•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 
Instructor
Mohammad Budiyanto
 

My Profile

Nama
Dr. Mohammad Budiyanto, S.Pd., M.Pd.
NIDN
0004097710
Profile Sinta
Profile PDDIKTI
Profile Google Scholar

Jadwal mengajar periode 2024/2025 Gasal

(15 Reviews)

Kelistrikan dan Kemagnetan | 2023A

  • 16 Lessons

Matakuliah ini membahas tentang listrik statis, listrik dinamis, kemagnetan, induksi elektromagnetik, listrik arus bolak-balik, dan pengantar gelombang elektromagnetik serta gejala-gejalanya pada benda dan makhluk hidup.

(15 Reviews)

Pengelolaan dan Keselamatan Kerja Laboratorium | 2023A

  • 16 Lessons

Matakuliah ini membahas tentang manajemen dan administrasi laboratorium, perencanaan kerja dan biaya, keamanan dan keselamatan kerja laboratorium, pembuatan larutan,penilaian kerja laboratorium, dan penyusunan SOP.

(15 Reviews)

Gelombang dan Optik | 2023B

  • 16 Lessons

Matakuliah ini mengaji dasar-dasar getaran, gelombang, cahaya, alat optic dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.Disajikan dalam bentuk teori dan praktek.

(15 Reviews)

Pengelolaan dan Keselamatan Kerja Laboratorium | 2023F

  • 16 Lessons

Matakuliah ini membahas tentang manajemen dan administrasi laboratorium, perencanaan kerja dan biaya, keamanan dan keselamatan kerja laboratorium, pembuatan larutan,penilaian kerja laboratorium, dan penyusunan SOP.

(15 Reviews)

Kelistrikan dan Kemagnetan | 2023F

  • 16 Lessons

Matakuliah ini membahas tentang listrik statis, listrik dinamis, kemagnetan, induksi elektromagnetik, listrik arus bolak-balik, dan pengantar gelombang elektromagnetik serta gejala-gejalanya pada benda dan makhluk hidup.

(15 Reviews)

Fisika Umum | 2024B

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini membahas tentang fakta, konsep, prinsip/hukum, dan prosedur pengukuran, kinematika, dinamika, suhu, kalor, dan perpindahan kalor. Perkuliahan dilakukan dengan diskusi, kegiatan laboratorium (inkuiri,

(15 Reviews)

Pembelajaran Mikro | 2022G

  • 16 Lessons

Mata kuliah ini mengkaji tentang manajemen berbasis sekolah, supervisi klinis melalui presentasi dan diskusi, dan memfasilitasi mahasiswa dalam mengembangkan perangkat pembelajaran berdasarkan kurikulum yang berlaku,

