Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Bimbingan Dan Konseling

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Layanan Bimbingan dan Konseling untuk Anak Berkebutuhan Khusus

8620102239

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=1

P=1

ECTS=3.18

3

23 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd.,M.Pd




Dr. Asieline Wahyu Triardyanti, MM




Dr. Evi Winingsih, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Project Based Learning

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-4

Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.

PLO-7

Menguasai konsep dan praktik bimbingan dan konseling dalam berbagai konteks dan permasalahan

PLO-8

Mampu mengaplikasikan prinsip pertumbuhan dan perkembangan individu dalam pelayanan bimbingan dan konseling

PLO-9

Mampu merancang, menerapkan dan memanfaatkan hasil asesmen kebutuhan untuk layanan bimbingan dan konseling

PLO-10

Mampu melaksanakan layanan bimbingan dan konseling dengan memilih metode, teknik, dan multimedia yang relevan serta memperhatikan kebutuhan sasaran layanan yang berasal dari keberagaman sosial budaya

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mampu menjelaskan konsep dasar permasalahan anak berkebutuhan khusus

PO - 2

Mampu membuat keputusan tentang konsep dan teori dalam ruang lingkup bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang relevan untuk menyelesaikan kasus pembelajaran bagi ABK untuk kesulitan belajar tertentu di kelas.

PO - 3

Memanfaatkan sumber belajar dan media pembelajaran berbantuan TIK untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran

Matrik PLO-PO

 
POPLO-4PLO-7PLO-8PLO-9PLO-10
PO-1    
PO-2    
PO-3    

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini berisi pemahaman, pengkajian, pendalaman tentang mata kuliah bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus yang meliputi: pendahuluan, hakikat bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus, permasalahan anak berkebutuhan khusus dan upaya memahaminya, pemahaman anak berkebutuhan khusus sebagai individu, pendekatan bimbingan dan konseling bagi anak berkebutuhan khusus, pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus. Perkuliahan menggunakan metode case method, problem based learning dan diskusi kelompok. Penilaian dilakukan dengan menilai partisipasi dan tugas berdasarkan rubrik penilaian. Adapun materi yang dikaji adalah: 1. Hakekat BK untuk ABK 2. Karakteristik ABK 3. Peran, fungsi serta tanggung jawab Konselor di Sekolah Inklusif 4. Pendekatan dalam konseling ABK 5. Teknik Konseling Individual untuk ABK 6. Teknik Konseling Kelompok untuk ABK 7. Rancangan program bimbingan dan konseling untuk ABK 8. Pengembangan Modul Layanan Bimbingan dan Konseling 9. Implementasi Layanan Konseling di sekolah Inklusi 10. Evaluasi Program BK untuk ABK 11. Etika dalam Konseling ABK 12. Kolaborasi dengan orangtua dan guru 13. Layanan BK untuk ABK dengan hambatan tertentu 14. Studi kasus dan presentasi program BK untuk ABK

Pustaka

Utama :

  1. 1.Hallahan dan Kauffman. 1986. Exceptional Children Introduction to Special Education. New York: Prentice-Hall International Inc 21.
  2. 6. Winkel, W.S. & Hastuti, Sri. 2007. Bimbingan dan Konseling Di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi66
  3. 7.Corey, Gerald. 1991. Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy (Fourth Edition). California: Brooks/Cole Publishing Company
  4. 2. Smith, T.E.C., Polloway, E.A., Patton, J.R., & Dowdy, C.A. (2020): o Teaching Students with Special Needs in Inclusive Settings (6th edition) This text is focused on teaching students with disabilities within general education settings, promoting inclusive practices in education
  5. 3. Gargiulo, R.M. (2020): o Special Education in Contemporary Society: An Introduction to Exceptionality (7th edition)
  6. 4. Friend, M., & Bursuck, W.D. (2019): o Including Students with Special Needs: A Practical Guide for Classroom Teachers (8th edition
  7. 5. Salend, S.J. (2016): o Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practices (8th edition
  8. 6. Mitchell, D. (2020): o What Really Works in Special and Inclusive Education: Using Evidence-Based Teaching Strategies (3rd edition)
  9. 7. Corey, G. (2016): o Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th edition)
  10. 8. Thompson, R.A. (2016): o Counseling Techniques: Improving Relationships with Others, Ourselves, Our Families, and Our Environment
  11. 9. Rogers, C. (2004): o On Becoming a Person: A Therapist's View of Psychotherapy
  12. 10. Kottler, J.A. (2017): • On Being On Terrapist (5th edition)
  13. 11. Gladding, S.T. (2018): • Counseling: A Comprehensive Profession (8th edition)
  14. 12. Seligman, L., & Reichenberg, L.W. (2021): • Theories of Counseling and Psychotherapy: Systems, Strategies, and Skills (5th edition
  15. 13. Myrick, R.D. (2011): • Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach
  16. 14. Erford, B.T. (2017): • Transforming the School Counseling Profession (5th edition
  17. 15. Schmidt, J.J. (2014): • Counseling in Schools: Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students
  18. 16. Zunker, V.G. (2012): • Career Counseling: A Holistic Approach (9th edition)
  19. 17. Salvia, J., & Ysseldyke, J.E. (2013): • Assessment in Special and Inclusive Education (12th edition)
  20. 18. Heward, W.L. (2013): • Exceptional Children: An Introduction to Special Education (10th edition)
  21. 19. Lewis, R.B., & Doorlag, D.H. (2011): • Teaching Special Students in General Education Classrooms (8th edition)
  22. 20. Erford, B.T. (2015): • 40 Techniques Every Counselor Should Know (3rd edition)
  23. 21. Remley, T.P., & Herlihy, B. (2016): • Ethical, Legal, and Professional Issues in Counseling (5th edition)
  24. 22. Epstein, J.L. (2018): • School, Family, and Community Partnerships: Your Handbook for Action (4th edition)
  25. 23. Turnbull, R., et al.: • Exceptional Lives: Special Education in Today's Schools
  26. 24. Cummings, J., & Baxter, A. (2017): • Special Education: A Reference Handbook

