•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Instructor
Muhammad Satriawan
 

My Profile

Nama
Dr. Muhammad Satriawan, M.Pd.
NIDN
0827018801
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2024/2025 Gasal

(15 Reviews)

Mekanika | 2023D

  • 16 Lessons

Kajian tentang konsep, prinsip dan teori mekanika serta penerapannya dalam berbagai kasus nyata di lingkungan mahasiswa, meliputi konsep vektor dan ruang vektor, kinematika gerak partikel

(15 Reviews)

Fisika Umum | 2024F

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas tentang Gerak, Fluida, Perubahan Energi, Suhu dan Kalor, Optik, Listrik Statis dan Dinamis, melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi, tanya

(15 Reviews)

Kurikulum Sekolah | 2023E

  • 16 Lessons

Kajian tentang pengertian kurikulum, perkembangan kurikulum sekolah, adaptasi kurikulum terkini terhadap implimentasi kurikulum di sekolah, analisis kurikulum yang mencakup analisis tugas dan materi, perumusan tujuan

(15 Reviews)

Kajian Penelitian dan Inovasi Pendidikan Fisika | 2024B

  • 16 Lessons

Mengaji tentang isu-isu dan trends terkini terkait dengan pendidikan sains meliputi: paradigma baru pembelajaran sains,penelitian-penelitian mutakhir di dalam bidang pendidikan sains, pembelajaran karakter melalui pembelajaran

(15 Reviews)

Sistem Pengukuran Fisika | 2024A

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini menjabarkan tentang konsep sistem pengukuran fisika, teknik pengukuran, analisis kesalahan dalam pengukuran, penerapan instrument pengukuran di laboratorium meliputi : mistar, jangka sorong,

(15 Reviews)

Sistem Pengukuran Fisika | 2024C

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini menjabarkan tentang konsep sistem pengukuran fisika, teknik pengukuran, analisis kesalahan dalam pengukuran, penerapan instrument pengukuran di laboratorium meliputi : mistar, jangka sorong,

(15 Reviews)

Keterampilan Mengajar Pembelajaran Mikro | 2022P

  • 16 Lessons

Pengertian dan Langkah-Langkah Tentang Observasi dan Pembelajaran Mikro, Keterampilan Bertanya, Keterampilan Memberikan Penguatan, Keterampilan Melakukan Variasi, Keterampilan Menjelaskan, Keterampilan Membuka dan Menutup, Keterampilan Membimbing Diskusi

(15 Reviews)

Fisika Umum | 2024E

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas tentang Gerak, Fluida, Perubahan Energi, Suhu dan Kalor, Optik, Listrik Statis dan Dinamis, melalui pembelajaran aktif dengan kombinasi metode diskusi, tanya

(15 Reviews)

Kewirausahaan | 2023C

  • 16 Lessons

Matakuliah ini membahas tentang konsep-konsep kewirausahaan, definisi kewirausahaan, jenis-jenis kewirausahaan, nilai-nilai dan perilaku kewirausahaan, berbagai teori tentang kewirausahaan, ide dan peluang, kreativitas, inovasi, perencanaan usaha,

(15 Reviews)

Kewirausahaan | 2023B

  • 16 Lessons

Matakuliah ini membahas tentang konsep-konsep kewirausahaan, definisi kewirausahaan, jenis-jenis kewirausahaan, nilai-nilai dan perilaku kewirausahaan, berbagai teori tentang kewirausahaan, ide dan peluang, kreativitas, inovasi, perencanaan usaha,

