|
Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
|
Kode Dokumen |
SEMESTER LEARNING PLAN |
Course |
KODE |
Rumpun MataKuliah |
Bobot Kredit |
SEMESTER |
Tanggal Penyusunan |
Perkembangan Anak Usia Dini |
8620703248 |
Mata Kuliah Wajib Program Studi |
T=3 |
P=0 |
ECTS=4.77 |
1 |
1 Agustus 2024 |
OTORISASI |
Pengembang S.P |
Koordinator Rumpun matakuliah |
Koordinator Program Studi |
Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.
|
Muhammad Reza, S.Psi, M.Si.
|
Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd. |
Model Pembelajaran |
Case Study |
Program Learning Outcomes (PLO)
|
PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah |
PLO-3 |
Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan |
PLO-8 |
Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini |
Program Objectives (PO) |
PO - 1 |
Mahasiswa mampu memahami secara mendalam prinsip-prinsip perkembangan fisik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa pada anak usia dini, serta mampu mengaitkan prinsip-prinsip ini dalam merancang dan melaksanakan program pendidikan.
|
PO - 2 |
Mahasiswa mampu menguasai beragam strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini, termasuk penggunaan pendekatan bermain, pembelajaran berbasis proyek, dan penggunaan media pembelajaran yang tepat.
|
PO - 3 |
Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemikiran logis untuk memahami secara mendalam konsep-konsep perkembangan fisik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa pada anak usia dini, serta menggunakan pemikiran kritis untuk mengevaluasi berbagai teori dan penelitian terkait.
|
PO - 4 |
Mahasiswa mampu menguasai berbagai teknik pengasuhan yang didukung oleh bukti ilmiah, termasuk teknik pemberian stimulasi, pemberian dukungan emosional, dan pembentukan kebiasaan yang positif.
|
Matrik PLO-PO |
|
PO | PLO-3 | PLO-8 | PO-1 | | ✔ | PO-2 | | ✔ | PO-3 | ✔ | | PO-4 | | ✔ |
|
Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO) |
|
PO |
Minggu Ke |
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
PO-1 | ✔ | | | | | | | | | | | | | | | | PO-2 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-3 | | | | | | | | | | | | | | | | | PO-4 | | | | | | | | | | | | | | | | |
|
Deskripsi Singkat Mata Kuliah
|
Mata kuliah ini mengkaji tentang pola pertumbuhan dan perkembangan AUD ditinjau dari aspek fisik, phsikis, sosial, permasalahan, dan penanganannya serta membahas juga tentang kajian neurosains dalam tumbuh kembang anak. |
Pustaka
|
Utama : |
|
- Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.
- Benokraitis, Nijole V. 2011. Marriages & Families . New York: Pearson.
- Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga..
- Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
- Byrd-Bredbenner, Carol, dkk. 2009. Wardlaw’s Perspectives in Nutrition Eighth Edition . New York: Higher Education.
- Hay, William W, dkk. 2011. Current Diagnosis & Treatment Pediatric 20th Edition . New York: Mc Graw Hill Lange.
- Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone.
|
Pendukung : |
|
- Azizah, C., Hasanah, U., Komalasari, D., Saroinsong, W. P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Kucing (ENGCI) untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 208–219. https://doi.org/10.29062/SELING.V8I2.1235
- Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2016). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 1(1), 73-81.
- Ningrum, M. A., Lischa, D. C. N. N., & Maziyatul, H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Halang Rintang pada Anak Usia Dini. Jurnal obsesi: jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5133-5142.
- Nursalim, M., Sujarwananto, M. P., Yuliana, I., Rifayanti, Z. E. T., Jannah, N. L., Adhe, K. R., ... & M Bambang Edi Siswanto, M. (2022). Antologi Neurosains dalam Pendidikan. Jakad Media Publishing.
- Fitri, R., Reza, M., & Ningrum, M. A. (2020). Instrumen kesiapan belajar: asesmen non-tes untuk mengukur kesiapan belajar anak usia dini dalam perspektif neurosains. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 17-32.