Pendukung :

  1. 1. E.P. Sartinah, 2019, Buku Panduan Guru dalam Bimbingan Pribadi Sosial dengan Teknik Roel Playing untuk Meningkatkan interaksi Sosial anak Auitis di SD Inklusi, Jurnal Konvensi Bimbingan dan Konseling XX1

Dosen Pengampu

Dr. Elisabeth Christiana, S.Pd., M.Pd.

Dr. Asieline Wahyu Tri Ardyanti, M.M.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Mahasiswa menjelaskan Pengantar BK untuk ABK

Mahasiswa mampu menjelaskan definisi, konsep dasar, dan jenis-jenis ABK

Kriteria:
  1. Rubrik :
  2. Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Dosen melakukan apersepsi dengan cara menanyakan pemahaman mahasiswa tentang ABK
2 X 50
Daring
2 X 50
Materi: hakekat ABK
Pustaka: 1.Hallahan dan Kauffman. 1986. Exceptional Children Introduction to Special Education. New York: Prentice-Hall International Inc 21.

Materi: Definisi, konsep-konsep, dan jenis-jenis ABK
Pustaka: 2. Smith, T.E.C., Polloway, E.A., Patton, J.R., & Dowdy, C.A. (2020): o Teaching Students with Special Needs in Inclusive Settings (6th edition) This text is focused on teaching students with disabilities within general education settings, promoting inclusive practices in education
5%

2

Minggu ke 2

Mahasiswa mampu menjelaskan jenis-jenis Anak Berkebutuhan Khusus

Mahasiswa melakukan identifikasi dan Asesmen terhadap Anak Berkebutuhan Khusus (ABK)

Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Portofolio
Dosen melakukan apersepsi dengan cara menanyakan pemahaman mahasiswa tentang ABK
2 X 50
Daring
2 x 50
Materi: Karakteristik ABK
Pustaka: 3. Gargiulo, R.M. (2020): o Special Education in Contemporary Society: An Introduction to Exceptionality (7th edition)

Materi: Karakteristik ABK
Pustaka: 4. Friend, M., & Bursuck, W.D. (2019): o Including Students with Special Needs: A Practical Guide for Classroom Teachers (8th edition
5%

3

Minggu ke 3

Mahasiswa mampu mengidentifikasi peran, fungsi, serta tanggung jawab konselor di sekolah inklusif

Mahasiswa mampu mengidentifikasi tugas dan tanggung jawab konselor

Kriteria:
  1. Rubrik :
  2. Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Melakukan presentasi dan sesi diskusi melalui studi kasus
2x50

Materi: Peran, Fungsi, serta Tanggung Jawab Konselor di Sekolah Inklusif
Pustaka: 5. Salend, S.J. (2016): o Creating Inclusive Classrooms: Effective and Reflective Practices (8th edition

Materi: Peran, Fungsi, serta Tanggung Jawab Konselor di Sekolah Inklusif
Pustaka: 6. Mitchell, D. (2020): o What Really Works in Special and Inclusive Education: Using Evidence-Based Teaching Strategies (3rd edition)
5%

4

Minggu ke 4

Mahasiswa mengidentifikasi pendekatan dalam konseling ABK

Mahasiswa mampu memahami pendekatan humanistic, behavioristik, dan eklektik

Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Diskusi, Simulasi
2x50

Materi: Pendekatan dalam Konseling
Pustaka: 7. Corey, G. (2016): o Theory and Practice of Counseling and Psychotherapy (10th edition)

Materi: Pendekatan dalam Konseling
Pustaka: 8. Thompson, R.A. (2016): o Counseling Techniques: Improving Relationships with Others, Ourselves, Our Families, and Our Environment
5%

5

Minggu ke 5

Mahasiswa memahami dan mengimplementasikan teknik konseling individual untuk ABK

Mahasiswa mampu memahami dan mengimplementasikan strategi konseling berdasarkan jenis kebutuhan

Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Role play, Simulasi
2x50

Materi: Teknik Konseling Individual
Pustaka: 9. Rogers, C. (2004): o On Becoming a Person: A Therapist's View of Psychotherapy