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi
2023/2024 Genap 8410302006 Edupreneur Fisika 2024A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420303279 ENGLISH FOR PHYSICS 2023E Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302252 Fisika Audiovisual 2021U Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302288 KETERAMPILAN MENGAJAR & PEMBELAJARAN MIKRO 2021N Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 4520102107 Konservasi Sumber Daya Alam 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302107 Konservasi Sumber Daya Alam 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420303115 Listrik Magnet 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420303115 Listrik Magnet 2022I Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302287 Media Pembelajaran Fisika 2022I Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420302236 Teori Belajar 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420302275 Dasar Kependidikan 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420304064 FISIKA DASAR I 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503100 FISIKA UMUM 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420503100 FISIKA UMUM 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420302224 Kewirausahaan 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420302286 Pengembangan Bahan Ajar 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420302283 Perencanaan Pembelajaran 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8410102229 Publikasi Ilmiah 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 4520102196 SISTEM PENGUKURAN FISIKA 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 4520102196 SISTEM PENGUKURAN FISIKA 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 4520102196 SISTEM PENGUKURAN FISIKA 2023D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420302188 SISTEM PENGUKURAN FISIKA 2023D Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420303279 ENGLISH FOR PHYSICS 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420304067 Fisika Dasar II 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8320102259 Keterampilan Mengajar Pembelajaran Mikro MB001 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302224 Kewirausahaan 2020U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302107 Konservasi Sumber Daya Alam 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 4520102107 Konservasi Sumber Daya Alam 2022I Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302245 Literasi Fisika 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302287 Media Pembelajaran Fisika 2021A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302143 MULTIMEDIA 2020U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302286 Pengembangan Bahan Ajar 2020X Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8410102229 Publikasi Ilmiah 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420302236 Teori Belajar 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 4720103030 FISIKA UMUM 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 4620103073 FISIKA UMUM 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420302286 Pengembangan Bahan Ajar 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420302283 Perencanaan Pembelajaran 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 4520102196 SISTEM PENGUKURAN FISIKA 2022E Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap MPB6647 FISIKA KOMPUTASI LANJUT A STKIP Bima