- Ningrum, M. A., Maulidiyah, E. C., & Khotimah, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Fun Games bagi Guru PAUD di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 724-732.
|
Dosen Pengampu
|
Muhammad Reza, S.Psi., M.Si. Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd. |
Minggu Ke- |
Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)
|
Penilaian |
Bantuk Pembelajaran,
Metode Pembelajaran,
Penugasan Mahasiswa,
[ Estimasi Waktu] |
Materi Pembelajaran
[ Pustaka ] |
Bobot Penilaian (%) |
Indikator |
Kriteria & Bentuk |
Luring (offline) |
Daring (online) |
(1) |
(2) |
(3) |
(4) |
(5) |
(6) |
(7) |
(8) |
1
Minggu ke 1 |
Pemahaman tentang pola pertumbuhan dan perkembangan AUD |
- Mendefinisikan pengertian AUD
- Menjelaskan pola pertumbuhan dan perkembangan AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: konsep perkembangan anak Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
2% |
2
Minggu ke 2 |
Mampu memahami prinsip-prinsip perkembangan AUD |
- Mendiskusikan prinsip-prinsip perkembangan AUD
- Mengemukakan pentingnya tumbuh kembang AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Kolaboratif 3 X 50 |
|
Materi: prinsip perkembangan anak Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga.. |
3% |
3
Minggu ke 3 |
Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan prenatal |
- Menganalisis tahap pertumbuhan prenatal
- Menganalisis tahap perkembangan prenatal
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak dalam kandungan Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
2% |
4
Minggu ke 4 |
Mampu memahami perkembangan prenatal dan pascanatal |
- Menjelaskan pentingnya perkembangan prenatal
- Mengemukakan pentingnya perkembangan pascanatal
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak dalam kandungan Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
3% |
5
Minggu ke 5 |
Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan otak AUD |
- Mengemukakan pentingnya memahami pertumbuhan dan perkembangan otak AUD
- Menjelaskan struktur dan fungsi otak
- Menjelaskan stimulasi yang tepat terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga.. |
5% |
6
Minggu ke 6 |
Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan perinatal (ketika dilahirkan) |
Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan perinatal (ketika dilahirkan) |
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
5% |
7
Minggu ke 7 |
Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi ASI dan susu formula |
- Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi ASI
- Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi susu formula
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: kesehatan dan gizi anak Pustaka: Byrd-Bredbenner, Carol, dkk. 2009. Wardlaw’s Perspectives in Nutrition Eighth Edition . New York: Higher Education. |
10% |
8
Minggu ke 8 |
|
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan lengkap dan dianalisis
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan cukup lengkap dan dianalisis
- 1 = Mahasiswa menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis, namun tidak lengkap dan tidak dianalisis
Bentuk Penilaian : Tes |
Ujian Tulis 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak usia dini Pustaka: Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone. |
15% |
9
Minggu ke 9 |
Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtua sibuk bekerja dan orangtua yang memiliki banyak waktu di rumah |
- Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtuanya sibuk bekerja
- Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtuanya memiliki banyak waktu di rumah
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. |
2% |
10
Minggu ke 10 |
Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang dimasukkan ke lembaga PAUD dan yang tidak dimasukkan ke lembaga PAUD |
- Mengemukakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang dimasukkan ke lembaga PAUD
- Mengemukakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang tidak dimasukkan ke lembaga PAUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: permasalahana anak Pustaka: Benokraitis, Nijole V. 2011. Marriages & Families . New York: Pearson. |
3% |
11
Minggu ke 11 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan fisik motorik AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan fisik motorik AUD
- Menjelaskan permasalahan fisik motorik AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan fisik motorik AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Case Study 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak Pustaka: Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone. |
5% |
12
Minggu ke 12 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan kognitif AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan kognitif AUD
- Menjelaskan permasalahan kognitif AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan kognitif AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Penilaian Portofolio |
Saintifik, Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan kognitif Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga.. |
5% |
13
Minggu ke 13 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan bahasa AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan bahasa AUD
- Menjelaskan permasalahan bahasa AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan bahasa AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik, Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak Pustaka: Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier. |
5% |
14
Minggu ke 14 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan sosial emosi AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan sosial emosi AUD
- Menjelaskan permasalahan sosial emosi AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan sosial emosi AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik, Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak Pustaka: Azizah, C., Hasanah, U., Komalasari, D., Saroinsong, W. P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Kucing (ENGCI) untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 208–219. https://doi.org/... |
10% |
15
Minggu ke 15 |
Mampu mengkaji karakteristik perkembangan moral agama AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya |
- Mengidentifikasi karakteristik perkembangan moral agama AUD
- Menjelaskan permasalahan moral agama AUD
- Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan moral agama AUD
|
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
Bentuk Penilaian : Aktifitas Partisipasif |
Saintifik, Humanistik 3 X 50 |
|
Materi: permasalahan anak Pustaka: Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier. |
10% |
16
Minggu ke 16 |
Mampu mengerjakan soal US |
Mahasiswa mampu mengerjakan soal US |
Kriteria:
- 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan sangat baik
- 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan baik
- 1 = Mahasiswa tidak mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan baik
Bentuk Penilaian : Tes |
Saintifik 3 X 50 |
|
Materi: perkembangan anak Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga. Materi: PAUD Holistik Integratif Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD holistik integratif berdimensi profil pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574. |
15% |