•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Profil Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan Unesa

 
Study Program  :  Sports Science
Establishment Date  :  11 Juli 2001
Study Program Coordinator  :  Prof. Dr. Agus Hariyanto, M.Kes.
Visi Misi & Tujuan Program Studi S3 Ilmu Keolahragaan
Universitas Negeri Surabaya
Visi

Menjadi institusi pendidikan doktor dalam bidang keolahragaan yang unggul dan kukuh dalam analisis performa olahraga di tingkat nasional yang bereputasi internasional dengan berbasis Iptek dan pendekatan disiplin riset pada tahun 2025


Misi
  1. Melaksanakan Pendidikan dan Pengajaran Berkualitas:
  2. Mengembangkan Penelitian Inovatif:
  3. Mengimplementasikan hasil-hasil penelitian dan inovasi dalam bentuk program pengabdian kepada masyarakat, yang berfokus pada peningkatan kualitas hidup dan kesejahteraan masyarakat melalui promosi kesehatan dan aktivitas fisik.
  4. Memperkuat jaringan kerja sama dengan institusi akademik, lembaga penelitian, dan industri baik di tingkat nasional maupun internasional, guna meningkatkan kapasitas penelitian, pertukaran ilmu pengetahuan, dan relevansi kurikulum.
  5. Mengembangkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi tinggi, integritas akademik, dan etika profesional dalam ilmu keolahragaan, serta mampu menyesuaikan diri dengan perkembangan teknologi dan kebutuhan global.

Tujuan
  1. Menghasilkan lulusan dengan kemampuan akademik dan profesional yang unggul, yang memiliki kemampuan untuk melakukan penelitian inovatif dan memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan ilmu dan praktik keolahragaan
  2. Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang diakui di tingkat nasional dan internasional, serta mempublikasikan hasil penelitian dalam jurnal-jurnal bereputasi untuk meningkatkan visibilitas dan dampak keilmuan.
  3. Meningkatkan kapasitas sumber daya manusia melalui program pelatihan dan pengembangan berkelanjutan, untuk memastikan tenaga pengajar dan peneliti memiliki kompetensi yang sesuai dengan standar internasional.
  4. Membangun dan memperkuat jaringan kolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, termasuk lembaga akademik, penelitian, dan industri, untuk memperkaya kualitas pendidikan dan penelitian serta memperluas kesempatan bagi mahasiswa dan dosen.
  5. Mengoptimalkan peran program studi dalam pengabdian masyarakat melalui kegiatan-kegiatan yang didasarkan pada hasil penelitian dan inovasi, dengan fokus pada upaya peningkatan kesehatan masyarakat dan promosi gaya hidup aktif.

Nilai_dasar
  1. Nilai dasar yang tumbuh dan diyakini di UNESA sebagai mana tercamtum dalam Statuta UNESA adalah sebagai berikut yang selanjutnya dikenal dengan istilah UNESA TANGKAAS REK BISA (TANGguh, Kolaboratif, Adaptif, innovAtif, inkluSif, belajaR sEpanjang hayat, dan berbasis Kewirausahaan, Believable, International, harmoniS, Amanah):
  2. 1. Tangguh: Internalisasi nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dan memiliki daya juang.
  3. 2. Kolaboratif: mampu bekerja sama untuk menghasilkan ide atau menyelesaikan masalah.
  4. 3. Adaptif: mampu beradaptasi secara mandiri dan tanggung jawab terhadap perubahan melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  5. 4. Inovatif: mampu berpikir kritis dan kreatif dalam menemukan solusi atau ide baru dalam pemecahan masalah sesuai perkembangan zaman yang dilandasi jiwa kewirausahaan dan kaidah ilmiah.
  6. 5. Inklusif: mendukung seluruh individu tanpa memandang perbedaan, memfasilitasi keberhasilan semua orang, serta menghargai perbedaan pemikiran dan keberagaman.
  7. 6. Belajar sepanjang hayat: memiliki kesadaran akan area kekuatan dan area yang perlu diperbaiki, aktif menemukan cara-cara yang efektif untuk terus mengembangkan dan memperbaiki diri melalui proses pembelajaran yang dilakukan secara terus menerus.
  8. 7. Kewirausahaan: mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi untuk menciptakan perubahan dengan memanfaatkan peluang dan sumber daya dalam menghasilkan nilai tambah.
  9. 8. Believable: terpercaya dan dipercaya masyarakat atau pengguna untuk menghasilkan lulusan berkompeten dan berkualitas.
  10. 10. Harmonis: memiliki lingkungan kerja yang akademis dan harmonis dalam memberikan pelayanan kepada mahasiswa.
  11. 11. Amanah: berkomitmen untuk terus menjaga amanah dan menghindari gratifikasi untuk mendukung fakultas dalam zona integritas.