2021/2022 Genap FIS02212 FISIKA MATEMATIKA I A STKIP Bima
2021/2022 Genap FIS01217 KOMPUTER DAN PEMROGRAMAN A STKIP Bima
2021/2022 Genap MKB6642 METODELOGI PENELITIAN FISIKA A STKIP Bima
2021/2022 Genap PIP3436 STATISTIKA B STKIP Bima
2021/2022 Genap PIP3436 STATISTIKA C STKIP Bima
2021/2022 Genap PIP3436 STATISTIKA A STKIP Bima
2021/2022 Ganjil MKK6315 FISIKA MATEMATIKA II A STKIP Bima
2021/2022 Ganjil MKB6333 PENGANTAR PENDIDIKAN A STKIP Bima
2020/2021 Genap MKK6212 FISIKA MATEMATIKA I A STKIP Bima
2020/2021 Genap MKK6417 MEKANIKA II A STKIP Bima
2020/2021 Pendek MKK6522 GELOMBANG DAN OPTIK A STKIP Bima
2016/2017 Genap MKK6212 FISIKA MATEMATIKA I 01 STKIP Bima
2016/2017 Genap MKB6640 MICROTEACHING 02 STKIP Bima
2016/2017 Genap MKB6640 MICROTEACHING 01 STKIP Bima
2016/2017 Genap MKB6641 PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAJARAN FISIKA 01 STKIP Bima
2016/2017 Genap MKB6641 PENGEMBANGAN PROGRAM PENGAJARAN FISIKA 02 STKIP Bima
2016/2017 Genap MKK6418 STATISTIK DASAR 01 STKIP Bima
2016/2017 Genap MKK6418 STATISTIK DASAR 02 STKIP Bima
2016/2017 Genap KBK1210 STATISTIKA 01 STKIP Bima
2016/2017 Ganjil MKB6539 EVALUASI PROSES HASIL BELAJAR 01 STKIP Bima
2016/2017 Ganjil MKB6539 EVALUASI PROSES HASIL BELAJAR 02 STKIP Bima
2016/2017 Ganjil MKK6315 FISIKA MATEMATIKA II 02 STKIP Bima
2016/2017 Ganjil MKK6315 FISIKA MATEMATIKA II 01 STKIP Bima
2016/2017 Ganjil MPK1105 ILMU ALAMIAH DASAR 01 STKIP Bima
2016/2017 Ganjil MKK6107 MATEMATIKA DASAR 01 STKIP Bima
2015/2016 Genap MKK6212 FISIKA MATEMATIKA I 02 STKIP Bima
2015/2016 Genap MKB6437 PROFESI KEPENDIDIKAN 01 STKIP Bima
2015/2016 Genap KBK1210 STATISTIKA 02 STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MKK6314 ELEKTRONIKA DASAR 01 STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MKK6314 ELEKTRONIKA DASAR 02 STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MPK1105 ILMU ALAMIAH DASAR A STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MPK1105 ILMU ALAMIAH DASAR B STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MKK6107 MATEMATIKA DASAR 02 STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MKB6333 PENGANTAR PENDIDIKAN 02 STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MKB6333 PENGANTAR PENDIDIKAN 01 STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MKB6335 TELAAH KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH 01 STKIP Bima
2015/2016 Ganjil MKB6335 TELAAH KURIKULUM SEKOLAH MENENGAH 02 STKIP Bima
2014/2015 Genap MKK6212 FISIKA MATEMATIKA I B STKIP Bima
2014/2015 Genap KBK2315 STATISTIKA A STKIP Bima
2014/2015 Genap KBK2315 STATISTIKA C STKIP Bima
2014/2015 Genap KBK2315 STATISTIKA B STKIP Bima
2014/2015 Ganjil MKK7108 FISIKA DASAR A STKIP Bima
2014/2015 Ganjil MKK6106 FISIKA DASAR I A STKIP Bima
2014/2015 Ganjil MPK1105 ILMU ALAMIAH DASAR 03 STKIP Bima
2014/2015 Ganjil MPK1105 ILMU ALAMIAH DASAR 02 STKIP Bima
2014/2015 Ganjil MKK6107 MATEMATIKA DASAR A STKIP Bima

