Siswa SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (1), 206-212
32. 2021 Validitas Lkpd Berbasis Pjbl Pada Materi Klasifikasi Tumbuhan Spermatophyta Untuk Melatih Ketrampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Sma Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 10 (2), 250-256
33. 2021 Efektifitas perangkat pembelajaran IPA berorientasi model inkuiri untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif siswa JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 10 (2), 2005-2015
34. 2021 Validity and Practically of Learning Resources Flipbook Identification of Basidiomycota Mushrooms for Senior High School Students IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (6), 709-720
35. 2021 Contextual Based Learning Media Development to Train Creative Thinking Skill in Primary School IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (4), 468-476
36. 2021 Science literacy profile of junior high school students based on knowledge, competence, cognitive, and context aspects IJORER: International Journal of Recent Educational Research 2 (3), 329-341
37. 2021 FLIPPED CLASSROOM TO FIND AND STUDY JOURNALS AS WELL AS IMPROVING SCIENTIFIC LITERACY IN MIDDLE STUDENTS JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 10 (2), 1960-1967
38. 2021 The development of integrated textbook cooperative learning model to improve learning outcomes and practice literation skills Journal of Physics: Conference Series 1899 (1), 012169
39. 2021 BUSINESS PLAN DEVELOPMENT FOR SCIENTISTS: CASE STUDY TSUNAMI WARNING. Science of Tsunami Hazards 40 (3)
40. 2021 DEVELOPMENT OF RESEARCH ROADMAP OF THE EXCELLENCE FIELD OF SCIENCE UNESA: TSUNAMI SCIENCE. Science of Tsunami Hazards 40 (1)
41. 2020 Validitas dan keefektifan lembar kegiatan siswa (LKS) berbasis contextual teaching and learning (CTL) pada materi psikotropika untuk melatihkan kemampuan literasi sains siswa sma Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9 (1), 26-32
42. 2020 Modeling Learning for Teachers to Manage On-line Learning MISEIC 2020
43. 2020 Penggunaan MEDIA Teka Teki Silang (Tts) Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Swasta Karanu Waikabubak Sumba Barat Pada Materi Invertebrata Jurnal Education and Development 8 (3), 809-809
44. 2020 Validitas LKPD Pertumbuhan dan Perkembangan Tumbuhan Berbasis Guided Discovery untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas XII SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 9 (3), 545-552
45. 2020 Development of Problem-Based Learning Student Worksheets to Facilitate Students’ Problem Solving Skills Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6 (2), 162-165
46. 2020 Effectiveness of Learning Material by ICT-Based Guided Inquiry Model to Train Critical Thinking Skill and Science Literacy Proceedings of the 7th Mathematics, Science, and Computer Science Education …
48. 2020 Filantropi Sembako Untuk Masyarakat Terdampak Covid-19 Jurnal Abdimas Bela Negara 1 (2), 64-77
49. 2019 Keefektifan lembar kegiatan peserta didik (lkpd) berbasis bioentrepreneurship pada materi bioteknologi konvensional untuk melatihkan keterampilan berpikir kreatif Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 8 (2)
50. 2019 VALIDITAS LEMBAR KEGIATAN PESERTA DIDIK (LKPD)-BERBASISiPROBLEMiBASED LEARNINGl (PBL) PADAlMATERI PERUBAHAN LINGKUNGANlUNTUKlMELATIHKAN KETERAMPILANlLITERASIlSAINS Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 8 (2)
51. 2019 Effectiveness of P3E Learning Model With Contextual Approach to Train Critical Thinking Skills of Elementary School Students on Science Lessons International Journal of Innovative Science and Research Technology 4 (8), 7
52. 2019 VALIDITY OF STUDENT WORKSHEET BASED GUIDED DISCOVERY ON ECOSYSTEM MATERIAL TO TRAIN STUDENT SCIENCE LITERACY FOR SENIOR HIGH SCHOOL GRADE 10th Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 8 (3)
53. 2019 THE VALIDITY OF STUDENT WORK SHEETS BASED ON CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) IN ENVIRONMENTAL CHANGE MATERIAL TO TRAIN SCIENTIFIC LITERACY SKILLS Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 8 (3)
54. 2019 FEASIBILITY OF SCHOOLOGY-BASED BLENDED LEARNING MEDIA IN RESPIRATORY SYSTEM OF XI GRADE TO TRAIN SCIENTIFIC LITERACY SKILL Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 8 (3)
55. 2019 KESULITAN GURU DALAM PEMBELAJARAN IPA DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENCAPAI MEANINGFUL LEARNING PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS
56. 2019 Developing Instructional Video to EnhanceBiology Pre-Service Teachers’ Metacognitive Skills Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference …
57. 2019 The Development of Student Worksheets (LKPD) in Learning Science through Group Investigation Learning to Train Critical Thinking Skills of Junior High School Students Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference …
58. 2019 Competency profile of junior high school teachers in developing high-level science thinking questions International Conference on Education, Science and Technology, 286-291
59. 2019 DEVELOPMENT OF ASSESSMENT MODEL FOR THEMATIC LEARNING ICEAP 2019, 124-136