Capaian Lulusan Program Studi Sports Science
Universitas Negeri Surabaya
PLO-1 Mampu menunjukkan nilai-nilai agama, kebangsaan dan budaya nasional, serta etika akademik dalam melaksanakan tugasnya
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-2 Menunjukkan karakter tangguh, kolaboratif, adaptif, inovatif, inklusif, belajar sepanjang hayat, dan berjiwa kewirausahaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-3 Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-4 Mengembangkan diri secara berkelanjutan dan berkolaborasi.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-5 Mampu menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik dalam menyelesaikan tugas bidang ilmu keolahragaan secara profesional
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-6 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan dalam bidang ilmu keolahragaan secara mandiri (S2) (PLO-2)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-7 Mampu menemukan atau mengembangkan teori/konsepsi/ gagasan ilmiah baru, memberikan kontribusi pada pengembangan serta pengamalan ilmu pengetahuan dan/atau teknologi dalam bidang ilmu keolahragaan yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora dengan menghasilkan penelitian ilmiah berdasarkan metodologi ilmiah, pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-8 Mampu mengembangkan penelitian interdisiplin, multidisiplin atau transdisiplin, termasuk kajian teoritis dan/atau eksperimen dalam bidang ilmu keolahragaan yang dituangkan dalam bentuk disertasi, dan publikasi ilmiah yang diterbitkan di jurnal internasional bereputasi
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-9 Mampu mengembangkan peta jalan penelitian dengan pendekatan interdisiplin, multidisiplin, atau transdisiplin, berdasarkan kajian tentang sasaran pokok penelitian dan konstelasinya dalam bidang ilmu keolahragaan pada sasaran yang lebih luas (KU3) (PLO-9)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-10 Mampu mengembangkan keilmuan dalam bidang analisis performa olahraga melalui pendekatan ilmiah berdasarkan pemikiran yang kritis, logis, dan kreatif (KK1) (PLO-10)
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-11 Terampil menyelesaikan masalah dalam bidang ilmu keolahragaan dengan menggunakan kaidah ilmiah dan berbasis data (evidence based).
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-12 Menguasai “state of the arts” ─ filosofi, teori, konsep, dan riset terbaru dalam bidang Ilmu Keolahragaan
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-13 Menguasai keilmuan terkait metode penelitian, pengembangan instrumen, tes dan pengukuran serta analisis dalam bidang ilmu keolahragaan yang bersifat interdisiplin, multidisiplin, dan transdisiplin.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-14 Menguasai kaidah ilmiah secara teoritis maupun praktis dengan baik dalam menyelesaikan masalah yang timbul dalam bidang keolahragaan.
Dibebankan pada matakuliah:

PLO-15 Menguasai konsep dan strategi menyampaikan dan mempertahankan gagasan, temuan, dan hasil penelitian dalam ilmu keolahragaan pada forum akademik dan publik
Dibebankan pada matakuliah:

Occupational Profiles Program Studi Sports Science
Universitas Negeri Surabaya
  • Menghasilkan Ahli Ilmu Olahraga dengan Pemahaman Mendalam, Inovatif, dan Berbasis Penelitian

    Lulusan diharapkan memiliki kemampuan untuk menciptakan dan menginterpretasikan pengetahuan baru terkait praktik profesional dalam Ilmu Olahraga dan Latihan. Mereka harus memahami isu-isu terkini, tren global, dan inovasi dalam metodologi penelitian terapan, serta mampu memecahkan masalah kompleks dengan pendekatan analitis dan praktis

  • Mengintegrasikan Penelitian yang Etis dan Inovatif dalam Pengembangan Ilmu Pengetahuan Olahraga

    Lulusan diharapkan untuk mengembangkan dan menerapkan penelitian yang etis dan inovatif dalam bidang praktik profesional pilihan mereka. Mereka harus mampu meningkatkan kemampuan mereka dalam mengembangkan dan menerapkan penelitian yang relevan dengan nilai-nilai etika dan profesionalisme.

