Universitas Negeri Surabaya
Fakultas Ilmu Pendidikan
Program Studi S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini

Kode Dokumen

SEMESTER LEARNING PLAN

Course

KODE

Rumpun MataKuliah

Bobot Kredit

SEMESTER

Tanggal Penyusunan

Perkembangan Anak Usia Dini

8620703248

Mata Kuliah Wajib Program Studi

T=3

P=0

ECTS=4.77

1

1 Agustus 2024

OTORISASI

Pengembang S.P

Koordinator Rumpun matakuliah

Koordinator Program Studi




Eka Cahya Maulidiyah, M.Pd.




Muhammad Reza, S.Psi, M.Si.




Dr. Kartika Rinakit Adhe, S.Pd., M.Pd.

Model Pembelajaran

Case Study

Program Learning Outcomes (PLO)

PLO program Studi yang dibebankan pada matakuliah

PLO-3

Mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam melakukan pekerjaan yang spesifik di bidang keahliannya serta sesuai dengan standar kompetensi kerja bidang yang bersangkutan

PLO-8

Menguasai tahap perkembangan, konsep hidup sehat, dan teknik pengasuhan untuk mengoptimalkan perkembangan anak usia dini

Program Objectives (PO)

PO - 1

Mahasiswa mampu memahami secara mendalam prinsip-prinsip perkembangan fisik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa pada anak usia dini, serta mampu mengaitkan prinsip-prinsip ini dalam merancang dan melaksanakan program pendidikan.

PO - 2

Mahasiswa mampu menguasai beragam strategi pengajaran yang sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini, termasuk penggunaan pendekatan bermain, pembelajaran berbasis proyek, dan penggunaan media pembelajaran yang tepat.

PO - 3

Mahasiswa mampu mengaplikasikan pemikiran logis untuk memahami secara mendalam konsep-konsep perkembangan fisik, kognitif, sosio-emosional, dan bahasa pada anak usia dini, serta menggunakan pemikiran kritis untuk mengevaluasi berbagai teori dan penelitian terkait.

PO - 4

Mahasiswa mampu menguasai berbagai teknik pengasuhan yang didukung oleh bukti ilmiah, termasuk teknik pemberian stimulasi, pemberian dukungan emosional, dan pembentukan kebiasaan yang positif.

Matrik PLO-PO

 
POPLO-3PLO-8
PO-1 
PO-2 
PO-3 
PO-4 

Matrik PO pada Kemampuan akhir tiap tahapan belajar (Sub-PO)

 
PO Minggu Ke
1 2 3 4 5 6 7 8 9 10 11 12 13 14 15 16
PO-1
PO-2
PO-3
PO-4

Deskripsi Singkat Mata Kuliah

Mata kuliah ini mengkaji tentang pola pertumbuhan dan perkembangan AUD ditinjau dari aspek fisik, phsikis, sosial, permasalahan, dan penanganannya serta membahas juga tentang kajian neurosains dalam tumbuh kembang anak.

Pustaka

Utama :

  1. Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.
  2. Benokraitis, Nijole V. 2011. Marriages & Families . New York: Pearson.
  3. Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga..
  4. Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
  5. Byrd-Bredbenner, Carol, dkk. 2009. Wardlaw’s Perspectives in Nutrition Eighth Edition . New York: Higher Education.
  6. Hay, William W, dkk. 2011. Current Diagnosis & Treatment Pediatric 20th Edition . New York: Mc Graw Hill Lange.
  7. Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone.

Pendukung :

