•  

Our Top Course
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 

Course Advocacy and Protection of Early Childhood

Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini UNESA

 
Card image

Course Description

This course discusses the concepts, principles and practices of advocacy and protection for early childhood. The main focus is understanding children‘s rights and efforts to protect them from various forms of exploitation, violence and discrimination. Apart from that, this course also discusses effective advocacy strategies to fight for the rights of early childhood in social, political and legal contexts. Students will learn about legal and policy frameworks related to child protection, as well as best practices in carrying out advocacy to realize the rights of early childhood. Through a combination of theory, case studies and discussions, students will be prepared to become caring and effective advocates in fighting for the welfare of early childhood in society. The strategies used use lecture methods, case studies, discussion groups and project based learning.

Program Objectives (PO)

  • Memahami konsep dasar advokasi dan perlindungan anak usia dini, termasuk hak-hak anak dan prinsip-prinsip perlindungan mereka.
  • Menganalisis hak-hak anak usia dini yang terkandung dalam berbagai instrumen hukum dan konvensi internasional.
  • Membahas sejarah advokasi perlindungan anak usia dini di Indonesia, termasuk perkembangannya, pencapaian, dan tantangan yang dihadapi.
  • Memahami konsep dasar perlindungan anak, termasuk pengertian, tujuan, dan prinsip-prinsipnya dalam konteks hak asasi manusia.
  • Mengidentifikasi berbagai bentuk kekerasan terhadap anak, baik fisik, psikologis, seksual, maupun neglect, serta dampaknya terhadap perkembangan anak usia dini.
  • Menganalisis potensi kekerasan terhadap anak dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah, serta strategi pencegahan dan penanggulangannya.
  • Memahami konsepsi sekolah dan lingkungan yang layak bagi anak sebagai upaya perlindungan dan pembinaan terhadap anak usia dini.
  • Merancang intervensi perlindungan anak usia dini berdasarkan pemahaman terhadap kasus-kasus konkret dan strategi advokasi yang efektif.
  • Melakukan observasi terhadap penanganan dan layanan pendampingan masalah anak di lapangan untuk memperoleh pemahaman praktis dan mendalam.
  • Mengembangkan program intervensi yang komprehensif berdasarkan hasil observasi terhadap penanganan dan layanan pendampingan masalah perlindungan anak di lapangan, dengan memperhatikan konteks lokal dan kebutuhan anak usia dini.
  • Memahami dan menguasai materi Advokasi Perlindungan Anak
  • Mahasiswa melakukan observasi terhadap penanganan dan layanan pendampingan masalah anak dilapangan untuk memperoleh pemahaman praktis dan mendalam.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Anak memahami definisi, konsep advokasi perlindungan anak dan pentingnya advokasi dalam konteks anak usia dini.
    • Date  5 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Anak mampu menganalisis hak-hak anak usia dini yang terkandung dalam berbagai instrumen hukum dan konvensi internasional.
    • Date  12 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Anak mampu memahami sejarah advokasi perlindungan anak usia dini di Indonesia, termasuk perkembangannya, pencapaian, dan tantangan yang dihadapi.
    • Date  19 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Anak mampu memahami konsep dasar perlindungan anak, termasuk pengertian, tujuan, dan prinsip-prinsipnya dalam konteks hak asasi manusia.
    • Date  26 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Anak mampu mengidentifikasi berbagai bentuk kekerasan terhadap anak, baik fisik, psikologis, seksual, maupun neglect, serta dampaknya terhadap perkembangan anak usia dini.
    • Date  4 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Dampak Kekerasan terhadap Anak Usia Dini
    • Date  11 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Menganalisis potensi kekerasan terhadap anak dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah, serta strategi pencegahan dan penanggulangannya.
    • Date  18 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Dan menguasai materi Advokasi Perlindungan Anak dari pertemuan 1-7
    • Date  25 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis potensi kekerasan terhadap anak dalam lingkungan keluarga, masyarakat, dan sekolah, serta strategi pencegahan dan penanggulangannya
    • Date  1 April 2024

  • Pertemuan 10
    Identifikasi program layanan kesejahteraan sosial bagi anak
    • Date  8 April 2024

  • Pertemuan 11
    Perancangan intervensi perlindungan anak usia dini berdasarkan pemahaman terhadap kasus-kasus konkret dan strategi advokasi yang efektif.
    • Date  15 April 2024

  • Pertemuan 12
    Observasi terhadap penanganan dan layanan pendampingan masalah anak di lapangan untuk memperoleh pemahaman praktis dan mendalam.
    • Date  22 April 2024

  • Pertemuan 13
    Melakukan observasi terhadap penanganan dan layanan pendampingan masalah anak di lapangan untuk memperoleh pemahaman praktis dan mendalam.
    • Date  29 April 2024

  • Pertemuan 14
    Pengembangan program intervensi yang komprehensif berdasarkan hasil observasi terhadap penanganan dan layanan pendampingan masalah perlindungan anak di lapangan, dengan memperhatikan konteks lokal dan kebutuhan anak usia dini.
    • Date  6 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Pengembangan program intervensi yang komprehensif berdasarkan hasil observasi terhadap penanganan dan layanan pendampingan masalah perlindungan anak di lapangan, dengan memperhatikan konteks lokal dan kebutuhan anak usia dini.
    • Date  13 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Dan menguasai seluruh materi Advokasi Perlindungan Anak
    • Date  20 Mei 2024

Lecturer

DHIAN GOWINDA LUH SAFITRI
DHIAN GOWINDA LUH SAFITRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
  • Semester2
  • Lectures1
Difficult Things About Education.
$75$10