Course Description
Matakuliah Pengantar Ilmu-Ilmu Sosial adalah mata kuliah dasar dalam program studi Pendidikan Pengetahuan Ilmu Sosial (IPS) yang memberikan pemahaman awal tentang berbagai disiplin ilmu sosial. Matakuliah ini memberikan gambaran umum tentang apa itu ilmu sosial, tujuannya, dan ruang lingkupnya. Ini mencakup berbagai cabang ilmu sosial seperti sosiologi, antropologi, psikologi sosial, ilmu politik, ekonomi, dan sejarah. Selain itu mata kuliah ini memperkenalkan teori-teori dasar dalam ilmu sosial serta metode penelitian yang digunakan untuk mempelajari fenomena sosial. Mahasiswa akan belajar tentang pendekatan kualitatif dan kuantitatif, serta teknik pengumpulan data seperti survei, wawancara, dan observasi, mempelajari bagaimana individu berinteraksi dalam masyarakat serta bagaimana struktur sosial mempengaruhi kehidupan sehari-hari. Ini mencakup topik seperti stratifikasi sosial, peran sosial, dan norma-norma sosial. Menelaah isu-isu sosial terkini yang dihadapi masyarakat, seperti kemiskinan, ketidakadilan, perubahan iklim, dan globalisasi. Diskusi ini bertujuan untuk memahami bagaimana fenomena ini mempengaruhi kehidupan sosial dan ekonomi.
Matakuliah ini dirancang untuk membekali mahasiswa dengan pemahaman dasar yang akan menjadi fondasi untuk studi lebih lanjut dalam ilmu sosial, serta meningkatkan kesadaran mhasiswa Pendidikan IPS tentang dinamika sosial yang kompleks dalam masyarakat.
Program Objectives (PO)
- Mahasiswa mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif dalam menyelesaikan tugas-tugas yang spesifik di bidang ilmu sosial, sesuai dengan standar kompetensi kerja yang berlaku di bidang study ilmu-ilmu sosial
- Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan struktur keilmuan, konsep, dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai dasar dalam mengorganisasikan dan menyusun konten-konten pembelajaran IPS yang mengintegrasikan kearifan lokal
- Mahasiswa mampu menguasai dan menerapkan struktur keilmuan, konsep, dan teori disiplin ilmu-ilmu sosial sebagai dasar untuk mengorganisasikan konten-konten pembelajaran IPS yang bermuatan kearifan lokal dalam tugas dan proyek mata kuliah pengantar Ilmu-Ilmu Sosial