|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Anak Berkebutuhan Khusus |
8620102239 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=1 |
P=1 |
ECTS=3.18 |
3 |
23 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd.,M.Pd
|
Dr. Asieline Wahyu Triardyanti, MM
|
Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Project Based Learning |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-4 |
Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi. |
PLO-7 |
Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan permasalahan |
PLO-8 |
Mampu mengaplikasikan prinsip pertumbuhan dan perkembangan individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling |
PLO-9 |
Mampu merancang, menerapkan dan memanfaatkan hasil asesmen kebutuhan untuk layanan bimbingan dan konseling |
PLO-10 |
Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mampu menjelaskan konsep dasar permasalahan anak berkebutuhan khusus
|
PO - 2 |
Mampu membuat keputusan tentang konsep dan teori dalam ruang lingkup bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang relevan untuk menyelesaikan kasus pembelajaran bagi ABK untuk kesulitan belajar tertentu di kelas.
|
PO - 3 |
Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-4 | PLO-7 | PLO-8 | PLO-9 | PLO-10 | PO-1 | | ✔ | | | | PO-2 | | | ✔ | | | PO-3 | ✔ | | | | |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | ✔ | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini berisi pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang mata kuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi: pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai individu, pendekatan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus. Perkuliahan menggunakan metode case method, problem based learning dan diskusi kelompok. Penilaian dilakukan dengan menilai partisipasi dan tugas berdasarkan rubrik penilaian. Adapun materi yang dikaji adalah:
1. Hakekat BK untuk ABK
2. Karakteristik ABK
3. Peran, fungsi serta tanggung jawab Konselor di Sekolah Inklusif
4. Pendekatan dalam konseling ABK
5. Teknik Konseling Individual untuk ABK
6. Teknik Konseling Kelompok untuk ABK
7. Rancangan program bimbingan dan konseling untuk ABK
8. Pengembangan Modul Layanan Bimbingan dan Konseling
9. Implementasi Layanan Konseling di sekolah Inklusi
10. Evaluasi Program BK untuk ABK
11. Etika dalam Konseling ABK
12. Kolaborasi dengan orangtua dan guru
13. Layanan BK untuk ABK dengan hambatan tertentu
14. Studi kasus dan presentasi program BK untuk ABK |
Pustaka
|
Utama : |
|
- 1.Hallahan dan Kauffman. 1986. Exceptional Children Introduction to Special Education. New York: Prentice-Hall International Inc 21.
- 6. Winkel, W.S. & Hastuti, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi66
- 7.Corey, Gerald. 1991. Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy (Fourth Edition). California: Brooks/Cole Publishing Company
- 2. Smith, T.E.C., Polloway, E.A., Patton, J.R., & Dowdy, C.A. (2020): o Teaching Students with Special Needs in Inclusive Settings (6th edition) This text is focused on teaching students with disabilities within general education settings, promoting inclusive practices in education
- 3. Gargiulo, R.M. (2020): o Special Education in Contemporary Society: An Introduction to Exceptionality (7th edition)
- 4. Friend, M., & Bursuck, W.D. (2019): o Including Students with Special Needs: A Practical Guide for Classroom Teachers (8th edition
- 5. Salend, S.J. (2016): o Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practices (8th edition
- 6. Mitchell, D. (2020): o What Really Works in Special and Inclusive Education: Using Evidence-Based Teaching Strategies (3rd edition)
- 7. Corey, G. (2016): o Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th edition)
- 8. Thompson, R.A. (2016): o Counseling Techniques: Improving Relationships with Others, Ourselves, Our Families, and Our Environment
- 9. Rogers, C. (2004): o On Becoming a Person: A Therapist's View of Psychotherapy
- 10. Kottler, J.A. (2017): • On Being On Terrapist (5th edition)
- 11. Gladding, S.T. (2018): • Counseling: A Comprehensive Profession (8th edition)
- 12. Seligman, L., & Reichenberg, L.W. (2021): • Theories of Counseling and Psychotherapy: Systems, Strategies, and Skills (5th edition
- 13. Myrick, R.D. (2011): • Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach
- 14. Erford, B.T. (2017): • Transforming the School Counseling Profession (5th edition
