Course Description
This course explains the limitations, scope, characteristics and development of the public service management paradigm. Students are also equipped with basic knowledge about public and private goods, public service principles and service standards, public service institutions and how to manage resources and organizational culture so as to improve the quality of public services and customer satisfaction through handling complaints, as well as service reform and innovation.
Program Objectives (PO)
- Memahami konsep dasar kebijakan publik dan manajemen pendidikan dalam perspektif ilmu administrasi negara serta relevansinya terhadap tata kelola pemerintahan.
- Menganalisis proses formulasi, implementasi, dan evaluasi kebijakan manajemen pendidikan dalam konteks administrasi publik, khususnya di tingkat lokal dan nasional.
- Mengidentifikasi permasalahan utama dalam kebijakan manajemen pendidikan, seperti pemerataan akses, kualitas, efisiensi, dan akuntabilitas layanan pendidikan.
- Mengaplikasikan teori dan metode analisis kebijakan untuk mengevaluasi kebijakan manajemen pendidikan dalam konteks administrasi pemerintahan.
- Mengevaluasi efektivitas kebijakan manajemen pendidikan berdasarkan indikator kinerja, data empiris, dan pendekatan administrasi publik.
- Mengembangkan solusi inovatif dan rekomendasi kebijakan yang responsif terhadap tantangan manajemen pendidikan, seperti desentralisasi pendidikan dan reformasi birokrasi. Menyusun kajian ilmiah atau policy brief terkait kebijakan manajemen pendidikan dengan pendekatan sistematis, argumentatif, dan berbasis bukti. Menyajikan hasil analisis dan rekomendasi kebijakan manajemen pendidikan secara komunikatif dan kolaboratif melalui diskusi, seminar, atau presentasi akademik.
- Berpartisipasi aktif dalam kajian kritis dan perumusan kebijakan publik terkait manajemen pendidikan sebagai upaya meningkatkan tata kelola sektor pendidikan.