Riwayat mengajar

Periode Kode MK Nama mata kuliah Kelas Perguruan Tinggi
2023/2024 Genap 8420803018 Biofisika 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420803018 Biofisika 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420803018 Biofisika 2023F Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420803018 Biofisika 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420803087 Matematika Ipa 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420803087 Matematika Ipa 2023C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420803087 Matematika Ipa 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420802181 Pembelajaran Mikro 2021J Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420802142 Seminar 2021J Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420803168 Statistika Pendidikan 2021A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Genap 8420803168 Statistika Pendidikan 2021B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420803045 Fisika Umum 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420803049 Gelombang dan Optik 2022C Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420803049 Gelombang dan Optik 2022A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420803068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2022D Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420803068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2022I Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8410102225 Pendidikan STEAM 2023A Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8410102225 Pendidikan STEAM 2023B Universitas Negeri Surabaya
2023/2024 Ganjil 8420803161 Pengelolaan dan Keselamatan Kerja Laboratorium 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103018 Biofisika 2022I Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103018 Biofisika 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2020A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2020B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2020I Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103087 Matematika IPA 2022I Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103087 Matematika IPA 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103087 Matematika IPA 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103087 Matematika IPA 2022D Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420103087 Matematika IPA 2022C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8320102246 Pembelajaran Mikro MB011 Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8420102142 Seminar 2020J Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Genap 8410102228 Studi Lapangan (Internship) 2022B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2022A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420103049 Gelombang dan Optik 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420103049 Gelombang dan Optik 2021B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2021U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2019A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2019U Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2019B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 1000003053 PLP-Pengembangan Bahan Ajar PLP B Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 1000003053 PLP-Pengembangan Bahan Ajar PLP C Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 1000003053 PLP-Pengembangan Bahan Ajar PLP A Universitas Negeri Surabaya
2022/2023 Ganjil 8410102228 Studi Lapangan (Internship) 2021B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2019C Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420103018 Biofisika 2021B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 1000003068 KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 1000003092 KKN Kewirausahaan Evaluasi Program 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 1000003074 KKN Proyek Desa Evaluasi Program 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420103087 Matematika IPA 2021U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420103087 Matematika IPA 2021A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420103087 Matematika IPA 2021B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420102181 Pembelajaran Mikro 2019D Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420102142 Seminar 2019D Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Genap 8420106146 SKRIPSI 2018A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2019B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2019U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2021A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2021C Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2021B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103049 Gelombang dan Optik 2020B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103049 Gelombang dan Optik 2020A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103049 Gelombang dan Optik 2020U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2019A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2019B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2019U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 1000003068 KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program 2019U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 1000003068 KKN Asistensi Mengajar Evaluasi Program 2019B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 1000003074 KKN Proyek Desa Evaluasi Program KKN11 Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 1000003074 KKN Proyek Desa Evaluasi Program KKN10 Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 1000003074 KKN Proyek Desa Evaluasi Program KKN06 Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2018U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2018A Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2018B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420106146 SKRIPSI 2018U Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8420106146 SKRIPSI 2018B Universitas Negeri Surabaya
2021/2022 Ganjil 8410102191 Studi Lapangan 2020B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420103049 Gelombang dan Optik 2018A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420103064 Kajian Hasil-hasil Penelitian Pendidikan IPA 2018A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420103178 Kuliah Kerja Nyata (Kkn) 2018B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420103087 Matematika IPA 2020A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420103087 Matematika IPA 2020B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420103087 Matematika IPA 2020U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420102181 Pembelajaran Mikro 2018G Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420102181 Pembelajaran Mikro 2018S Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420102142 Seminar 2018B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420102142 Seminar 2018F Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420106146 SKRIPSI 2017A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Genap 8420106146 SKRIPSI 2017U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2018B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2018U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2018A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2020B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2020C Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2020A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2018B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2018A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2018U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103178 Kuliah Kerja Nyata (Kkn) 2017B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103178 Kuliah Kerja Nyata (Kkn) 2017U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420103178 Kuliah Kerja Nyata (Kkn) 2017A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2017B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2017A Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420104182 Pengenalan Lapangan Persekolahan 2017U Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8420106146 SKRIPSI 2017B Universitas Negeri Surabaya