  • Mengembangkan Keterampilan Kepemimpinan, Kolaborasi, dan Kemampuan Multikultural

    Lulusan diharapkan menunjukkan keterampilan kepemimpinan yang kuat dan kemampuan untuk bekerja secara efektif dalam lingkungan multikultural. Mereka harus mampu berkolaborasi dengan berbagai pemangku kepentingan, memimpin proyek-proyek inovatif, dan menciptakan perubahan positif dalam diri mereka sendiri dan orang lain.

  • Berkomitmen pada Pembelajaran Seumur Hidup dan Pengembangan Profesional

    Lulusan diharapkan mendukung diri mereka sendiri dalam mengembangkan strategi yang efektif untuk mengoptimalkan pertumbuhan pribadi dan profesional. Mereka harus memiliki komitmen terhadap pembelajaran sepanjang hayat, manajemen informasi yang efektif, dan mengembangkan potensi mereka untuk menciptakan perubahan positif bagi diri sendiri dan orang lain.


Struktur Kurikulum Sports Science
Universitas Negeri Surabaya

Kurikulum Prodi S3 Ilmu Keolahragaan By Research

Semester ke 1

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8900102057 Philosophy Of Sports Science 2.00
8900101065 Advanced Quantitative Research Methods 2.00

Semester ke 2

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8900104076 Study Of Research Results 4.00
8900105052 Publication 5.00
8900103078 Proposal Exams 3.00
8900104077 Supporting The Dissertation 4.00

Semester ke 3

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8900106080 Research 2 6.00
8900106081 Research 3 6.00
8900106079 Research 1 6.00

Semester ke 4

Kode Mata Kuliah Kredit Mandatori?
8900100082 Eligibility Test 5.00
8900120006 Disertasi 20.00
Evaluasi Kurikulum Program Studi Sports Science
Universitas Negeri Surabaya