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2024 Uniting cultures and promoting sustainable education: Batik diplomacy for Indonesian students in Taiwan to Support the SDGs E3S Web of Conferences 568, 04006
2. 2024 Designing ocean climate lecture-based prediction-argumentation to improve reflective thinking of pre-service teacher in Indonesia Reflective Practice, 1-14
3. 2024 Ocean wave energy learning project (OWELP): a program to communicate alternative energy technology Research in Science & Technological Education, 1-24
4. 2024 How to Promote the Ability of Physics Teaching Materials Development through Team-Based Project Learning? An Action Research Evidence Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika 10 (1), 15-26
5. 2024 Research Trends on Ethnoscience in Physics Learning (EPL): A Bibliometric Network Analysis Studies in Learning and Teaching 5 (1), 268-281
6. 2024 Perceptions of pre-service elementary school teachers toward education for sustainable development through character education E3S Web of Conferences 513, 04010
7. 2024 Exploring global dynamics of sustainable environmental sciences in climate change mitigation for sustainable development E3S Web of Conferences 513, 03014
8. 2024 Investigating the Pedagogic Competence of Pre-Service High School Teachers in Terms of Learning Planning Abilities Studies in Learning and Teaching 5 (1), 20-29
9. 2024 Development of Predict-Observe-Write (POW) learning model to improve student’s understanding of concepts on the topic of fluids Journal of Physics: Conference Series 2684 (1), 012005
10. 2023 Integration of independent learning and physics innovation in STEAM-based renewable energy education to improve critical thinking skills in the era of Society 5.0 for … E3S Web of Conferences 450, 01010
11. 2023 Pembelajaran Online-PBL Berbantuan Buku Digital dengan Animasi 3D Sebagai Sarana Meningkatkan Literasi Sains Mitra Edukasi dan Publikasi
12. 2023 Prediction of El Niño La Niña & Indian Ocean Dipole Phenomena Using the ARIMA Model by Prospective Teachers in Indonesia Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (10), 8730-8744
13. 2023 Internalisasi Nilai-Nilai Kearifan Lokal: Strategi Pembelajaran Berbasis Etnosains untuk Meningktakan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Literasi Sains Mitra Edukasi dan Publikasi
14. 2023 Peningkatan Karya Tulis Ilmiah di Indonesia: Dampak Workshop terhadap Mahasiswa Magister dan Doktor Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat 5 (4), 1541-1547
15. 2023 The dHOTLearn Model to Improve Critical Thinking Skills of Physics Education Program Undergraduate. Journal of Higher Education Theory & Practice 23 (19)
16. 2023 Identification of Student Misconception about Dynamic Fluid European Online Journal of Natural and Social Sciences 12 (1), pp. 43-52
17. 2023 Analysis of the pre-service physics teacher’s ability to develop SDGs-oriented multimedia E3S Web of Conferences 450, 01008
18. 2023 Pengembangan Media Pembelajaran ARDI (AR-Digital Book) Berbasis Augmented Reality 3D Animated Pada Materi Induksi Elektromagnetik Inovasi Pendidikan Fisika 12 (2), 54-64
19. 2023 Dasar-Dasar Pengembangan Bahan Ajar: Berorientasi pada Pembelajaran Berbasis Proyek Mitra Edukasi dan Publikasi
20. 2023 Suitability of Torricelli’s Theorem Formulation in Cases of Leaking Reservoirs with Video Analysis Tracker Journal of Physics: Conference Series 2623 (1), 012021
21. 2022 Pembelajaran fisika tentang “sumber energi terbarukan” berbantuan prototipe konverter sistem reduksi ganda untuk meningkatkan hasil belajar siswa Navigation Physics: Journal of Physics Education 4 (1), 56-62
22. 2022 Simple floating ocean wave energy converter: Developing teaching media to communicating alternative energy JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 12 (1), 1-13
23. 2022 Pengembangan modul digital materi kebumian untuk meningkatkan literasi iklim di indonesia OPTIKA: Jurnal Pendidikan Fisika 6 (2), 177-189
24. 2022 Improving Critical thinking skills (CTS) of students through wave energy learning project (WELP) on environmental physics lecture Journal of Physics: Conference Series 2392 (1), 012038
25. 2021 The students’ physics problem solving skills in basic physics course Journal of Physics: Conference Series 1731 (1), 012078
26. 2021 Unlimited energy source: a review of ocean wave energy utilization and its impact on the environment Indonesian Journal of Science and Technology 6 (1)
27. 2021 A Contextual Semi-Assisted Project-Based Learning on Ocean Wave Energy: Pre-service Physics Teachers’ Perceptions Jurnal Pendidikan Fisika 9 (1), 1-13
28. 2021 Designing of Environmental Physics Course Instruments about Ocean Wave Energy to Enhance Students' Creative Thinking Skills Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 11 (1), 1-15