2020/2021 Ganjil 8410102191 Studi Lapangan 2019D Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103049 Gelombang dan Optik 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103049 Gelombang dan Optik 2017B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103049 Gelombang dan Optik 2017A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103064 Kajian Hasil-hasil Penelitian Pendidikan IPA 2017A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103064 Kajian Hasil-hasil Penelitian Pendidikan IPA 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103064 Kajian Hasil-hasil Penelitian Pendidikan IPA 2017B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103087 Matematika IPA 2019U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103087 Matematika IPA 2019B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420103087 Matematika IPA 2019A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420102181 Pembelajaran Mikro 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420101184 Pengenalan Lapangan Persekolahan I 2018A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420101184 Pengenalan Lapangan Persekolahan I 2018B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420101184 Pengenalan Lapangan Persekolahan I 2018U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420102142 Seminar 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420106146 SKRIPSI 2016A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420106146 SKRIPSI 2016U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Genap 8420106146 SKRIPSI 2016B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2017B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2017A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420102005 Analisis IPA Sekolah 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2019A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2019C Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2019B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2017B Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2017A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103094 METODOLOGI PENELITIAN 2017U Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103094 METODOLOGI PENELITIAN 2017A Universitas Negeri Surabaya
2019/2020 Ganjil 8420103094 METODOLOGI PENELITIAN 2017B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103048 Fluida 2017U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103048 Fluida 2017B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103048 Fluida 2017A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103049 Gelombang dan Optik 2016B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103049 Gelombang dan Optik 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103049 Gelombang dan Optik 2016U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103087 Matematika IPA 2018U Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103087 Matematika IPA 2018B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420103087 Matematika IPA 2018A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420102181 Pembelajaran Mikro 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Genap 8420102142 Seminar 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2018B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2018C Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2018A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420103068 Kelistrikan dan Kemagnetan 2016B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8410100109 Matematika Sains 2018A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420103111 Pembelajaran IPA Terpadu dan Penerapannya 2016B Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420103111 Pembelajaran IPA Terpadu dan Penerapannya 2016A Universitas Negeri Surabaya
2018/2019 Ganjil 8420103111 Pembelajaran IPA Terpadu dan Penerapannya 2016U Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 65324306 FLUIDA 2016U Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8420103087 Matematika IPA 2017B Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8420103087 Matematika IPA 2017A Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 8420103087 Matematika IPA 2017U Universitas Negeri Surabaya
2017/2018 Genap 65324206 SEMINAR 2015U Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 15A Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 15B Universitas Negeri Surabaya
2015/2016 Ganjil 93320318 Metode Statistik 13A Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 8620604040 Konsep Dasar IPA SMP 2 2012P Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 65324312 MATEMATIKA SAINS P.IPA Universitas Negeri Surabaya
2014/2015 Genap 65324206 SEMINAR P.IPA Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 8520102029 BOLA BASKET LANJUTAN 4 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 8420103049 GELOMBANG DAN OPTIK 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 8520102053 HOCKEY 1 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 1000002010 ILMU ALAMIAH DASAR (IAD) 2 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 90610303 KKN 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 90610303 KKN 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 8420102089 MATEMATIKA SAINS 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 65324312 MATEMATIKA SAINS 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 46424221 PENJASOR ADAPTIF 2 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 46524238 Perencanaan Pembelajaran Penjasor 1 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 8420103134 Radioaktivitas 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 8420103134 Radioaktivitas 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 65324317 SAINS SEKOLAH 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 65424601 SKRIPSI 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Genap 65424601 SKRIPSI 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 8520102026 BOLA BASKET DASAR 4 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 46524212 Bolabasket I 1 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 93320317 Fisika Dasar 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 8420103045 FISIKA UMUM 2013P Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 8420103068 KELISTRIKAN DAN KEMAGNETAN 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 8420103068 KELISTRIKAN DAN KEMAGNETAN 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 93320318 Metode Statistik 01 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 93320318 Metode Statistik 2013P Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 65314212 PADATAN ANTAR MUKA 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 8420102104 PADATAN DAN ANTAR MUKA 2013P Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 8520103135 PERENCANAAN DAN EVALUASI PENGAJARAN 1 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 46524308 PERENCANAAN PEMBELAJARAN 4 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 90520205 PPL II 02 Universitas Negeri Surabaya
2013/2014 Ganjil 90520205 PPL II 01 Universitas Negeri Surabaya
2012/2013 Genap 8520102029 BOLABASKET II 01 Universitas Negeri Surabaya
2012/2013 Genap 46424305 PENJAS OR ADAPTIS 01 Universitas Negeri Surabaya
2012/2013 Genap 46424221 PENJASOR ADAPTIF 01 Universitas Negeri Surabaya
2012/2013 Ganjil 8520102026 BOLA BASKET DASAR 01 Universitas Negeri Surabaya
2012/2013 Ganjil 8420102060 ILMU SOSIAL BUDAYA DASAR (ISBD 01 Universitas Negeri Surabaya
2012/2013 Ganjil 65324302 INTERAKSI ANTAR FAKTOR FISIK 01 Universitas Negeri Surabaya
2012/2013 Ganjil 46524238 Perencanaan Pembelajaran Penjasor 01 Universitas Negeri Surabaya
2012/2013 Ganjil 90520202 PPL I 01 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 46524248 BOLA BASKET LANJUTAN 2 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 65324306 FLUIDA 01 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 65324402 GELOMBANG DAN OPTIK 01 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 90210214 ILMU KEALAMAN DASAR 4 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 65324212 MATEMATIKA SAINS 01 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 8420103088 MATEMATIKA SAINS 02 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 8520102132 PERENCANAAN PEMBELAJARAN PENJAS 2 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 8420102130 PPL I 01 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Genap 8420104157 ZAT DAN ENERGI 01 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Ganjil 46524247 BOLA BASKET DASAR 2 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Ganjil 93320317 FISIKA DASAR 02 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Ganjil 65314208 Geofisika 01 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Ganjil 90220201 ISD 01 Universitas Negeri Surabaya
2011/2012 Ganjil 8420102104 PADATAN DAN ANTAR MUKA 01 Universitas Negeri Surabaya