- 15. Schmidt, J.J. (2014): • Counseling in Schools: Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students
- 16. Zunker, V.G. (2012): • Career Counseling: A Holistic Approach (9th edition)
- 17. Salvia, J., & Ysseldyke, J.E. (2013): • Assessment in Special and Inclusive Education (12th edition)
- 18. Heward, W.L. (2013): • Exceptional Children: An Introduction to Special Education (10th edition)
- 19. Lewis, R.B., & Doorlag, D.H. (2011): • Teaching Special Students in General Education Classrooms (8th edition)
- 20. Erford, B.T. (2015): • 40 Techniques Every Counselor Should Know (3rd edition)
- 21. Remley, T.P., & Herlihy, B. (2016): • Ethical, Legal, and Professional Issues in Counseling (5th edition)
- 22. Epstein, J.L. (2018): • School, Family, and Community Partnerships: Your Handbook for Action (4th edition)
- 23. Turnbull, R., et al.: • Exceptional Lives: Special Education in Today's Schools
- 24. Cummings, J., & Baxter, A. (2017): • Special Education: A Reference Handbook
|
Pendukung : |
|
- 1. E.P. Sartinah, 2019, Buku Panduan Guru dalam Bimbingan Pribadi Sosial dengan Teknik Roel Playing untuk Meningkatkan interaksi Sosial anak Auitis di SD Inklusi, Jurnal Konvensi Bimbingan dan Konseling XX1
|
Dosen Pengampu
|
Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd. Dr. Asieline Wahyu Tri Ardyanti, M.M. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Mahasiswa menjelaskan Pengantar BK untuk ABK |
Mahasiswa mampu menjelaskan definisi, konsep dasar, dan jenis-jenis ABK |
Kriteria:
- Rubrik :
- Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Dosen melakukan apersepsi dengan cara menanyakan pemahaman mahasiswa tentang ABK 2 X 50 |
Daring 2 X 50 |
Materi: hakekat ABK Pustaka: 1.Hallahan dan Kauffman. 1986. Exceptional Children Introduction to Special Education. New York: Prentice-Hall International Inc 21. Materi: Definisi, konsep-konsep, dan jenis-jenis ABK Pustaka: 2. Smith, T.E.C., Polloway, E.A., Patton, J.R., & Dowdy, C.A. (2020): o Teaching Students with Special Needs in Inclusive Settings (6th edition) This text is focused on teaching students with disabilities within general education settings, promoting inclusive practices in education |
5% |
2
Minggu ke 2 |
Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus |
Mahasiswa melakukan identifikasi dan Asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) |
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio |
Dosen melakukan apersepsi dengan cara menanyakan pemahaman mahasiswa tentang ABK 2 X 50 |
Daring 2 x 50 |
Materi: Karakteristik ABK Pustaka: 3. Gargiulo, R.M. (2020): o Special Education in Contemporary Society: An Introduction to Exceptionality (7th edition) Materi: Karakteristik ABK Pustaka: 4. Friend, M., & Bursuck, W.D. (2019): o Including Students with Special Needs: A Practical Guide for Classroom Teachers (8th edition |
5% |
3
Minggu ke 3 |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi peran, fungsi, serta tanggung jawab konselor di sekolah inklusif |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab konselor |
Kriteria:
- Rubrik :
- Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Melakukan presentasi dan sesi diskusi melalui studi kasus 2x50 |
|
Materi: Peran, Fungsi, serta Tanggung Jawab Konselor di Sekolah Inklusif Pustaka: 5. Salend, S.J. (2016): o Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practices (8th edition Materi: Peran, Fungsi, serta Tanggung Jawab Konselor di Sekolah Inklusif Pustaka: 6. Mitchell, D. (2020): o What Really Works in Special and Inclusive Education: Using Evidence-Based Teaching Strategies (3rd edition) |
5% |
4
Minggu ke 4 |
Mahasiswa mengidentifikasi pendekatan dalam konseling ABK |
Mahasiswa mampu memahami pendekatan humanistic, behavioristik, dan eklektik |
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Diskusi, Simulasi 2x50 |
|
Materi: Pendekatan dalam Konseling Pustaka: 7. Corey, G. (2016): o Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th edition) Materi: Pendekatan dalam Konseling Pustaka: 8. Thompson, R.A. (2016): o Counseling Techniques: Improving Relationships with Others, Ourselves, Our Families, and Our Environment |
5% |
5
Minggu ke 5 |
Mahasiswa memahami dan mengimplementasikan teknik konseling individual untuk ABK |
Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan strategi konseling berdasarkan jenis kebutuhan |
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Role play, Simulasi 2x50 |
|
