•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Critical Education Theory

Program Studi S1 Pendidikan Luar Sekolah UNESA

 
Card image

Course Description

Critical educational theory courses lead students to have understanding and skills in analyzing the basics of community development through educational studies in the context of social reality. To ensure this understanding, material provision is needed in the form of: concepts of educational philosophy and ideology, educational politics played by the state, critical educational concepts, educational concepts about critical problems and education, educational methodology, training management, processing of training media, educational visualization, and comparisons. critical education with other educational concepts. This course provides an understanding of social concepts, social facts, social theories and their development, critical theory and pioneering figures, critical education, as well as derivative theories that have developed in the modern era, skills in analyzing the basics of community development through educational studies in the context of social reality, through explanations, discussions and presentations through explanations, discussions and presentations. An indicator of the success of this course is if students are able to implement theory into Non-Formal Education practice.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi, merancang, dan menerapkan strategi pendidikan kritis dalam program pendidikan luar sekolah, dengan pendekatan dialogis dan berbasis kesadaran kritis
  • Mahasiswa mampu menjelaskan sejarah dan perkembangan teori pendidikan kritis serta menghubungkannya dengan realitas pendidikan luar sekolah dalam konteks sosial, ekonomi, dan politik.
  • Mahasiswa mampu menganalisis pemikiran tokoh utama pendidikan kritis seperti Paulo Freire, Henry Giroux, dan Peter McLaren serta relevansinya dalam pendidikan nonformal.
  • Mahasiswa mampu mengevaluasi model pendidikan tradisional yang bersifat hegemonik dan mengkritisinya berdasarkan prinsip pendidikan kritis.
  • Mahasiswa mampu menerapkan konsep kesadaran kritis dalam perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi program pendidikan nonformal berbasis pemberdayaan masyarakat.
  • Mahasiswa mampu mengembangkan metode pembelajaran berbasis dialogis dan reflektif sebagai alternatif pendidikan partisipatif di lingkungan nonformal.
  • Mahasiswa mampu mengidentifikasi berbagai bentuk ketimpangan sosial yang direproduksi dalam sistem pendidikan serta merancang solusi berbasis pendidikan kritis.
  • Mahasiswa mampu merancang bahan ajar dan media pembelajaran yang berorientasi pada penguatan kesadaran kritis dan transformasi sosial.
  • Mahasiswa mampu mengomunikasikan gagasan kritis secara sistematis dan argumentatif baik secara lisan maupun tulisan sesuai dengan norma dan etika akademik.
  • Mahasiswa mampu bekerja sama dalam kelompok untuk melakukan studi kasus dan proyek berbasis komunitas terkait implementasi pendidikan kritis dalam pendidikan nonformal.

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Konsep dasar pendidikan kritis dan perannya dalam pendidikan luar sekolah.
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Evolusi pendidikan kritis dan tokoh-tokohnya.
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Membandingkan pemikiran tokoh pendidikan kritis.
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Konsep hegemoni dalam pendidikan dan mampu mengkritisinya.
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Merancang model pendidikan kritis berbasis pemberdayaan.
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Teori dan prinsip pembelajaran dialogis dalam pendidikan kritis.
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Merancang dan menerapkan metode pembelajaran dialogis dalam praktik pendidikan nonformal.
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    Pemahaman mereka tentang konsep-konsep utama pendidikan kritis.
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Menganalisis faktor-faktor yang menyebabkan ketimpangan dalam pendidikan.
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Merancang strategi pendidikan kritis berbasis komunitas.
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Bahan ajar berbasis pendidikan kritis.
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Menyusun tulisan akademik berbasis pendidikan kritis.
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Berkolaborasi dalam proyek pendidikan kritis berbasis komunitas.
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Prinsip pendidikan kritis dalam pemberdayaan masyarakat.
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Merefleksikan pengalaman belajar mereka sepanjang mata kuliah dan menghubungkannya dengan praktik profesional.
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    Pemahaman mereka tentang teori pendidikan kritis dan aplikasinya dalam pendidikan luar sekolah.
    • Date  23 Mei 2024

Lecturer

RIVO NUGROHO
RIVO NUGROHO
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MONICA WIDYASWARI
MONICA WIDYASWARI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Luar Sekolah
  • Semester2
  • Lectures2
Difficult Things About Education.
$75$10