Mata kuliah ini berisi pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang mata kuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi: pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai individu, pendekatan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus. Perkuliahan menggunakan metode case method, problem based learning dan diskusi kelompok. Penilaian dilakukan dengan menilai partisipasi dan tugas berdasarkan rubrik penilaian. Adapun materi yang dikaji adalah:
1. Hakekat BK untuk ABK
2. Karakteristik ABK
3. Peran, fungsi serta tanggung jawab Konselor di Sekolah Inklusif
4. Pendekatan dalam konseling ABK
5. Teknik Konseling Individual untuk ABK
6. Teknik Konseling Kelompok untuk ABK
7. Rancangan program bimbingan dan konseling untuk ABK
8. Pengembangan Modul Layanan Bimbingan dan Konseling
9. Implementasi Layanan Konseling di sekolah Inklusi
10. Evaluasi Program BK untuk ABK
11. Etika dalam Konseling ABK
12. Kolaborasi dengan orangtua dan guru
13. Layanan BK untuk ABK dengan hambatan tertentu
14. Studi kasus dan presentasi program BK untuk ABK