  1. Azizah, C., Hasanah, U., Komalasari, D., Saroinsong, W. P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Kucing (ENGCI) untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 208–219. https://doi.org/10.29062/SELING.V8I2.1235
  2. Hasibuan, R., & Ningrum, M. A. (2016). Pengaruh Bermain Outdoor Dan Kegiatan Finger Painting Terhadap Kreativitas Anak Usia Dini. JP (Jurnal Pendidikan): Teori dan Praktik, 1(1), 73-81.
  3. Ningrum, M. A., Lischa, D. C. N. N., & Maziyatul, H. (2023). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Halang Rintang pada Anak Usia Dini. Jurnal obsesi: jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 5133-5142.
  4. Nursalim, M., Sujarwananto, M. P., Yuliana, I., Rifayanti, Z. E. T., Jannah, N. L., Adhe, K. R., ... & M Bambang Edi Siswanto, M. (2022). Antologi Neurosains dalam Pendidikan. Jakad Media Publishing.
  5. Fitri, R., Reza, M., & Ningrum, M. A. (2020). Instrumen kesiapan belajar: asesmen non-tes untuk mengukur kesiapan belajar anak usia dini dalam perspektif neurosains. JP2KG AUD (Jurnal Pendidikan, Pengasuhan, Kesehatan Dan Gizi Anak Usia Dini), 1(1), 17-32.
  6. Ningrum, M. A., Maulidiyah, E. C., & Khotimah, N. (2020). Pelatihan Pembuatan Fun Games bagi Guru PAUD di Kabupaten Jombang Jawa Timur. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 5(3), 724-732.

Dosen Pengampu

Muhammad Reza, S.Psi., M.Si.

Eka Cahya Maulidiyah, S.Pd., M.Pd.

Minggu Ke-

Kemampuan akhir tiap tahapan belajar
(Sub-PO)

Penilaian

Bantuk Pembelajaran,

Metode Pembelajaran,

Penugasan Mahasiswa,

 [ Estimasi Waktu]

Materi Pembelajaran

[ Pustaka ]

Bobot Penilaian (%)

Indikator

Kriteria & Bentuk

Luring (offline)

Daring (online)

(1)

(2)

(3)

(4)

(5)

(6)

(7)

(8)

1

Minggu ke 1

Pemahaman tentang pola pertumbuhan dan perkembangan AUD

  1. Mendefinisikan pengertian AUD
  2. Menjelaskan pola pertumbuhan dan perkembangan AUD
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kolaboratif
3 X 50

Materi: konsep perkembangan anak
Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.
2%

2

Minggu ke 2

Mampu memahami prinsip-prinsip perkembangan AUD

  1. Mendiskusikan prinsip-prinsip perkembangan AUD
  2. Mengemukakan pentingnya tumbuh kembang AUD
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Kolaboratif
3 X 50

Materi: prinsip perkembangan anak
Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga..
3%

3

Minggu ke 3

Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan prenatal

  1. Menganalisis tahap pertumbuhan prenatal
  2. Menganalisis tahap perkembangan prenatal
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Saintifik
3 X 50

Materi: perkembangan anak dalam kandungan
Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.
2%

4

Minggu ke 4

Mampu memahami perkembangan prenatal dan pascanatal

  1. Menjelaskan pentingnya perkembangan prenatal
  2. Mengemukakan pentingnya perkembangan pascanatal
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Saintifik
3 X 50

Materi: perkembangan anak dalam kandungan
Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.
3%

5

Minggu ke 5

Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan otak AUD

  1. Mengemukakan pentingnya memahami pertumbuhan dan perkembangan otak AUD
  2. Menjelaskan struktur dan fungsi otak
  3. Menjelaskan stimulasi yang tepat terhadap pertumbuhan dan perkembangan otak AUD
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Saintifik
3 X 50

Materi: perkembangan anak
Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga..
5%

6

Minggu ke 6

Mampu memahami pertumbuhan dan perkembangan perinatal (ketika dilahirkan)

Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan perinatal (ketika dilahirkan)

Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak menyimak penjelasan dosen dengan baik

Bentuk Penilaian :
Penilaian Portofolio
Saintifik
3 X 50

Materi: perkembangan anak
Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.
5%

7

Minggu ke 7

Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi ASI dan susu formula

  1. Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi ASI
  2. Mengidentifikasi pertumbuhan dan perkembangan anak yang diberi susu formula
Kriteria:
  1. 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
  2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
  3. 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik

Bentuk Penilaian :
Aktifitas Partisipasif
Saintifik
3 X 50

Materi: kesehatan dan gizi anak
Pustaka: Byrd-Bredbenner, Carol, dkk. 2009. Wardlaw’s Perspectives in Nutrition Eighth Edition . New York: Higher Education.
10%

8

Minggu ke 8

      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan lengkap dan dianalisis
      2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan cukup lengkap dan dianalisis
      3. 1 = Mahasiswa menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis, namun tidak lengkap dan tidak dianalisis