Materi: Teknik Konseling Individual Pustaka: 9. Rogers, C. (2004): o On Becoming a Person: A Therapist's View of Psychotherapy Materi: Teknik Konseling Individual Pustaka: 10. Kottler, J.A. (2017): • On Being On Terrapist (5th edition) |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mahasiswa memahami dan mengimplementasikan teknik konseling kelompok untuk ABK |
Mahasiswa dapat mengimplementasikan konseling kelompok |
Kriteria:
- Rubrik :
- Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab
Bentuk Penilaian : Praktik / Unjuk Kerja |
Ceramah, Simulasi 2x50 |
Daring 2 X 50 |
Materi: Teknik Konseling kelompok Pustaka: 11. Gladding, S.T. (2018): • Counseling: A Comprehensive Profession (8th edition) |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mahasiswa mampu merancang program bimbingan dan konseling untuk ABK |
Mahasiswa mampu mengembangkan program berdasarkan kondisi dan kebutuhan individu |
Kriteria:
- Rubrik :
- Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab
Bentuk Penilaian : Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Workshop, Penyusunan Program 2x50 |
Daring 2 X 50 |
Materi: Pengembangan program bk Pustaka: 13. Myrick, R.D. (2011): • Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach Materi: Pengembangan program bk Pustaka: 14. Erford, B.T. (2017): • Transforming the School Counseling Profession (5th edition |
5% |
8
Minggu ke 8 |
UTS |
UTS |
Kriteria:
UTS Bentuk Penilaian : Tes |
UTS
|
|
|
10% |
9
Minggu ke 9 |
Mahasiswa mampu melakukan pengembangan modul layanan bimbingan dan konseling |
Mahasiswa mampu melakukan penyusunan modul konseling ABK |
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Workshop, Diskusi 2x50 |
|
Materi: Pengembangan modul layanan bk Pustaka: 15. Schmidt, J.J. (2014): • Counseling in Schools: Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students Materi: Pengembangan modul layanan bk Pustaka: 16. Zunker, V.G. (2012): • Career Counseling: A Holistic Approach (9th edition) |
5% |
10
Minggu ke 10 |
Mahasiswa mampu mengimplementasikan layanan konseling di sekolah inklusi |
Mahasiswa melakukan studi kasus dan implementasi di lapangan |
Kriteria:
- Rubrik :
- Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Observasi, Diskusi 2x50 |
|
Materi: Implementasi Layanan Konseling di Sekolah Inklusif Pustaka: 17. Salvia, J., & Ysseldyke, J.E. (2013): • Assessment in Special and Inclusive Education (12th edition) |
5% |
11
Minggu ke 11 |
Mahasiswa mampu melakukan evaluasi program BK untuk ABK |
Mahasiswa mengidentifikasi metode evaluasi dan asesmen program |
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Luring
1. menyimak penejelasan dosen tentang anak luar biasa sebagai individu
2. melakukan identifikasi mengenai anak luar biasa sebagai individu, jenis- jenis data, sumber data, alat pengumpul data: tes, pemahaman individu melalui non tes, studi kasus, konferensi kasus, dan sumber referal (alih- tangan).
3. mendiskusikan hasil identifikasi mengenai anak luar biasa sebagai individu, jenis-jenis data, sumber data, alat pengumpul data: tes, pemahaman individu melalui non tes, studi kasus, konferensi kasus, dan sumber referal (alih-tangan). 2X50 |
|
|
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mahasiswa memahami etika dalam konseling ABK |
Mahasiswa mampu mengidentifikasi kode etik dan isu isu etika dalam konseling ABK |
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi kasus, role play 2x50 |
|
|
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mahasiswa memahami kolaborasi dengan orang tua dan guru |
|
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Diskusi, Role Play 2x50 |
|
|
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mahasiswa mengidentifikasi layanan ABK dengan hambatan tertentu |
- 1. Melakukan identifikasi mengenai Pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
- 2. Mendiskusikan hasil identifikasi mengenai Pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
|
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Studi kasus, Role play 2x50 |
|
|
5% |
15
Minggu ke 15 |
|
Mahasiswa melakukan penyajian dan diskusi program konseling |
Kriteria:
Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk |
Presentasi Kelompok dan diskusi 2x50 |
|
Materi: Program BK Pustaka: 15. Schmidt, J.J. (2014): • Counseling in Schools: Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students |
5% |
16
Minggu ke 16 |
UAS |
UAS |
Kriteria:
UAS Bentuk Penilaian : Tes |
UAS
|
|
|
10% |