Course Description
Mata kuliah Pengembangan Literasi DI Sekolah membekali mahasiswa dengan konsep, strategi, dan praktik pengembangan literasi yang komprehensif di lingkungan sekolah. Isi mata kuliah mencakup hakikat literasi dalam konteks pendidikan, perkembangan literasi dasar hingga kritis, serta berbagai model dan pendekatan pembelajaran literasi yang sesuai dengan jenjang pendidikan. Tujuan mata kuliah ini adalah agar mahasiswa mampu menganalisis kebutuhan literasi di sekolah, merancang program pengembangan literasi yang kontekstual, dan mengimplementasikan strategi pembelajaran yang mendorong keterampilan membaca, menulis, berbicara, menyimak, dan berpikir kritis peserta didik. Ruang lingkup pembahasan meliputi kebijakan literasi nasional, assessment literasi, peran guru dan perpustakaan sekolah, pemanfaatan teknologi, serta pengembangan budaya literasi dalam komunitas sekolah untuk mendukung Gerakan Literasi Sekolah (GLS).
Program Objectives (PO)
- Menerapkan konsep dasar literasi dan strategi pengembangannya dalam konteks pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia di sekolah (C3)
- Menganalisis berbagai model dan pendekatan pengembangan literasi yang sesuai dengan karakteristik peserta didik (penutur asli, asing, dan ABK) (C4)
- Mengevaluasi program dan bahan ajar literasi di sekolah berdasarkan prinsip pedagogik dan standar kompetensi (C5)
- Menciptakan desain program pengembangan literasi sekolah yang inovatif dan kontekstual (C6)
- Menerapkan teknik asesmen literasi untuk mengukur kemampuan membaca, menulis, dan berpikir kritis peserta didik (C3)
- Menganalisis faktor pendukung dan penghambat pengembangan budaya literasi di lingkungan sekolah (C4)
- Mengevaluasi karya tulis akademik dan non-akademik (peserta didik/guru) berdasarkan kaidah kebahasaan dan kesastraan (C5)
- Menciptakan media dan sumber belajar literasi yang kreatif untuk mendukung pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia (C6)
- Menerapkan prinsip manajemen dan kewirausahaan dalam merancang kegiatan literasi yang berkelanjutan di sekolah (C3)
- Menganalisis keterkaitan antara pengembangan literasi dengan peningkatan kompetensi berbahasa dan bersastra peserta didik dalam konteks akademik dan sehari-hari (C4)