      Bentuk Penilaian :
      Tes
      Ujian Tulis
      3 X 50

      Materi: permasalahan anak usia dini
      Pustaka: Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone.
      15%

      9

      Minggu ke 9

      Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtua sibuk bekerja dan orangtua yang memiliki banyak waktu di rumah

      1. Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtuanya sibuk bekerja
      2. Menjelaskan pertumbuhan dan perkembangan anak yang orangtuanya memiliki banyak waktu di rumah
      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan sangat baik
      2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan dosen dengan baik
      3. 1 = Mahasiswa tidak menjawab dan memahami pertanyaan dengan baik

      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Saintifik
      3 X 50

      Materi: perkembangan
      Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.
      2%

      10

      Minggu ke 10

      Mampu mengkaji pertumbuhan dan perkembangan anak yang dimasukkan ke lembaga PAUD dan yang tidak dimasukkan ke lembaga PAUD

      1. Mengemukakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang dimasukkan ke lembaga PAUD
      2. Mengemukakan pertumbuhan dan perkembangan anak yang tidak dimasukkan ke lembaga PAUD
      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
      2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
      3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Humanistik
      3 X 50

      Materi: permasalahana anak
      Pustaka: Benokraitis, Nijole V. 2011. Marriages & Families . New York: Pearson.
      3%

      11

      Minggu ke 11

      Mampu mengkaji karakteristik perkembangan fisik motorik AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya

      1. Mengidentifikasi karakteristik perkembangan fisik motorik AUD
      2. Menjelaskan permasalahan fisik motorik AUD
      3. Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan fisik motorik AUD
      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
      2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
      3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

      Bentuk Penilaian :
      Penilaian Portofolio
      Case Study
      3 X 50

      Materi: permasalahan anak
      Pustaka: Illingworth, Ronald S. 1979. The Normal Child (Some Problems of The Early Years and Their Treatment) . New York: Churchill Livingstone.
      5%

      12

      Minggu ke 12

      Mampu mengkaji karakteristik perkembangan kognitif AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya

      1. Mengidentifikasi karakteristik perkembangan kognitif AUD
      2. Menjelaskan permasalahan kognitif AUD
      3. Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan kognitif AUD
      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
      2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
      3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

      Bentuk Penilaian :
      Penilaian Portofolio
      Saintifik, Humanistik
      3 X 50

      Materi: perkembangan kognitif
      Pustaka: Santrock, John W. . 2009. Perkembangan Anak Jilid I. Jakarta: Airlangga..
      5%

      13

      Minggu ke 13

      Mampu mengkaji karakteristik perkembangan bahasa AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya

      1. Mengidentifikasi karakteristik perkembangan bahasa AUD
      2. Menjelaskan permasalahan bahasa AUD
      3. Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan bahasa AUD
      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
      2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
      3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Saintifik, Humanistik
      3 X 50

      Materi: permasalahan anak
      Pustaka: Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
      5%

      14

      Minggu ke 14

      Mampu mengkaji karakteristik perkembangan sosial emosi AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya

      1. Mengidentifikasi karakteristik perkembangan sosial emosi AUD
      2. Menjelaskan permasalahan sosial emosi AUD
      3. Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan sosial emosi AUD
      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
      2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
      3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Saintifik, Humanistik
      3 X 50

      Materi: permasalahan anak
      Pustaka: Azizah, C., Hasanah, U., Komalasari, D., Saroinsong, W. P., & Ningrum, M. A. (2022). Pengembangan Permainan Engklek Kucing (ENGCI) untuk Menstimulasi Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun. SELING: Jurnal Program Studi PGRA, 8(2), 208–219. https://doi.org/...
      10%

      15

      Minggu ke 15

      Mampu mengkaji karakteristik perkembangan moral agama AUD, permasalahan yang dialami beserta penanganannya

      1. Mengidentifikasi karakteristik perkembangan moral agama AUD
      2. Menjelaskan permasalahan moral agama AUD
      3. Menjelaskan penanganan yang tepat bagi permasalahan moral agama AUD
      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menyimak dan memahami penjelasan dosen dengan sangat baik
      2. 2 = Mahasiswa mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik
      3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menyimak penjelasan dosen dengan baik