Riwayat Publikasi

No Tahun Judul Artikel Publisher
1. 2024 TOSLS: Development, Implementation, and Quality Analysis of an Instrument for Assessing Scientific Literacy Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 10 (1), 146-160
2. 2024 Persepsi Siswa terhadap Model Pembelajaran RADEC dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SMP JURNAL PENELITIAN PENDIDIKAN MATEMATIKA DAN SAINS 8 (1), 7-11
3. 2024 Enhancing Critical Thinking Skills in Junior High School Students through the RADEC Learning Model on Vibration Material Jurnal Pijar Mipa 19 (4), 586-593
4. 2024 Pembelajaran Aktif: Implementasi Pendekatan Experiential Learning Pada Pembelajaran IPA untuk Meningkatkan Hasil Belajar: Implementasi Pendekatan Experiential Learning Pada … PENDIPA Journal of Science Education 8 (2), 164-170
5. 2024 The effectiveness of mind-map as a pedagogical tool in enhancing conceptual understanding of photosynthesis AIP Conference Proceedings 3116 (1)
6. 2024 Performance parameters of standard salt concentration sensitivity and linearity in Refractometers and Genesys 30 Spectrometer UV-Vis E3S Web of Conferences 513, 03006
7. 2024 In vitro investigation on Pennisetum purpureum leaf extracts grown in Indonesia of phytochemical components, optical characteristics, and antioxidant-antibacterial … Brazilian Journal of Biology 84, e280855
8. 2024 Investigação in vitro em extratos de folhas de Pennisetum purpureum cultivados na Indonésia: componentes fitoquímicos, propriedades ópticas e atividades … Brazilian Journal of Biology 84, e280855
9. 2024 Profile of College Students' Critical Thinking Skills Assisted by Problem-Based Learning Models on Electromagnetic Material IJORER: International Journal of Recent Educational Research 5 (1), 168-181
10. 2024 Analysis of High School Students’ Critical Thinking Skills Profile According to Ennis Indicators IJORER: International Journal of Recent Educational Research 5 (1), 157-167
11. 2023 The role of scientific literacy instruments for measuring science problem solving ability IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (1), 45-58
12. 2023 PENERAPAN MODEL DISCOVERY LEARNING SECARA VIRTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA MATERI KEMAGNETAN PADA SISWA SMP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 11 (1), 101-105
13. 2023 Implementasi Guided Inquiry Learning Berbantuan Simulasi Interaktif Phet Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 11 (1), 53-60
14. 2023 Implementation of PBL-flipped classroom learning model to improve the learning outcomes of junior high school students in human excretion system materials Jurnal Pijar Mipa 18 (2), 151-155
15. 2023 Implementation of project-based learning models to improve science literacy of junior high school students Jurnal Pijar Mipa 18 (2), 176-182
16. 2023 The Dangers of Cigarette Smoke and the Role of Guided Inquiry for Prevention and Other Prevention IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (2), 149-162
17. 2023 Improving Problem-Solving Skills With Problem-Based Learning Models in Optical Wave Courses International Journal of Current Educational Research 2 (1), 27-38
18. 2023 Peningkatan Hasil Belajar IPA Kelas VIII pada Materi Getaran dan Gelombang dengan Menerapkan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audiovisual JURNAL PENDIDIKAN MIPA 13 (2), 544-550
19. 2023 Scientific Literacy Improvement Using Socio-Scientific Issues Learning IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (4), 447-456
20. 2023 Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Dengan Media Permainan Monopoli Ipa Pada Materi Sistem Ekskresi Manusia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Journal of Comprehensive Science (JCS) 2 (7), 2063-2072
21. 2023 Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Journal of Comprehensive Science (JCS) 2 (7), 2084-2096
22. 2023 TOSLS Cognitive Instrument to Measure Students' Scientific Literacy Abilities IJORER: International Journal of Recent Educational Research 4 (6), 819-826
23. 2023 Contextual-based physics learning through experimental method to increase learning outcomes in thermodynamics material Studies in Learning and Teaching 4 (2), 250-259
24. 2023 The Effectiveness of Contextual Learning Using the Guided Inquiry Approach to Improve Students' Scientific Literacy Ability Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 9 (1), 444-448
25. 2023 The Characterization of Salt Level in Mango Fruit Through Principle of Refraction Index Science Education and Application Journal 5 (1), 56-61