Materi: Teknik Konseling Individual
Pustaka: 10. Kottler, J.A. (2017): • On Being On Terrapist (5th edition)
5%

6

Minggu ke 6

Mahasiswa memahami dan mengimplementasikan teknik konseling kelompok untuk ABK

Mahasiswa dapat mengimplementasikan konseling kelompok

Kriteria:
  1. Rubrik :
  2. Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab

Bentuk Penilaian :
Praktik / Unjuk Kerja
Ceramah, Simulasi
2x50
Daring
2 X 50
Materi: Teknik Konseling kelompok
Pustaka: 11. Gladding, S.T. (2018): • Counseling: A Comprehensive Profession (8th edition)
5%

7

Minggu ke 7

Mahasiswa mampu merancang program bimbingan dan konseling untuk ABK

Mahasiswa mampu mengembangkan program berdasarkan kondisi dan kebutuhan individu

Kriteria:
  1. Rubrik :
  2. Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab

Bentuk Penilaian :
Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Workshop, Penyusunan Program
2x50
Daring
2 X 50
Materi: Pengembangan program bk
Pustaka: 13. Myrick, R.D. (2011): • Developmental Guidance and Counseling: A Practical Approach

Materi: Pengembangan program bk
Pustaka: 14. Erford, B.T. (2017): • Transforming the School Counseling Profession (5th edition
5%

8

Minggu ke 8

UTS

UTS

Kriteria:

UTS


Bentuk Penilaian :
Tes
UTS

10%

9

Minggu ke 9

Mahasiswa mampu melakukan pengembangan modul layanan bimbingan dan konseling

Mahasiswa mampu melakukan penyusunan modul konseling ABK

Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Workshop, Diskusi
2x50

Materi: Pengembangan modul layanan bk
Pustaka: 15. Schmidt, J.J. (2014): • Counseling in Schools: Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students

Materi: Pengembangan modul layanan bk
Pustaka: 16. Zunker, V.G. (2012): • Career Counseling: A Holistic Approach (9th edition)
5%

10

Minggu ke 10

Mahasiswa mampu mengimplementasikan layanan konseling di sekolah inklusi

Mahasiswa melakukan studi kasus dan implementasi di lapangan

Kriteria:
  1. Rubrik :
  2. Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Observasi, Diskusi
2x50

Materi: Implementasi Layanan Konseling di Sekolah Inklusif
Pustaka: 17. Salvia, J., & Ysseldyke, J.E. (2013): • Assessment in Special and Inclusive Education (12th edition)
5%

11

Minggu ke 11

Mahasiswa mampu melakukan evaluasi program BK untuk ABK

Mahasiswa mengidentifikasi metode evaluasi dan asesmen program

Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Luring
1. menyimak penejelasan dosen tentang anak luar biasa sebagai individu
2. melakukan identifikasi mengenai anak luar biasa sebagai individu, jenis- jenis data, sumber data, alat pengumpul data: tes, pemahaman individu melalui non tes, studi kasus, konferensi kasus, dan sumber referal (alih- tangan).
3. mendiskusikan hasil identifikasi mengenai anak luar biasa sebagai individu, jenis-jenis data, sumber data, alat pengumpul data: tes, pemahaman individu melalui non tes, studi kasus, konferensi kasus, dan sumber referal (alih-tangan).
2X50

5%

12

Minggu ke 12

Mahasiswa memahami etika dalam konseling ABK

Mahasiswa mampu mengidentifikasi kode etik dan isu isu etika dalam konseling ABK

Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi kasus, role play
2x50

5%

13

Minggu ke 13

Mahasiswa memahami kolaborasi dengan orang tua dan guru

Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Diskusi, Role Play
2x50

5%

14

Minggu ke 14

Mahasiswa mengidentifikasi layanan ABK dengan hambatan tertentu

  1. 1. Melakukan identifikasi mengenai Pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
  2. 2. Mendiskusikan hasil identifikasi mengenai Pengadministrasian dan pengorganisasian bimbingan konseling anak berkebutuhan khusus
Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Studi kasus, Role play
2x50

5%

15

Minggu ke 15

Mahasiswa melakukan penyajian dan diskusi program konseling

Kriteria:

Nilai 2 Jika mahasiswa menjelaskan sesuai dengan konten, nilai 1 JIka kurang sesuai, nilai 0 jika tidak menjawab


Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif, Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk
Presentasi Kelompok dan diskusi
2x50

Materi: Program BK
Pustaka: 15. Schmidt, J.J. (2014): • Counseling in Schools: Comprehensive Programs of Responsive Services for All Students
5%

16

Minggu ke 16

UAS

UAS

Kriteria:

UAS


Bentuk Penilaian :
Tes
UAS

10%



Rekap Persentase Evaluasi : Project Based Learning

No Evaluasi Persentase
1. Aktifitas Partisipasif 50%
2. Penilaian Hasil Project / Penilaian Produk 12.5%
3. Penilaian Portofolio 2.5%
4. Praktik / Unjuk Kerja 5%
5. Tes 20%
90%

Catatan

  1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
  2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
  3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
  5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
  6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
  7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
  8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
  9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
  10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
  11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
  12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.