60. 2019 Pengembangan modul berstrategi sq3r materi sistem pencernaan manusia Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 8 (1)
61. 2019 Enabling Indonesian Pre-Service Teachers to Design Biology Learning Tools Using Metacognitive Strategy Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 8 (3), 391-397
62. 2018 Keefektifan Lks Precise Card Book untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP pada Materi Fotosintesis PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 6 (01)
63. 2018 THE DEVELOPMENT OF AN AUTHENTHIC INSTRUMENT FOR TO THE MATTER ENVIRONMENTAL CHANGES CLASS X HIGH SCHOOL IN ORDER TO STUDY RESULTS STUDENTS Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (1), 50-55
64. 2018 Pengembangan Handout Perkuliahan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Keterampilan Merencanakan Pembelajaran Bagi Mahasiswa Jurnal Pendidikan Biologi 9 (2), 71-79
65. 2018 Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis guided discovery pada materi fotosintesis untuk melatih keterampilan berpikir kritis Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (2), 388-394
66. 2018 the Validity and Practicality of E-Book Flipbook-Based on Tissues Structure and Organ Function of Plant in 11Th Grades High School Material Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (2), 441-449
67. 2018 PENGEMBANGAN INSTRUMEN TES MISKONSEPSI SISWA MENGGUNAKAN KOMBINASI THREE-TIER TEST DAN CERTAINTY OF RESPONSE INDEX PADA MATERI KINGDOM ANIMALIA KELAS X SMAPENGEMBANGAN … Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (2), 119-128
68. 2018 Validitas dan Kepraktisan LKPD Literasi Sains Pada Materi Jamur Untuk Melatihkan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 7 (2), 177-186
69. 2018 Pengembangan Instrumen Penilaian Akhir Semester (PAS) Mata Pelajaran Biologi pada Kelas X Di MAN Sidoarjo BioEdu 7 (2), 298 - 303
70. 2018 Profile of Scientific Literacy Skills in Junior High School One Roof Mathematics, Informatics, Science, and Education International Conference …
71. 2018 Profile Of Science Literacy Skills In SMPN Satu Atap Kenduruan MISEIC 2018
72. 2018 Membangun keterampilan berpikir kreatif siswa melalui pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3 (1), 15-20
73. 2018 Development of biology student worksheets to facilitate science process skills of student IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 296 (1), 012044
74. 2018 Two Problem Solving Cycles to Achieve Learning Outcomes of Thinking Skills and Plant Anatomy Concept Mastery Jurnal Pendidikan IPA Indonesia 7 (3), 312-321
75. 2017 Perangkat pembelajaran IPA berbasis inkuiri terbimbing dengan tugas proyek materi sistem ekskresi untuk menuntaskan hasil belajar siswa SMP Jurnal IPA & Pembelajaran IPA 1 (1), 81-97
76. 2017 Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berbasis guided discovery untuk menuntaskan hasil belajar siswa pada materi sistem peredaran darah manusia JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA) 1 (1), 98-112
77. 2017 Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Berbasis Pendekatan Saintifik untuk Menuntaskan Hasil Belajar Siswa Pokok Bahasan Sistem Gerak Manusia di SMP JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 7 (1), 1386-1396
78. 2017 MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMA MENGGUNAKAN LKS BERBASIS PROYEK MEDAN LISTRIK DC PADA DORMANSI DAN GERMINASI Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Dan Sains 1 (2)
79. 2017 Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dengan pendekatan spices continuing terhadap keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar siswa SMP Jurnal penelitian pendidikan IPA 2 (2), 58-65
80. 2017 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif: Teknik Kancing Gemerincing pada Materi Ekosistem Kelas X SMA Negeri 4 Sidoarjo Hikmah: Journal of Islamic Studies 13 (1), 21-35
81. 2017 The Effectiveness of an In Science Learning Based on STEM (Science, Technology, Engineering and Mathematics) through Guided Inquiry MISEIC 2017
82. 2017 Improving Understanding of Science Concept of Junior High School Students Through Cooperative Learning of STAD Type Using Plant Fruit Muntingia calabura L. MISEIC 2017
83. 2017 Application Of Learning NHT Type Cooperative Learning Models With SPICES Continuing Approach To Skill Think About Critical And Student Learning Result MISEIC 2017
84. 2017 Pengembangan Flashcard pada Materi Sistem Gerak Manusia untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Kelas VIII SMP Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 5 (03)
85. 2017 Developing Biology based Monopoly Game as Media to Enhance Students' Learning Outcome and Social Ability Social Sciences, Humanities and Economics Conference (SoSHEC 2017), 218-222
86. 2017 Kepraktisan dan Efektivitas Lks Berbasis Inkuiri untuk Melatihkan Literasi Sains pada Materi Sistem Pernapasan di Kelas XI BioEdu 6 (1)
88. 2016 Validitas Kartu Make a Match Pada Materi Sel Kelas XI SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 5 (2)
89. 2016 Pengembangan Bahan Ajar Komik pada Materi Sistem Transportasi Makhluk Hidup untuk Menumbuhkan Minat Baca dan Meningkatkan Hasil Belajar JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1090-1099