      Bentuk Penilaian :
      Aktifitas Partisipasif
      Saintifik, Humanistik
      3 X 50

      Materi: permasalahan anak
      Pustaka: Engel, Joyce K. 2006. Pocket Guide Series Pediatric Assessment . Missouri: Mosby Elsevier.
      10%

      16

      Minggu ke 16

      Mampu mengerjakan soal US

      Mahasiswa mampu mengerjakan soal US

      Kriteria:
      1. 3 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan sangat baik
      2. 2 = Mahasiswa mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan baik
      3. 1 = Mahasiswa tidak mampu menjawab dan memahami pertanyaan tes tulis dengan baik

      Bentuk Penilaian :
      Tes
      Saintifik
      3 X 50

      Materi: perkembangan anak
      Pustaka: Hurlock, Elizabeth. 2008. Perkembangan. Jakarta: Airlangga.

      Materi: PAUD Holistik Integratif
      Pustaka: Ningrum, M. A., Hasibuan, R., & Fitri, R. (2023). PAUD holistik integratif berdimensi profil pelajar Pancasila. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1), 563-574.
      15%



      Rekap Persentase Evaluasi : Case Study

      No Evaluasi Persentase
      1. Aktifitas Partisipasif 50%
      2. Penilaian Portofolio 20%
      3. Tes 30%
      100%

      Catatan

      1. Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi (PLO - Program Studi) adalah kemampuan yang dimiliki oleh setiap lulusan Program Studi yang merupakan internalisasi dari sikap, penguasaan pengetahuan dan ketrampilan sesuai dengan jenjang prodinya yang diperoleh melalui proses pembelajaran.
      2. PLO yang dibebankan pada mata kuliah adalah beberapa capaian pembelajaran lulusan program studi (CPL-Program Studi) yang digunakan untuk pembentukan/pengembangan sebuah mata kuliah yang terdiri dari aspek sikap, ketrampulan umum, ketrampilan khusus dan pengetahuan.
      3. Program Objectives (PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PLO yang dibebankan pada mata kuliah, dan bersifat spesifik terhadap bahan kajian atau materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      4. Sub-PO Mata kuliah (Sub-PO) adalah kemampuan yang dijabarkan secara spesifik dari PO yang dapat diukur atau diamati dan merupakan kemampuan akhir yang direncanakan pada tiap tahap pembelajaran, dan bersifat spesifik terhadap materi pembelajaran mata kuliah tersebut.
      5. Indikator penilaian kemampuan dalam proses maupun hasil belajar mahasiswa adalah pernyataan spesifik dan terukur yang mengidentifikasi kemampuan atau kinerja hasil belajar mahasiswa yang disertai bukti-bukti.
      6. Kreteria Penilaian adalah patokan yang digunakan sebagai ukuran atau tolok ukur ketercapaian pembelajaran dalam penilaian berdasarkan indikator-indikator yang telah ditetapkan. Kreteria penilaian merupakan pedoman bagi penilai agar penilaian konsisten dan tidak bias. Kreteria dapat berupa kuantitatif ataupun kualitatif.
      7. Bentuk penilaian: tes dan non-tes.
      8. Bentuk pembelajaran: Kuliah, Responsi, Tutorial, Seminar atau yang setara, Praktikum, Praktik Studio, Praktik Bengkel, Praktik Lapangan, Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat dan/atau bentuk pembelajaran lain yang setara.
      9. Metode Pembelajaran: Small Group Discussion, Role-Play & Simulation, Discovery Learning, Self-Directed Learning, Cooperative Learning, Collaborative Learning, Contextual Learning, Project Based Learning, dan metode lainnya yg setara.
      10. Materi Pembelajaran adalah rincian atau uraian dari bahan kajian yg dapat disajikan dalam bentuk beberapa pokok dan sub-pokok bahasan.
      11. Bobot penilaian adalah prosentasi penilaian terhadap setiap pencapaian sub-PO yang besarnya proposional dengan tingkat kesulitan pencapaian sub-PO tsb., dan totalnya 100%.
      12. TM=Tatap Muka, PT=Penugasan terstruktur, BM=Belajar mandiri.