•  

Our Top Course
Pengembangan Media Foto
( 16 Sections)
 
Komunikasi Pembelajaran
( 16 Sections)
 

Course Research methodology

Program Studi S1 Pendidikan Biologi UNESA

 
Card image

Course Description

Study of the nature, objectives, types of research methods that are relevant to educational research as well as equipping students to be able to make decisions in applying research methods to find alternative solutions in solving educational problems which include research paradigms, frameworks of thinking, variables, populations and samples, research design, research instruments, data collection techniques, and data analysis are packaged in a Biology education research proposal as a course output. This course is presented in project form.

Program Objectives (PO)

  • Mahasiswa dapat menerapkan konsep dasar metodologi penelitian dalam merancang penelitian pendidikan biologi (C3)
  • Mahasiswa dapat menentukan teknik analisis dalam konteks penelitian pendidikan biologi (C4)
  • Mahasiswa dapat menentukan metode penelitian yang efektif dalam pendidikan biologi (C5)
  • Mahasiswa dapat menentukan berbagai metode penelitian untuk diterapkan pada penelitian pendidikan biologi (C4)
  • Mahasiswa dapat menerapkan teknik komunikasi yang efektif untuk menyajikan hasil penelitian secara lisan dan tulisan (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis dan mengevaluasi kualitas sumber informasi dan referensi yang digunakan dalam penelitian (C4, C5)
  • Mahasiswa dapat menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan memanfaatkan pengetahuan terkini di bidang pendidikan biologi (C6)
  • Mahasiswa dapat menerapkan pemikiran kritis dan sistematis dalam mengidentifikasi dan menyelesaikan masalah penelitian (C3)
  • Mahasiswa dapat menganalisis masalah penelitian dan menyelesaikannya berdasarkan argumen yang logis dan kritis (C4)

Aktifitas Pembelajaran

  • Pertemuan 1
    Diharapkan mampu menerapkan konsep dasar metodologi penelitian dalam merancang penelitian pendidikan biologi.
    • Date  8 Februari 2024

  • Pertemuan 2
    Diharapkan mampu menerapkan konsep dasar metodologi penelitian dalam merancang penelitian pendidikan biologi.
    • Date  15 Februari 2024

  • Pertemuan 3
    Diharapkan mampu menganalisis data eksperimental untuk menginterpretasikan hasil dalam konteks pendidikan biologi.
    • Date  22 Februari 2024

  • Pertemuan 4
    Diharapkan mampu mengevaluasi keefektifan metode penelitian yang digunakan dalam eksperimen pendidikan biologi.
    • Date  29 Februari 2024

  • Pertemuan 5
    Diharapkan mampu menggabungkan berbagai metode penelitian untuk menciptakan pendekatan baru dalam penelitian pendidikan biologi.
    • Date  7 Maret 2024

  • Pertemuan 6
    Diharapkan mampu mengaplikasikan teknik komunikasi yang efektif untuk menyajikan hasil penelitian secara lisan dan tulisan.
    • Date  14 Maret 2024

  • Pertemuan 7
    Diharapkan mampu menganalisis dan mengevaluasi kualitas sumber informasi dan referensi yang digunakan dalam penelitian.
    • Date  21 Maret 2024

  • Pertemuan 8
    UTS
    • Date  28 Maret 2024

  • Pertemuan 9
    Diharapkan mampu menganalisis dengan kritis serta mengevaluasi kualitas sumber informasi dan referensi yang relevan dalam konteks penelitian.
    • Date  4 April 2024

  • Pertemuan 10
    Diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan memanfaatkan pengetahuan terkini di bidang pendidikan biologi.
    • Date  11 April 2024

  • Pertemuan 11
    Diharapkan mampu menciptakan proposal penelitian yang inovatif dengan memanfaatkan pengetahuan terkini di bidang pendidikan biologi.
    • Date  18 April 2024

  • Pertemuan 12
    Diharapkan mampu mengidentifikasi dengan tepat masalah penelitian yang dihadapi, serta mampu menyusun langkah-langkah penyelesaian yang sistematis dan kritis.
    • Date  25 April 2024

  • Pertemuan 13
    Diharapkan mampu menghasilkan argumen ilmiah yang logis dan kritis berdasarkan analisis hasil penelitian.
    • Date  2 Mei 2024

  • Pertemuan 14
    Diharapkan mampu mengevaluasi dan menyempurnakan desain eksperimental dengan menggunakan feedback dan hasil penelitian sebelumnya.
    • Date  9 Mei 2024

  • Pertemuan 15
    Diharapkan mampu mengevaluasi dan menyempurnakan desain eksperimental dengan cermat berdasarkan feedback dan hasil penelitian sebelumnya.
    • Date  16 Mei 2024

  • Pertemuan 16
    UAS (Ujian Sumatif)
    • Date  23 Mei 2024

Lecturer

ENDANG SUSANTINI
ENDANG SUSANTINI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

MUJI SRI PRASTIWI
MUJI SRI PRASTIWI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

HERLINA FITRIHIDAJATI
HERLINA FITRIHIDAJATI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

AHMAD BASHRI
AHMAD BASHRI
  • 215,475 Reviews4.8 Rating

Video Images
Preview this course
 
 
  • Program StudiS1 Pendidikan Biologi
  • Semester4
  • Lectures4
Difficult Things About Education.
$75$10