90. 2016 Penerapan Lks Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Ekosistem untuk Mencapai Ketuntasan Hasil Belajar Siswa Kelas X di Ma Fathul Hidayah Lamongan Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 5 (3)
91. 2016 Pengembangan perangkat pembelajaran IPA model inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa SMP JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1255-1264
92. 2016 Pengembangan Lks Pengamatan dengan Pendekatan Saintifik (5m) pada Materi Superkelas Pisces untuk Pembelajaran Biologi Kelas X BioEdu 5 (2), 81-88
93. 2016 Validitas dan Keterlaksanaan LKS Guided Discovery untuk Menunjang Pelaksanaan Pendekatan Saintifik Materi Sistem Indera Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 5 (1)
94. 2016 Modul Pengayaan Berstrategi Pq4r pada Materi Pemanansan Global PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (02)
95. 2016 Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa Berbasis Penemuan Terbimbing pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Kelas XI SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 5 (3)
96. 2016 KELAYAKAN INSTRUMEN PENILAIAN ALTERNATIF UNTUK MENGUKUR KOMPETENSI KETERAMPILAN SISWA PADA MATERI BIOLOGI KELAS X BioEdu 5 (3)
97. 2016 Model Pembelajaran Aktif (Active Learning) Untuk Melatihkan Keterampilan Komunikasi Siswa Pada Materi Ekosistem Di Smpn 32 Surabaya PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 4 (02)
98. 2016 Validitas Perangkat Pembelajaran Berbasis Literasi Sains Pada Materi Virus Kelas X SMA Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 5 (3)
99. 2016 Kelayakan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Keanekaragaman Fungi Berbasis HOTS (High Order Thinking Skills) dengan Memanfaatkan Berbagai Media Fungi untuk Siswa SMA Kelas X Secara … Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 5 (3)
100. 2016 Kelayakan Teoritis Lks Berbasis Pendekatan Saintifik Submateri Tumbuhan Paku untuk Melatihkan Keterampilan Proses Siswa Kelas X BioEdu 5 (1), 247688
101. 2016 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) Terintegrasi Pendidikan Kecakapan Hidup Materi Bioteknologi Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 5 (3)
102. 2015 Pengembangan perangkat pembelajaran ipa berbasis inkuiri terbimbing untuk menumbuhkan minat dan hasil belajar siswa SMPN satu atap JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 5 (1), 867-873
104. 2015 Kelayakan Teoretis LKS Invertebrata Tanah dengan Pendekatan Ilmiah pada Materi Dunia Hewan Kelas X Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 4 (1)
105. 2015 Pengembangan Buku Ajar Berorientasi Problem Solving Learning Materi Hereditas pada Manusia Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 4 (1)
106. 2015 Pengembangan Media Torso pada Materi Eubacteria untuk Kelas X Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 4 (1)
107. 2015 Validitas Lks Berbasis Pendekatan Keterampilan Proses pada Materi Ekosistem Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 4 (2)
108. 2014 PROBLEM BASED LEARNINGSEBAGAI STRATEGI PENGEMBANGAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PADA KONSEP BAKTERI Jurnal Pendidikan Biologi 2 (2)
109. 2014 Validitas LKS berbasis model learning cycle 5-E pada materi sistem pencernaan Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 3 (3)
110. 2014 Kelayakan teoritis LKS project based learning (PjBL) penggunaan bahan alternatif produk bioteknologi konvensional Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 3 (3)
111. 2014 Validitas Lks Berbasis Strategi Pembelajaran Inkuiri pada Materi Pengolahan Limbah Kelas X Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 3 (3)
112. 2014 Analisis kesesuaian kegiatan pembelajaran pendekatan saintifik dengan tujuan pembelajaran di SMAN Mojokerto Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 3 (3)
113. 2014 Validitas lks berorientasi project based learning pada materi keanekaragaman hayati kelas X Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 3 (3)
114. 2014 Pengembangan lembar kegiatan siswa berbasis problem based learning (PBL) pada materi sistem pencernaan manusia di SMA kelas XI Bioedu Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi 3 (3), 571-579
115. 2014 Efektivitas Penerapan LKS Berorientasi Guided Discovery Materi Pteridophyta Kelas X SMAN 1 Dawarblandong Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan 3 (3)
116. 2014 Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa dengan Pendekatan Strategi Penemuan Konsep pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X SMA BioEdu 3 (1), 243863
118. 2013 Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berorientasi Guided Discovery Pada Pokok Bahasan Mutasi BioEdu 2 (3), 203-206
119. 2012 Profil media pembelajaran interaktif berbasis komputer pada materi sistem peredaran darah manusia Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu) 1 (2), 1-4
120. 2009 Efektivitas Perangkat Pembelajaran Virus Dengan Strategi Metakognitif Terhadap Perolehan Kognitif Siswa SMA Kelas X Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan dan Penerapan MIPA …