Students understand the concept of class-based assessment, can develop various tools for measuring learning outcomes, are skilled at planning, implementing, processing and reporting evaluations of learning processes and outcomes.
Program Learning Outcomes (PLO)
PLO-5 Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika
PLO-8 Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang ilmu pendidikan ekonomi dengan menginternalisasi semangat kemandirian dan kejuangan
PLO-12 Menguasai konsep dan prinsip pedagogi, didaktik dan ilmu ekonomika secara mendalam untuk melakukan perancangan, pengelolaan dan evaluasi dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi.
PLO-13 Menguasai konsep teoritis perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi.
PLO-16 Mampu merancang, menerapkan, mengembangkan dan mengevaluasi konsep pembelajaran ekonomi dan prinsip-prinsip dalam bidang ilmu Pendidikan Ekonomi secara efektif, efisien, kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang mutakhir dan tepat guna.
PLO-17 Mampu mengkaji, menerapkan berbagai model, pendekatan dan metode, serta mengkombinasikan perencanaan, strategi dan evaluasi pembelajaran dalam pembelajaran ekonomi yang sesuai dengan karakter materi ajar dan karakter siswa.
PLO-18 Mampu menganalisis permasalahan dan mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang pendidikan ekonomi berdasarkan hasil analisis informasi dan data, serta menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk publikasi karya tulis ilmiah.
Program Objectives (PO)
PO-1 Mahasiswa mampu menilai proses dan hasil pembelajaran yang mengacu pada tujuan utuh pendidikan Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pemahaman tentang hakikat evaluasi pembelajaran Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil evaluasi pendidikan. Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait penyekoran hasil tes dan pengolahannya Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pengembangan tes (sebagai salah satu jenis instrumen evaluasi) Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait analisis kualitas tes, serta analisis butir-butir soal tes
PO-2 Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pemahaman tentang hakikat evaluasi pembelajaran
PO-3 Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait perencanaan, pelaksanaan dan pemanfaatan hasil evaluasi pendidikan.
PO-4 Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait penyekoran hasil tes dan pengolahannya
PO-5 Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait pengembangan tes (sebagai salah satu jenis instrumen evaluasi)
PO-6 Mahasiswa mampu memiliki pengetahuan dan keterampilan terkait analisis kualitas tes, serta analisis butir-butir soal tes