•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Theory and Practice

Program Studi S2 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses concepts, theories and practices related to community development. The material studied includes understanding the concepts of community, development and community participation, as well as various development approaches such as participatory and rights-based approaches. Students also study the stages of the community development process, contemporary issues such as sustainable development, and field practice through case studies. The aim is for students to have a strong understanding of how community development concepts and theories can be applied in practice to improve community welfare and development.

Program Objectives (PO)

  • Menguasai konsep, teori, pendekatan, dan praktik pengembangan masyarakat (CPL P1, P3)
  • Mampu menerapkan pendekatan partisipatif dan berbasis hak asasi manusia dalam program pengembangan masyarakat (CPL S2, S6, P3)
  • Mampu melakukan pemetaan sosial, ekonomi dan budaya masyarakat sebagai dasar perencanaan program pengembangan (CPL S6, P3, KU3)
  • Mampu bermitra dengan pemangku kepentingan dalam merancang, melaksanakan dan mengevaluasi program pengembangan (CPL KK3)
  • Mampu mengkomunikasikan konsep, isu-isu strategis dan praktik-praktik inovatif pengembangan masyarakat (CPL KU2, KU3)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Mhs dapat mengkaji latar belakang pemberdayaan masyarakat
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Mhs mampu memahami konsep dan filosofi pemberdayaan masyarakat
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Mhs dapat memahami arti, tujuan dan manfaat pemberdayaan
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Mhs dapat memahami arti, tujuan dan manfaat pemberdayaan
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Mhs dapat mengkaji berbagai teori pembangunan dan pemberdayaan masyarakat
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Mhs dapat mengkaji berbagai teori pembangunan dan pemberdayaan masyarakat
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Mhs dapat memahami Teori Pembangunan Alternatif (Friedman), Teori People Centered (Chambers)
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Mhs dapat menemukenali berbagai konsep dan Teori Pendampingan Masyarakat
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Mhs dapat menemukenali berbagai konsep dan Teori Pendampingan Masyarakat
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Mhs dapat memahami Strategi, Metode dan Teknik Pendampingan
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Mhs dapat memahami Strategi, Metode dan Teknik Pendampingan
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Mhs dpt menyusunTugas Perencanaan dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Mhs dpt menyusunTugas Perencanaan dan Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Mhs dapat menyusun Evaluasi program pemberdayaan
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    • Date  23 Mei 2024

Lecturer

ROFIK JALAL ROSYANAFI
ROFIK JALAL ROSYANAFI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

SJAFIATUL MARDLIYAH
SJAFIATUL MARDLIYAH
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS2 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10