Paradigma: Kepemimpinan Riset dan Inovasi Global dalam Ilmu Keolahragaan

  • Penelitian Lanjutan dalam Ilmu Keolahragaan Berbasis Teknologi Canggih: perkembangan olahraga baik untuk kesehatan, kebugaran dan peningkatan performa atlet sudah memadukan SDM dan teknologi. Teknologi disini dikembangkan dan digunakan sebagai bagian dalam memperkuat hasil analisis, penentuan Keputusan, monitoring, evaluasi dan aplikasi yang tepat dalam penyusunan program olahraga untuk kelompok Masyarakat. Selanjutnya penerapan teknologi seperti AI dalam analisis biomekanika gerak, analisis genetic, serta otomatisasi monitoring akan memberikan kemudahan dan daya analisis yang sangat optimal dalam berbagai permasalahan dibidang olahraga. 
  • Olahraga Berkelanjutan (Sustainability in Sport): Perubahan gaya hidup Masyarakat hingga kebutuhan peningkatan performa mengharuskan penyusunan program olahraga dan pengembangan olahraga yang menyesuaikan dengan kebutuhan Masyarakat dan atlet. Sehingga olahraga mampu memberikan dampak yang optimal dalam mendukung aktivitas Masyarakat dan Atlet.
  • Riset Translasi (Translational Research): Penekanan pada penerjemahan hasil riset laboratorium menjadi aplikasi nyata yang dapat diterapkan dalam latihan atlet, rehabilitasi cedera, dan pengelolaan kesehatan masyarakat. Program ini menekankan dampak luas dari penelitian ilmiah terhadap kebijakan publik, industri olahraga, dan pengembangan komunitas.
  • Kepemimpinan Akademik dan Profesional: Mahasiswa S-3 diharapkan menjadi pemimpin di bidangnya, tidak hanya dalam hal riset, tetapi juga dalam pengembangan kebijakan olahraga nasional dan internasional. Penguatan jejaring dan kolaborasi internasional menjadi kunci.
  • Multidisiplin dan Kolaboratif Global: Doktoral dalam ilmu keolahragaan harus mengembangkan kerja sama riset lintas negara dan lintas disiplin, seperti antara ilmu olahraga, bioteknologi, kedokteran olahraga, dan neurofisiologi untuk memecahkan masalah-masalah kompleks di bidang olahraga dan kesehatan global.
  • Mengacu pada Standar AECT terbaru tahun 2012, yang mencakup lima aspek utama yaitu pengetahuan konten, pedagogi konten, lingkungan belajar, pengetahuan dan keterampilan profesional, serta penelitian. Menyelaraskan dengan tuntutan kurikulum 2013, terutama terkait dengan keterampilan abad 21 yang dikenal sebagai 4C, yakni Berpikir Kritis dan Pemecahan Masalah, Kreativitas, Kemampuan Komunikasi, dan Kemampuan Bekerja Sama. Selain itu, menyesuaikan dengan konteks kehidupan dalam era Revolusi Industri 4.0, di mana seluruh komponen dapat berkomunikasi secara real-time kapan saja dengan memanfaatkan teknologi internet dan CPS untuk menciptakan nilai baru.
Rekap PLO Program Studi Sports Science
Universitas Negeri Surabaya
Nama Matakuliah Sks Program Learning Outcomes PLO) Total
PLO1PLO2PLO3PLO4PLO5PLO6PLO7PLO8PLO9PLO10PLO11PLO12PLO13PLO14PLO15
Statistics for Sports Science 2 100% 100 %
Analysis of Recent Journal Articles 2 28.57% 28.57% 14.29% 14.29% 14.29% 100 %
Advanced Research Methods 4 22.22% 22.22% 22.22% 22.22% 11.11% 99.99 %
Landasan Perancangan Kurikulum Program Studi Sports Science
Universitas Negeri Surabaya

Pedoman Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi Kurikulum ini

disusun berdasarkan peraturan dan kebijakan yang berlaku meliputi:

  1. Pancasila dan UUD 1945;
  2. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional;
  3. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2005 Nomor 157, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 4586);
  4. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi (Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2012 Nomor 158, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5336);
  5. Peraturan pemerintah Republik Indonesia No. 66 Tahun 2010 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan;
  6. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 4 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Tinggi dan Pengelolaan Pendidikan Tinggi;
  7. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 37 Tahun 2022 tentang Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum Universitas Negeri Surabaya;
  8. Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI);
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 73 Tahun 2013 tentang Penerapan KKNI Bidang Perguruan Tinggi;
  10. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 6 tahun 2022 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, Sertifikat Profesi, Gelar, dan Kesetaraan Ijazah Perguruan Tinggi Negara Lain;
  11. Keputusan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia No. 123 Tahun 2019 tentang Magang dan Pengakuan Satuan Kredit Semester Magang Industri untuk Program Sarjana dan Sarjana Terapan;
  12. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 7 Tahun 2020 tentang Pendirian Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin Perguruan Tinggi Swasta;
  13. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia No. 13 Tahun 2022 Tentang Perubahan Atas Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 Tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024;
  14. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia No. 23 Tahun 2015 tentang Penumbuhan Budi Pekerti;
  15. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 53 Tahun 2023 tentang Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi;
  16. Peraturan Rektor Universitas Negeri Surabaya No. 15 Tahun 2023 tentang Kurikulum Universitas Negeri Surabaya;
  17. Rencana Strategis Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi 2020-2024;
  18. Rencana Strategis (Renstra) Universitas Negeri Surabaya PTNBH 2020-2025;
  19. Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Universitas Negeri Surabaya2022-2045;
  20. Renstra Program Pascasarjana dan Renstra Fakultas selingkung UNESA.