Course Description
This course explains various educational assumptions. Lecture material includes the basic concepts of education, the implications of human nature for education, the meaning of education, education as a science and art, the philosophical foundations of education, the psychological foundations of education, the sociological and anthropological foundations of education, the historical foundations of education and the juridical foundations of education. In accordance with Unesa‘s vision and mission, this course is one of the basic professional courses, educational foundation courses are important and relevant in order to realize teacher competency in prospective teachers. References 1. Pidarta, Made. (tt). Educational foundations. Jakarta: Rineca Cipt
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa dapat : merumuskan landasan pendidikan, meng-identifikasi jenis-jenis landasan pendidikan, menjelaskan fungsi landasan pendidikan dalam praktek dan studi pendidikan, menjelaskan keguanaan landasan pendidikan bagi pendidik.
- Mahasiswa dapat: menjelaskan hakikat manusia, mengidentifikasi prinsip-prinsip antropo-filosofis keharusan pendidikan, dan mengidetifikasi prinsip-prinsip antropo-filosofis kemungkinan pendidikan
- Mahasiswa dapat: membandingkan konsep pendidikan dalam arti luas dan sempit, mengidentifikasi definisi pendidikan menurut tinjauan empat disiplin ilmu, memahami konsep pendidikan berdasarkan pendekatan fenomenologi, menjelaskan implikiasi konsep hakikat manusia terhadap konsep pendidikan
- Mahasiswa dapat: membedakan antara studi pendidikan dan praktek pendidikan, menjelaskan definisi ilmu pendidikan, menjelaskan asumsi-asumsi pendidikan sebagai seni, menjelaskan makna pendidikan sebagai paduan ilmu dan seni Standar Nasional Pendidikan, dan mengidentifikasi isi UU RI No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen
- Mahasiswa dapat: menjelaskan asumsi perlunya landasan filosofis pendidikan idealism, realism, dan pragmatism, menjelaskan landasan pendidikan nasional (pancasila)
- Mahasiswa dapat: Menjelaskan tahap perkembangan individu, menjelaskan tugas pekembangan individu, menjelaskan factor-faktor yang mempengaruhi perkembangan individu, menjelaskan implikiasi tahap dan tugas perkembangan individu terhadap pendidikan, mengidentifikasi berbagai teori belajar, membandingkan teori belajar dan implikasinya terhadap pendidikan
- Mahasiswa dapat: Mengidentifikasi asumsi pentingnya sosialisasi dan enkulturasi dalam suatu masyarakat, menjelaskan pendidikan sebagai panata sosial, menjelaskan fungsi-fungsi pendidikan dalam konteks masyarakat dan kebudayaannya, membandingkan karakteristik lembaga pendidikan informal, formal, dan non formal, menjelaskan konsep pendidikan berdasarkan orientasi pola-pola kegiatan sosial, mengidentifiasi tipe-tipe guru berdasarkan pola sikapnya terhadap siswa
- Mahasiswa dapat: Menjelaskan keadaan sosial bidaya masyaraklat pada zaman purba hingga zaman pemerintahan kolonial Belanda, menjelaskan implikasi keadaan sosial budaya masyarakat pada zaman purba hingga zaman kolonial Belanda terhadap pendidikan, menjelaskan pendidikan kaum pergerakan kebangsaan sebagai sarana perjuangan kemerdekaan dan penyelenggaraan pendidikan nasional, menjelaskan keadaan pendidikan zaman pendudukan militerisme Jepang, menjelaskan pendidikan Indonesia periode 1945-1969, menjelaskan pendidikan Indonesia pada masa PJP I
- Mahasiswa dapat : Mengidentifikasi jenis landasan yuridis system pendidikan nasional, mengidentifikasi isi UUD 1945 berkenaan dengan pendidikan, mengidentifikasi isi UU RI No. 20 tentang system Pendidikan Nasional, mengidentifikasi PP RI No. 19 Tahun 2005 Tentang