26. 2022 Peningkatan Motivasi Belajar Ipa Melalui Model Pembelajaran Somatic Auditory Visual Intellectual Pada Pembelajaran Daring PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (1), 60-68
27. 2022 Penerapan Model Pembelajaran Konsep Berbantuan Lks Mind Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa SMP Pada Materi Getaran Dan Gelombang PENSA: E-Jurnal Pendidikan Sains 10 (1), 102-108
28. 2022 Penerapan model learning cycle 5E berbantuan LKPD untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada materi zat aditif PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (2), 283-289
29. 2022 Penerapan Virtual Laboratory Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Di Masa Pandemi Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 10 (2), 246-252
30. 2022 Penerapan Model Flipped Classroom-STAD Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (2), 240-245
31. 2022 EFEKTIVITAS PENERAPAN PROJECT-BASED LEARNING BERBASIS OUTDOOR STUDY DENGAN BANTUAN MICROSOFT TEAMS UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (2), 305-312
32. 2022 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VII DENGAN MENERAPKAN PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 10 (3), 367-373
33. 2022 meningkatkan kemampuan literasi sains siswa melalui pembelajaran IPA berbasis socio-scientific issues pada materi pencemaran lingkungan Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 10 (2), 260-265
34. 2022 THE EFFECT OF COOPERATIVE MODEL TYPE OF STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) ASSISTED WITH VIDEO MEDIA LEARNING ON THE INTERACTION OF LIVING THINGS WITH THEIR ENVIRONMENT … Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 7 (1), 40-46
35. 2022 Jurnal Pendidikan MIPA Jurnal Pendidikan 23 (2), 505-518
36. 2022 The Use of STEM-Integrated Project-based Learning Models to Improve Learning Outcomes of Junior High School Students Eighth Southeast Asia Design Research (SEA-DR) & the Second Science …
37. 2022 EFFECTIVENESS OF DEVELOPMENT LEARNING MEDIA USING ELECTROCARDIOGRAMS (ECG) IN ELECTRICITY AND MAGNETIC LECTURES JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA) 7 (2), 67-71
38. 2021 KEVALIDAN LKS BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI SUHU DAN PERUBAHANNYA KELAS VII PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (1), 41-45
39. 2021 KEVALIDAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOSAINS PADA MATERI PEMISAHAN CAMPURAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (1), 35-40
40. 2021 Determination of potassium concentration in solution using optical fiber sensors IOP Conference Series: Materials Science and Engineering 1125 (1), 012004
41. 2021 Peningkatan hasil belajar di masa pandemi dengan menggunakan lembar kerja peserta didik berorientasi keterampilan proses sains Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 9 (2), 171-175
42. 2021 Analisis kebutuhan perangkat pembelajaran model pjbl terintegrasi stem berbasis e-learning di masa pandemi covid-19 Jurnal Basicedu 5 (6), 5370-5378
43. 2021 Uji coba ebook berorientasi problem based learning dalam materi cahaya dan alat optik untuk melatih kemampuan berpikir kritis PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (3), 394-398
44. 2021 Penerapan self-assessment dalam pembelajaran daring untuk meningkatkan kemampuan self-regulation siswa SMPN 1 Gresik PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (3), 414-421
45. 2021 Pemanfaatan Rumah Belajar Laboratorium Maya Untuk Meremediasi Miskonsepsi Siswa SMP Pada Materi Hukum Archimedes Di Masa Pandemi PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (3), 356-362
46. 2021 Penerapan model pembelajaran guided inquiry dengan LKPD berbasis scaffolding untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 9 (3), 399-406
47. 2021 Helium-Neon Laser Exposure to Extracts of Seven Variations of Bananas Through Fiber-Optic to Determine the Potassium Content in Bananas International Joint Conference on Science and Engineering 2021 (IJCSE 2021 …
48. 2021 Determination of Potassium Levels in Bananas Using an Optical Sensor with a Flat and Concave Mirror Plane Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 7 (3), 293-297
49. 2021 Scientific literacy of COVID-19 in the first year pandemic: Design and development test Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 6 (1), 48-55
50. 2021 A critical thinking skill profile of science education undergraduate student in basic physics Journal of Physics: Conference Series 2110 (1), 012030