29. 2021 A contextual semi assisted project-based learning (SA-PjBL) about ocean wave energy: Creative thinking of pre-service physics teachers Momentum: Physics Education Journal, 132-141
30. 2021 Efektivtias Pembelajaran Ipa (Fisika) Secara Daring Melalui Model Open Ended Learning Ditengah Wabah Covid-19 Dalam Membekalkan Keterampilan Berpikir Kritis Gravity Edu: Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Fisika 4 (2), 28-31
31. 2020 Analysis of Pre-Service Teachers' Reflective Thinking Ability Profile on Earth Physics Lectures Jurnal Pendidikan Fisika 8 (1), 56-63
32. 2020 Implementation of education for sustainable development to enhance Indonesian golden generation character Journal of Physics: Conference Series 1521 (4), 042102
33. 2020 Adaptasi dan Mitigasi Bencana alam untuk mahasiswa calon guru fisika melalui pengembangan LKM Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 11 (1), 1-8
34. 2020 Fluid experiment design using video tracker and ultrasonic sensor devices to improve understanding of viscosity concept Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022039
35. 2020 Analysing of pre-service physics teachers critical thinking skills profile in ocean wave energy topic Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022041
36. 2020 Physics learning based contextual problems to enhance students’ creative thinking skills in fluid topic Journal of Physics: Conference Series 1521 (2), 022036
37. 2020 Internalisasi Nilai Karakter dalam Pembelajaran Sains Berbasis Model Pembelajaran Karakter ESD Untuk Mempersiapkan Generasi Emas 2045 OSF Preprints
38. 2020 Measuring level of reflective thinking of physics pre-service teachers using effective essay argumentation Reflective Practice 21 (4), 565-586
39. 2020 Low-cost ocean wave energy converter kit as a teaching tool of a new alternative energy source Physics Education 55 (5), 055019
41. 2019 Assessing students 21st century attitude and environmental awareness: promoting education for sustainable development through science education Journal of Physics: Conference Series 1157 (2), 022025
42. 2019 Wave energy concept mastery relate on creative thinking skills of the pre-service physics teachers in environmental physics lectures Journal of Physics: Conference Series 1157 (3), 032044
43. 2019 The ocean climate phenomenon: the challenges of earth physics lectures in Indonesia Journal of Physics: Conference Series 1157 (3), 032038
44. 2019 Pengembangan Model Pembelajaran Karakter ESD untuk Meningkatkan Sikap Abad 21 Siswa SMA Seminar Nasional Taman Siswa Bima 1 (1), 366-373
45. 2019 Developing Education for Sustainable Development-Oriented-Character Learning Model for Indonesian Golden Generation Asian Social Science 15 (12), 87-93
46. 2019 Model pembelajaran berbasis nilai pendidikan karakter untuk generasi indonesia abad 21 Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan 22 (2), 233-242
47. 2018 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Yang Berorientasi Pada Model Pengajaran Langsung Pada Materi Entropi Dan Perubahannya OSF Preprints
48. 2018 Learning Physics Through The Cooperative Model of the Type of TAI Observed from Metacognitive Skills Against Cognitive Learning Outcomes OSF Preprints
49. 2018 Pembelajaran Fisika Melalui Lesson Study Berbasis Inkuiri Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengajar Pendidik Dan Hasil Belajar Peserta Didik OSF Preprints
50. 2018 Pembelajaran Fisika Melalui Strategi Reciprocal Teaching Ditinjau Dari Sikap Ilmiah Terhadap Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik OSF Preprints
51. 2018 KAJIAN AKSIOLOGI: ELABORASI NILAI-NILAI MORAL DALAM KONSEP MEKANIKA SEBAGAI UPAYA UNTUK MEMBENTUK GENERASI EMAS YANG BERKARAKTER OSF Preprints
52. 2018 Pengambangan Perangkat Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Ambalawi Prosiding Seminar Nasional Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala …
53. 2017 PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN FISIKA MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS KARAKTER MAJA LABO DAHU UNTUK MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA
54. 2017 Development of physics teaching materials based-contextual by integrated local wisdom to improve mastery of physics concept Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF) 1, 200-205
55. 2017 Pembelajaran Fisika Berbantuan Bahan Ajar Berbasis Kontekstual dengan Mengintegrasi Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika 8 (2)
56. 2016 Pengembangan bahan ajar fisika berbasis kontekstual dengan mengintegrasikan kearifan lokal untuk meningkatkan pemahaman konsep fisika pada mahasiswa JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains) 6 (1), 1212-1217
59. 2010 PENERAPAN STRATEGI RECIPROCAL TEACHING UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA PADA SISWA KELAS VIII SMPN 2 LABUAPI TAHUN PELAJARAN 2009/2010 Universitas Mataram