51. 2021 Junior High School Student’s Contagion Literacy: How far students understand Covid-19 Symptoms? E3S Web of Conferences Volume 328 (2021) International Conference on Science …
52. 2020 Improving junior high school student’s learning outcomes through interactive multimedia of blood circulation system Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 8 (1)
53. 2020 EFFECTIVENESS OF MOLYDO OF TEMPERATURE AND HEAT (MTH)-GAME TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (1)
54. 2020 EFFECTIVENESS OF STUDENT WORKSHEET BASED ON GUIDED INQUIRY LEARNING TO FACILITATE STUDENT’S HIGHER ORDER THINKING SKILLS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (1)
55. 2020 USING PROJECT-BASED LEARNING WORKSHEET WITH WASTE WATER TREATMENT THEME TO PRACTICE STUDENT’PROBLEM-SOLVING SKILLS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (2), 110-114
56. 2020 KEEFEKTIFAN MEDIA PERMAINAN EXSYS QUARTET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERKOMUNIKASI SISWA PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA Pensa: E-Jurnal Pendidikan Sains 8 (2), 125-131
57. 2020 IMPROVING STUDENTS’LEARNING OUTCOMES THROUGH THE APPLICATION OF AN INTERACTIVE MULTIMEDIA ON HUMAN EXCRETION SYSTEM MATERIAL PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (2), 84-88
58. 2020 Implementation team assisted individualization learning model assisted by worksheet based on contextual teaching and learning to improve student learning outcomes Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 5 (2), 53-60
59. 2020 USING MAKE A MATCH CARDS ABOUT CELL TO IMPROVE STUDENTS’LEARNING OUTCOME PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 267-274
60. 2020 MELATIHKAN KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA MELALUI STRATEGI MIND MAPPING MATERI PENCEMARAN UDARA PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 254-259
61. 2020 PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA SMP DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PADA MATERI GETARAN DAN GELOMBANG PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 235-240
62. 2020 KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PADA SUB MATERI TEKANAN ZAT CAIR DENGAN MODEL PEMBELAJARAN GUIDED DISCOVERY PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 260-266
63. 2020 PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM BERBASIS HIGH ORDER THINKING SKILLS (HOTS) UNTUK MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0 PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 8 (3), 282-287
64. 2020 PROFILE ANALYSIS GRADUATE MAJORING IN IPA FMIPA Universitas Negeri Surabaya MISEIC 2020
65. 2019 Theoretical feasibility of interactive multimedia based on articulate storyline in liquid pressure PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (2)
66. 2019 Keefektifan LKS Berbasis Discovery Learning Pada Materi Hukum Newton Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (2)
67. 2019 Improvement of student learning outcomes through reciprocal teaching approach assisted by mind map at science learning in junior high school PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (2)
68. 2019 THE EFFECTIVENESS OF TEACHING MATERIALS TO INCREASE SCIENCE LITERATION IN THE MATERIALS OF VISION AND OPTICAL TOOLS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (2)
69. 2019 Pengembangan LKS Berbasis Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains pada Materi Sifat Cahaya dan Proses Pembentukan Bayangan PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (2)
70. 2019 MULTIMEDIAS EFFECTIVENESS TO IMPROVE STUDENTS LEARNING OUTCOMES IN SOLAR SYSTEMS MATERIALS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (2)
71. 2019 EFFECTIVENESS OF LEARNING MATERIALS BASED STRATEGIC QSH TO IMPROVE STUDENT LEARNING OUTCOMES IN SUB MATERIAL INTERACTION IN ECOSYSTEMS PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (2)
72. 2019 Sensitivity Approach of Optical Sensors of Cholesterol Detection through Gaussian Beam and Quasi-Gaussian Beam Jurnal Penelitian Fisika dan Aplikasinya (JPFA) 9 (1), 22-31
73. 2019 VALIDITAS LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS HIGHER ORDER THINKING SKILLS DENGAN TEMA PENCEMARAN LINGKUNGAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 7 (3)
74. 2019 Development of optical fiber sensor performance as a tool to determine cholesterol concentration Journal of Physics: Conference Series 1417 (1), 012005
75. 2018 SENSOR SERAT OPTIK BERKAS KUASI GAUSSIAN UNTUK MENENTUKAN KONSENTRASI KOLESTEROL (Optical Fiber Sensor Quasi Gaussian Beam for Determining Cholesterol Concentration) UNIVERSITAS AIRLANGGA
76. 2018 PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN OPTIK MENGGUNAKAN SENSOR SERAT OPTIK BUNDLE UNTUK MENENTUKAN KONSENTRASI KOLESTEROL Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3 (1), 39-44
77. 2018 Efficiency of Optical Sensors with Quasi Gaussian Beam for Determining Cholesterol Concentration International Conference on Science and Technology (ICST 2018), 70-73
78. 2018 PEMBELAJARAN FISIKA DASAR MENGGUNAKAN E-LEARNING UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS MAHASISWA Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 3 (2), 82-86
79. 2018 Potency of sensor displacement detection of cholesterol concentration using flat mirror as media for learning waves and optics Journal of Physics: Conference Series 1006 (1), 012007
80. 2017 POTENSI SENSOR SERAT OPTIK DETEKSI KONSENTRASI KOLESTEROL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN GELOMBANG DAN OPTIK Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 2 (1), 1-5
81. 2017 Keefektifan Lks IPA Anti Nyamuk dari Kulit Jeruk Berorientasi Sets untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 5 (03)
82. 2017 Fiber optic displacement sensor for measuring cholesterol concentration Sensors & Transducers 217 (11), 45-48
83. 2017 Optical Fiber Displacement Sensor Using Concave Mirror For Cholesterol Detection Proceedings of the IEEE, 150-153
84. 2017 Cholesterol detection using optical fiber sensor based on intensity modulation Journal of Physics: Conference Series 853, doi :10.1088/1742-6596/853/1/012008
85. 2016 Penerapan strategi belajar peta konsep untuk meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah sains sekolah prodi S-1 pendidikan IPA UNESA Surabaya Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1 (1), 37-42
86. 2016 Effectiveness of the INQF-based learning on a general physics for improving student’s learning outcomes Journal of Baltic Science Education 15 (4), 441
87. 2016 Representasi penggunaan media digital dan pembelajaran berbasis penelitian: Sebuah survei untuk mengukur perilaku pada mahasiswa baru di Program Studi Pendidikan Sains Unesa Jurnal Penelitian Pendidikan IPA 1 (1), 7-12
88. 2015 PENGEMBANGAN LEMBAR KEGIATAN SISWA BERORIENTASI PROBLEM SOLVING PADA MATERI KALOR DAN PERPINDAHANNYA KELAS VII SMP PENDIDIKAN SAINS 3 (02)
89. 2015 Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA SMP Melalui Model Discovery Learning Pada materi Pemanasan Global Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
90. 2015 Pengembangan Game Petualangan Sains Sebagai Media Pembelajaran Pada Materi Perpindahan Kalor Pensa: Jurnal Pendidikan Sains 3 (03), 251661
91. 2015 Pendampingan Pelatihan Alat Kit Ipa Bagi Guru Madrasah Tsanawiyah (Mts) Kota Probolinggo Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendekatan S Ai Ntifi K Dalam Rangka Pelaksanaan Kurikulum … Jurnal Abdi: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1), 78-83
92. 2015 PENDAMPINGAN PENULISAN KARYA TULIS ILMIAH PADA MEDIA WAPIK BAGI GURU-GURU IPA MELALUI MGMP IPA KOTA PROBOLINGGO Jurnal ABDI: Media Pengabdian Kepada Masyarakat 1 (1), 71-77
93. 2014 Penerapan Pengajaran Terbalik (Reciprocal Teaching) Pada Tema Pasta Di SMP Ulul Alb@ b Kelas VIII B PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 2 (01)
94. 2014 Penerapan Model Problem Based Instruction (Pbi) Berpendekatan Sets pada Pembelajaran IPA dengan Tema Briket Sekam Padi di Kelas VII SMP PENDIDIKAN SAINS 2 (02)
95. 2014 Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Team Game Tournament) Pada Tema Bunyi Dan Pendengaran Manusia Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII … PENDIDIKAN SAINS 2 (03), 1-5
96. 2013 Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Pada Pembelajaran IPA Terpadu Tema Pencemaran Air Di SMP Walisongo Sembayat PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 1 (03)
97. 2013 Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Tema Banjir untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP PENDIDIKAN SAINS 1 (03)
98. 2013 Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah Tema Banjir untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII SMP PENSA E-JURNAL: PENDIDIKAN SAINS 1 (03)
99. 2013 Perangkat pembelajaran IPA terpadu tipe webbed pada tema pengolahan minyak kelapa untuk siswa SMP kelas VIII PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 1 (02)
100. 2012 Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa pada Materi Interaksi antara Faktor-faktor Fisik dengan Media Pembelajaran Motor Listrik PENSA: E-JURNAL PENDIDIKAN SAINS 1 (01)